16+ Makanan Khas Tasikmalaya (Bakso, Tutug Oncom, dll)

Makanan khas Jawa Barat banyak diserbu oleh wisatawan karena rasanya yang khas. Tasikmalaya menjadi salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki beragam makanan khas.

Setiap makanan khas Tasikmalaya memiliki beragam keunikan dan tidak heran jika banyak diserbu oleh wisatawan. Untuk Anda yang ingin menemukan makanan tradisional hingga modern ada di Tasikmalaya.

Bentuk kotanya memang tidak terlalu luas namun memiliki banyak ragam makanan khas yang patut di coba. Harga yang masih murah menjadi keunggulan bagi Kota Tasikmalaya untuk menjual berbagai makanan khasnya.

Mulai rasa yang manis, pedas, asin, hingga gurih bisa Anda temukan disini. Terdapat banyak resto atau tempat makan murah yang bisa menjadi referensi santap siang.

Daftar Makanan Khas Tasikmalaya

1. Makaroni Mang Ade Citapen

makanan camilan khas tasikmalaya makaroni

Rasa makaroni memang sama saja seperti pada umumnya, yang membedakan di sini adalah rasa dari bumbu makaroni tersebut.

Banyak orang yang memburu jajanan ini ketika berkunjung ke Tasikmalaya. Lokasinya berada di depan SDN Citapen Jl. Tentara Pelajar, Kota Tasikmalaya.

Anda bisa membeli dengan level kepedasan sesuai selera dimulai dari harga 3 ribu hingga 10 ribu saja.

2. Ladu

makanan khas tasikmalaya apa saja

Bahan utama ladu adalah beras ketan yang berwarna putih atau yang hitam. Untuk rasa yang diberikan adalah sensasi manis yang unik.

Karena bentuknya yang hampir sama seperti dodol banyak orang yang menyamakannya pedahal sudah jelas berbeda.

Makanan ini begitu populer di Jawa Barat dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini sangat mudah di temukan di Tasikmalaya.

3. Rangginang

makanan khas kota tasikmalaya rangginang

Tidak banyak yang tahu bahwa di Tasikmalaya ada olahan beras ketan yang bernama rangginang. Bahan utama beras ketan ini akan di goreng hingga krispi dan dibumbui dengan sangat nikmat.

Bisa dibilang bahwa makanan ini adalah makanan sejuta umat di sana.

Beragam rasa yang diberikan seperti, asin, terasi, ketan hitam, hingga yang manis akan tersedia di sana.

4. Mie Bakso Laksana

makanan khas tasikmalaya adalah

Kota Tasikmalaya terkenal akan hidangan baksonya. Salah satu tempat menyantap bakso yang terkenal di Tasikmalaya adalah Mie Bakso Laksana.

Anda bisa mengunjungi tempat ini kapan pun karena sangat jarang sekali untuk tutup. Bakso khas Cina ini dibuat dengan bumbu yang nikmat dan legendaris karena telah buka sejak lama.

Anda bisa menikmati santap siang dan sore di sini.

5. Bubur Ayam Khas Tasikmalaya

makanan khas tasikmalaya jawa barat

Perbedaan setiap daerah kadang bisa dilihat dari menu bubur yang disuguhkannya. Salah satunya adalah menu bubur di Tasikmalaya.

Jika Anda sering melihat bubur yang diberikan kuah berwarna kuning di atasnya.

Di Kota Tasikmalaya, bubur tidak akan diberikan bumbu seperti demikian namun rasanya tetap nikmat. Kemudian akan diberikan berbagai toping tertentu untuk menambahkan rasa.

6. Sambel Goang

sambal goang makanan khas tasikmalaya

Ciri khas sambal setiap daerah bisa membuat orang semakin mengingat moment tertentu ketika berlibur. Anda bisa mencoba untuk memakan dan memesan sambel goang ketika mengunjungi tempat makan di tasikmalaya.

Rasa sambalnya yang khas dan komposisi yang hanya cabai, bawang, juga garam ini membuat Anda akan semakin ketagihan untuk lahap makan.

7. Nasi Tutug Oncom

makanan khas kota tasikmalaya

Olahan nasi merupakan sajian yang penting bagi orang Indonesia. Salah satunya adalah nasi tutug oncom sebagai salah satu sajian yang khas dari Kota Tasikmalaya.

Olahan ini akan memiliki menu utama nasi dan oncom yang telah dibumbui dan digoreng terlebih dahulu oncomnya. Nantinya, oncom akan di aduk dengan nasi dan ditambahkan berbagai lauk serta sambal yang nikmat.

