15+ Oleh-oleh Khas India (Tas, Makanan, dll)

India adalah salah satu negara paling menarik, intens, cantik, sekaligus ramai di dunia. Saat tiba di India, indra Anda akan kewalahan dengan wewangian dan warna yang mengelilingi Anda.

Dan selama di sana, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk berbelanja, karena ada banyak toko yang menjual oleh-oleh khas India yang dibuat untuk dibawa pulang oleh para wisatawan.

Namun, tidak perlu melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk membawa pulang sepotong cita rasa India yang unik.

Karena jalur dan pasar New Delhi yang tak pernah sepi menawarkan cinderamata paling beragam yang mewakili esensi India. Inilah daftar cinderamata paling rekomended untuk dibawa pulang.

Daftar Oleh-oleh Khas dari India

1. Lukisan Tradisional

oleh oleh khas india di jakarta

Kaya akan karya seni rumit yang indah, lukisan Madhubani, Tanjore, dan Warli adalah cara ideal untuk menghias rumah dengan pola, karya seni, dan warna-warna India.

Representasi bergambar dari berbagai tema Hindu mulai dari adegan tarian Sri Krishna hingga landscape pedesaan India akan menjadi cinderamata yang unik dan mudah dirawat, dan semuanya tersedia di Dastkar Mela di Anuvrat Marg.

2. Sari Sutra

Dibuat dengan apik dari tangan-tangan yang terampil, sari sutra adalah bagian unik dari budaya India dan souvenir mewah untuk dibawa ke Tanah Air.

Berbagai motif dapat Anda temukan di Nalli Saree di South Extension II dan Connaught Place di New Delhi. Keduanya adalah pusat bisnis dan finansial yang hingar-bingar dengan bangunan bergaya Georgia yang penuh toko, bioskop vintage, bar, serta restoran.

3. Teh India

oleh-oleh minuman khas india

Berbagai campuran teh India yang diseduh dan menyatu dengan bumbu dan rempah-rempah seperti kapulaga dan cengkeh akan mewakili esensi India dalam berbagai rasa unik.

Cobalah varietas yang berbeda selama Anda tinggal dan ambil yang Anda suka sebagai buah tangan. Tempat terbaik untuk mendapatkan berbagai varian teh India adalah di Aap ki Pasand Tea Boutique.

4. Acar India

oleh oleh makanan khas india

Perpaduan unik rempah-rempah dan citarasa lokal dari setoples acar India adalah oleh-oleh manis, asam, pedas dan lezat yang akan meninggalkan kenangan menyenangkan bagi lidah Anda.

Acar di India terdiri dari tiga jenis dasar, yaitu acar yang diawetkan dalam cuka, diawetkan dengan garam, dan yang diawetkan dengan minyak.

Sejauh ini, acar mangga adalah yang paling populer, tetapi dapat dikatakan bahwa hampir semua bahan dapat diasamkan, mulai dari sayuran, buah-buahan, beri dan labu, daun, pucuk dan akar, dan bahkan ayam, udang, hingga ikan.

Kaya akan citarasa, acar India dapat dimakan bersama dengan flatbread atau kari India. Anda dapat dengan mudah menemukannya di setiap toko umum di New Delhi.

5. Boneka Kerajinan Tangan

apa oleh oleh khas india

Potongan dekorasi etnis India seperti boneka tradisional dapat dengan mudah ditemukan di Dilli (Delhi) Haat di New Delhi.

Disebut juga dengan boneka rumbai, benda ini banyak digunakan di masa lalu sebagai media hiburan rakyat dan kemudian menjadi aspek yang hidup dari budaya India dan merupakan salah satu souvenir yang rekomended.

6. Selendang Pashmina

oleh oleh khas negara india

Selendang Pashmina adalah souvenir India mewah dengan cerita masa lalu dan masa kini yang kaya. Tersedia dalam berbagai warna, syal dari wol kasmir halus ini akan terlihat sama bagusnya dengan pakaian India, Asia, maupun Barat.

Selendang pashmina asli dapat Anda beli di Ahujasons di South Extension Market, sementara variasi yang lebih terjangkau ada di Pasar Lajpat Nagar.

7. Kotak Bumbu India

oleh oleh dari negara india

Siapa pun di dunia dapat memastikan bahwa variasi dan kualitas rempah-rempah yang ditemukan di India mendekati kesempurnaan.

