15+ Makanan Khas Jambi dan Penjelasannya

Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada di bagian Timur, tepatnya di tengah pulau Sumatera. Diantara banyaknya kota yang ada di Sumatera, Jambi merupakan salah satu kota yang sering menjadi tujuan wisata dan wisata kuliner yang cukup favorit.

Diantara banyaknya makanan khas Jambi, makanan khas Jambi adalah Tempoyak yang mana sering menjadi primadona kota ini.

Namun selain tempoyak, banyak sekali makanan khas Jambi yang memiliki cita rasa khas Sumatera dan Melayu yang kental.

Untuk anda yang berniat mengunjungi kota yang satu ini, jangan lupa untuk mencoba semua makanan khas Jambi yang akan kami berikan untuk referensi anda. Berikut ini adalah referensi makanan khas Jambi yang nikmat.

Makanan Khas Jambi dan Penjelasannya

1. Tempoyak

makanan khas jambi yang terbuat dari hasil fermentasi adalah

Mungkin terdengar aneh mendengar nama tempoyak, namun makanan khas Jambi yang terbuat dari hasil fermentasi adalah tempoyak salah satunya dan menggunakan bahan dasar durian. Durian tersebut di fermentasi terlebih dahulu, sehingga nantinya akan memberikan aroma khas yang menyengat sebagai ciri khas dari tempoyak tersebut.

Tempoyak sendiri merupakan sebuah bumbu, yang nantinya disajikan bersama dengan nasi. Tentunya makanan yang satu ini menjadi favorit untuk orang Jambi, dan sering sekali dijadikan bahan campuran untuk membuat sambal. Dengan cita rasanya yang asam, tempoyak juga dijadikan sebagai bahan untuk membuat daging lebih empuk.

2. Kue padamaran

Kue padamaram merupakan jenis makanan ringan tradisional di Jambi. Kue yang satu ini menggunakan bahan baku tepung beras dan juga menggunakan santan. Cita rasa yang dimilikinya gurih, teksturnya yang lembut dan sering di gambarkan sebagai bubur sumsumnya Jambi. Namun ada satu perbedaannya, yaitu pada kinca gula merah yang dimilikinya.

Untuk kue padamaran, kinca gula merah digunakan pada bagian dasar kue dan juga bagian atasnya. Warna kue yang satu ini sangat cantik, menggunakan daun suji sehingga menghasilkan warna yang hijau. Jika anda mengunjungi Jambi, jangan lewatkan untuk mencoba kue padamaran yang gurih dan dipadukan manisnya gula merah.

3. Daging masak hitam

resep makanan khas jambi

Makanan khas Jambi lainnya yang juga memiliki cita rasa nikmat, adalah daging masak hitam. Daging masak hitam ini merupakan daging yang disajikan dengan bumbu hitam, yang terbuat dari bahan ketumbar, adas manis, jintan, pala bubuk, lada putih bubuk, kayu manis, santan, kecap manis dan juga garam.

Namun tidak hanya menggunakan bumbu tersebut, namun daging masak hitam ini juga menggunakan bumbu halus yang berisikan bawang merah dan putih, kemiri, jahe, serai dan juga lengkuas. Makanan khas Jambi yang satu ini, cara membuatnya memang tidak sulit, karena hanya mencampurkan daging dengan bumbu yang sudah disediakan saja.

4. Nasi gemuk

makanan khas jambi beserta penjelasannya

Nasi gemuk merupakan makanan khas dari Jambi, yang bisa dibilang sebagai nasi uduk khas dari Betawi. Nasi ini disajikan dengan beberapa campuran lauk yang sudah disiapkan. Banyak yang masih bingung, apa sih perbedaan nasi gemuk dengan nasi Jambi? Jika biasanya nasi Jambi disajikan dengan emping, namun berbeda dengan nasi gemuk yang tidak menggunakan emping.

Nasi gemuk biasanya akan disajikan untuk membuka hari, dan memiliki pengolahan yang sama dengan nasi uduk. Memang untuk cita rasa yang dimilikinya, tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan nasi uduk melainkan asal dari nasi gemuk sendiri yang berasal dari Jambi. Nasi ini juga wajib anda coba, jika mengunjungi Jambi.

