" />

Tempat wisata yang hits tidak hanya berupa pantai saja, namun juga terdapat tempat wisata yang berada di perbukitan. Seringkali lebih banyak ditemukan tempat wisata yang cocok dikunjungi pada pagi ataupun siang hari, namun ternyata juga ditemui tempat wisata yang justru menarik dikunjungi ketika malam hari.

Nah, salah satunya tempat wisata Bukit Bintang Jogja ini, sangat asyik dikunjungi saat malam hari. Sebab, bisa memandang dan menikmati indahnya suasana kota Yogyakarta ketika malam hari dari atas bukit.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja dapat dikunjungi oleh wisatawan kapan saja, karena tempat ini sebenarnya memang buka selama 24 jam. Hal yang lebih menyenangkannya lagi, di sini tidak perlu membayar tiket masuk.

Cukup membayar biaya parkir saja, sehingga anda tidak perlu khawatir bila ingin membawa anggota keluarga ataupun teman sebanyak-banyaknya.

Daya Tarik Bukit Bintang Jogja

1. Suasana Malam Syahdu

bukit bintang jogja sore hari

Sumber Gambar: pegipegi.com

Datang ke Bukit Bintang sangat dianjurkan pada malam hari. Suasana alam pegunungan kawasan Gunung Kidul akan begitu terasa. Semilir angin yang berhembus terasa menyegarkan, baik untuk badan dan me-refresh pikiran. Kesyahduannya lengkap dengan suara binatang malam seperti jangkrik, ongkret, dan lain – lain yang berlomba dengan deru kendaraan yang semakin malam semakin sepi.

Baca Juga: Pantai Jungwok, Wisata Hits Kekinian Untuk Camping

2. Pemandangan dari Jogja Lantai Dua

cafe di bukit bintang jogja

Sumber Gambar: pegipegi.com

Pemandangan memukau jelas akan membelalak mata. Duduk di pinggir jalan atau di spot yang sudah tersedia sambil memandang arah kota (bawah) yang sangat gemerlap. Tak heran jika banyak orang menyebut Bukit Bintang sebagai Jogja lantai dua. Suguhan mata dari sudut ini dijamin akan membuat Anda betah berlama – lama duduk diam atau sambil mengobrol santai dengan sahabat atau pasangan.

Jika sedang cerah, lekuk alam dan keindahan Jogja bagian Utara bahkan bisa terlihat samar, menjadi latar terbaik bagi hiruk pikuk malam kota yang ramai dengan kerlap kerlip bercahaya.

3. Tempat Nongkrong Asyik dan Romantis

biaya bukit bintang jogja

Sumber Gambar: pegipegi.com

Jika di kota Anda kongkow – kongkow di Café modern, disini Anda akan nongkrong di lereng pegununga, seolah menyatu dengan alam. Sensasinya tidak tertandingi, berbincang asyik, bercerita dalam suasana malam bersama secangkir kopi.

Tak hanya itu, sering kali pemandangan Bukit Bintang yang spektakuler dan suasananya yang cenderung romantis, banyak dimanfaatkan para pasangan muda untuk menghabiskan waktu bersama. Bahkan ada yang memanfaatkan sebagai tempat untuk menyatakan cinta.

4. Tersedia Berbagai Makanan

arah ke bukit bintang jogja

Sumber Gambar: ramasia.com

Tak perlu takut kelaparan, di sekitar kawasan Bukit Bintang telah tersedia banyak rumah makan, warung, bahkan restaurant yang menyediakan makanan lezat ala barat. Mulai dari yang tradisional seperti jagung bakar dan gorengan, sampai steak daging dan ayam. Selain itu, Anda juga bisa menemukan makanan khas malam seperti bakmi godog, nasi goreng, dan aneka penyetan.

Baca Juga: Pantai Duduk Pangandaran, Si Virgin yang Nggak Banyak Orang Tahu!

5. Sunset dan Sunrise

angkutan umum ke bukit bintang jogja

Sumber Gambar: deskgram.com

Tak bisa berkunjung di malam hari? Jangan khawatir! Anda bisa tetap menikmati alam bukit bintang pada saat Sunset dan Sunrise. Tempat tinggi ini menjanjikan Anda melihat terbit dan tenggelamnya matahari dengan jelas. Langit yang berubah menjadi jingga sebagai latar kota dijamin akan membuat Anda terkesima.

Fasilitas Bukit Bintang Jogja

Area parkir, karena masuk ke area wisata Bukit Bintang ini tidak memiliki tiket masuk alias gratis. Dan pengunjung hanya dipungut biaya parkir, maka sangat cocok untuk hang-out bersama keluarga atau teman-teman.

Penjual makanan, ketika ingin berdiam lama ataupun bersantai sejenak di tempat yang menyenangkan sudah tentu membutuhkan makanan. Di area wisata Bukit Bintang terdapat banyak penjual makanan dengan jualannya yang beraneka ragam, mulai dari makanan ringan sampai berat.

