15+ Oleh-oleh Khas Mesir Kairo

Bagian dari kesenangan mengunjungi negara lain adalah membeli kenang-kenangan untuk mengingatkan Anda tentang perjalanan tersebut.

Dan Mesir tidak kekurangan pernak-pernik unik yang dapat mengesankan teman dan keluarga Anda di rumah.

Dan cara terbaik untuk berburu oleh-oleh khas Mesir adalah pergi ke pasar bazar Khan El-Khalili, yang terletak di salah satu daerah tertua di Kairo.

Disebut juga dengan negara Raja Firaun, piramida, dan Sungai Nil, Mesir memang menjadi tujuan wisata yang menarik bagi setiap pelancong dengan jiwa penjelajah dan pecinta barang-barang unik.

Karena di sana, Anda akan menemukan segalanya, mulai dari benda-benda Mesir Kuno hingga produk asli dan khas negara ini, seperti dalam pembahasan berikut.

List Oleh-Oleh Khas dari Mesir

1. Papyri

oleh oleh khas negara mesir

Papyri adalah gulungan kertas Mesir kuno yang biasa digunakan untuk menulis, melukis, atau membuat tali. Kertas ini diperoleh dari tanaman papirus, yang dijual dengan harga cukup mahal, yaitu sekitar Rp 180.000 untuk ukuran A4.

Beberapa tempat juga menawarkan jasa melukis nama Anda dan pasangan di atas Papyri dengan harga Rp 270.000 hingga Rp 360.000.

2. Kumbang Scarab

oleh oleh khas kairo mesir

Orang Mesir kuno memiliki jimat dalam bentuk kumbang, yang memiliki arti mendalam di agama Mesir kuno.

Dan saat ini, kumbang adalah oleh-oleh lain yang paling diidam-idamkan di kalangan wisatawan, yang banyak ditemukan dalam bentuk gelang atau kalung di berbagai ukuran, warna dan bahan.

Bahkan, beberapa juga diukir dengan alfabet hieroglif.

3. Kartrid Emas atau Perak

4 ciri khas mesir kuno

Kartrid adalah ornamen dengan bentuk elips yang dulu digunakan Firaun untuk menuliskan namanya dengan huruf hieroglif.

Kini, Anda juga dapat meminta pengrajin untuk memahat nama Anda (atau siapa pun yang Anda inginkan) dengan tulisan hieroglif sebagai hadiah yang indah.

Namun, biasanya diperlukan waktu satu hari untuk pengerjaan, dan dengan harga sekitar Rp 157.000 untuk perak.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Iran

4. Parfum dan Essential Oil

oleh-oleh khas dari mesir

Mesir memiliki tradisi besar dalam pembuatan essential oil dan parfum, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan toko parfum di hampir setiap sudut jalan.

Jika parfum yang Anda beli bagus, setetes saja bahkan sudah cukup untuk membuat Anda harum selama berhari-hari lho.

Salah satu yang paling terkenal adalah Nefertum, yang juga disebut sebagai salah satu aromaterapi terbaik di dunia.

Ada juga Susinum (campuran Bunga Lily, myrrh, kayu manis), Cyprinum (campuran henna, kapulaga, kayu manis, myrrh) dan Mendesian (campuran myrrh dan cassia dengan berbagai macam permen karet dan resin).

5. Galabeya Mesir

oleh-oleh pakaian khas mesir

Galabeya adalah pakaian khas Mesir yang mirip dengan gaun tapi berukuran longgar, dan bisa dikenakan oleh wanita maupun pria.

Desain dan gaya Galabeya berbeda di setiap wilayah di Mesir, beberapa berwarna cerah dan lainnya berwarna hitam dengan sulaman berwarna-warni.

Galabeya untuk pria umumnya lebih mendasar (memiliki warna sangat terang atau sangat gelap) dan dengan sedikit hiasan.

6. Kostum Tari Perut

oleh-oleh khas mesir berupa kostum tarian

Tari Perut yang berasal dari Mesir adalah tarian Arab ekspresif yang mencakup gerakan-gerakan tertentu dan diiringi musik tertentu.

Ada kostum tari perut dalam berbagai gaya dan warna yang berbeda, yang dirancang dengan bordir cerah dan mengkilap. Kostum ini sangat umum di kalangan wisatawan wanita sebagai oleh-oleh.

Namun, sangat tidak disarankan untuk penggunaan di luar ruangan.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Arab Saudi Selain Kurma

7. Shisha

barang unik oleh-oleh khas mesir

Shisha, atau disebut juga dengan hookah atau camchimba, adalah wadah berbahan logam dan gelas yang biasa digunakan untuk merokok tembakau dengan berbagai rasa dan disaring dengan air.

