15+ Makanan Khas Blitar Terenak, Wajib Coba!

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kota proklamator di Jawa Timur yaitu kota Blitar.

Kota ini adalah kota kelahiran dari sang proklamator kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya terkenal karena itu saja, kota Blitar juga terkenal karena memiliki makanan khas yang enak dan wajib Anda coba saat berkunjung ke Blitar.

Jika Anda ingin liburan ke Blitar Anda wajib membaca daftar makanan khas Blitar yang wajib Anda cicipi berikut ini.

Makanan Khas Blitar Jawa Timur

1. Tahu Bumbu Lawu

makanan khas blitar tahu bumbu lawu

Salah satu makanan khas Blitar adalah tahu bumbu lawu.

Tahu bumbu lawu merupakan hidangan yang berisi potongan lontong, tahu, tauge dan diberi sambal kacang yang khas. Terdapat kerupuk sebagai pelengkap hidangan yang akan menambah kelezatan dari makanan yang satu ini.

Jika Anda sedang berada di Blitar Anda wajib mencicipi makanan yang satu ini. selain rasanya yang enak makanan ini juga sehat.

2. Rujak Cingur

makanan khas blitar rujak cingur

Siapa sih yang enggak kenal dengan makanan legendaris yang satu ini, rujak cingur namanya, rujak cingur juga merupakan salah satu makanan khas dari Blitar yang sangat populer karena rasanya yang enak.

Rujak cingur berisi irisan lontong, kangkung rebus, tauge rebus, tempe goreng, tahu goreng dan timun yang diiris tipis. Rujak cingur memiliki keunikan yaitu adanya tambahan cingur sapi. Cingur adalah hidung atau moncong sapi yang direbus hingga lunak.

Saus rujak cingur terbuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampuri dengan petis.

Petis akan menambah kenikmatan rujak cingur. Selain itu ada taburan bawang merah goreng yang akan menambah gurih rujak cingur. Terdapat pula kerupuk untuk menambah kenikmatan rujak cingur.

3. Nasi Pecel

makanan khas blitar yang terkenal

Bagi Anda yang vegetarian wajib mencoba nasi pecel khas Blitar. Nasi pecel dari Blitar juga sangat populer karena rasanya yang enak. Pada dasarnya nasi pecel ini sama seperti nasi pecel yang lain, perbedaannya terletak pada bumbu kacang yang lebih halus dan lebih berminyak.

Isian dari pecel Blitar sama seperti pecel pada umumnya yang berisi beragam sayuran yang sudah direbus.

Selain itu nasi pecel Blitar diberikan makanan pendamping berupa rempeyek dan tempe goreng. Pada saus pecel juga diberikan jeruk agar rasa pecel menjadi lebih segar.

4. Soto Daging Bok Ireng

soto khas makanan blitar

Makanan khas Blitar terenak lainnya yang wajib Anda cicipi adalah soto daing ireng. Makanan ini sangat populer di Blitar karena enak dan murah.

Ireng yang dalam bahasa Indonesia berarti hitam. Warna soto ini memang agak hitam karena adanya kecap dalam soto.

5. Nasi Ampok

makanan khas blitar terenak

Nasi ampok adalah makanan khas Blitar yang menggunakan jagung sebagai pengganti beras. Di Blitar banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan khas yang satu ini.

Nasi ampok biasanya dimakan dengan sambal tomat, sayur rebus dan juga ikan asin yang akan menambah kenikmatan dari nasi ampok.

Nasi ampok juga biasa dimakan dengan udang goreng ataupun ayam goreng dan juga ditambahkan dengan krupuk sebagai pelengkap.

6. Wajik Klethik

makanan oleh2 khas blitar

Jika Anda berlibur ke Blitar dan mencari camilan yang manis Jawa bannya adalah wajik klethik. Wajik klethik adalah makanan khas Blitar yang terbuat dari gula kelapa dan beras ketan. Cita rasa manis dari makanan ini akan membuat Anda ketagihan.

Wajik klethik memiliki keunikan yaitu dibungkus dengan kulit jagung yang sudah kering. Aroma kulit jagung yang sudah kering menambah kenikmatan dari wajik klethik. Makanan ini sangat terkenal dan juga dapat Anda jadikan oleh-oleh makanan khas Blitar.

