" />

Jika berbicara mengenai pantai di Banyuwangi, ada banyak sekali, salah satunya adalah pantai Bangsring Banyuwangi. Tempat wisata di Banyuwangi ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, sehingga tak heran banyak wisatawan yang berlibur ke tempat ini. Konservasi terumbu karang di tempat ini menjadi tujuan wisatawan, lebarnya area konservasi mencapai 15 hektare tingkat kedalaman yang dimiliki setiap area berbeda-beda.

Untuk menikmati keindahahan terumbu karang Anda tidak perlu melakukan penyelaman yang dalam dan berbahaya. Di pantai Bangsring Banyuwangi anda bisa menikmatinya dengan sangat mudah, bahkan dengan kedalaman yang sangat rendah. Pada kedalaman kurang dari 5 meter dari bibir pantai anda sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang.

Baca Juga : Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, Panorama Indah Menenangkan Hati

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Bangsring Banyuwangi

Untuk dapat menikmati keseruan di tempat snorkeling di Banyuwangi tepatnya di Pantai Bangsring Banyuwangi ini, anda bisa mengunjunginya dari jam 06.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk tempat wisata di banyuwangi ini tidak dipungut biaya namun anda harus membayar parkir kendaraan. Untuk motor Rp 2.000,- dan mobil Rp 5.000,-.

Daya Tarik di Pantai Bangsring Banyuwangi

Wisata ke tempat snorkeling seperti di pantai Bangsring anda dapat menyewa peralatan bawah laut seperti alat snorkeling dan diving. Peralatan meliputi pelindung mulut, sepatu katak, baju renang atau baju untuk menyelam bahkan kamera bawah laut yang kedap air. Pemandangan yang bisa anda nikmati adalah kehidupan kelompok ikan warna warni dan terumbu karang yang beraneka bentuk.

1. Rumah Apung di Pantai Bangsring Banyuwangi

Rumah Apung Pantai Bangsring

Selain snorkeling anda dapat menikmati keindahan laut Bangsring dengan mengunjungi rumah apung. Berjarak beberapa puluh meter dari bibir pantai rumah ini menyajikan panorama pantai yang indah. Bangunan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah Indonesia pada tahun 2014.

Di lingkungan sekitar rumah apung terdapat 4 buah kolam, kolam tersebut di namakan kolam keramba dengan ukuran 3×3 meter. Kolam yang diisi dengan aneka jenis ikan hias, kerapu, lobster, dan juga ikan hiu. Kolam keramba di buat dengan tujuan untuk taman edukasi satwa laut kepada masyarakat lokal maupun wisatawan.

2. Konservasi Terumbu Karang

Terumbu Karang Pantai Bangsring

Di tempat wisata di banyuwangi juga ada konservasi terumbu karang. Konservasi di buat karena kesadaran para nelayan akan pentingnya terumbu karang bagi kehidupan makhluk hidup di laut. Sehingga pada tahun 2008, para nelayan memutuskan untuk membangun konservasi serta menerapkan cara penangkapan ikan yang aman dan ramah lingkungan.

Karena konsep para nelayan tersebut, penangkapan ikan menggunakan bom, potasium dan sianida mulai berkurang. Hal tersebut berdampak positif bagi kehidupan di bawah laut, terumbu karang mulai tumbuh dan berkembang. Terbentuknya konservasi ini tak lepas dari bantuan akademisi dah laut n partisipan serta para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

3. Wisata Underwater

Underwater Pantai Bangsring

Wisata underwater di Pantai Bangsring Banyuwangi ini tentu anda lakukan dengan snorkeling maupun diving, namun wisata bawah laut di tempat ini sedikit berbeda dari lainnya. Program konservasi menjadi tujuan dari wisata underwater, yaitu setiap penyelam wajib melakukan penanaman vegetasi pantai serta hal lain yang berkaitan dengan konservasi bawah laut.

Selain penanaman vegetasi pantai, wisatawan juga harus ikut serta menjaga kebersihan pantai. Mengikuti wisata edukasi untuk untuk belajar mengenal ekosistem dan jenis biota bawah laut. Snorkeling di pantai ini akan memberikan kesan tersendiri bagi anda.