5. Bolu kojo

sejarah makanan khas jambi

Memang bolu yang satu ini belum banya dikenal, namun untuk di Jambi sendiri bolu kojo menjadi makanan khas yang cukup populer. Bolu kojo adalah bolu yang memiliki bentuk, menyerupai bunga kamboja. Bentuk yang dimiliki bolu ini, dikarenakan cetakan yang memang menyerupai bunga kamboja. Biasanya bolu kojo dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Makanan yang satu ini bahkan menjadi ikon kuliner di Sumatera Selatan, salah satunya adalah Jambi. Rasanya juga sangat nikmat, terutama jika dinikmati bersama dengan teh manis hangat. Anda juga dapat menemukan di acara pesta atau pesta adat, yang diselenggarakan oleh orang lokal Jambi. Selain itu seringkali dijadikan sebagai buah tangan untuk para tamu.

6. Mie celor

aneka makanan khas jambi

Jika berkunjung ke Jambi, jangan lupa untuk mencoba hidangan mie yang satu ini. Cara pembuatan mie celor ini, menggunakan bahan tepung terigu yang dipadukan bersama dengan berbagai sayuran seperti tauge dan juga daun sop. Bahkan untuk bisa menikmati mie ini, anda dapat menemukannya dengan mudah di sepanjang jalan kota Jambi.

Mie celor merupakan makanan yang selau berhasil untuk membuat penikmatnya kenyang, dan menjadikannya sebagai pengembali semangat tubuh karena segarnya kuah mie celor yang hangat dan segar. Kuah yang dimilikinya memiliki aroma rempah, ditambah dengan beberapa menu pelengkap seperti daging sapid an juga telur.

7. Kue gandus

makanan khas jambi yang enak

Memang Jambi memiliki banyak kue yang menjadi ciri khas. Selain kue padamaran dan bolu kojo, kue gandus merupakan kue khas yang terkenal di Jambi. Kue yang satu ini memiliki tampilan yang mirip sekali dengan talam ebi. Untuk warnanya memiliki warna putih cerah bagaikan susu, karena campuran tepung beras, sagu, garam dan santan.

Untuk membuatnya semakin nikmat, kue ini juga dicampur dengan beberapa bahan bumbu halus seperti bawang putih, merah hingga cabai. Bentuknya kotak, dan biasanya disajikan dengan ebi yang sudah disangrai, bawang goreng, daging giling, abon ikan dan masih banyak lagi.

8. Kue putri gandis

makanan khas jambi dan resepnya

Kue lainnya yang juga menjadi andalan di Jambi, adalah kue putri gandis. Kue yang memiliki nama cantik ini, merupakan kue tradisional dengan bentuknya yang kotak persegi. Bentuknya juga menarik, karena disajikan dengan beberapa warna seperti kuning, cokelat dan juga hijau. Untuk warna hijaunya terletak di bagian tengah dan berasal dari air daun suji.

Untuk cara pembuatannya, kue putri gandis ini memang meggunakan banyak kuning telur. Salah satu jenis kue basah Jambi ini biasanya akan ada di acara perayaan di Jambi, salah satunya acara antar belanjo. Acara belanjo ini merupakan salah sau prosesi pernikahan seperti akad nikah, dan acara lainnya.

9. Kue kubang boyo

makanan khas jambi dan ciri khasnya

Kue kubang boyo merupakan jajajan tradisional lainnya, yang wajib untuk anda nikmati jika berkunjung ke Jambi. Kue ini juga memiliki nama lain, dan sering sekali dipanggil dengan sebutan kue buaya berenang, kue anak buaya atau kue ipuk. Hal ini dikarenakan kue ini memiliki tampilan dengan bentuk punggung buaya.

Kue ini menggunakan campuran dari tepung ketan, yang dicampur dengan pasta pandan. Untuk isian bungkusannya, menggunakan gula merah dan juga kelapa parut yang membuatnya semakin nikmat. Cita rasanya manis dan teksturnya yang legit dan juga kenyal.

10. Kue muso

makanan khas jambi di jogja

Kue muso merupakan kue, yang memiliki kemiripan dengan kue pie. Kue yang satu ini memiliki tampilan dengan kue limping, dimana memiliki lapisan cokelat dan juga menyerupai kue lumpur lapindo. Kue tradisional ini memiliki bentuk yang menyerupai mangkok, dan pada bagian pinggirnya memiliki lapisan dari cokelat padat yang semakin menambah kenikmatannya.

