" />

Tak hanya Pantai Kuta, Bali juga memiliki pantai yang tak kalah indah yaitu Pantai Balangan. Walaupun tak setenar Pantai Kuta dan Pantai Sanur, pantai ini mempunyai pemandangan yang tak kalah indah dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Sepuluh tahun yang lalu, pantai ini sangat jarang dijamah wisatawan. Namun, sejak tahun 2015 pengunjung mulai ramai berdatangan.

Pantai Balangan merupakan salah satu pantai di Kuta Selatan. Lokasinya terletak di Jalan Pantai Balangan, Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Jaraknya dari pusat kota yaitu Denpasar lumayan jauh yaitu 25 kilometer. Namun, lokasi pantai ini tak jauh dari Garuda Wisnu Kencana atau GWK. Pantai ini juga satu wilayah dengan Pantai Pandawa.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Balangan

Kafe di Pantai Balangan menyajikan menu mulai dari makanan lokal khas Indonesia hingga makanan barat. Minuman yang paling laris adalah es kelapa muda. Selain itu, disini juga disediakan penyewaan kursi dan payung untuk berjemur. Untuk menyewanya, Anda diharuskan membayar Rp 50.000 saja. Fasilitas ini dapat Anda gunakan untuk bersantai sembari menunggu datangnya sunset tiba.

Terkait dengan biaya tiket masuk di Pantai Balangan tak membutuhkan biaya yang besar. Anda cukup membayar biaya parkir saja. Biaya parkir yang dikenakan untuk kendaraan beroda dua yaitu Rp 2000-/kendaraan dan untuk kendaraan beroda empat dipatok harga Rp 5.000,-/kendaraan. Dengan kata lain, semua pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk, cukup biaya parkir saja.

Daya Tarik Pantai Balangan

1. Spot terbaik menyaksikan sunset

sunset

Sunset adalah suatu hal yang wajib disaksikan saat seseorang mengunjungi pantai. Untuk itu, Anda tak akan kecewa tak bisa menyaksikan sunset jika berlibur ke Pantai Balangan karena pantai ini ialah spot sunset terbaik di Bali. Dari bibir pantai akan terlIhat landasan pacu Bandara Ngurah Rai dengan segala aktivitasnya.

2. Pantai dengan jajaran pohon kelapa

kelapa

Salah satu ciri khas yang dimiliki pantai yang satu ini adalah pohon kelapa. Disekitar pantai ini dipenuhi pohon kelapa yang berjajar dengan sangat rapi. Selain memperindah pemandangan pantai, pohon kelapa juga memberikan angin sepoi-sepoi untuk menemani Anda bersantai ria disini. Jajaran pohon kelapa sangat instagramable.

3. Terdapat pura di dalamnya

pura

Pura memang menjadi suatu ciri khas wilayah-wilayah di Bali. Namun, sangat jarang sekali adanya pura di dalam pantai. Di Pantai Balangan, akan terdapat pura di tangga-tangga bukitnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Pengunjung dapat berwisata sekaligus mengenal budaya yang ada di Bali khususnya mengenai pura.

4. Spot terbaik untuk surfing

surfing

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lokasi Pantai yang satu ini jauh dari keramaian kota. Pantai ini juga belum banyak dikunjungi sehingga sangat cocok untuk Anda tak suka dengan keramaian. Dengan ombak yang besar, tinggi dan panjang aktivitas laut seperti selancar dapat Anda lakukan sesuai keinginan hati. Peselancar dunia juga kerap datang kemari.

5. Pasir putih dan apitan karang yang tinggi

pasir putih

Hampir semua pantai di Bali memang identik dengan pasir pantainya yang berwarna putih. Pantai Balangan juga tak luput dari hal itu. Pasirnya yang putih ditambah airnya yang berwarna biru bagai langit menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, di pantai ini juga terdapat apitan karang laut yang tinggi.

Fasilitas di Pantai Balangan

Seperti yang telah diceritakan, sepuluh tahun yang lalu Pantai Balangan masih jarang dikunjungi sehingga fasilitas yang disediakan juga belum begitu banyak. Dahulu hanya ada beberapa pedagang yang menjualkan dagangannya. Harga yang ditawarkan pun cukup mahal. Namun, kini pantai ini mulai berubah. Kafe-kafe sudah dapat ditemukan disini. Menu yang disediakan pun beragam.

Baca Juga: Pantai Gunung Payung Bali, Pesona Bukit Menawan di Sekeliling Pantai

Akses dan Rute Menuju Pantai Balangan

Untuk mencapai Pantai Balangan, akses jalan yang dilewati tidaklah sulit. Lokasi Pantai Balangan jauh dari keramaian kota sehingga peluang Anda menjumpai kemacetan saat menuju ke pantai ini sangatlah kecil. Jalan yang akan dilewati bukan jalan dengan bebatuan yang kasar. Anda akan melewati jalan dengan kondisi baik. Lokasi Pantai Balangan pun tak jauh dari Pantai Dreamland.

