30+ Makanan Khas Garut yang Terkenal (Selain Dodol)

Garut menjadi daerah yang paling banyak dikunjungi karena wisata alamnya di Jawa Barat. Selain karena banyaknya wisatawan Garut juga terkenal akan makanan khas daerahnya.

Dari daftar 30+ makanan khas garut yang terkenal selain dodol, bisa Anda andalkan untuk dibawa pulang. Untuk harga, wilayah Garut terkenal akan makanan yang harganya masih dibilang murah.

Makanan Khas Garut yang Terkenal

1. Nasi Liwet Garut

gambar makanan khas garut

Makanan khas Garut Jawa Barat yang pertama adalah nasi liwet. Rumah Makan Asep Strawberry sudah sangat terkenal di Garut.

Dengan berbagai menu tradisional khas tanah Sunda terutama nasi liwetnya yang begitu terkenal. Penyajiannya yang unik juga rasa sambalnya yang khas membuat liwet ini semakin laris.

2. Sambal Cibiuk Garut

makanan khas garut sambal cibiuk

Menu Cibiuk sudah lama terkenal di Indonesia, yang merupakan sebuah sajian sambal berasal dari daerah Garut. Bagi masyarakat yang tinggal di Garut menu ini merupakan sajian yang wajib.

Sambal yang dibuat dengan tomat hijau ini sangat khas. Terutama dengan aroma serawungnya yang sangat tercium. Rasa yang diberikan pun sangat nikmat untuk teman saat menyantap nasi.

3. Soto Ayam Garut

soto makanan khas garut

Salah satu makanan khas Indonesia adalah soto yang berasal dari banyak daerah di Jawa Barat. Saat ini ada menu soto ayam dari Garut yang berbeda dengan soto pada umumnya.

Rasa asin dan gurih pada soto dihasilkan dari campuran santan yang berwarna kuning pekat. Bahkan bumbu rempahnya akan sangat terasa dengan menambahkan kacang kedelai goreng di dalam kuahnya.

4. Bakso Mang Ano

bakso makanan khas garut

Daratan Sunda sejak lama terkenal akan menu baksonya yang selalu menggugah selera. Saat ini menu bakso mang Ano menjadi pilihan bagi masyarakat yang mengunjungi Garut.

Rasa yang diberikan dari semangkuk baksonya dengan ciri yang gurih dan nikmat. Ditambah lagi dengan potongan kulit kepala sapi yang pastinya empuk untuk dinikmati. Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu mengeluarkan 15 ribu Rupiah saja.

5. Bakso Aci Khas Garut

makanan khas garut baso aci

Sambil memainkan tts, Anda bisa mencoba untuk menikmati sajian baso aci yang berasal dari Garut. Bakso ini tidak sama seperti bakso pada umumnya dengan bahan utama yang dibuat dari tepung kanji.

Baso ini biasanya akan diberikan isian daging dengan rasa yang tidak jauh berbeda dengan cilok. Banyak sekali baso aci yang sudah dibentuk dengan packaging yang bisa dibawa pulang.

6. Surabi dari Garut

kue garut khas solo

Jangan lupa untuk mencicipi menu surabi yang berasal dari daratan Sunda. Di Garut biasanya surabi akan disajikan dengan dua varian rasa yakni asin dan manis.

Untuk surabi yang asin akan diberikan oncom di atasnya, sedangkan untuk yang manis tersedia dalam berbagai varian rasa.

7. Es Goyobod dari Garut

makanan khas garut es goyobod

Terdapat beberapa daerah di Garut yang menjadi tempat kuliner seperti Tarogong Kidul dan daerah lainnya. Sampai saat ini nama Es Goyobod masih menjadi primadona di kalangan masyarakat atau wisatawan.

Dengan bahan dasar tepung kanji yang bentuknya sama seperti es campur rasnya sangat nikmat untuk di minum siang hari.

8. Sajian Awug

makanan khas garut sajian awug

Ketika mengunjungi Garut jangan lupa untuk menikmati awug yang terkenal di beberapa daerah Sunda. Makanan yang terbuat dari tepung beras ini sangat wajib untuk dinikmati, terutama bagi Anda yang menyukai makanan manis.

Pengolahannya akan memakan proses yang lumayan lama. Nantinya awug akan diberikan isian gula merah ketika awug masih dalam keadaan panas.

9. Oleh-oleh Jeruk Garut

oleh2 makanan khas garut

Buah yang khas dari Garut ini selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Terutama, jeruk dari Garut sudah terkenal akan rasanya yang segar.

Meskipun sebenarnya rasanya terkadang memberikan rasa sedikit kecut. Biasanya, hampir semua tempat di Garut akan menjual jeruk garut yang rasanya unik ini. Anda tidak perlu khawatir dengan harganya yang hanya 10 ribu Rupiah per kilo.

