12+ Makanan Khas Majalengka yang Enak

Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Jawa Barat. Bagi sebagian orang mungkin Majalengka ini belum terlalu familiar.

Namun saat ini dengan perkembangan yang cukup pesat, kabupaten ini cukup mulai banyak dilirik oleh wisatawan. Selain beberapa objek wisata yang mulai diperkenalkan ke publik terdapat juga beberapa makanan khas Majalengka yang harus Anda coba ketika berkunjung kesana.

Kabupaten Majalengka ini mendapat julukan Kota Angin. Beberapa wilayah di dalamnya mulai dikembangkan menjadi kawasan organik sebagai penyuplai kebutuhan sayuran.

Selain itu dengan adanya BAndar Udara Internasional Kertajati juga memberikan dampak positif bagi perkembangan wilayah ini. Wilayah ini cukup jauh dari keramaian kota sehingga beberapa objek wisata yang disuguhkan cocok untuk bersantai dan melepas penat.

Makanan Khas Majalengka Jabar

1. Tutut

makanan khas majalengka tutut

Apakah Anda mengetahui apa itu tutut. Jika dilihat dari bentuknya tutut adalah sejenis keong namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Bagi kebanyakan orang mungkin hewan ini dianggap sebagai hama dan tidak bisa dikonsumsi. Namun di Majalengka makanan ini justru menjadi adalah satu makanan khas yang banyak diburu oleh pengunjung.

Tutut dimasak dengan paduan bumbu dan rempah sehingga menciptakan citarasa khas. Anda bisa menjadikan tutut ini lauk pendamping nasi atau dimakan begitu saja.

Olahan tutut di Majalengka terkenal dengan rasanya yang berbeda dibandingkan dengan olahan tutut di tempat lainnya. Jika Anda berkunjung ke Majalengka jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini.

2. Surabi Oncom

makanan khas majalengka enak

Surabi adalah makanan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Anda bisa menemui makanan ini beberapa tempat di Indonesia. Namun untuk surabi di Majalengka ini berbeda dengan surabi pada umumnya.

Bahan dasar pembuatan surabi ini adalah oncom. Dengan kandungan oncom ini maka Anda akan merasa langsung kenyang ketika menyantapnya.

3. Nasi Lengko

makan khas majalengka

Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Barat tentu sudah tidak asing dengan nama nasi lengko. Sajian nasi ini cukup unik dan kebanyakan menjadi pilihan utama ketika mencari menu untuk sarapan.

Nasi lengko disajikan dengan isian yang terdiri dari nasi putih, tahu, tempe, tauge, mentimun dan dilumuri dengan saus kacang. Tidak ketinggalan taburan bawang goreng diatasnya.

Walaupun tampilan nasi lengko ini cukup sederhana namun memiliki kandungan gizi yang cukup. Selain kaya akan karbohidrat dan serat, nasi ini juga rendah kalori karena bahan yang dipergunakan adalah bahan nabati bukan hewani. Saus kacang sebagai perasanya merupakan bumbu khas Majalengka yang tidak bisa Anda temukan di daerah lainnya.

4. Kalua Jeruk

makanan ciri khas majalengka

Kalua adalah sejenis makanan yang dibuat menggunakan bahan dasar daging jeruk. Untuk membuat makanan ini ditambahkan gula kawulang atau gula merah pada daging jeruk yang telah disiapkan.

Tekstur kalula ini dari bagian luar keras, namun jika anda sudah menggigitnya maka terasa lembut. Rasa kalua ini manis dan banyak dipilih sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Majalengka.

5. Jalakotek

makanan kering khas majalengka

Makanan ini sangat terkenal di Majalengka. Anda bisa dengan mudah menjumpai penjual jalakotek ini di sekitar alun-alun Majalengka. Bahan utama pembuatan makanan ini adalah tepung aci dan tahu yang diberi bumbu. Jalakotek sepintas lebih mirip makanan pastel.

Teksturnya garing di luar dan agak basah dibagian dalam. Jika digigit terasa renyah dan lembut. Bisa juga ditambahkan sambal atau saus agar rasanya lebih nikmat.

6. Pepes Jeroan

makanan khas majalengka jawa barat

Pepes adalah sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu atau ikan. Bahan tersebut akan diberi bumbu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan di kukus.

