50+ Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi (Ada di Tomohon, Sulut)

Kota Manado merupakan salah satu dari 15 kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Utara. Ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara ini memiliki banyak sisi menarik yang belum banyak diketahui oleh orang banyak termasuk penduduknya sendiri.

Tidak hanya dijuluki dengan kota dengan paras penduduk kotanya yang cantik, tempat wisata di Manado juga mempunyai daya tarik tersendiri.

50 Tempat Wisata di Manado (Wajib Dikunjungi)

Tempat wisata di Manado memiliki keindahan yang beraneka ragam, mulai dari keindahan bawah laut sampai melihat panorama dari atas gunung-gunung yang tersebar di kota ini.

Tentunya untuk Anda yang sedang mencari tempat liburan, Manado merupakan destinasi yang tepat. Seperti apa tempat-tempat indah dan eksotik di kota ini? Berikut rangkumannya:

1. Taman Nasional BunakenTaman-Nasional-Bunaken

Taman Laut Bunaken menjadi situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO pada tahun 2005.

Taman laut nasional yang 97% terdiri dari habitat laut dan terdapat 390 jenis spesies terumbu karang ini memiliki 39 titik diving yang tersebar merata.

Snorkeling merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bawah laut secara langsung.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin berbasah-basahan tapi tetap ingin menikmati pemandangan di bawah laut, Anda disediakan pilihan untuk menyelam menggunakan kapal selam yang dilengkapi kaca transparan. Berbagai pilihan paket wisata tersedia di taman nasional ini.

2. Taman Kesatuan Bangsa

Taman-Kesatuan-Bangsa

Nama lengkap dari taman ini adalah Taman Kesatuan Bangsa Datu Lolong Lasut yang diresmikan pada tahun 80an.

Taman ini biasanya digunakan untuk acara kesenian khususnya masyarakat Minahasa.

Mulai dari teater terbuka, taman, air mancur, monumen Datu Lolong Lasut, dan bangunan biru yang belum beroperasi dengan baik, yaitu bangunan pusat informasi turis Manado.

Kegiatan berfoto, berjalan santai, dan menikmati air mancur saat malam tiba bisa menjadi hiburan di tengah Kota Manado.

Bahkan, taman ini merupakan tempat hiburan masyarakat sekitar sebelum dibangunnya mall lho. Setiap akhir pekan taman ini ramai dikunjungi wisatawan khususnya anak-anak.

Baca Juga: 10+ Oleh-Oleh Khas Manado Kekinian (Hits Dibawa Pulang)

3. Pulau Manado Tua

Pulau-Manado-Tua

Salah satu dari gugusan pulau yang ada di taman nasional ini adalah Pulau Manado Tua.

Pulau ini terdiri dari gunung berapi yang dihiasi pepohonan dan tumbuhan hijau yang mengelilingi pulau ini.

Keindahan bawah laut Pulau Manado Tua tidak kalah bagusnya dari Pulau Bunaken dengan berbagai warna, bentuk, dan jenis biota laut ada di sini.

Kegiatan liburan di pulau ini yang bisa Anda lakukan yaitu diving, snorkeling, berfoto dengan background gunung ataupun ikan dan terumbu karang, dan menaiki perahu maupun bermain jetski.

Tapi Anda tidak bisa menginap di pulau ini, dikarenakan tidak tersedia penginapan dan jaraknya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Manado yaitu sekitar 60 menit.

4. Tugu Boboca

Tugu-Boboca

Menjadikan Sulawesi khususnya Manado sebagai lokasi pariwisata merupakan tujuan dari pemerintah kota setempat.

Dikarenakan hal tersebut, pembangunan ikon kota ini pun dipikirkan sebagai salah satu langkah promosi Kota Manado.

Tugu Boboca dibangun untuk menarik minat wisatawan sebagai gerbang Manado yang berada di pinggir Pantai Malalayang.

Boboca yang berarti gurita ini memiliki daya tarik karena bentuk bangunannya yang mirip tentakel gurita.

Terbukti dengan pembangunan Tugu Boboca ini banyak masyarakat sekitar bahkan turis asing yang datang dan berfoto dengan latar belakang tugu ini.

Diharapkan Tugu Boboca ini dapat menjadi magnet untuk memperkenalkan keindahan Kota Manado.

5. Manado Skyline

Manado-Skyline

Bukit Tetempangan memiliki pemandangan yang sangat indah. Bukit dengan ketinggian 568 mdpl ini menyajikan panorama Gunung Lokon dan Gunung Tumpa.