10. Oleh-oleh Dodol Picnic

dodol picnic makanan khas garut oleh-oleh

Meskipun banyak makanan khas Garut selain dodol bukan berarti jika oleh-oleh dodol picnic ini terlupakan. Sampai saat ini masih banyak wisatawan yang berburu untuk membeli dodol yang bermerek picnic.

Bahkan rasanya pun semakin unik dengan berbagai varian rasa yang bisa Anda temukan. Menemukan dodol ini pun tidak akan susah selama Anda masih berada di Garut.

11. Sajian coklat Chochodot

coklat chocodot asli garut

Nama merek Chocodot memang sudah lama terkenal di Garut sebagai olahan coklat yang wajib dibeli oleh para wisatawan. Didalam coklatnya memiliki banyak kombinasi rasa yang unik termasuk buah-buahan, kacang, bahkan cabai.

Kesannya yang modern menarik perhatian banyak orang yang berkunjung ke Garut. Ketika berkunjung ke Garut, coklat ini bisa dijadikan pilihan ujntuk oleh-oleh.

12. Kerupuk Kulit Garut Dorokdok

makanan ciri khas garut

Sampai saat ini banyak tempat yang menyediakan makanan ringan kerupuk kulit. Di Garut, kerupuk kulit disebut sebagai dorokdok yang memiliki rasa unik dan sangat gurih.

Hal itu karena kulitnya akan diberikan campuran bumbu yang khas dari Garut sebelum digoreng. Terbuat dari kulit sapi dan kerbau maka sudah di jamin jika makanan ini akan aman untuk di konsumsi oleh Anda.

13. Snack Emplod

makanan ringan khas garut snack emplod

Terdapat banyak makanan khas Garut dari singkong yang bisa Anda temukan. Salah satunya adalah snack emplod yang begitu terkenal. Nama lain dari makanan ini adalah endog lewo.

Terbuat dari singkong yang nantinya akan digiling yang kemudian diperas dan di diamkan dengan waktu 24 jam. Setelah proses tersebut selesai singkong akan di campur dengan parutan kelapa dan bumbu lainnya.

14. Makanan Ringan Opak dari Garut

makanan khas garut dari singkong

Terdapat banyak makanan dari Garut yang cara membuatnya cukup unik dan mudah. Opak memang bukan hanya ada di Garut saja melainkan salah satu makanan yang khas dari daratan Sunda.

Terbuat dari bahan tepung beras yang nantinya akan diberikan bumbu seperti gula, garam, dan air. Saat ini banyak sekali opak dengan berbagai merek yang mudah untuk ditemukan di Garut.

15. Makanan Ladu

ladu makanan khas garut

Makanan Garut adalah warisan dari tanah Sunda yang wajib untuk dicicipi. Terdapat banyak makanan yang bercitarasa mais seperti ladu ini.

Bentuknya memang tidak berbeda jauh degan dodol meskipun teksturnya memang lebih kasar dan keras. Dibuat menggunakan tepung ketan yang berwarna putih kemudian di olah dengan gula aren dan parutan kelapa sehingga menghasilkan rasa yang manis.

16. Makanan Ringan Moring

moring makanan khas garut

Nama moring memang tidak seterkenal makanan Garut lainnya terutama di daerah yang bukan berasal dari tanah Sunda. Saat ini moring memang sedang naik daun yang sebenarnya merupakan keripik yang terbuat dari cimol.

Singkatan moring berasal dari kata cimol kering yang berbahan dasar tepung kanji. Rasa asin dan gurih yang diberikannya membuat beberapa wisatawan terus menyukainya.

17. Comring Banjarwangi 

makanan camilan khas garut

Terdapat beberapa daerah yang memiliki spesialisasi untuk membuat coming. Makanan ini juga dibuat dari bahan dasar singkong yang dihaluskan.

Setelah dihaluskan akan memberikan berbagai bumbu yang khas sehingga rasanya asin dan gurih. Camilan yang renyah ini selalu diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Garut. Anda bisa menemukan makanan ini dimanapun selagi berada di Garut.

18. Wajit

makanan khas kabupaten garut

Meskipun beberapa makanan di Garut tidak semua diberikan resep dan cara membuatnya ke publik, makanan wajit merupakan oleh-oleh yang wajib untuk Anda bawa pulang.

Ketan yang berkualitas akan menjadi bahan dasar utama pembuatan wajit ini. Dengan memberikan campuran santan dan gula merah yang sangat nikmat untuk dicicipi. Camilan ini sudah sangat terkenal di Jawa Barat.

19. Keripik Kentang Cikajang

makanan khas garut keripik kentang

Ragam keripik kentang bisa ditemukan di Garut, salah satunya adalah keripik kentang dari Cikajang yang begitu terkenal.

Cikajang ini berlokasi di kaki Gunung Cikuray yang menggunakan kentang hasil taninya untuk membuat makanan khas yang nikmat ini. Anda bisa menemukan olahan keripik kentang dimana pun selama Anda berada di daerah Garut.

