Review Sego Rumo : Khas Gresik, Rasanya Mantap!

Gresik bukan hanya menyimpan wisata alam, budaya, sejarah, dan realigi saja. Namun, Gresik mempunyai kuliner khas yang sangat beragam, salah satunya adalah Sego Rumo.

Kuliner yang satu ini mempunyai rasa yang sangat unik dan berbeda dengan makanan lainya. Setiap orang yang berkunjung ke Gresik, tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner yang satu ini.

Review Sego Rumo Khas Gresik

Menikmati makanan yang lezat, enak bahkan unik tidak harus mengeluarkan banyak kocek. Karena ada banyak kuliner lezat dengan harga terjangkau, salah satunya Sego Rumo. Berikut rasa dan keunikan dari makanan tradisional tersebut.

1. Kuliner khas Gresik yang melegenda

sego rumo khas gresik

Sego Rumo merupakan kuliner khas yang diambil dari nama sebuah desa di Gresik. Desa tersebut bernama Rumo yang menjadi asal usul makanan ini. Pada mulanya, makanan ini hanya makanan biasa yang sering dimakan sehari-hari.

Namun, karena tampilannya yang unik, makanan ini menjadi terkenal dan menjadi kuliner khas hingga sekarang.

2. Tampilannya unik dan menarik

sego rumo kuliner wajib di gresik

Makanan khas Gresik yang satu ini merupakan olahan bubur berwarna oranye. Bubur tersebut terbuat dari tepung yang dicampur dengan udang. Sehingga rasanya gurih dan asin.

Makanan ini disajikan diatas daun pisang dan dapat dimakan dengan berbagai bahan pelengkap seperti sayur, nasi dan sebagainya.

3. Disajikan dengan lontong dan sayur

sajian sego rumo yang enak

Karena rasanya yang enak dan gurih, Sego Rumo dapat disajikan dengan lontong dan sayuran. Bahkan jika Anda ingin lebih lengkap, Anda dapat menambahkan sambal pedas, kecap, kerupuk dan sebagainya.

Dijamin Anda pasti akan ketagihan untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.

4. Ditambah dengan poyah

resep sego rumo

Sego Rumo juga dapat disajikan dengan poyah atau koyah. Yaitu sejenis kelapa parut yang disangrai. Poyah dapat ditaburkan diatasnya lalu dinikmati bersama. Rasa gurih dari kelapa akan menambah kelezatan makanan Sego Rumo ini.

5. Dapat dijadikan menu sarapan

menu sarapan sego rumo

Karena mempunyai tekstur yang lembut dan lunak, Sego Rumo dapat dijadikan sebagai menu sarapan.

Khususnya bagi anak-anak untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Anda dapat menambahkan sayur, telur, dan sebagainya sesuai dengan selera anak.

6. Menggunakan sendok daun pisang

kenikmatan sego rumo

Satu lagi keunikan dari Sego Rumo adalah menggunakan sendok dari daun pisang. Sendok tersebut berbentuk persegi panjang dengan bagian bawah diberi sudut.

Daun pisang sendiri dapat memberikan rasa yang khas saat dilahap dalam mulut. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan asinnya sangat pas dan cocok untuk lidah setiap orang.

Dimana Bisa Menemukan Sego Rumo?

rekomendasi tempat makan sego rumo

Kuliner ini dapat ditemukan di tempat makan atau warung lesehan di Gresik. Namun, memang saat ini penjual Sego Rumo mulai berkurang.

Sehingga mulai jarang ditemukan. Anda dapat mengunjungi pasar Gresik, karena disana masih banyak penjual Nasi Rumo di depan toko pinggiran jalan.

Nasi Rumo juga bisa Anda temui di tempat makan objek wisata. Sehingga bagi para wisatawan dapat mencicipi kuliner tersebut dengan mudah. Makanan ini wajib Anda cicipi karena memang sangat enak dengan bubur yang sangat lembut dan gurih.

Sego Rumo biasanya disajikan dengan daun pisang. Sego tersebut ditata dengan baik lalu diberi sayur sesuai keinginan Anda. Setelah itu, diberi sambal, kerupuk dan kelapa sangrai sehingga rasanya sangat gurih dan nikmat.

Apalagi jika dinikmati di pagi hari bersama teh hangat.

Sebagai kuliner yang melegenda, Sego Rumo menjadi ciri khas kota Gresik di bidang kuliner. Sehingga masyarakat harus menjaga kuliner tersebut agar tetap dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Terlebih kepada para wisatawan asing yang berkunjung ke Gresik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!