Selain itu rumput-rumput hijau juga menambah keasrian dari tempat ini.

Di lokasi ini disediakan banyak kegiatan yang menghibur yaitu adanya tari, paragliding, musik bambu, dan masih banyak lagi.

Paragliding di lokasi ini terkenal hingga mancanegara lho. Keunikan dari paragliding ini yaitu memiliki tiga titik lepas landas yang jarang ditemukan ditempat lain bahkan di dunia.

Selain membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000, Anda dikenakan biaya Rp.500.000 jika Anda berniat mencoba paragliding untuk waktu 30 menit.

6. Rumah Alam Manado Adventure Park

Rumah-Alam-Manado-Adventure-Park

Tempat wisata di Manado ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang senang berfoto atau sekadar menghilangkan penat di tengah kota.

Berbagai spot foto pun disediakan di sini mulai dari jerami berbentuk hati, rumah pohon, manado swing, dan masih banyak lagi.

Anda cukup membayar Rp. 35.000 dan Anda bisa menikmati beragam aktivitas yang ada.\

7. Danau Linow

Danau-Linow

Danau Linow atau dikenal dengan “Green Lake Danau” ini menjadi tujuan wisatawan dikarenakan danau ini memiliki tiga warna mulai dari gradasi hijau sampai biru.

Danau ini merupakan danau vulkanik yang memiliki banyak kandungan belerang. Anda tidak diperkenankan berenang atau bermain di danau ini, namun banyak tempat makan yang mengelilingi danau ini yang bisa Anda singgahi.

8. Puncak Tetetana Kumelembuai

Puncak-Tetetana-Kumelembuai

Ingin melihat keindahan Kota Manado dan sekitarnya? Anda bisa datang ke Puncak Tetetana Kumelembuai yang berada di Kota Tomohon.

Dari puncak ini Anda bisa melihat keindahan Kota Manado, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua yang dikenal sebagai kota bunga.

Anda juga bisa melihat bunga bermekaran dan juga perkebunan cengkeh di sekitar lokasi wisata ini.

9. Hutan Lahendong

Hutan-Lahendong

Hutan pinus hampir selalu menjadi tempat wisata favorit banyak kalangan. Suasana sejuknya angin, rimbunnya pohon pinus yang menjulang tinggi cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan penat.

Berjalan masuk kedalam hutan pinus Anda akan menjumpai kawah vulkanik. Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan karena lokasi ini dikelilingi beberapa restoran.

10. Citraland Waterpark Manado

Citraland-Waterpark-Manado

Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga khususnya anak-anak, Anda bisa mencoba wisata air yang seru.

Beragam wahana permainan di Citraland Waterpark Manado wajib Anda coba mulai dari berenang, berseluncur di perosotan, ember tumpah, dan masih banyak lagi. Dengan membayar Rp. 50.000 Anda bisa menikmati beragam fasilitas yang ada di sini.

11. Air Terjun Tahapan Telu

Air-Terjun-Tahapan-Telu

Nama air terjun ini berasal dari tingkatan atau tahapan yang ada di air terjun ini. Air Terjun Tahapan Telu memiliki ketinggian masing-masing mulai dari tahapan pertama yaitu sepuluh meter dan tahapan ketiga 60 meter.

Terdapat jembatan kecil yang kokoh digunakan untuk menyebrangi sungai. Anda bisa berfoto atau sekadar bermain air di tempat ini.

12. Museum Perjuangan Rakyat Sulawesi Utara

Museum-Perjuangan-Rakyat-Sulawesi-Utara

Berlibur sambil menambah ilmu bersama keluarga merupakan hal yang menarik. Salah satunya Anda bisa datang ke Museum Perjuangan Rakyat Sulawesi Utara yang berlokasi di Jalan Samratulangi ini.

Museum ini bisa dikatakan cukup lengkap, mulai dari peninggalan sejarah berupa pedang, baju adat, buku-buku, dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan di museum ini.

13. Mercusuar Kota Manado

Mercusuar-Kota-Manado

Berada di Kawasan Pinaesaan, Kecamatan Wenang, Kota Manado, mercusuar ini ramai didatangi para pengunjung yang ingin merasakan berfoto dengan latar belakang Kota Manado.

Anda bisa naik ke ruang observatorium untuk melihat pemandangan kota dan pantai dari ketinggian. Panorama kota terlihat indah dari atas mercusuar.