Kotak rempah-rempah India menangkap esensi murni India dan merupakan salah satu oleh-oleh terbaik untuk dibawa pulang. Sejumlah besar kotak rempah-rempah ini bisa Anda beli dengan berkunjung ke Mehar Chand & Sons.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Kuwait

8. Dibbis

oleh oleh khas mumbai india

Dibbis adalah sebuah kerajinan tangan India yang sangat populer dan indah. Kotak kecil dengan tutup bermotif ini merupakan karya tatahan yang dibalut dengan cat enamel yang dapat dengan mudah ditemukan di Pasar Janpath.

Hadir dalam berbagai ukuran untuk keperluan penyimpanan dan dekorasi, ukiran pada tutup kota menunjukkan keahlian dan detail yang terampil.

9. Perhiasan Tradisional

oleh-oleh khas india aneka perhiasan

Saat menelusuri jalan-jalan kecil Dariba di Chandni Chowk, Anda akan melihat bahwa daerah ini dipenuhi dengan perhiasan tradisional dalam berbagai pola rumit, hasil akhir yang teroksidasi, dan desain yang indah.

Dengan gaya yang bervariasi dari yang trendi hingga konservatif, perhiasan emas dan perak dari Dariba adalah sepotong hadiah unik untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

10. Pajangan Tradisional

lukisan oleh-oleh khas india

Tersedia di Dilli Haat dan berbagai emporium di Connaught Place, pajangan tradisional India adalah salah satu souvenir paling banyak diburu oleh wisatawan.

Mulai dari penyembahan berhala hingga desain kerajinan tangan lainnya, dekorasi unik ini adalah kenang-kenangan yang akan meningkatkan keindahan rumah Anda atau teman Anda dengan nuansa India.

11. Lampu Minyak Gaya India

lampu minyak khas india

Ditemukan dalam berbagai desain, bentuk, dan ukuran, lampu minyak tradisional adalah pilihan kado dan kenang-kenangan epic dari India.

Sebagian besar warnanya adalah emas, dengan ukiran dan, dan dapat digantung atau diletakkan di atas meja. Kunjungi Janpath Market untuk menerangi rumah dan dekorasi Anda dengan souvenir ini.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bangladesh

12. Tembikar Biru

oleh-oleh khas india barang unik

Di Kota Biru Jodhpur, Anda dapat menemukan tembikar biru paling indah yang cocok dengan lingkungan apa pun. Jodhpur dikenal sebagai Kota Biru karena hampir semua rumah dicat dengan warna biru cerah.

Anda tidak hanya dapat menemukan tembikar, tetapi juga gagang pintu, ubin, piring, cangkir, teko, vas bunga, lampu, dan semua benda yang bernuansa biru.

13. Kutch Bordir

oleh-oleh khas dari india

Di seluruh India, Anda akan menemukan banyak contoh sarung bantal, selimut, hiasan dinding, dan sebagainya, dengan sulaman Kutch. Kutch bordir berasal dari komunitas suku di distrik Kutch di Gujarat.

Anda dapat menemukan kerajinan tangan khas India ini semua toko tekstil dalam warna-warna indah yang cerah, dan kadang-kadang benda kecil seperti cermin juga dihias dengan payet atau disulam.

14. Produk Ayurvedic

oleh-oleh khas india untuk turis asing

Tak hanya dalam bentuk pijat dan sistem pengobatan, kini Anda juga bisa membawa pulang produk Ayurvedic yang menenangkan dan menyehatkan ke Nusantara.

Telah dipraktekkan selama bertahun-tahun, produk ini tidak hanya bagus untuk terapi tetapi juga untuk tujuan medis, karena mengandung berbagai senyawa herbal dan mineral kuno berkhasiat.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Pakistan

15. Karpet Kashmir

oleh oleh khas chennai india

India memiliki gaya dan desain karpet sendiri, yang semuanya tampak lebih bersinar daripada karpet lain yang biasa Anda lihat di tanah kelahiran Anda.

Desain yang rumit, kombinasi warna yang berbeda, dan penggunaan pola yang kaya, menjadikan karpet tradisional Kashmir sebagai salah satu souvenir unggul di India.

Menjadi negara besar dengan budaya yang tak terhitung, India merupakan rumah bagi ribuan produk buatan tangan yang berfungsi sebagai souvenir yang sempurna.

Dan ada 15 oleh-oleh khas India mengesankan yang dapat Anda bawa pulang untuk mengingatkan Anda tentang liburan luar biasa Anda di Negeri Taj Mahal ini.

Leave a Comment

error: Content is protected !!