4. Renang Bersama Hiu

Hiu Pantai Bangsring

Anda ingin snorkeling yang tak biasa, di pantai Bangsring anda dapat merasakannya. Snorkling bersama ikan hiu akan membuat adrenalin anda cukup tinggi. Meski berenang bersama ikan paling berbahaya, anda dapat berenang dengan tenang karena ikan hiu di sini sudah di jinakkan.

Ikan hiu di tempat ini memang sudah dijinakkan, karena sebenarnya hiu di pantai Bangsring Banyuwangi adalah ikan yang tertangkap jerat nelayan tanpa sengaja dan terluka. Hiu-hiu tersebut kemudian di rawat di sekitar rumah apung untuk di pelihara hingga sembuh. Setelah sembuh hiu akan di lepas kembali ke laut..

5. Serunya Banana Boat

Banana Boat Pantai Bangsring

Setelah anda menikmati beberapa wisata pantai Bangsring Banyuwangi, anda juga harus melakukan hal yang satu ini yaitu menaiki banana boats. Dari rumah apung, Anda dapat menyewa banana boats untuk berkeliling pantai. Menikmati pantai dengan cara ini akan lebih seru jika anda lakukan bersama dengan teman atau keluarga.

6. Keliling Dengan Perahu kano

Kano Pantai Bangsring

Jika anda adalah seseorang yang tidak bisa berenang atau takut berenang jangan khawatir, anda tetap bisa menikmati wisata bawah laut dari permukaan laut dengan perahu kano. Akan lebih nikmat lagi jika anda menaiki perahu kano bersama dengan orang tersayang. Harga sewanya tidak jauh berbeda dengan peralatan snorkeling, jadi dompet anda tetap aman.

Selain menyewa kano dan mengendarai sendiri bersama teman, anda dapat menyewa jasa driver untuk mengemudikan kano. Namun perahu ini biasanya akan jalan ketika yang jumlah penumpang sudah banyak. Biaya sekali naik perahu kano ini hanya Rp. 5.000,- untuk setiap pengunjung.

Dari atas perahu anda dapat melihat bayi-bayi ikan hiu yang di budidayakan untuk kemudian dilepas di lautan luas, atau melihat indahnya terumbu karang dengan ikan hias di sekitarnya. Jadi anda yang tidak bisa berenang tetap bisa menikmati indahnya dunia bawah laut dari permukaan laut.

7. Foto bareng ikan

Foto Ikan Pantai Bangsring

Selain menikmati snorkeling anda juga dapat berfoto cantik dengan ikan hias bahkan ikan hiu. Anda bahkan bisa bikin video di dalam air, untuk mendapatkan fasilitas yang satu ini bisa dilakukan dengan menyewa kamera underwater atau menggunakan jasa foto bawah laut. Dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan.

Fasilitas di Pantai Bangsring Banyuwangi

Snorkeling atau menyelam di bawah laut tentu memerlukan peralatan bantuan agar anda aman di dalam air. Setiap tempat wisata yang memiliki area snorkling tentu menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa anda sewa. Fasilitas yang di sediakan biasanya meliputi baju pelampung, sepatu katak, pakaian menyelam, kamera bawah laut yang kedap air.

Selain fasilitas utama bagi para penyelam, disediakan pula fasilitas tambahan seperti handuk kering, kamar mandi untuk mandi dan ganti baju serta warung-warung kecil yang menyediakan makanan. Karena selepas anda melakukan snorkeling tentunya harus mandi dan berganti pakaian, kemudian menikmati makanan hangat akan membuat anda kembali sehat lagi.

Mengenai biaya untuk semua fasilitas yang anda dapatkan berbeda-beda, tergantung alat mana saja yang anda sewa. Untuk tarif sewa kamera bawah laut adalah Rp. 150.000,- perunit, untuk sepatu katak di kenakan tarif Rp. 15.000,- setiap satu set persewaan. Untuk sewa baju pelampung tiap orang dikenai biaya Rp. 30.000,- biaya sewa ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas yang dapat anda nikmati di tempat wisata di banyuwangi adalah jasa foto underwater, anda dapat meminta untuk di fotokan ketika anda sedang menanam terumbu karang, bermain dengan ikan atau foto romantis dengan pasangan di dalam air. Jasa fotografer dalam air ini lebih murah dari pada anda harus menyewa kamera underwater.

