Peran Probiotik Lactobacillus pada Alergi

Usia anak memang memerlukan pengawasan ekstra dari orangtua. Pasalnya anak yang masuk fase emas ini akan lebih aktif dibandingkan sebelumnya sehingga tak jarang anak pun melakukan hal-hal yang justru membahayakan kesehatannya. Mengingat anak sangat rentan terkena penyakit akibat sistem imun yang masih lemah. Salah satu penyakit yang sering menimpa siapapun tak terkecuali anak-anak adalah alergi.

Alergi pada dasarnya merupakan suatu keadaan dimana tubuh seseorang bereaksi secara berlebihan ketika terkena atau bersentuhan dengan hal-hal yang mungkin bagi orang lain tidak bereaksi apa-apa. Reaksi ini bisa berupa rasa gatal, kulit menjadi memerah, mual, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, peran orangtua sangatlah penting untuk mencegah terjadinya alergi sedini mungkin.

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah alergi terjadi pada anak. Salah satu diantaranya adalah memberikan probiotik. Pemberian probiotik dengan takaran yang pas serta di awal kehidupan anak sangatlah penting untuk melindungi anak dari alergi. Bagaimana bisa?

Pada dasarnya tugas dari probiotik adalah untuk mencegah terjadinya alergi dengan membantu dinding usus memproduksi asam lemak rantai pendek sehingga penyebab alergi pun tidak mudah masuk. Diantara jenis probiotik yang berperan besar membantu mencegah terjadinya alergi adalah lactobacillus.

Anjuran Pemberian Probiotik Lactobacillus

Pemberian probiotik lactobacillus untuk alergi pada anak ini bisa melalui berbagai cara diantaranya adalah melalui makanan. Ada berbagai makanan yang bisa anak konsumsi seperti ASI ketika masih bayi serta pemberian susu formula yang mengandung probiotik tinggi. Susu menjadi media yang cocok untuk anak lantaran rasanya yang enak namun memiliki kandungan yang lengkap. Kini ada banyak sekali produk susu formula yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Meski begitu, pastikan susu formula tersebut mengandung probiotik yang pas serta teruji secara klinis aman untuk anak.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai peran probotik. Apabila anak mengalami gejala alergi sebaiknya langsung dikonsultasikan pada dokter untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi bermanfaat seputar kesehatan seperti ini, Anda bisa mengunjungi Gue Sehat.

Guesehat ini selain memberikan informasi terupdate, juga terdapat fitur cek kesehatan secara online hingga fitur menghitong kalori dalam tubuh. Menarik bukan? Yuk gabung dan awali gerakan sehat dengan rutin mengakses www.guesehat.com

Leave a Comment

error: Content is protected !!