" />

Pantai di Banyuwangi memang sangat mempesona nan indah, salah satu yang paling sering dibicarakan di media sosial adalah Pantai Teluk Hijau. Pesona yang kaya serta keindahan yang cukup membuat hati puas ini tentunya akan mewarnai liburan anda.

Uniknya, pantai ini memiliki karang-karang yang menawan, berbaris di pantai sehingga membuat kesan seperti di raja Ampat. Jadi jika anda menginginkan liburan ke pantai dengan nuansa dan sensasi yang berbeda, maka pantai Teluk hijau adalah pilihan yang sangat tepat.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Hijau

Keeksotisan Pantai Teluk Hijau ini bisa anda nikmati kapan saja baik pagi, siang, dan sore hari. Apalagi, harga tiket masuk objek wisata yang satu ini tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Tapi tetap saja anda harus berjaga-jaga membawa uang untuk biaya parkir retribusi apabila anda membawa kendaraan roda dua maupun roda empat.

Daya Tarik di Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau merupakan sebuah pantai baru yang namanya tidak lah begitu dikenal oleh para wisatawan. Sebenarnya penyebab utama yang menyebabkan hal tersebut adalah lokasi pantai itu sendiri. Pantai ini memiliki akses jalan yang cukup sulit dan hal tersebut lah yang menyebabkan banyak wisatawan menyerah untuk menemukan pantai yang satu ini.

1. Warna Hijau

Warna Hijau Pantai Teluk Hijau

Pantai ini disebut Pantai Teluk Hijau bukan lah tanpa alasan. Penamaan Teluk Hijau ini bukan lah disebabkan karena kondisi sekitar nya yang asri oleh pepohonan hijau, tetapi memang teluk ini sendiri berwarna hijau. Warna hijau tersebut tidak akan terlihat dari jarak dekat tetapi akan sangat jelas apabila terlihat dari kejauhan.

2. Spot Foto Mengagumkan

Spot Foto Mengagumkan

Ketika seseorang hendak berlibur, sudah merupakan sebuah hal wajar jika orang orang tersebut menginginkan kenang kenangan. Sebuah kenang kenangan yang paling menakjubkan tentu lah berupa foto yang indah. Tidak perlu hirau ketika mendatangi Pantai Teluk Hijau karena ada sangat banyak spot foto mengagumkan di pantai ini.

3. Bebatuan Pantai

Bebatuan di Pantai Teluk Hijau

Walaupun mayoritas lokasi pantai ini langsung memperlihatkan hamparan pasir putih tanpa bebatuan, terdapat sebuah lokasi pada pantai ini yang memiliki banyak bebatuan. Sebenarnya, hal ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi Pantai Teluk Hijau ini. Bebatuan ini bisa digunakan untuk duduk duduk atau pun diabadikan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

4. Snorkeling atau Diving

Diving Snorkeling Pantai Teluk Hijau

Karena keindahannya yang sangat mengagumkan, memang kurang lengkap jika mendatangi pantai ini tanpa melakukan diving. Tetapi ingat, berhubung fasilitas di pantai ini tidak begitu lengkap, tidak ada penyewaan alat scuba untuk para pencinta diving. Bawa lah alat scuba anda sendiri atau lakukan lah free diving tanpa alat bantu.

5. Ombak yang Tenang

Ombak yang Tenang di Pantai Teluk Hijau

Ada banyak pantai yang indah di Banyuwangi, tetapi kebanyakan pantai pantai tersebut memiliki ombak dengan gelombang yang cukup besar. hal tersebut tidak berlaku di Pantai Teluk Hijau karena pada pantai ini ombak sangat lah tenang. Hal itu lah yang menyebabkan pantai yang satu ini sangat lah aman untuk tempat berenang para wisatawan.

Baca JugaJelajah Hutan Trembesi di Jawatan Benculuk, Banyuwangi

Fasilitas di Pantai Teluk Hijau

Perlu diketahui, nama Pantai Teluk Hijau ini sebelumnya tidak begitu dikenal. Pantai indah ini baru dikenal sekarang sekarang ini dan hal tersebut tentu membuat pantai di Banyuwangi ini tidak memiliki fasilitas yang begitu lengkap. Walaupun keindahannya tidak perlu diragukan persiapan yang baik memang sangat dibutuhkan untuk mendatangi pantai ini.