Namun yang membedakan pepes majelengka ini adalah menggunakan bahan utama yaitu jeroan. Untuk menghilangkan bau khas jeroan yang banyak tidak disukai orang, jeroan akan direbus terlebih dahulu dan dimasak dengan bumbu khusus,.

Pepes jeroan ini terkenal di Majalengka. Walaupun kebanyakan orang menghindari jeroan karena kadar kolesterol yang tinggi dan biasanya berbau amis namun makanan ini tetap banyak dicari.

Bumbu yang digunakan untuk memasak pepes adalah bumbu dengan ramuan khusus sehingga jeroan yang digunakan rasanya tidak kalah enak dengan pepes dari ikan atau tahu.

7. Lumpia Basah

makanan khas majalengka yang enak

Majalengka juga memiliki makanan khas yaitu lumpia basah. Anda mungkin telah banyak menjumpai makanan ini di berbagai daerah. Lumpia memang banyak dibuat dan dijual di daerah lain.

Namun untuk lumpia basah majalengka ini menggunakan isian dari tauge, daging ayam yang dimasak dengan campuran telur. Anda juga bisa menggoreng lumpia ini untuk mendapatkan tekstur yang renyah.

8. Seblak Basah

makanan khas majalengka adalah

Bahan dasar pembuatan seblak basah ini adalah kerupuk ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya. Biasanya seblak ini terdiri dari daging ayam, bakso, sosis, dan daun bawang.

Sajiannya menggunakan bumbu khas yang membuat badan menjadi hangat. Cocok dimakan ketika hawa dingin karena penyajian seblak basah ini memang dalam kondisi hangat.

9. Buah Gincu

buah khas majalengka

Buah Gincu adalah sejenis buah mangga yang banyak tumbuh di Majalengka. Beberapa orang juga menyebutnya dengan nama mangga gedong.

Walaupun sama-sama buah mangga namun mangga gincu ini memiliki rasa yang berbeda dari mangga pada umumnya. Bahkan menurut cerita buah ini pada zaman dahulu hanya boleh dikonsumsi oleh para bangsawan.

10. Kecap Majalengka

rempah khas majalengka

Semua orang pasti tahu tentang kecap. Majalengka memiliki produk kecap tersendiri yang berbeda dengan kecap di pasaran.

Kecap ini dibuat dengan menggunakan bahan khusus yang disesuaikan dengan cita rasa makanan khas Majalengka. Produksi kecap ini bahkan telah ada sejak tahun 1980 dan masih bertahan hingga saat ini.

11. Durian Majalengka

buah durian khas majelengka

Bicara tentang durian pasti semua orang telah mengetahuinya. Buah yang populer karena rasa dan harganya yang cukup mahal.

Majalengka juga memiliki durian khas yang banyak tumbuh di daerah ini. Perbedaan yang bisa Anda lihat adalah daging durian yang tebal dan sangat manis. Bau durian tersebut juga cukup khas dan sedikit menyengat sehingga mudah untuk dikenali.

12. Lotek

makanan khas majalengka terbaru

Lotek adalah makanan dengan bahan utamanya sayur. Campuran sayuran ini dilengkapi dengan sambal kacang dan irisan lontong.

Ciri khas dari lotek Majalengka adalah bumbu kacang yang memiliki rasa khas dan berbeda dengan bumbu kacang pada umumnya. Makanan sangat cocok untuk disantap ketika perut lapar.

Jika Anda berkunjung ke Majalengka cobalah untuk mencicipi lotek ini. Anda bisa menemukan banyak penjual lotek di sepanjang jalan dan beberapa warung di berbagai tempat.

Selain mengenyangkan makanan ini juga sehat karena menggunakan sayuran segar. Kelezatan lotek ini sudah pasti akan menggugah selera makan Anda.

Majalengka walaupun bukan kabupaten besar dan populer namun memiliki banyak keunikan didalamnya. Makanan khas Majalengka juga cukup unik dan patut untuk dicoba.

Beberapa makanan yang ada tidak bisa Anda temui di tempat lain. Selalu sediakan waktu untuk berburu makanan khas selama Anda berkunjung karena akan sayang jika Anda lewatkan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!