7. Es Pleret

es pleret khas blitar

Anda yang mencari segar-segar di Blitar, tidak ada salahnya jika Anda mencoba es pleret khas dari Blitar. Es pleret terbuat dari tepung beras dan disajikan bersama sirup, santan dan es batu.

Es pleret menyajikan rasa kenyal unik dari tepung beras serta kesegaran dari sirup yang ditambah dengan santan yang gurih. Es pleret banyak di jual di tempat wisata di kota Blitar.

8. Soto Babat

makanan khas blitar soto babat

Bagi Anda penggemar soto, sanagt disarankan Anda mencoba soto babat khas Blitar yang terkenal sangat enak. Soto babat Blitar memiliki kuah kuning yang kental dengan irisan babat yang besar dan kenyal.

Soto ini memiliki citarasa yang gurih, kenyal dan juga segar.

9. Uceng Goreng

makanan tradisional khas blitar

Bagi Anda yang bukan orang Jawa tentu akan asing jika mendengar kata uceng. Uceng adalah ikan yang biasa hidup di air tawar. Salah satu oleh-oleh khas Blitar yang paling enak dan terkenal adalah uceng goreng.

Uceng goreng memiliki rasa gurih yang enak dan sangat renyah. Anda dapat menikmati uceng goreng secara langsung atau Anda juga dapat memakan uceng goreng dengan sambel yang pedas dan dimakan dengan nasi yang hangat.

10. Geti

makanan khas blitar untuk oleh-oleh

Geti adalah oleh-oleh khas Blitar yang wajib Anda beli saat Anda berlibur ke Blitar. Geti adalah makanan yang terbuat dari gula merah dan kacang. Rasa manis khas dari geti dengan taburan biji wijen membuat geti memiliki rasa yang sangat enak.

Selain itu geti juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sensasi lengket di gigi saat memakan geti menambah keunikan dari makanan yang satu ini. geti menajdi oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan yang berkunjung di Blitar.

11. Es Drop

es drop khas blitar

Masih mau cari yang segar-segar di Blitar. Anda wajib mencoba es drop khas Blitar. Es drop Blitar akan membuat tenggorokan Anda menjadi segar setelah berpanas-panasan di Blitar. Es drop disajikan dengan bungkusan kertas dan biasanya disimpan dalam termos es.

12. Rujak Petis

rujak petis makanan khas blitar

Rujak petis juga salah satu makanan khas Blitar yang wajib Anda coba saat berlibur di Blitar. Rujak petis berbeda dengan rujak cingur, isian rujak petis antara lain sayuran, tahu dan tempe. Saus rujak petis berupa bumbu kacang dengan campuran petis yang memiliki rasa yang khas.

13. Sayur Tewel

makanan khas blitar

Jika Anda mencari makanan dengan cita rasa yang sedikit pedas, maka Anda perlu mencoba sayur tewel khas Blitar. Sayur tewel adalah sayur nangka muda dengan kuah santan yang pedas. Anda wajib mencoba sayur tewel saat berada di Blitar.

Cara membuat sayur tewel sangatlah mudah yaitu nangka muda yang telah dicacah kasar ditumis bersama bumbu, kemudian ditambahkan kuah santan yang kental.

14. Ayam Bakar Khas Blitar

makanan khas blitar

Kota Blitar juga memiliki ayam bakar yang sangat khas dan memiliki rasa yang enak. Ayam bakar Blitar dibumbui dnegan bumbu khas Blitar dengan rasa yang unik.

Ayam bakar khas Blitar sangat cocok jika dimakan dengan sambal tomat yang pedas. Harga ayam bakar Blitar juga tergolong murah jadi tidak akan membuat kantong Anda kering.

15. Peyek Uceng

makanan khas blitar

Uceng selain digoreng dengan tepung juga ada yang dibuat menajdi peyek. Peyek uceng memiliki cita rasa yang gurih dan renyah yang akan memanjakan lidah Anda. Ikan uceng adalah ikan yang sering ditemukan di sungai. Ikan uceng biasanya berukuran kecil-kecil sehingga bisa dijadikan toping untuk peyek.

Leave a Comment

error: Content is protected !!