8. Nasi Cikur

makan khas kota tasikmalaya

Selain TO atau tutug oncom, Anda juga bisa mencoba olahan nasi cikur yang ada di Tasikmalaya. Sebenarnya cikur adalah kencur sebagai Bahasa Sunda.

Anda bisa menemukan beragam penjual nasi ini di berbagai tempat dan penjuru. Harga dari nasi cikur ini masih terhitung mudah sekitar 5 sampai 7 ribu saja. Bisa ditambahkan dengan berbagai toping tertentu yang sangat nikmat untuk disajikan.

9. Rujak Honje

ciri khas makanan dari tasikmalaya

Perbedaan rujak di Tasikmalaya dengan daerah lainnya adalah penggunaan honje. Rasa honje yang khas dan menyegarkan membuat Anda ketagihan untuk mencocol bumbu rujaknya.

Tempat makan rujak honje yang terkenal di tasikmalaya adalah Rujak Honje Ibu Icar dan Rujak Honje Ibu Iyoy.

10. Seblak

seblak makanan camilan khas tasikmalaya

Daerah Jawa Barat terkenal akan sajian seblaknya yang asin dan gurih.

Tasikmalaya memiliki ciri khas khusus dari seblaknya yang ditambah bumbu tertentu. Anda bisa menemukan berbagai jenis seblak dengan rasa yang unik dan pas dari Kota Tasikmalaya.

11. Kolontong

ciri khas makanan tasikmalaya

Untuk membeli camilan yang populer, Anda bisa mencoba untuk mencari kolontong sebagai oleh-oleh dari Tasikmalaya.

Khasnya, makanan ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah. Untuk bahan utamanya dibuat dari beras ketan dan masi mudah untuk ditemukan di berbagai tempat.

12. Citruk

makanan khas tasikmalaya citruk

Jangan lupa untuk membeli camilan yang satu ini ketika Anda berkunjung ke Tasikmalaya. Menu makanan yang gurih menjadi khas dari kota ini. Salah satunya adalah citruk yang memang terbuat dari olahan tepung terigu dan kanji.

Meskipun makanan atau jajanan ini sudah cukup lama dan jarang untuk ditemui bukan berarti Anda tidak bisa menemukannya lagi.

13. Es Bojong

makanan dan minuman khas tasikmalaya

Warga lokal biasanya akan memakan santapan ini ketika memasuki bulan Ramadhan. Rasa minuman yang khas dari kemanisan dan kesegarannya membuat banyak yang berburu.

Meskipun bukan bulan Ramadhan Anda masih bisa mencicipinya. Es yang diisi dengan buah-buahan, tape, kelapa muda, hingga sirup membuat Anda tidak ingin melewatkannya dan tidak menghabiskannya.

14. Noga Kacang

noga kacang makanan khas tasikmalaya

Anda bisa menemukan makanan ini ketika berkunjung ke daerah Indihiang seabagai salah satu tempat yang memproduksinya. Noga menjadi santapan khas dari Tasikmalaya sejak tahun 1982 dan bertahan hingga saat ini.

Sejarahnya yang kuat juga rasa yang khas dari tekstur kacang dan kegurihannya membuat banyak orang yang memburunya. Pembuatannya pun tanpa pemanis dan bahan pengawet.

15. Opak

rumah makan khas sunda tasikmalaya

Makanan ini merupakan salah satu camilan khas dari Tasikmalaya dan Jawa Barat. Berbeda dengan kerupuk kemplang, dari tekstur hingga rasanya yang khas.

Bahannya terbuat dari tepung beras ketan dengan beragam bumbu seperti gula, garam, bumbu penyedap, dan ditambahkan dengan kelapa parut. Harga yang ditawarkan pun cukup murah serta mudah untuk menemukannya.

16. Sale Pisang

makanan ciri khas tasikmalaya

Menu sale pisang sudah terkenal di berbagai tempat. Sebenarnya makanan ini bukan hanya berasal dari Tasikmalaya. Tidak ada salahnya jika Anda ingin mencicipi makanan yang satu ini. Berbagai bentuk dan varian tekstur tersedia di Tasikmalaya.

Di mulai dari yang digoreng kering hingga basah masih ada dan terjual di berbagai lokasi. Harganya pun masih jauh bersahabat.

Tidak perlu ragu untuk membeli dan mencicipi makanan khas Tasikmalaya. Ragam rasa yang disuguhkan juga harganya yang murah akan membuat Anda menjadi lebih puas untuk berlibur.

Referensi makanan khas di atas mudah ditemukan di berbagai penjuru kota. Anda hanya perlu melangkah sedikit saja dari tempat makanan satu dengan yang lainnya karena lokasinya yang dekat.

Leave a Comment

error: Content is protected !!