Untuk menikmati semua keindahan alam bawah laut tentu anda haru mengetahui terlebih dahulu, harga karcis masuk ke pantai Bangsring Banyuwangi. Biaya masuknya tidak mahal hanya Rp 3.000,- untuk setiap pengunjung. Tempat ini luas dan aman, jadi anda tak perlu khawatir jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi parkir ditempat ini sangat luas.

Akses dan Rute Menuju Pantai Bangsring Banyuwangi

Akses untuk menuju pantai di Banyuwangii ini tidak terlalu sulit, pantai Bangsring yang terletak di Dusun Krajan, Desa Brangsing, Kecamatan Wongsorejo yang hanya berjarak kurang lebih 25 KM dari pusat kota Banyuwangi. Banyak rute yang dapat anda lalui serta banyak akses yang bisa anda tempuh untuk sampai di pantai.

1. Rute Kereta Api

Akses yang paling banyak di gunakan oleh wisatawan adalah kereta api, selain ongkosnya lebih murah juga jarak yang anda tempuh lebih dekat jika menggunakan kereta api. Jika anda dari Surabaya, gunakanlah kereta api Probowangi sedangkan yang dari arah Malang menggunakan kereta api Tawang Alun, untuk yang dari Yogyakarta naik kereta api Sri Tanjung.

Dari semua stasiun pastikan untuk turun di stasiun baru Banyuwangi, kenapa karena jaraknya lebih dekat dengan lokasi tujuan. Dari stasiun terdapat banyak pilihan akses yang dapat anda ambil. Diantaranya adalah dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota, bus kota bahkan ojeg umum maupun online.

2. Rute Bus Kota

Jika anda memilih menggunakan bus kota untuk akses selanjutnya ikuti rute berikut. Dari stasiun baru naik angkutan kota menuju terminal Sri Tanjung kemudian lanjutkan perjalanan dengan bus antar kota yang memiliki arah sama, namun jangan lupa untuk turun di jalan raya Bangsring. Untuk perjalanan selanjutnya dapat anda lalui dengan jalan kaki.

3. Rute Ojek

Pilihan selanjutnya untuk menuju ke tempat wisata di banyuwangi ini yaitu menggunakan ojek baik secara langsung maupun online adalah pilihan yang sangat tepat karena selain tarifnya lebih hemat, anda dapat menempuh perjalanan lebih cepat. Biasanya menggunakan ojeg yang sudah ada di sekitar stasiun lebih aman karena pengemudi ojeg sudah hafal daerah tujuan dengan baik.

Selain semua saran diatas anda juga dapat menggunakan jasa sewa mobil untuk akses ke pantai Brangsing, menggunakan jasa sewa lebih memudahkan anda karena seperti menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu dapat juga digunakan untuk efisiensi biaya, karena biaya sewa mobil dapat ditanggung bersama. Rute yang di lalui sama dengan rute kendaraan umum.

4. Kendaraan Pribadi

Akses terakhir yang dapat anda gunakan untuk sampai di pantai Bangsring dan melakukan snorkeling adalah menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu mobil maupun motor, rute yang anda lewati sesuai dengan rute umum. Dari tempat tinggal anda pastikan anda sampai di terminal baru Banyuwangi. Selanjutnya ikuti rute yang sama dengan rute angkutan umum.

Peta Menuju Pantai Bangsring Banyuwangi (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Bangsring Banyuwangi

1) Bangsring Breeze Resort
2) Guest House
3) NusaBay WHM
4) Hotel Banyuwangi
5) Hotel Ketapang Indah
6) Menjangan Hotel
7) Liliput Resort
8) Astons Banyuwangi Hotel
9) Kinaara Resort
10) Asri Beach resort
11) Matahari Beach Resort
12) Aneka Bagus Resort
13) Amerta Bali Villas
14) Pondok Sari Beach Bungalows Resort
15) Taman Selini Beach Bungalows
16) Sunsuko Hotel
17) Grand Haverst Resort
18) Taman Sari Bali Resort
19) Biorock Homestay
20) Tanjung Asri Hotel
21) Jiwa Jawa Home Stay
22) Herry’s Guesthouse
23) Menjangan Dynasty Resort
24) Plantaran Menjangan
25) Lestari Hotel
26) Hotel Blambangan
27) Mimpi Resort Menjangan.