Kue yang merupakan makanan khas Jambi ini merupakan kue, yang terbuat dari campuran ketan, cokelat bubuk, minyak sayur, tepung terigu, suji, santan, garam halus, air, telur, gula pasir, vanili dan masih banyak lagi. Siapapun yang mencoba kue ini, dijamin ketagihan. Cita rasanya yang manis, memang menjadikannya sebagai makanan takjil yang pas.

11. Rambutan goreng

makanan khas jambi yang terbuat dari ikan

Memang sudah bukan rahasia lagi jika buah-buahan dapat dijadikan camilan seperti gorengan. Apel, nangka, pisang dan buah lainnya memang sudah sering dioleh dengan digoreng, namun bagaimana dengan rambutan? Rambutan merupakan makanan yang sering sekali digoreng dan masuk ke dalam makanan khas Jambi pilihan.

Camilan yang satu ini sengaja digoreng dengan benar-benar kering, lalu dibaluri dengan beberapa bumbu seperti tepung terigu, vanili, garam dan bumbu lainnya untuk membuatnya semakin nikmat. Rasa yang dimiliki rambutan goreng ini menyerupai rasa kurma, dan bahkan dapat bertahan hingga enam bulan lamanya walaupun tidak menggunakan pengawet.

12. Gulai tepak ikan

pusat oleh-oleh makanan khas jambi

Makanan khas Jambi yang terbuat dari ikan adalah gulai tepak ikan. Makanan khas Jambi yang satu ini merupakan makanan yang berkuah, dengan bahan baku ikan tengiri, gabus dan juga belida dimana cara pengolahannya menyerupai dengan pembuatan pempek. Gulai ini terbuat dari ikan air tawar, yang mana dibalur dengan adonan tepung sagu dan juga bawang putih.

Nantinya jika sudah matang, adonan dapat dicampurkan dengan kuah santan gulai yang memiliki rasa asam dan juga gurih. Tepek ikan yang matang, akan dipotong sesui selera dan disajikan bersama dengan kuahnya.

13. Gulai terjun

makanan khas jambi kue

Dengan namanya yang unik, gulai terjun ini merupakan lauk yang memang biasa dinikmati oleh banyak orang lokal di Jambi. Gulai terjun merupakan makanan khad dari Jambi lainnya, yang mana menggunakan bahan dasar kambing. Namun bukan hanya menggunakan daging kambing saja, sering juga gulai terjun menggunakan daging sapi, kerbau dan daging lainnya.

Kuah yang dimilikinya juga cenderung cair dan tidak kental, dan memiliki kuah yang berasal dari santan dan juga penggunaan umbut kelapa.  Makanan yang satu ini memang seirng kali disantap pada acara spesial dan sudah sejak dahulu ada sebelum masuknya agama di nusantara.

14. Kerutup ikan

makanan khas jambi rambutan goreng

Makanan lainnya yang juga terbuat dari ikan dan menjadi makanan populer khas Jambi, adalah kerutup ikan. Makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar dari ikan air tawar, seperti ikan nila, gurame dan juga ikan mas. Ikan yang digunakan juga nantinya akan diolah dengan bumbu.

Untuk bisa menikmati makanan yang satu ini, anda dapat menemukannya dengan mudah di beberapa rumah makan khas Jambi. Biasanya akan menjadi salah satu menu andalan yang disajikannya. Untuk menikmatinya, akan lebih nikmat jika disantap dengan menggunakan sambal terasi dan juga lalapan dari sayur.

15. Sup tulang dan tulang yang dibakar

makanan khas jambi dan cara membuatnya

Satu lagi makanan yang merupakan khas dari Jambi adalah sup tulang. Walaupun memiliki nama sup tulang, makanan yang disajikan juga daging yang masih menempel pada tulangnya. Tulang ini juga disajikan bersama dengan kuah bening.

Makanan yang menjadi ciri khas Jambi, memang memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Baik dari bahannya, atau bahkan dari rasa dan makanan khas yang memang disajikan saat perayaan. Hal ini membuktikan, bahwa Jambi bukan hanya menjadi destinasi wisata saja namun juga bisa menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!