15+ Oleh-oleh Khas Iran (Wajib dibawa ke Indoonesia)

Saat bepergian ke Iran, Anda pasti akan melihat sejumlah pasar besar di kota-kota yang berbeda seperti Shiraz, Teheran, Isfahan, Tabriz, dll.

Semua pasar ini penuh dengan beragam oleh-oleh khas Iran yang menarik dan populer.

Namun sebelum pergi ke sana, Anda harus tahu dulu tentang apa saja yang cocok untuk dibawa pulang ke Indonesia, sehingga Anda tidak lagi bingung untuk memilih.

Apa saja Oleh-oleh Khas Iran?

1. Karpet Persia

karpet khas negara iran

Dikenal karena kecantikan dan kualitasnya yang luar biasa, karpet dan permadani Persia yang dirajut dengan tangan telah lama digemari oleh para ahli barang antik dan wisatawan mancanegara.

Karpet Persia berkualitas biasanya memiliki setidaknya 120 knot per inch persegi, memiliki dukungan lembut dan simpul yang lebih besar.

Terkenal karena warnanya yang kaya dan desain yang menarik, karpet tenunan tangan Persia biasanya terbuat dari sutra, wol, atau kombinasi sutra dan wol.

Tidak hanya sebagai penutup lantai, souvenir ini adalah adalah karya seni yang mempesona. Dan tempat terbaik untuk menemukannya adalah di Vakil Bazaar, Shiraz atau di Pasar Kashan, Isfahan, Tabriz, dan Teheran.

2. Pistachio

oleh-oleh buah khas iran

Pistachio adalah almond hijau Iran memiliki rasa terbaik dan nutrisi maksimum. Pistachio dijual dalam dua bentuk, pistachio dikupas dan biji pistachio.

Jika Anda suka membeli pistachio yang dikupas, varian paling rekomended adalah Akbari, Kale Qoochi, dan Ahmad Aqai. Semuanya paling terkenal dengan kualitas terbaik meskipun harganya sedikit mahal.

3. Camilan Buah Kering

aneka camilan oleh-oleh khas iran

Selain pistachio, ada juga berbagai buah kering asin dan tawar di setiap pasar Iran, mulai dari almond, kurma, biji melon dan kacang-kacangan lainnya dari berbagai ukuran dan bentuk yang tidak dapat Anda bayangkan.

Buah-buahan kering ini terkenal sebagai makanan ringan yang selalu disajikan dalam berbagai tradisi dan ritual Iran, seperti Norooz (Tahun Iran Baru), Festival Yalda, pesta pernikahan, dan pemakaman.

4. Saffron

rempah-rempah khas negara iran

Saffron adalah rempah-rempah termahal di dunia, yang juga dikenal sebagai “emas merah”.

Secara tradisional, saffron digunakan sebagai parfum, obat-obatan, sebagai dupa bersama dengan ambergris, untuk mewarnai kertas yang akan digunakan untuk surat-surat penting atau doa, dan untuk mewarnai sutra dan tekstil lainnya sebagai bahan pakaian keluarga kerajaan.

Namun, orang Iran saat ini banyak menikmatinya dalam bentuk es krim saffron beraroma (Bastani Sonnati), atau menyajikannya dalam mangkuk puding beras manis (Sholeh Zard).

Beberapa juga membuatnya sebagai teh herbal yang menyegarkan bersama dengan kelopak mawar.

5. Kain Buatan Tangan

hasil kerajinan tangan khas iran

Berbagai kota di Iran memiliki kain buatan tangan yang berbeda dan khusus untuk kota itu sendiri. Di Isfahan, Anda dapat menemukan Ghalamkari, yaitu sutra atau kain katun bermotif yang dicetak dengan cetakan kayu tradisional.

Di Kerman, Anda dapat membeli Pateh, yang dapat didefinisikan sebagai kain alami yang diwarnai dengan tangan dan terbuat dari wol. Sementara di Yazd, kain paling terkenal yang dapat Anda temukan adalah Termeh (kain tenunan tangan mewah yang memiliki benang emas halus di dalamnya).

6. Teh Hitam Persia (Chai)

minuman sehat khas negara iran

Teh hitam Persia paling terkenal karena aroma, warna, dan rasanya, yang diproduksi di hampir seluruh provinsi Gilan yang berada di Iran utara.

Merk teh Persia terbaik adalah Sargol, Momtaz, dan Chai Shekasteh. Jika ingin yang lebih otentik, Anda juga dapat membeli satu set Samovar.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Sri Lanka

7. Tembikar dan Keramik Persia

aneka kerajinan khas iran sebagai oleh-oleh

Bukti tertua dari sejarah Iran mengungkapkan bahwa tembikar Persia bahkan sudah ada sebelum Kekaisaran Persia, dan Kota Lajin di Hamedan adalah pusatnya.