14. Patung Yesus Memberkati

Patung-Yesus-Memberkati

Di lokasi perumahan elite di Kota Manado yaitu Citraland terdapat Patung Yesus Memberkati dengan tinggi 50 meter. Patung ini sebagai simbol kerukunan masyarakat Manado yang mayoritas beragama Nasrani.

Patung ini menjadi daya tarik bagi wisatawan karena serupa dengan patung Yesus yang ada di Brazil.

15. Pantai Malalayang

Pantai-Malalayang

Pantai Malalayang terkenal dikalangan warga Manado dengan ombak yang cukup tenang. Anda bisa berenang, menyelam atau sekadar menikmati sunset di sore hari di bibir pantai.

Berbagai jenis makanan seperti pisang goreng dan sambal dabu-dabu dapat menemani aktivitas Anda seharian untuk melepas jenuh dari hingar bingar Kota Manado.

16. Pura Jagadhita Taas Manado

Pura-Jagadhita-Taas-Manado

Pura Jagadhita Taas merupakan pura di Manado yang dibangun oleh orang bali langsung.

Tidak heran ketika datang ke sini Anda akan merasakan suasana bali yang kental seperti di daerah Bedugul, Bali. Lokasi pura ini tidak begitu sulit dijangkau walau berada di atas bukit, pura ini memiliki akses yang sangat mudah.

17. Larata Hills Kinunang

Larata-Hills-Kinunang

Walaupun harus menempuh waktu dua jam dari pusat Kota Manado, Anda pasti tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan, seperti hijaunya perbukitan dan ilalang yang bergoyang tertiup angin.

Di bukit ini Anda bisa bebas berfoto dengan latar belakang Bukit Larata yang berada di Desa Kinunang Timur tanpa dikenakan biaya.

18. Arung Jeram Desa Timbukar

Arung-Jeram-Desa-Timbukar

Sungai Nimanga menjadi lokasi arung jeram yang ada di Desa Timbukar. Anda harus menempuh waktu dua jam dari pusat Kota Manado untuk sampai ke lokasi ini.

Rute yang dilalui sungai ini cukup menantang dengan jarak 9 km sampai ke garis finish. Anda akan disuguhkan pemandangan pedesaan, tebing-tebing bebatuan, hutan, dan masih banyak lagi.

19. UPTD Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

UPTD-Museum-Negeri-Provinsi-Sulawesi-Utara

Museum ini berada di pusat Kota Manado yaitu di jalan W.R. Soepratman. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp.5000 saja.

Di museum ini Anda bisa belajar mengenai budaya, rumah adat dan kehidupan masyarakat suku Minahasa serta pahlawan-pahlawan daerah pada masanya.

20. Tempat Wisata Kuliner Kawasan Boulevard

Tempat-Wisata-Kuliner-Kawasan-Boulevard

Berlokasi di jalan Pierre Tendean, Kawasan Boulevard ini bisa dibilang sebagai jantung dari Kota Manado. Anda bisa menikmati banyak jajanan atau kuliner nusantara yang dijajakan pada malam hari khususnya makanan khas Sulawesi.

Pada sore hari ada bisa bersantai sambil menunggu sunset yang indah sambil duduk-duduk di kursi yang disediakan.

21. Kampung Cina

Kampung-Cina

Kampung Cina merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah sejak zaman Belanda yang ada di Kota Manado. Kampung ini terdiri dari dua jenis klenteng yang terkenal yaitu Klenteng Kwang Kong dan Klenteng Ban Hing Kiong.

Anda bisa berjalan melihat arsitektur atau kebudayaan Tionghoa yang berkembang di kampung ini. Tempat ini selalu ramai terutama pada Hari Imlek dan Cap Gomeh.

22. Jembatan Soekarno

Jembatan-Soekarno

Waktu yang tepat datang ke Jembatan Soekarno adalah sore hari sebelum matahari terbenam. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2015 yang dibangun untuk menghubungkan Manado Pusat dengan Manado Utara.

Pada malam hari Jembatan Soekarno ini tidak kalah indahnya, warna-warni lampu menghiasi jembatan ini. Tidak jauh dari tempat ini, banyak penjual makanan ringan yang bisa Anda temukan.

23. GPI Waterpark

GPI-Waterpark

Wahana permainan air tidak pernah membosankan untuk dijadikan pilihan menghabiskan waktu liburan. Di sini Anda bisa menikmati berbagai wahana yang seru mulai dari kolam ombak, outbond air, atau ember tumpah.

GPI Waterpark sendiri merupakan wahana permainan air terluas di Manado lho. Untuk hari biasa Anda hanya dikenakan Rp.20.000 dan Rp.40.000 untuk akhir pekan.