1. Rute dari Bandara Internasional Ngurah Rai

Jarak Pantai Balangan dari Bandara Ngurah Rai yaitu tujuh belas kilometer. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit. Rutenya yaitu dari Bandara pilihlah jalan menuju By Pass Ngurah Rai. Telusuri By Pass hingga daerah Uluwatu dengan tanda adanya jalan dengan berbagai tujuan arah yang dapat dipilih.

Kemudian berbelok ke kanan menuju Jalan Uluwatu II. Terus ikuti Jalan Uluwatu ii hingga menemukan sebuah bundaran jalan. Lalu pilihlah arah kiri menuju Jalan Wanagiri lalu ikuti jalan. Setelah tikungan Anda akan menemui pertigaan, lalu beloklah ke arah kiri menuju Jalan Karang Mas. Ikuti Jalan Karang Mas dan Jalan Jepun.

Setelah itu, belok ke kanan menuju Jalan Goa Peteng. Ikuti Jalan Goa Peteng hingga menuju ke arah Jalan Pantai Balangan. Disepanjang Jalan Pantai ini berjajar banyak tempat penginapan. Sembari melakukan perjalanan Anda sekaligus dapat memilih akan bermalam dimana setelah selesai menikmati pemandangan Pantai Balangan.

2. Rute dari Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Waktu yang Anda perlukan menuju destinasi wisata ini jika lokasi pemberangkatan Anda dari GWK yaitu kurang lebih setengah jam saja. jarak ditempuh hanya sembilan kilometer. Dari kawasan GWK, keluarlah menuju Jalan Raya Uluwatu. Ikuti Jalan Raya Uluwatu hingga berjumpa dengan suatu perempatan.

Dari perempatan, pilihlah arah ke kanan menuju Jalan Pantai Balangan. Jika sudah sampai di Jalan Pantai Balangan itu artinya Anda hampir tiba. Dari Jalan tersebut, Anda hanya perlu menyusuri jalan ini sejauh tiga kilometer. Waktu yang diperlukan sekitar sepuluh menit lagi. Anda hanya perlu mengikuti jalan dan rambu petunjuk menuju Pantai Balangan.

3. Rute dari Kawasan Seminyak

Seminyak merupakan suatu kelurahan di Bali yang populer dengan aneka wisata pantai dan fasilitas yang beragam. Jarak menuju Pantai Balangan dari Seminyak yaitu 21 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan hampir satu jam. Dari kawasan ini, Anda memasuki Jalan Raya Seminyak. Pada perempatan kedua berbeloklah ke arah kiri menuju Jalan Nakula.

Ikuti Jalan Nakula hingga menuju Jalan Sunset Road. Setelah itu, telusuri Jalan Sunset Road hingga menuju By Pass Ngurah Rai. Saat Anda menemukan perempatan besar berbeloklah ke arah kanan menuju Jalan Ulun Siwi. Lalu belok ke arah kiri saat menemukan perempatan. Anda sudah berada di Jalan Raya Uluwatu.

Teruskan perjalanan sampai Anda menemukan suatu bundaran. Dari bundaran, pilih arah kanan menuju Jalan Wanagiri. Ikuti Jalan Wanagiri hingga menjumpai tikungan yang tidak begitu tajam ke arah kiri. Lalu berbeloklah ke kiri ke arah Jalan Karang Mas. Setelah terlihat suatu eksekutif residence, beloklah ke arah kiri menuju Jalan Jepun.

Kemudian belok ke arah kanan pada pertigaan jalan. Saat itu Anda sudah berada di Jalan Goa Peteng. Ikuti Jalan Goa Peteng hingga Anda sampai di Jalan Pantai Balangan. Teruskan perjalanan sampai Anda menginjakkan kaki di Pantai Balangan.

Peta Menuju Pantai Balangan (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Balangan

  1. Balangan Inn
  2. Balangan Cottage
  3. Balangan Paradise Cottage
  4. Airy Jimbaran Balangan
  5. Aman Gati Hotel Balangan
  6. Balangan Garden Bungalow

Tips Berwisata ke Pantai Balangan

Jangan lupa untuk membawa alat surfing sendiri jika anda berniat untuk surfing. Jangan lupa untuk membawa kamera karena banyak sekali spot foto yang menarik. Alangkah baiknya anda membawa bekal makanan karena beberapa harga di restoran dekat Pantai Balangan cukup mahal.

Datanglah pada sore hari untuk berenang karena air biasanya surut. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan sambil bersantai di Pantai Balangan ada pagi hingga siang hari. Hati-hati terkena batu karang yang cukup tajam, oleh karena itu gunakan pelindung kaki ketika akan surfing.