" />

Jogjakarta merupakan kota istimewa yang selalu menjadi tempat favorit bagi setiap orang untuk berlibur. Dibalik hiruk pikuk daerah kotanya, Jogja selalu terselip keindahan salah satunya ada di Kabupaten Gunungkidul.

Saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh para traveler adalah pantai Sadranan Jogja, yang berhasil mengalahkan ketenaran wisata pantai seperti Indrayanti, Jungwok, dan lain sebagainya.

Di Pantai Sadranan Jogja anda bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih bersih dan karang di pinggir pantainya.

Hanya saja memang di pantai ini memiliki karang-karang yang cenderung lebih sedikit, dengan banyaknya dominasi pasir yang berwarna putih hampir sama dengan pantai di Gunungkidul yang lainnya.

Jam Buka dan Harga Tiket di Pantai Sadranan Jogja

Untuk berlibur pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, anda harus mencicipi berbagai kuliner, merasakan fasilitas yang ada di tempat wisata dan keperluan lainnya.

Seperti halnya ketika anda berlibur ke pantai Sadranan Jogja anda harus membelinya untuk dapat masuk, harganya sendiri adalah Rp 10,000.00. Harga tersebut tentu akan berbeda-beda menyesuaikan dengan hari-hari tertentu.

Tentunya perlu diketahui jika tiap-tiap objek wisata memiliki jam buka dan tutup yang berbeda-beda. Tak terkecuali di pantai Sadranan Jogja juga, tapi pantai ini buka jam 24 jam alias tidak pernah ditutup.

Sebaiknya anda pilih waktu-waktu tertentu yang baik ke pantai karena pasti ada waktu dimana air pasang yang dapat menimbulkan gelombang ombak besar dan tidak.

Baca Juga: Wisata Bukit Cinta Bayat, Tempat Hits Anak Muda Kekinian !

Daya Tarik Pantai Sadranan Jogja

1. Pasir Putih

pantai sadranan gunung kidul

Sumber Gambar: liburmulu.com

Banyak orang berpendapat bahwa pantai dengan pasir putih lebih menarik daripada yang berpasir cokelat atau hitam. Di Sadranan, pasir putih lembutnya bisa digunakan sebagai latar foto maupun spot bermain. Bahkan nyaman untuk mendirikan tenda.

2. Penginapan

akses pantai sadranan

Sumber Gambar: kabarwisata.com

Bermalam di pantai dengan panorama mempesona ini tentu bisa. Telah tersedia penginapan dengan view yang spektakuler dan tidak biasa. Apalagi pemandangan langit ala milky-way di malam hari serta suasana hangat dan jingganya langit di sore hari.

3. Snorkeling

alamat pantai sadranan yogyakarta

Sumber Gambar: youtube.com

Tidak semua pantai di kawasan Gunung Kidul bisa dijadikan spot snorkeling. Sadranan menawarkan pemandangan bawah laut dengan air jernih dan warna – warni biota yang bisa menghipnotis mata. Tersedia juga persewaan alat – alatnya, jadi Anda tak perlu repot membawa dari rumah.

4. Karang Cantik

pantai sadranan gunung kidul 2018

Sumber Gambar: jogjakini.wordpress.com

Karang di pantai ini lumayan banyak. Ada yang berbentuk seperti bukit di sisi pantai, ada pula yang berada di perairan pantainya. Pada karang – karang kecil tersebut sering bersembunyi ikan – ikan kecil yang lucu. Di siang hari bahkan warna hijau zamrud karang akan tampak setelah tertembus sinar matahari.

5. Lokasi Pre Wedding

alamat pantai sadranan

Sumber Gambar: pegipegi.com

Meskipun jalan menuju kawasan pantai ini terbilang tidak mudah, tetapi karena pesonanya maka sering juga dipakai sebagai latar untuk foto pre wedding. Berfoto dengan pasangan sambil beramain air pasti akan memberikan romansa yang tercipta secara natural bersama dengan alam.

Baca Juga: Pantai Palatar Agung, Si Gadis ‘Pamotan’ yang Eksotis

Fasilitas di Pantai Sadranan Jogja

Jangan salah jika pantai Sadranan Jogja juga memiliki fasilitas-fasilitas yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya dari segi kelengkapan. Walaupun memang masih kurang banyak dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunungkidul.

Adapun fasilitas-fasilitas di pantai indah ini sendiri memang cukup lengkap. Sudah ada mulai dari rumah makan yang menyediakan menu-menu seafood.

Sampai dengan tersedianya toilet dan juga kamar mandi yang lengkap dengan fasilitas di dalamnya. Di pantai Sadranan Jogja juga telah berdiri beberapa gazebo besar yang bisa muat banyak orang.

