10+ Oleh-Oleh Khas Manado Kekinian (Hits Dibawa Pulang)

Manado merupakan salah satu kota yang terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Salah satu tempat wisata yang terkenal dari kota ini adalah Taman laut Bunaken.

Sehingga tidak heran jika setiap tahunnya Manado banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Ketika berkunjung ke Manado, tentu tidak akan lengkap jika membawa oleh-oleh khas Manado.

Di Manado sendiri terdapat berbagai jenis kerajinan dan juga makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.  Anda pun dapat membeli berbagai macam barang dan makanan yang menarik ketika berada di kota ini.

Daftar Oleh-oleh Khas Manado (Bisa Beli Online)

1. Pia Amurang

oleh oleh khas manado halal

Pia Amurang merupakan bakpia khas Manado yang terbuat dari campuran gula, kacang hijau dan terigu. Pia ini sebenarnya hampir sama dengan pria lain yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Namun pia Amurang ini memiliki rasa yang khas dan sulit untuk dijelaskan. Harga untuk satu kotak pia ini juga sangat murah dan mudah ditemukan di berbagai toko-toko serta swalayan.

2. Klappertart

oleh oleh khas manado selain makanan

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini karena memang telah sangat dikenal oleh masyarakat. kue Klapertart ini merupakan salah satu makanan khas Manado yang wajib Anda cicipi.

Kue ini terbuat dari kelapa muda, telur, susu, tepung terigu dan mentega.

Sehingga kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih secara bersamaan yang membedakannya dengan kue lain yang sejenis. Kue ini pun sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi Anda yang menyukai kue.

Namun harga kue ini sedikit mahal serta tidak tahan lama sehingga jika ingin menjadikannya oleh-oleh sebaiknya Anda membeli kue ini selama perjalanan pulang.

3. Sambal Roa

apa oleh oleh khas manado

Sambal yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas karena rasanya yang enak. Sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari olahan ikan Roa yang sebelumnya telah diasap.

Rasanya yang enak serta harganya yang murah menjadikan sambal ini menjadi pilihan utama para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Manado.

Selain itu sambal ini juga dapat bertahan lama sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.  Ditambah dengan kemasannya yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Oleh karenanya sangat disarankan untuk menjadikan sambal ini salah satu oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga.

4. Panada

tempat beli oleh-oleh khas manado

Salah satu jenis kue yang khas dan terkenal dari Manado adalah Panada. Kue ini merupakan salah satu kue yang unik karena berbahan dasar dari parutan pepaya muda dengan campuran ikan cakalang.

Kue ini pun juga hanya bisa Anda temukan di Manado saja, sehingga ketika berkunjung ke sana ada baiknya membeli kue Panada ini.

Keunikan kue ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk mencobanya. Anda juga bisa menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Kacang Goyang

jual oleh oleh khas manado

Apakah Anda pernah mendengar atau bahkan sudah pernah mencicipi Kacang Goyang?

Makanan ini merupakan salah satu yang khas dari Manado dan memiliki penggemar yang cukup banyak. Seperti namanya, jajanan ini terbuat dari kacang yang disangrai serta digoyang-goyang.

Jajanan ini sangat diminati oleh para wisatawan karena warna-warnanya yang menarik, murah dan tahan lama bahkan hingga satu bulan.

6. Cakalang Fufu

tempat jual oleh oleh khas manado

Makanan ini merupakan olahan ikan cakalang yang diasap dan diberi bumbu sehingga memiliki rasa yang khas. Olahan ikan ini termasuk masakan basah sehingga akan mudah busuk.

Oleh karenanya sebaiknya Anda membeli makanan ini ketika hendak kembali ke rumah.  Harga cakalang fufu ini juga terbilang cukup murah sehingga aman untuk dompet Anda.

7. Halua Kenari

oleh oleh khas manado kota manado sulawesi utara

Makanan ini merupakan salah satu jajanan yang populer dan berbentuk seperti gula-gula kacang dan memiliki rasa antara manis serta gurih.

Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar kenari yang dicampur dengan gula merah sehingga memiliki rasa yang khas. Harga Halua Kenari pun cukup terjangkau serta dapat dengan mudah ditemui di swalayan.

8. Batik

oleh oleh khas manado berupa barang

Untuk Anda pecinta batik maka dapat membeli berbagai macam barang yang bermotifkan batik khas Manado. Batik Manado ini memiliki corak yang khas seperti lilin, zig zag dan reef yang membedakannya dengan motif batik dari daerah lain.

Batik Manado ini dapat Anda temui di berbagai toko souvenir di sekitar tempat wisata.

Akan tetapi sebaiknya ketika membeli batik Anda harus teliti karena banyak sekali produk batik palsu ataupun berkualitas rendah yang dijual. Selain itu Anda juga diharuskan menawar jika harga yang diberikan oleh penjual terlalu tinggi.

9. Pala Manis

oleh oleh souvenir khas manado

Makanan tradisional khas Manado lain yang patut Anda coba adalah Pala Manis.

Makanan ini merupakan hasil olahan pala yang dicampur dengan gula  yang menjadikannya memiliki rasa manis dan agak unik.

10. Kaos

oleh oleh kerajinan khas manado

Kaos juga dapat menjadi alternatif oleh-oleh khas Manado jika Anda kebingungan mencari sesuatu untuk dibawa pulang. Di Manado terdapat berbagai macam kaos yang memiliki gambar unik serta sangat khas.

Sebaiknya jika Anda memutuskan membeli kaos, pilihlah gambar pemandangan alam Manado ataupun yang hanya bertuliskan Manado saja.

Leave a Comment

error: Content is protected !!