24. Tugu Zero Point

Tugu-Zero-Point

Berada di Jalan Jenderal Soedirman, Tugu Zero Point merupakan landmark Kota Manado untuk memudahkan para wisatawan yang datang pertama kali ke kota ini.

Dengan warna kuning terang dan bentuk ornamen-ornamen unik yang terdapat pada tugu ini, tidak heran banyak wisatawan yang mengabadikan foto dengan latar belakang tugu ini.

25. Air Terjun Kima Atas

Air-Terjun-Kima-Atas

Dengan menggunakan kendaraan roda empat, air terjun ini bisa ditempuh dengan waktu 20 menit. Siapa sangka air terjun yang masih terhitung ada di Kota Manado ini memiliki keunikannya tersendiri.

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dengan perbedaan kecepatan arusnya mulai dari tenang, sedang, hingga kencang. Percikan air terjun yang menyegarkan bisa menjadi obat lelah Anda.

26. Bukit Teletubies

Bukit-Teletubies

Bagi Anda yang masa kecilnya ditemani dengan tontonan teletubbies mungkin Anda setuju jika tempat ini dijuluki Bukit Teletubies.

Berada di Kabupaten Minahasa Utara, bukit ini menyajikan pemandangan rerumputan dan ilalang hijau yang tumbuh indah dan teratur. Mengabadikan momen dengan berfoto merupakan hal wajib ketika sudah sampai di lokasi ini.

27. Danau Tondano

Danau-Tandano

Banyak danau di Provinsi Sulawesi Utara yang terbentuk bekas aktivitas vulkanik salah satunya Danau Tondano.

Danau yang memiliki luas 4.000 hektar ini bisa menjadi pilihan wisata Anda karena pemandangannya yang cantik. Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau ini dengan biaya Rp.50.000.

28. Bukit Kasih

Bukit-Kasih

Bukit Kasih merupakan bukit yang terbentuk dari aktivitas belerang. Bukit ini dibangun untuk menghargai kelima agama yang ada di Indonesia sebagai bentuk toleransi dan kerukunan umat beragama.

Hal ini bisa terlihat dari adanya lima bangunan ibadah masing-masing agama yang dihubungkan dengan 2300an anak tangga.

Bukit ini dibangun pada tahun 2002.

29. Kota Bunga Tomohon

Kota-Bunga-Tomohon

Bunga yang ada di Kota Bunga Tomohon sangat terkenal hingga penjuru Indonesia bahkan dunia. Bunga-bunga bermekaran dan berwarna-warni pun tumbuh subur ditanah ini.

Dengan menempuh waktu 1 jam dari pusat Kota Manado, Anda tidak akan menyesal datang ke sini melihat banyaknya jenis bunga yang tumbuh terawat. Anda bisa membeli bunga ini dan dibawa pulang jika tertarik.

30. Taman Laut Tumbak

Taman-Laut-Tumbak

Jika Taman Laut Bunaken terlalu mainstream atau ramai untuk Anda, Anda bisa mencoba datang ke Taman Laut Tumbak yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Walaupun bukan berada di Kota Manado dan harus menempuh waktu 3 jam, tempat wisata ini patut Anda coba. Memiliki terumbu karang yang indah dan banyak spot snorkeling tempat ini cocok untuk kamu yang hobi menyelam.

31. Gunung Tumpa

Gunung-Tumpa

Ingin mencoba wisata lain di Kota Manado? Anda mungkin akan tertarik dengan wisata gunung yang banyak tersebar di kota ini.

Mendaki Gunung Tumpa menjadi hal yang menyenangkan apalagi Anda bisa melihat keindahan Kota Manado dari ketinggian. Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di gunung ini menjadi momen indah bagi Anda yang suka fotografi.

32. Pulau Lembeh

Pulau-Lembeh

Banyaknya pantai dan pulau dengan terumbu karang yang indah tersebar di seluruh Provinsi Sulawesi Utara. Pulau Lembeh juga memiliki keindahan terumbu karang dan memiliki 88 spot terbaik untuk menyelam.

Anda cukup membayar Rp.8.000 untuk bisa masuk ke kawasan ini, namun Anda dikenakan biaya tambahan untuk menyewa perlengkapan snorkling atau diving.

33. Pantai Lakban Ratatotok

Pantai-Lakban-Ratatotok

Pulau yang dekat dengan penambangan Perusahaan Newmont ini dirawat dengan sangat baik. Beberapa terumbu karang dan koral hasil konservasi membuat pantai ini bersih dan jernih.