Kota Natanz dan Meybod juga menjaga warisan budaya ini tetap hidup dengan memproduksi mug dan piring keramik buatan tangan berbagai motif khas Persia.

8. Kaviar Iran

oleh-oleh unik khas iran

Kaviar Iran dikenal sebagai kaviar terbaik di dunia, dan karenanya merupakan barang ekspor yang menguntungkan dari Iran. Kaviar ini sebagian besar dikumpulkan dari sturgeon dekat Bandar-e Torkaman di utara Iran.

Seorang penulis makanan Prancis terkenal bernama Robert Courtine mengatakan bahwa kaviar Persia rasanya seperti permen laut yang diisi dengan yodium dan bubuk misterius.

9. Khatamkari

benda khas iran

Khatamkari adalah seni marquetry yang sebagian besar dari Shiraz dan Isfahan.

Anda akan terkejut melihat bagaimana potongan-potongan kecil kayu, logam, dan tulang dikumpulkan bersama untuk membuat benda-benda dekoratif yang luar biasa seperti kotak perhiasan, papan backgammon, bingkai foto, piring, dll.

Khatamkari terbaik ada di Shiraz Vakil Bazaar dan Isfahan Bazaar sekitar alun-alun Naqsh-e Jahan.

10. Air Mawar

oleh-oleh khas iran untuk muslim

Air mawar, atau biasa disebut dengan Golab dalam bahasa Persia, diambil dari bunga mawar yang telah ditanam selama sekitar 7000 tahun di Iran.

Wow! Dan kota yang memiliki air mawar terbaik di Iran adalah wilayah Kashan di Isfahan. Ada dua desa kecil di Kashan, yaitu Qamsar dan Niasar, yang air mawarnya diproduksi dengan upacara khusus, paling lezat, dan paling murni.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Mesir

11. Perhiasan Persia dan Batu Mulia

pernak pernik oleh-oleh khas iran

Berbagai pasar tradisional Iran memiliki batu-batu berharga dan semi mulia yang indah. Anda bisa memilih antara batu pra-dibuat atau batu mentah kemudian meminta pengrajin untuk membuat perhiasan seperti yang Anda inginkan.

Di antara semua jenis, Batu Turquoise adalah yang paling menonjol dan dipercaya memiliki banyak manfaat, seperti melindungi dari kecelakaan dan menghilangkan stress/depresi.

12. Mina Kari

barang oleh-oleh khas iran

Jika Anda bepergian ke Isfahan, jangan lupa membeli kerajinan epic yang bernama Minakari.

Berjalan di Grand Bazaar di sekitar alun-alun Naqsh-e Jahan akan membuat Anda melihat banyak Mina Kari tembaga yang secara tradisional dihiasi dengan gambar burung dan pola bunga yang cantik dengan latar belakang biru, merah, atau hijau.

13. Giveh

septu oleh-oleh khas iran untuk wanita

Orang-orang daerah pegunungan di Provinsi Kermanshah banyak yang menggunakan alas kaki tradisional Iran yang bernama Giveh. Sepatu buatan tangan ini terdiri dari sol kulit/karet dan kapas anyaman putih.

Sepasang alas kaki ini sangat praktis digunakan selama bulan-bulan musim panas karena bahannya yang nyaman dan menyerap keringat.

14. Tea Set

satu set tempat minum khas iran

Orang Iran memiliki kebiasaan minum teh kapan saja dan dimana saja, jadi bukan tidak biasa menemukan beberapa tea set berbagai model di hampir setiap toko dan pasar Iran.

Seperangkat cangkir teh, alas cangkir, dan teko yang menampilkan gambar Shah Abbas sangat cocok digunakan untuk afternoon tea di rumah atau hanya sebagai pajangan.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Arab Saudi

15. Ghalamzani

poci oleh-oleh khas iran

Seni ghalamzani melibatkan pengrajin yang ahli dalam membuat perak, emas, tembaga, dan perunggu untuk membuat desain rumit pada vas bunga, nampan, piring, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Dan yang membuat souvenir ini lebih berkesan adalah Anda dapat meminta sang seniman untuk mengukir nama Anda di atas karya yang Anda beli.

Menjadi salah satu negara istimewa yang layak untuk dikunjungi, Anda bisa menjelajahi berbagai kota dan berbelanja di pasar-pasar Iran yang disebutkan di atas.

Jika ingin membawa oleh-oleh khas Iran, Anda dapat memeriksa kembali daftar di atas saat sudah berada di sana.

Leave a Comment

error: Content is protected !!