" />

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Pangandaran, ada baiknya anda mencoba ke Pantai Duduk. Mungkin masih terdengar asing di telinga wisatawan, akan tetapi pantai ini tidak kalah elok dengan pantai lain. Pantai duduk memiliki struktur karang yang unik dibandingkan dengan pantai lain. Yakni karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil menatap debur ombak pantai tersebut. Sehingga dapat menjadi lokasi foto favorit bagi wisatawan.

Selain itu, bagi anda yang ingin merasakan sensasi pantai yang asri dan bersih, maka pantai ini jawabannya. Mengapa? Karena belum banyak terjamah wisatawan, pantai ini sangat bersih dan elok dengan pasir putihnya yang lembut. Bagi anda yang ingin mengajak keluarga, tempat ini sangat cocok karena pantai ini memiliki struktur yang landai. Sehingga jika anda berkunjung dan mengajak anak-anak, maka akan menjadi lokasi yang relatif aman untuk sekadar bermain pasir dan air di pinggir pantai.

Pantai ini terletak di Desa Masawah, Cimerak yakni sejauh 43 KM dari pusat Kota Pangandaran. Namun anda tidak perlu khawatir, karena jarak yang perlu anda tempuh hanya 1 jam 30 menit saja. Semua perjalanan tersebut tentu saja akan terbayar setelah anda tiba di pantai ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Duduk Pangandaran

Pantai Duduk masih sangat asri dan belum banyak diketahui wisatawan, sehingga pengelolaan masih berada di tangan warga setempat. Belum ada banyak informasi yang menyebutkan tentang jam buka maupun jam tutup pantai ini. Jika anda berminat untuk mengunjungi pantai ini, anda dapat membeli tiket nya di Tempat Pembayaran Retribusi setempat. Harga yang dikenakan untuk memasuki pantai ini pun cukup murah, yakni hanya Rp 5.000,- rupiah saja per pengunjung.

Baca Juga: Karang Resik Tasikmalaya: Dulu Ditinggalkan Sekarang Jadi Idaman !

Daya Tarik Pantai Duduk Pangandaran

1. Sunset yang romantis

Menikmati sunset di sore hari adalah hal yang didambakan oleh semua orang. Terlebih lagi di pantai ini, dengan suasana yang masih asri dan sepi pengunjung, maka sunset akan terasa lebih spesial dan romantis.

2. Sunrise yang tenang

Debur ombak yang merdu beserta hembusan angin yang mendayu-dayu dapat anda rasakan di pantai ini. Berjalan-jalan pagi sekaligus menikmati sunrise di pantai ini akan sangat menyegarkan pikiran.

3. Karang yang khas

Di pantai ini, anda dapat menemukan struktur karang yang khas dan tidak bisa didapatkan di pantai lain. Karang dengan bentuk seperti tempat duduk dapat menjadi spot foto favorit bagi wisatawan.

Baca Juga: Pantai Palatar Agung, Si Gadis ‘Pamotan’ yang Eksotis

4. Pasir putih bersih

Pantai ini masih belum terjamah banyak orang, sehingga hamparan pasir putih bersih nan lembut akan siap menyambut wisatawan ketika berkunjung. Dengan struktur pantai yang landai, maka anda juga dapat bermain bersama anak-anak kecil dengan aman.

5. Pantai yang tenang

Setelah menghadapi segala hiruk pikuk perkotaan, tentunya mencari suasana yang asri dan tenang untuk menyegarkan pikiran. Maka berkunjung ke pantai ini merupakan keputusan yang tepat. Dengan masih jarangnya pantai ini tersentuh wisatawan, pengunjung akan merasakan sensasi pantai milik pribadi di lokasi ini.

Fasilitas di Pantai Duduk Pangandaran

  1. Dekat dengan Warung BRI LINK
  2. Dekat dengan lokasi ibadah
  3. Dekat dengan warung makan

Akses dan Rute menuju Pantai Duduk

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika anda hendak berkunjung ke pantai ini, dari arah Pangandaran silakan menuju ke Jalan Raya Selasasari kemudian menuju ke Jalan Raya Parigi – Cigugur terus hingga menuju Jalan Raya Cijulang, lalu di bundaran ambil jalan keluar pertama, kemudian belok kiri menuju ke Jalan Pasir Gadung dan terakhir belok kanan ke arah Jalan Masawah.

Jika posisi anda saat ini sedang di Bandung, maka akan membutuhkan 6 jam untuk sampai di lokasi tujuan. Anda bisa menggunakan google maps atau menyewa tour guide lokal di Pangandaran sebelum anda mendatangi lokasi tersebut.

2. Menggunakan Kendaraan Umum

Dikarenakan belum banyak diketahui wisatawan, pengelolaan pantai ini masih alakadarnya. Sehingga belum ada rute kendaraan umum yang menyentuh Pantai Duduk. Maka lebih direkomendasikan jika menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa tour guide lokal.

Peta Menuju Pantai Duduk Pangandaran (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Duduk

1. Hotel RM Bahari
2. Villa Atan Homestay
3. Homestay Si Kembar
4. Penginapan Pesona
5. Homestay Tropical
6. The ERMAJA’S PAVILION Boutique Hotel & Villas
7. Sunrise Resort Batukaras
8. JavaCove Batukaras
9. HR Homestay
10. Shane Josa Resort

Tips Berwisata ke Pantai Duduk

  1. Bawa Sunblok agar kulit anda tidak terbakar sinar matahari
  2. Membawa kamera/alat dokumentasi yang memadai
  3. Membawa makanan kecil agar tidak cepat lapar di perjalanan
  4. Membawa topi
  5. Membawa baju ganti
  6. Membawa uang secukupnya
  7. Membaca ramalan cuaca BMKG
  8. Membawa obat-obatan pribadi atau P3K
  9. Memesan penginapan jauh-jauh hari