16+ Makanan Khas Indramayu yang Terkenal Abis!

Berada di Provinsi Jawa Timur, Indramayu menjadi kota dengan ragam kuliner yang khas beserta keunikannya. Anda bisa menemukan banyak makanan khas Indramayu yang nikmat untuk bersantap Bersama keluarga.

Harga makanan di sana juga relatif murah untuk pengunjung di berbagai bulan tertentu. Makanan yang manis, asin, hingga segar bisa Anda temukan di Indramayu.

Untuk Anda yang menyukai suasana santai untuk berlibur bisa mencari waktu tertentu. Terutama untuk menjajal berbagai makanan khasnya yang mudah untuk ditemukan.

Di kota ini Anda cenderung bisa menemukan jajanan pinggir jalan atau warung tertentu dengan menu khas dari kota ini.

Tidak perlu khawatir dengan rasa yang akan diberikan dengan cita rasa khas dari Jawa Timur.

List Makanan Khas Indramayu

1. Nasi Lenko

makanan khas indramayu yg terkenal

Di Indramayu nasi lenko menjadi favorit bagi seluruh lapisan masyarakat. Makanan ini begitu terkenal di kalangan wisatawan dengan berbahan dasar nasi.

Maka, makanan ini bisa dijadikan sebagai santapan untuk menu siang dan sore hari. Ditambahkan dengan sayuran lainnya yang membuat makanan menjadi lebih nikmat seperti taoge, mentimun, daun kucai dan lain sebagainya.

2. Pindang Gombyang Manyung

pindang khas indramayu

Menu yang satu ini sangat mudah di temukan ketika Anda berada di Indramayu. Bahan yang akan digunakan untuk memasak adalah ikan mayung.

Salah satu jenis ikan yang berasal dari laut dan memiliki daging yang nikmat. Bentuknya hampir mirip dengan gulai yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Bumbu rempahnya sangat terasa dan menciptakan rasa yang unik.

3. Rumbah

tempat makanan khas indramayu

Makanan ini serupa dengan lotek dari Bandung atau makanan gado-gado dari Jakarta. Isi dari makanan ini adalah berbagai macam sayuran yang nantinya akan dikukus sebelum disajikan.

Setelah sayuran dikukus akan diberikan bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Untuk jenis sayuran yang digunakan biasanya kacang Panjang, taoge, kangkung, kol, dan mentimun.

4. Pedesan Entog

pedesan entog makanan khas indramayu

Jangan lupa untuk mencicipi pedesan entog ketika Anda masih berada di Indramayu. Rasa pedasnya menjadi ciri khas yang unik sesuai dengan Namanya yaitu pedesan.

Entog merupakan salah satu keluarga bebek yang disajikan atau dimasak dengan bumbu pedas. Uniknya, aroma amis dari entog tidak akan tercium dan rasa yang lebih menonjol adalah bumbu juga rempah di dalamnya.

5. Burbacek

makanan khas indramayu burbacek

Nama unik dari masakan ini adalah salah satu pemikat bagi para wisatawan untuk mencicipinya. Burbacek memiliki arti bububur rumbah cecek. Bubur akan ditambahkan dengan rumbah dan cecek yang memiliki rasa nikmat.

Rasa khas dari menu masakan ini adalah asam dan pedas yang dihasilkan dari rumbah. Ada rasa gurih yang melengkapi dari bahan cecek yang digunakan.

6. Orog-Orog

orog orog camilan khas indramayu

Sajian orog-orog akan menjadi menu yang nikmat sebagai kudapan. Tepung beras yang diberi gula merah akan dilengkapi dengan parutan kelapa yang gurih dan nikmat.

Kuliner ini sangat disukai baik oleh warga lokal atau wisatawan yang dating ke Indramayu. Biasanya makanan ini disajikan pada acara tahlilan di zaman dahulu. Berbeda dengan saat ini yang bisa ditemukan di mana pun dan kapan pun.

7. Bubur Glintir

apakah makanan khas indramayu

Jenis bubur ini sama dengan bubur candil namun masih ada yang membedakan di dalamnya. Salah satunya adalah bahan dasar yang digunakan dengan beras.

Tepung beras akan membedakannya dari candil yang terbuat dari tepung ubi. Akan dilengkapi dengan gula merah juga santan sebagai pelengkap untuk rasanya yang manis dan juga rasa gurih yang sangat nikmat.