Tidak terdapat tempat ibadah khusus seperti mushola atau masjid di Pantai Teluk Hijau ini dan oleh karena itu, persiapkan lah terlebih dahulu bagaimana anda akan beribadah nanti. Walaupun begitu, tidak perlu kebingungan untuk membilas badan yang terkena air pantai. Sudah terdapat tempat membilas tubuh disini yang akan memudahkan anda yang hendak membilas.

Akses dan Rute menuju Pantai Teluk Hijau

Akses termudah menuju Pantai Teluk Hijau bisa ditempuh melewati jalan Nasional III. Dari jalan tersebut, ambillah lurus menuju ke Jl. Penataran. Apabila Jl. Penataran itu telah disusuri sekitar 2,4 km, akan ditemukan belokan ke kanan kembali ke Jl. Nasional III. Susuri lah kembali Jl. Nasional III tersebut dan jalan tersebut pun akan menyambung dengan Jl. Jember Banyuwangi.

Teruslah lurus dengan melewati Jl. Raya Srono, Jl. Alfamart, kembali ke Jl. Jember Bayuwangi, dan Jl. Banyuwangi Jember. Akan terdapat belokan ke kiri menuju Jl. Grajagan dan susuri lah jalan tersebut hingga memasuki Jl. Raya Grajagan. Susurilah Jl. Raya Grajagan dengan mengikuti belokan ke kiri dan kanan yang ada di depan. Setelah itu Jl. Raya Grajagan pun akan menyambung dengan Jl. Hayam Wuruk.

Setelah sekitar 2,3 km menyusuri Jl. Hayam Wuruk, belok lah kiri menuju ke Jl. Seneporejo. Ambil kanan menuju ke Jl. Siliragung lalu ambil kiri ke Jl. Mangga. Susurilah Jl. Mangga tersebut dengan belok kanan. Terus lah lurus ke Jl. Tanjung dan ikuti lah jalan tersebut hingga menemui sebuah bundaran. Ambillah jalan keluar pertama dari bundaran tersebut yang bertuliskan Jl. Sukomade.

Terus lah ikuto Jl. Sukamade tersebut dan lama kelamaan jalan tersebut akan menyatu dengan jl. Nderuman Tembakur. Setelah sekitar 9 kilo meter menyusuri jalan itu, akan ditemukan belokan ke kiri menuju ke Jl. Poncomoyo. Ikuti lah jalan tersebut dan pintu masuk menuju ke Pantai Teluk Hijau pun akan ditemukan.

Perlu diketahui, akses menuju ke pantai nya sendiri cukup sulit dan hal tersebut lah yang menyebabkan pantai ini tidak begitu dikenal sebelumnya. Darisana, sebaiknya sewa lah seorang tour guide dari warga sekitar. Dengan begitu, untuk menuju ke pantai nya sendiri akan menjadi lebih mudah. Berhati hatilah jika memaksakan untuk pergi mencarinya sendiri karena dari akses ke pantai ini sendiri melewati hutan.

Peta Menuju Pantai Teluk Hijau (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Teluk Hijau

  1. Raflesia Homestay Meru Betiri
  2. Adventura Homestay
  3. Red Beach Homestay
  4. Pulau Indah Homestay
  5. Shanum Homestay
  6. Delon Homestay
  7. Redl Island Jessi’s Hotel
  8. Red Island Panjul Hotel
  9. Kavits Jaya Homestay
  10. Red Island Surf Land Motel

Tips Berwisata ke Pantai Teluk Hijau

Sebenarnya tidak terdapat tips khusus untuk berwisata ke Pantai Teluk Hijau, tetapi sangat ditekankan agar mempersiapkan segalanya dengan baik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fasilitas di pantai yang satu ini tidak lah begitu mempuni dan oleh karena itu segala kebutuhan perlu dipersiapkan dengan sebaik baiknya.

Hal paling utama yang perlu dipersiapkan adalah obat obatan khusus. Akan sangat sulit untuk mencari obat obatan disana dan selain itu, siapkan lah kantung sampah ketika hendak pergi ke pantai ini. jangan sampai meninggalkan sampai di pantai yang indah ini karena rata rata pantai di Banyuwangi mengalami kerusakan karena sampah sampah tersebut.

Tetapi ingat, jangan lupa juga untuk membawa makanan makanan ringan ke pantai ini. tidak terdapat penjual makanan ringan di pantai ini dan hal tersebut tentu perlu dipersiapkan dengan sebaik baiknya. Pastilah tidak terasa lengkap jika berlibur ke pantai tanpa menicicipi makanan ringan bersama orang orang terdekat.