Ada jagung bakar, wedang bajigur, sampai pecel lele, bakso, ayam bakar, bebek goreng dan lain sebagainya. Harganya pun cukup bersahabat tanpa membuat kantong bolong. Harga makanannya mulai dari Rp 15.000,-

Penginapan, rata-rata penginapan yang ditawarkan di area Bukit Bintang ini merupakan model penginapan yang sederhana, sehingga harga yang ditawarkan disesuaikan dengan tipe kamar dan fasilitas yang disediakan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000,- sampai Rp 350.000,- per malam.

Toilet, sebagaimana tempat wisata pada umumnya di area Bukit Bintang juga disediakan fasilitas untuk buang air besar atau kecil untuk para pengunjung.

Baca Juga:

Akses dan Rute Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang ini terletak di alamat jalan raya yogya-wonosari KM 16, bukit Pathuk yang mana sudah masuk kabupaten Gunung Kidul, dengan radius jarak sekitar 15 km dari kota Yogyakarta. Bila anda ingin berkendara dari kota Yogyakarta, maka bisa menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 20 sampai 30 menit.

Untuk rute menuju Bukit Bintang, anda bisa menggunakan berbagai jenis transportasi baik pribadi atau umum. Dilihat dari letaknya, Bukit Bintang ini sangatlah strategis. Kalau anda pakai transportasi umum (untuk patokan awal).

Turunlah di perempatan ringroad jalan wonosari. Lalu dari perempatan tersebut naiklah mini bus atau bus besar (tarif bus bisa berubah-ubah) dan kurang lebih ditempuh sekitar 30 menit untuk sampai tempat tujuan.

Sedangkan, untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk tetap berhati-hati karena rute jalan merupakan area perbukitan. Sehingga, jalannya cenderung berkelok-kelok, dan sering ditemui tikungan tajam serta curam.

Disarankan untuk memperhatikan jalan dengan hati-hati, ketika anda sampai di pertigaan lampu merah Piyungan, maka rute jalan yang dilalui akan sangat kontras dengan rute jalan yang ada di dalam kota Yogyakarta. Jalan yang akan dilewati didominasi dengan kelokan dan tanjakan.

Hal yang perlu diperhatikan saat anda menggunakan kendaraan pribadi adalah ketika anda berada di belakang kendaraan besar atau bermuatan penuh, seperti truk atau fuso maka, jagalah jarak. Karena untuk mengantisipasi kalau saja mereka tiba-tiba mogok di jalan.

Peta Menuju Bukit Bintang Jogja (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Bukit Bintang Jogja

Homestay atau guesthouse:

1. Beto Guesthouse

2. Padma Laguna Guest House

3. BeOne House Jogja

4. Surya Darma Homestay

5. Dormitory Room (Ndalem Sorogenen)

6. RuMA Kos

7. Kopilimo Cafe and Homestay

8. Omah Tilem

Tips Berwisata ke Bukit Bintang Jogja

1. Sebaiknya mengunjungi Bukit Bintang ketika malam hari. Karena waktu terbaik untuk menikmati wisata Bukit Bintang adalah malam hari, selain dapat menikmati suasana romantis, bisa juga menikmati bentangan kerlap-kerlip cahaya lampu Jogja yang terhampar di bawah bukit.

2. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena apabila menggunakan kendaraan umum akan merasa terbatasi dengan jadwal jam operasi kendaraan umumnya. Karena kendaraan umum hanya beroperasi sampai sore.

3. Apabila anda ingin menggunakan transportasi umum, dan ingin menghabiskan waktu sampai malam hari sebaiknya menggunakan jasa taksi atau ojek online. Dikarenakan bus yang melewati jalur tersebut atau biasa disebut dengan bus jurusan jogja-wonosari jam operasinya terbatas.

4. Anda perlu menyiapkan uang ekstra apabila ingin membeli sesuatu (makanan atau minuman) di Bukit Bintang. Walau memang tanpa tiket masuk dan hanya membayar parkir.

5. Cocok untuk wisata dengan menikmati malam romatis di Jogja.

6. Jika anda berkunjung ke Bukit Bintang, jangan lewatkan mengabadikan pejalanan anda di kawasan rest area, karena tidak jauh dari Bukit Bintang akan anda dapati tulisan besar yang bertuliskan Gunung Kidul, dan background ini cocok untuk tempat selfie ataupun wefie.

7. Perlu anda siapkan keperluan sendiri seperti bekal, air minum dan sebagainya. Selain barang tambahan, seperti kamera untuk mengabadikan moment.

8. Persiapkan barang pribadi dan perlengkapan kesehatan juga sangat penting, karena untuk mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak diingkan seperti obat-obatan yang biasa digunakan untuk keperluan pribadi dan menjaga kondisi diri, serta berhati-hati itu yang terpenting.

Baca Juga: Pantai Pasir Putih Bali, Pesona Tiada Habisnya