8. Mie Ragit

mie ragit camilan khas indramayu

Kuliner mie bisa sangat mengenyangkan dikala Anda sedang lapar. Menemukan kuliner mie di Indonesia tidak akan sesulit yang dibayangkan. Begitupun Indramayu yang memiliki kuliner mie yang nikmat dan khas.

Salah satunya adalah mie ini dengan kuah yang digunakannya. Kuah yang digunakannya adalah santan sayur dan santan udang untuk pelengkapnya.

9. Geblog

makanan tradisional khas indramayu

Khas dari geblog yang berasal dari Indramayu adalah kudapan yang dibuat menggunakan singkong. Selain itu ada juga geblog yang dibuat menggunakan ketan hitam namun masih jarang untuk ditemukan.

Cara membuatnya sangat sederhana dengan menggunakan cara di peras dan di tambahkan dengan garam, kelapa parut, gula pasir, gula merah, dan daun pandan

10. Cimplo

cimplo camilan khas indramayu

Menu cimplo adalah kudapan yang khas dari Indramayu. Pembuatannya memang hanya ada pada acara tertentu sebagai salah satu kuliner penolak bala.

Menu ini dibuat dengan menggunakan tepung beras, gula putih, ragi, dan ditambahkan tape singkong. Adonan akan dicetak dengan bentuk bulat yang kemudian ditambahkan dengan gula cair juga parutan kelapa dan santannya.

11. Blengep Cocot

makanan nabati khas indramayuNamanya yang unik ternyata membuat orang ketagihan untuk mencoba makanan yang khas dari Indramayu ini. Terbuat dari bahan singkong serta gula merah akan membuatnya semakin nikmat.

Cocot memiliki arti keluar dalam Bahasa Jawa. Hal ini ditandai dengan gula merah yang keluar ketika makanan ini disantap kemudian akan mulai meleleh ketika di mulut.

12. Nagasari

makanan khas indramayu adalah

Nama makanan nagasari sudah tidak asing lagi. Sampai-sampai terkenal hingga ke mancanegara. Terbuat dari tepung beras dilengkapi dengan gula pasi, santan kelapa, daun pandan, juga daun pisang sebagai isian dari makanan ini.

Terlebih cara memasaknya yang mudah membuatnya unggul dari bahan atau jenis makanan lain. Anda bisa menemukan makanan ini di mana pun ketika di Indramayu.

13. Koci

koci camilan khas indramayu enak

Jenis kue yang satu ini memiliki bentuk yang hampir serupa dengan Nagasari. Ketika Anda melihat tampilannya akan sedikit bingung untuk membedakannya dengan kesamaan bungkus daun pisang.

Bahkan warna dan bentuknya akan sama meskipun rasanya jelas berbeda. Terbuat dari campuran tepung ketan, gula, garam, santan kelapa, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

14. Belendung Jagung

makanan kering khas indramayu

Memiliki bahan utama jagung membuat makanan ini akan jauh lebih mengenyangkan dibanding makanan lainnya. Diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk membuat jagung memiliki rasa yang lebih lunak.

Penambahan komposisi akan diberikan kapur sirih, garam, kemudian air yang secukupnya. Jagung disajikan diatas daun pisang kemudian ditaburi dengan parutan kelapa yang gurih.

15. Karedok

makanan khas indramayu jawa barat

Karedok atau lotek sayur mentah ini memiliki rasa yang hampir sama dengan gado-gado. Yang membedakan adalah sayurannya yang masih mentah atau tidak melalui proses rebusan.

Diberikan bumbu saus kacang yang telah dibumbui untuk menciptakan rasa yang khas dan lengkap. Menu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Indramayu dan wisatawannya.

16. Wedang Sereh

makanan khas kota indramayu

Sajian wedang memang sangat khas jika berkunjung ke tanah Jawa. Anda bisa menemukan beragam jenis wedang yang khas dan salah satunya adalah wedang sereh.

Banyak sekali warung di pinggir jalan yang menjual atau menyajikan minuman ini. Biasa dijadikan sebagai salah satu minuman sehari-hari demi menjaga kesehatan. Melengkapi malam yang dingin untuk menghangatkan tubuh.

Kuliner khas Jawa Timur yang begitu terkenal bisa Anda temukan di Indramayu. Beragam makanan khas Indramayu memiliki rasa yang unik dengan harga yang bersahabat.

Anda bisa memanfaatkan momen tertentu untuk bersantap Bersama keluarga. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh terbaik dari Indramayu untuk dibawa pulang.

Leave a Comment

error: Content is protected !!