20. Sajian Tumpeng Cikajang

tumpeng makanan khas garut

Selanjutnya ada menu tumpeng yang berasal dari Cikajang dan wajib untuk Anda coba. Meskipun Anda belum bisa dipastikan untuk membawanya pulang, mencicipinya tetap menjadi hal wajib selama di Garut.

Tumpeng ini memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan bacang dengan berisikan ikan teri asin yang sangat nikmat. Biasanya akan ditambahkan dengan labu siam atau tempe dan cabai.

21. Menu pindang ikan

makanan pokok khas garut

Ikan pindang yang berasal dari tanah Sunda akan berbeda dengan ikan pindang dari daerah lainnya. Salah satunya adalah ikan pindang dari daerah Garut yang begitu terkenal.

Sekali Anda mencoba pasti akan merasa ketagihan. Bahkan untuk menemukannya Anda bisa mengunjungi beberapa daerah di Garut dengan berbagai kenikmatan yang bisa dirasakan sambil berkumpul dengan keluarga.

22. Makanan Ceprus

macam macam makanan khas garut

Di wilayah Garut bagian selatan Anda bisa menemukan olahan makanan yang dinamakan ceprus. Menu ini terbuat dari singkong yang dibakar kemudian akan dicelupkan dengan gula merah yang masih panas.

Perlu untuk Anda ketahui jika menu makanan ini memang sangat langka disajikan. Beberapa took oleh-oleh yang ada di Garut pun belum dapat di pastikan jika akan memiliki oleh-oleh ini.

23. Olahan Angling

makanan khas garut burayot

Angling tidak berbeda jauh dengan dodol picnic yang merupakan olahan dari beras ketan dan gula. Bisa dibilang jika angling merupakan dodol yang khas dari garut.

Biasanya akan diberikan campuran caramel yang memberikan rasa sedikit gurih. Untuk menemukannya, Anda bisa berjalan-jalan ke Kecamatan Cihurip di Garut untuk menemukan makanan ini dan bisa dijadikan oleh-oleh.

24. Lada Hitam Negeri Mas Garut

makanan kering khas garut

Lada hitam negeri mas Garut sering dijadikan salah paham karena tidak seorang pun menganggap jika ini adalah hidangan minuman.

Sebenarnya Lada hitam negeri mas Garut merupakan salah satu minuman herbal yang sering dijadikan pengobatan. Rasa yang diberikan memang sedikit pedas namun mampu untuk memberikan rasa hangat bagi tubuh. Banyak toko oleh-oleh yang menjual minuman ini.

25. Sekoteng khas Garut

makanan khas cikajang garut

Sampai saat ini minuman sekoteng masih menjadi minuman khas yang begitu terkenal dari Garut.

Meskipun minuman ini bisa ditemukan di beberapa daerah di Jawa Tengah, tetap saja minuman ini wajib untuk dicoba selama Anda di Garut.

26. Kopi khas Garut

ciri khas kopi garut

Terdapat kopi yang merupakan minuman khas dari Garut yang dibawa pertama kali oleh bangsa Belanda di Jaman Kolonial. Kopi robusta dan arabicanya memiliki rasa yang khas dan sangat disayangkan jika Anda tidak mencobanya.

27.  Burayot

makanan khas daerah garut

Makanan manis memang tidak dapat ditinggalkan dari daerah Garut. Bahan utama pembuatannya berasal dari tepung beras dan gula aren. Teksturnya yang empuk membuat makanan ini banyak dicari.

Apalagi, rasa manisnya tidak berlebihan dari gula arennya.

28. Lotek Khas Garut

apa saja makanan khas garut

Jangan lupa untuk mencoba lotek yang berasal dari Garut ini. Sama seperti pecel sayur pada umumnya, lotek sangat nikmat untuk dinikmati pada siang hari untuk menambah kesegaran.

29. Hayam bakakak khas Sunda

makanan khas garut sukagalih tarogong kidul

Menu hayam bakakak khas Sunda terkenal di daerah Garut dan Anda bisa mencobanya. Di sana bakakak sama dengan ayam yang masih dalam keadaan utuh.

Penyajiannya ada dua macam yakni di goreng atau di panggang dengan rasa yang nikmat.

30. Sajian karedok

makanan khas daerah garut yang terkenal adalah

Karedok merupakan olahan sayuran mentah yang dijadikan sebagai pecel sayur. Dengan berbagai menu sayuran segar, Anda bisa menikmatinya sambil menghabiskan waktu siang hari di Garut.

Rasanya pun sangat khas dan bisa dinikmati Bersama keluarga.

Daftar 30+ makanan khas garut yang terkenal selain dodol bisa membuat liburan Anda semakin sempurna. Terdapat neragam pilihan makanan yang bisa Anda nikmati atau bawa pulang.

Bahkan rasanya bisa memberikan banyak sekali memori yang khas dari rasa makanan di garut. Banyak sekali sajian atau makanan ringan yang bisa Anda bawa pulang.

Leave a Comment

error: Content is protected !!