" />

Siapa yang tidak kenal wisata di pantai, deburan ombaknya yang menjulang-julang, hamparan pasir puting yang berdesir dengan lembutnya, siluet warna kuring kemerahan dari terbitnya fajar atau terbenamnya senja. Begitu pula pantai yang terkenal begitu eksotis di Garut, ya Pantai Santolo namannya. Pantai ini cukup ramai oleh pengunjung terutama yang berasal dari Jakarta dan Bandung.

Pantai Santolo terletak di daerah Kecamatan Cikelet Garut Provinsi Jawa Barat. Jarak tempuhnya dari pusat keramaian kota membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam. Perjalanan menuju pantai Santolo cukup membutuhkan perjuangan karena jalannya sedikit berlubang dengan jalan yang dilewati cukup sempit sehingga bagi kendaraan roda empat harus berhati-hati.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Harga tiket masuk pantai Santolo berkisar Rp. 3000,00 – Rp. 5.000,00 / orang. Dengan harga segitu para pengunjung sudah dapat menikmati keindahan panorama pantai Garut ini. Harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau bila dibandingkan dengan keindahan pantai yang disuguhkan. Untuk tiket dijual pada pagi hari jam 05.00 sampai malam hari.

Daya Tarik Pantai Santolo

1. Wisata kuliner pantai

pantai santolo atau rancabuaya

Sebelum menjadi pantai yang digunakan untuk pariwisata pantai ini merupakan pantai tempat nelayan mencari ikan dan hasil tangkapannya yang lain. Para pengunjung pantai dapat dimanjakan dengan belanja oleh-oleh hasil tangkapan laut baik yang masih segar maupun sudah diolah. Ikan segar yang dijual disini seperti tongkol ,layur, cumi dan lain-lain.

Baca Juga : Pantai Cibuaya : Destinasi Liburan Seru Bareng Keluarga di Sukabumi !

2. Fotografi bahari

pantai santolo bantenpantai santolo banten

Fotografi merupanan hal yang tak mungkin terlewat jika berkunjung di pantai. Hal itu karena di pantai banyak sekali spot yang bisa didokumentasikan seperti sunrise, sunset, foto bawah laut bersama terumbu karang dan ikan-ikan kecil, desiran ombak dan pasir pantai, selain itu di bibir pantai Santolo ada jembatan tua yang juga sangat bagus untuk spot berfoto.

3. Eksplorasi Pulau kecil Santolo

pantai santolo adalah

Sebelum menjadi sebuah pulau, pulau Santolo merupakan gundukan karang yang teramat besar. Perairan di sekitar pulau ini termasuk dangkal sehingga biota laut dapat terlihat dari atas pulau. Anda dapat menikmati pemandangan sekitar, lambaian angin yang menyibak pepohonan, sunrise, sunset dan hamparan pasir putih yang lembut nan menawan.

4. Banana boat

pantai santolo garut

Selain menikmati pemandangan pantai, jangan lewatkan keseruan menaiki banana boat dengan keluarga maupun teman-teman. Cukup menyewa dengan harga Rp 25.000,00 Anda sudah dapat menikmati keseruan bermain banana boat dengan ombak. Dikarenakan ombaik dipantai ini relatif kecil sehingga aman untuk bermain air.

5. Menyewa perahu nelayan

pantai santolo garut 2016

Selain bermain ombak dengan banana boat Anda juga dapat menyewa perahu nelayan. Dengan menaiki perahu Anda dapat menikmati pemandangan sekitar pantai yang menyejukkan mata seperti hamparan pasir putih yang meluas, birunnya laut yang syahdu, bahkan biota dalam laut yang dapat dilihat dari permukaan.

6. Tiket masuk yang murah meriah

pantai santolo dimana

Siapa yang tak tertarik jika berwisata dengan budget yang murah meriah tetapi disuguhkan fasilitas dan panorama yang lengkap dan menakjubkan. Iya, pantai Santolo di kecamatan ikelet Garut jawabannya. Harga tiket masuknya hanya Rp. 3000,00 – Rp. 5000,00 /orang anda sudah dapat menikmati panorama pantai dengan segala fasilitas didalamnya.

Baca Juga : Pantai Muaragatah : Pantai Indah, Sederhana, dan Hemat Dompet!