Anda bisa menyelam dengan kedalaman yang berbeda-beda ditempat ini. Pulau ini cukup jauh dari pusat Kota Manado, jaraknya sekitar 55 kilometer dan berada di Kabupaten Minahasa Tenggara.

34. Pulau Lihaga

Pulau-Lihaga

Birunya laut dan putihnya pasir di pantai ini, sering disandingkan dengan keindahan yang ada di Maldives lho. Bermain air atau sekadar bersantai di pinggir pantai tetap menjadi hal yang menarik saat liburan tiba.

Walaupun belum terlalu ramai, pulau ini cukup terkenal karena keindahan pantai dan berada tidak terlalu jauh dari Kota Manado yaitu ada di daerah Minut.

35. Gunung Duasaudara

Gunung-Duasaudara

Anda yang memiliki hobi hiking, wajib mencoba mendaki Gunung Duasaudara ini. Gunung ini memiliki ketinggian 1.351 mdpl dan menyuguhkan pemandangan yang indah seperti Pesisir Lembeh, Cagar Alam Tangkoko dan masih banyak lagi.

Namun berada di kaki gunung dengan menikmati beragam kuliner juga bisa menjadi alternatif liburan Anda.

36. Tempat Wisata Kerajinan Keramik Pulutan

Tempat-Wisata-Kerajinan-Keramik-Pulutan

Kerajinan keramik di Desa Pulutan bisa menjadi pilihan Anda yang hobi melihat pernak-pernik atau kerajinan tangan daerah setempat.

Beragam warna dan corak khas Sulawesi ada di sini dan tentunya memiliki harga yang beragam pula. Anda bisa membeli dan membawanya sebagai oleh-oleh sebagai pajangan untuk menghias rumah Anda.

37. Gunung Mahawu

Gunung-Mahawu

Tidak jauh dari Kota Bunga Tomohon, saying rasanya jika Anda tidak mampir ke kawah Gunung Mahawu. Kawah ini menyajikan pemandangan Kota Manado, Bunaken, Kawah Gunung Lokon, Gunung Manado Tua, dan daerah sekitarnya.

Semenjak ramainya para pengunjung, jalan menuju kawah ini terus mengalami perbaikan sehingga para wisatawan merasa nyaman dan aman.

38. Gunung Klabat

Gunung-Klabat

Bagi Anda pecinta alam dan hobi mendaki mungkin terbiasa menjumpai medan pendakian yang berat, namun bagi Anda yang tidak pernah mendaki kurang disarankan untuk mencoba wisata alam di gunung klabat ini.

Walaupun ketinggian gunung ini tidak terlalu tinggi, namun gunung ini memiliki medan yang cukup berat apalagi bagi Anda yang jarang berolahraga.

39. Welu Café Dan Restaurant

Welu-Cafe-Dan-Restaurant

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan, Welu café dibangun dengan latar belakang pemandangan Gunung Lokon. Panorama alam yang indah di sekitar restoran ini pun sering dijadikan spot foto untuk di unggah ke sosial media.

Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Harga makanan di welu café ini pun cukup terjangkau.

Baca Juga: 12+ Cafe di Manado yang Terkenal, Free Wifi, Instagrammable!

40. Danau Cinta Pulau Makalehi

Danau-Cinta-Pulau-Makaheli

Berbatasan langsung dengan Negara Filipina dan Malaysia, tidak jarang danau berbentuk hati ini sering didatangi turis dari luar negeri.

Danau dengan gradasi hijau kebiruan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Untuk sampai ke tempat ini, Anda perlu menempuh waktu 6 jam dari Kota Manado. Cukup jauh, namun lelah Anda akan terbayar dengan keindahan alamnya.

41. Batu Dinding Kilo 3 Amurang

Batu-Dinding-Kilo-3-Amurang

Batu Dinding Kilo 3 Amurang ini berumur tersier akhir sampai kuarter awal yang merupakan hasil aktivitas vulkanik zaman dahulu.

Dengan bentuk memanjang atau biasa disebut columnar joint oleh ahli geologi. Batu dinding ini memiliki daya tarik bagi wisatawan dan sering dijadikan spot wall climbing di daerah ini.

Anda bisa mencoba wall climbing atau sekadar berfoto didepan tebing ini.

42. Kebun Binatang Tandurusa

Kebun-Binatang-Tandurusa

Pernah melihat hewan tarsius? Jika belum Anda wajib mengunjungi kebun binatang tandurusa ini. Tarsius merupakan hewan khas yang menjadi simbol Sulawesi Utara.