Tips Berwisata ke Pantai Bangsring Banyuwangi

Berlibur ke tempat wisata di banyuwangi harus memiliki strategi tertentu agar anda tidak kebingungan setelah sampai di tempat tujuan. Banyaknya tempat wisata di daerah ini seakan membuat anda tak ingin pulang sebelum mengunjungi semua tempat wisata. Supaya liburan anda tidak kelebihan biaya berikut cara berwisata ke Tempat Snorkeling Banyuwangi.

1) Bawalah kamera underwater

Hal ini bertujuan agar anda tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa kamera. Harga sewa kamera ini cukup mahal mencapai kurang lebih Rp. 150.000,- anda dapat menghemat sebanyak itu jika membawa kamera sendiri.

2) Bawalah pakaian ganti

Membawa pakaian ganti merupakan hal yang wajib jika anda berlibur ke tempat snorkeling, setelah anda berenang tentu baju basah semua dengan air laut, jika tidak segera ganti baju akan menyebabkan anda meriang bahkan masuk angin. Jika terjadi hal demikian akan mengganggu kualitas liburan anda.

3) Sunblok

Peralatan satu ini terlihat simple dan tidak terlalu penting. Namun, bagi para wanita sunblok adalah sesuatu yang wajib ada di dalam ransel jika berlibur ke tempat-tempat panas terutama area pantai. Wanita tidak mungkin lupa menggunakan hal ini, karena panasnya pantai akan membuat kulitmu cepat menghitam.

Baik wanita maupun pria sebaiknya membawa sunblok untuk mencegah kontak langsung panas matahari dengan kulit anda. Terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung sangat tidak baik dampaknya terhadap kesehatan kulit anda. Sunblok, topi dan kaca mata hitam adalah satu kesatuan paket liburan ke wilayah pantai.

4) Keamanan

Jika anda ingin melakukan snorkeling ataupun diving sebaiknya anda menyelam bersama pemandu snorkeling sehingga keamanan anda terjaga. Untuk anda yang ingin mencoba diving, gunakanlah paket Try Diving jika anda belum memiliki lisensi diving. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keselamatan anda.

5) Bekal Makanan

Setelah lelah menikmati dunia bawah laut dengan terumbu karang yang indah dan aneka jenis ikan hias tentu anda kelaparan. Jangan khawatir karena tidak membawa bekal, di sekitar area snorkeling telah disediakan warung makan maupun kantin yang akan menghilangkan lapar anda. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

6) Tidak Membuang sampah sembarangan

Sebagai warga negara yang baik, anda tentu paham bahwa membuang sampah sembarangan adalah melanggar hukum. Serta ditempat wisata ini diterapkan program kebersihan. Jadi jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya agar terumbu karang serta ikan-ikan di dalam laut tetap sehat dan terjaga.

7) Tidak meninggalkan barang

Cara terakhir untuk menikmati wisata pantai di Banyuwangi adalah jangan meninggalkan barang apapun di pantai termasuk sampah dan lainnya, cukup tinggalkan jejak anda di atas pasir pantai yang nanti akan terhapus oleh ombak. Jangan mengambil apapun dari tempat wisata untuk dibawa pulang.

Jangan mengambil apapun kecuali dua hal yaitu foto dan video di tempat wisata di banyuwangi ini, dan yang paling penting jangan membunuh apapun baik itu hewan laut atau hal lainnya. Jagalah kelestarian laut agar kebutuhan ikan tidak kekurangan. Menjaga kelestarian satwa laut bisa di mulai dengan menjaga kebersihan daerah sekitar pantai dan tidak merusak terumbu karang yang ada.

Baca Juga: Blue Fire Kawah Ijen, Wisata dengan Fenomena Langka di Dunia