Tentu ini sangat sesuai jika anda membawa rombongan keluarga atau teman dengan jumlah yang banyak. Gazebo ini bisa memuat belasan orang sekaligus, jadi anda bisa menyewanya jika ingin bersantai.

Namun jika anda hanya membawa rombongan dengan jumlah yang tidak banyak atau keluarga kecil, anda bisa juga menyewa gazebo yang berderet berada di pinggiran pantai pasir putih ini.

Payung-payung tersedia jika anda ingin bersantai atau tiduran di pinggir pantai Sadranan Jogja dengan tikar pada harga sewa tertentu. Adapun untuk harga sendiri berkisar antara 10 sampai dengan 30 ribu rupiah saja.

Akses dan Rute Menuju Pantai Sadranan

Pantai yang terletak di tengah-tengah pantai Krakal dan pantai Indrayanti ini memang terlihat masih begitu sepi pengunjung. Jadi sebaiknya anda yang berencana ke pantai Sadranan Jogja mengunjunginya di hari libur karena akan terasa lebih ramai jika dibandingkan dengan hari biasa. Nuansa sepi dan tenang inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dan cenderung berbeda dari pantai-pantai yang lainnya.

Pantai snorkeling ini terletak (secara administratif) berada pada Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Jogjakarta. Pantai Sadranan Jogja sendiri berada dalam satu komplek dengan pantai-pantai yang ada di daerah Gunungkidul. Akses menuju ke pantai ini tidaklah mudah untuk dilalui, jalanan menuju ke pantai ini masih banyak sekali yang rusak.

Jika anda berada di kota Jogja, maka dari kota Jogja anda bisa langsung menuju ke Gunungkidul melalui jalan wonosari. Kemudian setelah anda sampai di kota Wonosari setelah pasar Wonosari anda ambil ke kanan ke arah pantai Baron. Kemudian setelah itu ketika sampai di pantai Baron anda beralih ke arah timur. Setelah itu di sebelah kanan jalan, akan terpampang papan nama menuju pantai Sadranan Jogja ini.

Baca Juga: Pantai Duduk Pangandaran, Si Virgin yang Nggak Banyak Orang Tahu!

Peta Lokasi Pantai Sadranan Jogja (Google Maps)

Hotel Terdekat di Pantai Sadranan Jogja

Pantai Sadranan Jogja juga memiliki banyak sekali tempat penginapan yang terletak di atas bukit dekat pantai. Penginapan tersebut berhadapan langsung dengan view lautan luas yang sangat indah.

Anda juga bisa mendirikan sebuah tenda di pinggir pantai jika ingin besandar dan melihat lautan luas. Adapun penginapan yang terdapat di sekitaran pantai ini adalah sebagai berikut:

1. Omah Sundak Homestay

2. Hotel Jaya

3. Griya Limasan Gunung Kidul

4. Queen of The South Resort

5. Natan Royal Heritage

6. Kalya Hotel

7. Bedhot Homestay

8. Satya Graha Hotel

9. Tjokro Style Jogjakarta

10. Dusun Jogja Village Inn

11. LYNN Hotel By Horison

12. Heryon Hotel

13. Burza Hotel Jogjakarta

14. Pandanaran Jogja

15. Platinum Adisucipto Hotel & Conference Center

16. Gallery Prawirotaman Hotel

Tips Berwisata ke Pantai Sadranan Jogja

1. Bawalah baju lebih ketika ingin berlibur ke pantai Sadranan Jogja karena mau tidak mau anda akan berhadapan dengan ombak dan juga pasir putihnya.

2. Sebaiknya anda booking hotel atau penginapan jauh hari, di pantai ini anda tidak akan tahu kapan ramai pengunjung kapan tidaknya.

3. Persiapkan kamera untuk mengabadikan momen penting bersama teman, pacar atau keluarga.

4. Anda selalu perhatikan waktu yang paling baik ketika ingin bersnorkeling.

5. Perlangkapan yang lengkap pada saat anda bersnorkeling adalah penting.

6. Anda harus mengenali medan dan kendalikan diri anda agar tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

7. Harus menghindari ubur-ubur, Ini sebagai peringatan bagi pengunjung, pastikan anda memperhatikan himbauan yang telah terpampang di pinggir pantai atau petugas yang berjaga di sekitaran pantai Sadranan Jogja. Hindari kemungkinan bersentuhan dengan ubur-ubur, sudah banyak yang mengetahui jika beberapa pantai di Gunungkidul telah banyak memakan korban.

Baca Juga: 8 Tips Berwisata Hemat di Jogja, Gak Akan Bikin Kantong Kempes!