Selain bisa menemukannya di banyak restoran atau kafe, produk ini juga dijual di hampir setiap toko di Mesir. Ada berbagai ukuran dan desain, bahkan beberapa dilukis dengan tangan dalam motif khas Mesir.

8. Produk Kapas Mesir

oleh-oleh khas mesir aneka barang kapas sehari-hari

Tanaman kapas pertama kali ditemukan di Mesir pada abad ke-19, dan sejak saat itu, Mesir telah terkenal dengan kualitas barang-barang kapasnya, terutama untuk produk seprai dan handuk.

Sebagian besar kapas terbaik diekspor dari Mesir, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan harga yang jauh lebih rendah.

9. Perhiasan

aneka perhiasan oleh-oleh khas mesir

Orang Mesir membeli emas dan perak dalam jumlah besar karena banyak yang merasa lebih aman menyimpan perhiasan di rumah daripada menaruh uang di bank.

Karena itu, perhiasan dan logam mulia dari Mesir memiliki harga beli lebih murah. Salah satu yang menjadi favorit adalah gelang cartouche dengan ukiran huruf hieroglif.

10. Karpet dan Permadani

oleh-oleh khas mesir untuk orang indonesia

Karpet dan permadani dari Mesir ditenun dari wol kasar atau rambut unta, yang biasanya berwarna krem ​​dan coklat. Selama berabad-abad, kedua produk ini terkenal dengan kualitas tinggi, memiliki gaya mewah dan pola kaya.

Kebanyakan dari produk ini ditenun dengan tangan dan menampilkan banyak detail dan tekstur. Anda bisa pergi ke Ramses Wissa Wassef Art Centre jika ingin mendapatkan harga lebih murah.

11. Rempah-rempah

oleh oleh makanan khas mesir

Jika salah satu hobi Anda adalah memasak, maka membawa pulang rempah-rempah Mesir adalah hal wajib untuk dilakukan. Karena rempah-rempah Mesir terbukti lebih segar dan berkualitas daripada varietas kemasan yang dijual di Negara Barat.

Anda bisa berkunjung ke pasar tradisional Muttrah Souq untuk menemukan kayu manis, jintan, dukka, cumin, samna (ghee) dan berbagai rempah lainnya.

12. Memorabilia Firaun

oleh-oleh khas mesir berupa patung

Memorabilia Firaun adalah salah satu produk paling terkenal di Mesir karena sejarah, tradisi, dan popularitasnya.

Banyaknya souvenir kitsch Firaun yang luar biasa seperti piramida pualam, replika topeng kematian Tutankhamun, gaun Nefertiti, patung Mesir kuno, dan banyak lainnya, bisa Anda temukan dengan mudah di hampir setiap sudut El-Khalili, Kairo.

13. Inlay Wood Box

oleh-oleh khas mesir paling menarik

Di antara barang-barang paling menarik yang diproduksi di Mesir adalah kotak-kotak kayu bertatahkan potongan tulang, gading atau mutiara, yang biasa disebut dengan Inlay Wood Box.

Kotak ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan perhiasan, pernak-pernik, atau barang-barang kecil lainnya.

14. Produk Kulit Unta

produk kulit oleh-oleh khas mesir

Tak hanya bisa melihat dan naik unta, di Mesir Anda juga dapat membeli berbagai produk yang terbuat dari kulit unta lho!

Seperti kaus kaki, lukisan, sandal, selimut, tas tangan, karpet, dan masih banyak lagi. Selain menjadi oleh-oleh yang unik, produk ini juga dapat bertahan lama dan memerlukan sedikit perawatan.

15. Patung Kucing Mesir

oleh-oleh khas mesir untuk pajangan

Anda bisa menemukan patung-patung kucing di hampir semua bagian Mesir, baik di toko, pasar atau mall. Diketahui bahwa di negeri ini, kucing merupakan hewan yang disembah karena dianggap sebagai dewa.

Selain berupa patung, Anda juga bisa membeli oleh-oleh kucing dalam bentuk aksesoris, piring, vas bunga, cangkir, dan peralatan lainnya.

Banyak orang menyebut Mesir sebagai surga bagi pecinta belanja dan tempat terbaik bagi kolektor barang atau benda antik yang paling langka di dunia. Jika Anda adalah salah satunya, daftar oleh-oleh khas Mesir di atas bisa Anda coba beli.

Namun, sesuatu yang harus Anda ingat ketika berbelanja di pasar Mesir adalah Anda harus pintar menawar.

Leave a Comment

error: Content is protected !!