Fasilitas di Pantai Santolo

Perairan di pantai Santolo tergolong perairan yang dangkal sehingga panorama bawah pantai dapat terlihat dengan mata telanjang, begitu menakjubkan. Anda dapat melihat warna warni terumbu karang, ikan ikan kecil yang berenang dan hewan laut lannya. Hamparan pantai ini cukup panjang sehingga Anda dapat melihat panorama nan elok dengan kesan damai nan syahdu.

Pada awalnya pantai ini merupakan gundukan karang yang besar yang menjulang di sebelah kiri sampai akhirnya terbentuklah sebuah pantai. Sebelum menjadi tempat wisata pantai Santolo ini termasuk perkampungan nelayan. Oleh karena itu banyak nelayan yang menjual ikan di sepanjang pantai. Hal ini sudah pasti memanjakan pengunjung yang ingin membawa oleh- oleh seusai berkunjung disini.

Akses dan Rute Menuju Pantai Santolo

Akses menuju pantai ini cukup terjal dikarenakan jalanan yang agak berlubang. Selain itu jalanannya relatif agak sempit jadi untuk kendaraan pribadi roda empat harus lebih berhati-hati dalam melewati jalanan ini. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan pantai ini yang sangat menawan.

Untuk rute yang bisa dilewati pengunjung yang ingin berwisata ke pantai ini adalah jika ingin melewati jalan utama maka pengunjung dapat melewati rute Ciwidey kemudian seterusnya melalui Cisewu. Setelah itu dilanjutkan menuju Bungbulang hingga Pameungpeuk.

Untuk rute kedua pengunjung dapat melewati jalur Ranca Bali. Rute ini dianjurkan untuk para pengunjung yang berasal dari kota Bandung. Pertama- tama pengunjung dapat menuju Naringgul. Setelahnya dapat melanjutkan perjalanan menuju Cidaun, Rancabuana kemudian Santolo. Untuk jalan yang melalui rute kedua ini lebih baik dari rute pertama tadi.

Kemudian untuk rute ketiga yang dapat dipakai menuju Pantai Santolo adalah dengan menuju pusat kota Garut. Dari pusat kota pengunjung bisa menuju Cikajang setelah itu dapat dilanjutkan melalui Cikelet kemudian ke Paeungpeuk. Rute ini direkomendasikan bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum seperti bus pariwisata. Dari rute-rute sebelumnya jalur ini adalah yang paling padat.

Peta Menuju Pantai Santolo (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Santolo

  1. Penginapan karang laut
  2. Kamojang green hotel and resort
  3. Favehotel cimanuk Garut
  4. Augusta hotel
  5. Kampung sumber alam

Tips Berwisata

  1. Sebelum memutuskan akan berwisata carilah berbagai informasi tentang wisata tujuan Yang anda minati, kumpulkan segala informasi.
  2. Jika Anda akan berwisata dengan keluarga atau teman-teman rencakanakan perjalanan wisata matang-matang dengan segala persiapannya.
  3. Persiapkan budget dengan cukup karena di tempat wisata godaan belanja sangatlah besar
  4. Bawalah barang-barang secukupnya jangan membawa perhiasan atau uang tunai berlebihan karena menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan dan lain-lain.
  5. Jangan lupa membawa kamera fotografi yang bagus untuk mengambil spot-spot yang bagus di tempat wisata
  6. Cari informasi bahwa tempat wisata yang dituju sudah benar-benar aman untuk dikunjungi, baik itu aman dari bencana maupun pencopet.
  7. Pastikan sebelum bepergian rumah aman baik isi seperti barang dan surat-surat berharga, kompor dimatikan, kran dimatikan, kalau perlu titipkan rumah pada orang terdekat yang dapat diperaya.
  8. Bawa obat-obatan yang perlu dibawa yang kemungkinan tidak terdapat di area tempat wisata apalagi jika Anda menderita sakit tertentu hal ini sangatlah penting.
  9. Cari informasi tentang hotel atau penginapan terdekat yang aman dan nyaman jika Anda ingin berwisata dalam beberapa hari.
  10. Carilah agen wisata yang sudah terpercaya jika anda ingin memakai jasa agen.

Baca Juga : Mau Foto Bareng Penyu? Yuk Kunjungi Pantai Cemara Banyuwangi!