Hewan ini memiliki ukuran yang kecil dengan mata yang bulat dan besar. Selain tarsius Anda bisa melihat hewan-hewan lainnya di kebun binatang ini seperti monyet, babirusa, dan masih banyak lagi.

43. Hutan Pinus Gunung Soputan

Hutan-Pinus-Gunung-Soputan

Hutan pinus di Gunung Soputan menarik untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Tidak hanya suasana pepohonan yang rimbun dan sejuk namun pemandangan di sekitar pohon pinus ini juga memukau. Selain itu, terlihat Gunung Soputan yang tidak terlalu jauh menjulang tinggi dan gagah.

44. Pantai Canada

Pantai-Canada

Pantai Canada merupakan pantai yang memiliki keunikan bentuk tebingnya yang melengkung seperti pintu. Deburan ombak yang cukup tenang membuat pantai ini cukup tenang untuk refreshing pikiran Anda. Dengan keunikan-keunikan yang ada di pantai ini, beberapa fotografer sering menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk foto pre-wedding lho.

45. Puncak Kai Santi Woloan

Puncak-Kai-Santi-Woloan

Puncak Kai Santi Woloan merupakan tempat wisata yang berada di Tomohon. Di lokasi ini Anda bisa melihat panorama Gunung Lokon dengan indah. Sementara dari ketinggian ini, ada hamparan sawah yang bagus warnanya baik warna hijau ataupun kuning ketika masa panen sudah tiba. Walaupun bukan di pusat kota, spot foto dengan pemandangan seperti ini jarang Anda jumpai.

46. Danau Mooat

Danau-Mooat

Danau Mooat berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.100 mdpl wajar jika danau ini memiliki udara yang dingin dan berangin. Keindahan danau ini terpancar dari birunya dan jernihnya air dipadukan dengan rimbunnya pepohonan yang mengelilingi danau ini. Danau Mooat ini termasuk dalam Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang.

47. Tangkoko National Park

Tangkoko-National-Park

Selain Kebun Binatang Tandurusa, Sulawesi Utara juga memiliki taman nasional yang berisi hewan-hewan langka khas Sulawesi Utara. Yaki atau monyet hitam bisa Anda temukan di sini, burung maleo, anoa, dan binatang lainnya juga ada di Taman Nasional Tangkoko ini. Bahkan jika beruntung Anda bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut.

48. Pantai Abadi

Pantai-Abadi

Berjalan ke arah selatan dan menempuh perjalanan selama 4 jam dari Kota Manado Anda akan sampai di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur di mana di tempat ini terdapat pantai dengan pemandangannya yang indah. Tebing bebatuan dan pasir putihnya sangat memanjakan mata Anda yang lelah dengan perjalanan darat yang cukup memakan waktu yang lama.

Birunya laut dan jernihnya air di pantai ini, membuat Anda bisa melihat terumbu karang yang tumbuh dengan baik di bawah sana. Bawa bekal jika berkunjung ke pantai ini dan jangan lupa membawa pulang kembali sampah yang ada agar pantai ini tetap terjaga kebersihannya.

49. Pantai Tangonggor

Pantai-Tangonggor

Jika Anda pernah ke Labuan Bajo, pantai ini mungkin sedikit memiliki kemiripan dengan yang ada disana. Pantai Tangonggor tidak hanya menyuguhkan pemandangan birunya pantai namun juga hijaunya rerumputan dan ilalang yang ada di atas tebing. Berfoto dari atas tebing menjadi hal yang wajib Anda lakukan agar tidak kehilangan momen saat berada di sini.

50. Gunung Payung

Gunung-Payung

Minahasa Timur memiliki negeri di atas awan, khususnya bagi Anda yang suka mendaki gunung. Dari Gunung Payung ini Anda bisa merasakan seolah-olah berada di atas awan dengan pemandangan terbaik ketika matahari terbit saat pagi hari. Anda pasti merasa senang berada di atas Gunung Payung bahkan ingin berlama-lama dan enggan pulang ke rumah.

Dengan melihat keindahan Kota Manado dan sekitarnya, tanpa kita sadari bahwa Indonesia merupakan negeri dengan kekayaan alam yang indah. Dari berbagai sudut darat laut bahkan sampai puncak tertinggi pun Indonesia mempunyai keindahannya sendiri. Semoga dengan makin tereksposnya keindahan alam kita semakin banyak pula yang ikut menjaga dan melestarikannya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!