" />

Siapa yang tidak kenal dengan Bali, salah satu tempat yang terkenal dengan keindahan alam bak surga, salah satunya adalah Pantai Soka. Pantai Soka Bali adalah sebuah tempat wisata yang dapat menarik banyak perhatian masyarakat di seluruh dunia. Sangat disayangkan jika anda berada di Bali namun tidak dapat menikmati keindahan pantai yang tiada duanya tersebut.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Soka Bali, anda tidak perlu pusing untuk mencari lokasi pantai ini. Letaknya tidak jauh dari jalan utama yang menghubungkan antara Denpasar dan Bali, sekitar 45 Km dari Denpasar dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari Bandara Nungrahrai. Tepatnya di Jalan Raya Denpasar Galimanuk, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia.

Jam Buka dan Harga Tiket Pantai Soka Bali

Jika anda adalah tipe orang yang suka berpikir dua kali dalam mengeluarkan uang, maka Pantai Soka adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Selain fasilitas yang cukup lengkap dan tempat parkir yang luas, anda juga tidak perlu khawatir tentang harga tiket masuk dan biaya parkir, dahi anda tidak perlu berkerut memkirkannya, karena anda tidak akan dikenai uang parkir maupun tiket masuk.

Daya Tarik Pantai Soka Bali

1. Pemandangan Alam

Pantai Soka Bali

Pantai Soka memang memanjakan mata dengan pemandangan yang indah dengan kecantikan alami. Pantai yang menghadap ke Selatan menyajikan pemandangan alam berupa laut biru yang indah. Di sisi Barat terlihat gugusan perbukitan yang bersambung dengan perbukitan Gunung Batukaru. Di sisi Timur terlihat gunung tertinggi di Bali dengan gagah perkasanya menjulang tinggi menuju angkasa. Beruntung jika cuaca sedang cerah, anda dapat melihat dengan samar-samar Blambangan di Pulau Jawa.

2. Sunset

Pantai Soka Bali

Jika sore hari mulai datang, rugi jika anda tidak menyaksikan cantiknya sunset di Pulau Soka. Matahari yang tenggelam terlihat sangat mengagumkan dan memanjakan mata, tenggelam di garis cakrawala sehingga membuat anda merasa terbius ingin melihatnya kembali. Pemandangan sunset ini adalah salah satu daya tarik yang membuat Pantai Soka tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya seperti Pantai Nusa Dua Bali.

3. Mitos Lagendaris

Pantai Soka Bali

Di Pantai Soka terdapat mitos yang hingga saat ini masih bergema di telinga, diantaranya adalah terdapat batu karang yang berdiameter 3 meter. Batu karang ini berbentuk seperti periuk yang dikelilingi oleh pasir-pasir dan juga air laut, warga memberinya nama “Payuk Kebo Iwa”. Selain itu juga ada batu karang yang bentuknya menyerupai dapur yang berukuran 1 x 20 meter.

Kebo Iwa adalah tokoh lagendaris masyarakat Bali, dia adalah seorang pemuda yang gagah perkasa, dengan badannya yang tinggi dan besar. Konon katanya bahwa Kebo Iwa ini pernah menggunakan atau memanfaatkan Pantai Soka sebagai tempat memasak, sehingga masyarakat menyebut batu karang besar itu dengan nama Kebo Iwa, dan sampai saat ini kita masih bisa menyaksikan dua karang besar tersebut.

4. Hiasan Pantai

Pasir yang berwarna hitam menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Soka Bali, jika terkena sinar matahari maka si pasir hitam akan berkilau dengan indahnya, batu karang yang berjejer menghiasi pantai, dan juga lambaian pohon-pohon kelapa yang menyejukkan hati. Di tebing batu karang sisi timur, juga terdapat sebuah goa yang dihuni oleh burung-burung walet, goa ini diberi nama goa Bulung Daya.

Selain itu juga terdapat sebuah pura, pura ini menjadi tempat yang amat istimewa bagi para pengunjung Pantai Soka Bali, karena dari atas pura kita dapat melihat indahnya pemandangan sunset dengan lebih sempurna. Pura ini diberi nama pura Luhur Serijong. Pura ini sangat berkaitan erat dengan perjalanan spritual yang dilakukan oleh Pedanda Bawu Rauh.

5. Hiburan

Selain menikmati keindahan yang ada di Pantai Soka Bali, juga terdapat hal-hal yang bisa menghibur hati, seperti memancing, rafting, bermain pasir. Untuk para pengunjung yang hobi memancing, anda juga dapat menyalurkan hobi anda di pantai ini, anda dapat memancing dengan tarif Rp 3.000,-/orang. Selain memancing anda juga dapat mengajak keluarga anda untuk menikmati rafting terbaik di Bali.

Baca juga: Pantai Finn’s Bali, Beach Club Menawan Untuk Dikunjungi

6. Aktivitas di Pantai Soka

Anda termasuk pengunjung yang beruntung jika berkunjung pada saat perayaan-perayaan ataupun adat istiadat Bali yang dilaksanakan di Pantai Soka. Seperti perayaan Saraswati, Melasti, upacara hari umat Hindu di Bali, dan lain-lain. Pada hari raya umat Hindu, umat Hindu di Bali akan berkumpul di Pantai Soka sejak malam hari dan melaksanakan berbagai ritual. Anda dapat mengabadikan momen tersebut.

Fasilitas di Pantai Soka Bali

Jika anda bertanya-tanya apakah hanya pemandangan alam saja yang dapat dilihat dan dinikmati pada pantai ini, jawabannya tentu saja tidak. Selain pemandangan alam yang sangat cantik, anda juga dapat menikmati fasilitas seperti villa yang sangat nyaman, penginapan, restaurant yang masakannya tidak diragukan lagi, masakan dapat membuat perut anda ingin makan lagi dan lagi.

Selain itu juga disediakan fasilitas penyewaan perahu untuk menikmati indahnya lautan di sekitar Pantai Soka, kamar mandi, tempat istirahat yang nyaman dan fasilitas lainnya yang membuat anda tidak menyesal berkunjung. Walaupun pasirnya berwarna hitam, tetapi pantai ini adalah tempat yang bersih, tidak begitu jauh dengan perkotaan, dan dekat dengan restaurant sehingga Pantai Soka Bali adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Akses dan Rute Pantai Soka Bali

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi Pantai Soka, maka akses menuju tempat ini adalah hal yang sangat penting bagi anda agar tidak tersesat. Akses untuk menuju tempat tersebut tergolong mudah dan juga jalan yang cukup baik. Anda bisa menggunakan motor pribadi ataupun mobil pribadi, namun jika anda tidak mempunyai kendaraan pribadi anda bisa menyewa dengan harga yang relatif murah, mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 175.000 .

Namun jika anda lebih memilih untuk menaiki kendaraan umum seperti bis umum atau kendaraan lainnya, anda tidak perlu khawatir dimana saja anda harus transit. Anda cukup berhenti di bus kota kecamatan Salemadeg kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dengan gojek atau kendaraan lainnya menuju Desa Antap lokasi dimana Pantai Soka tersebut berada.
Dari bandara Nugrah Rai, terdapat tiga rute menuju Pantai Soka Bali.

Jika anda melewati Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, maka jarak yang akan ditempuh adalah 55,3 Km selama 1 jam 34 menit. Melewati Jalan Cikroaminoto, akan menempuh jarak 57,9 Km selama 1 jam 40 menit. Namun jika melewati Jalan By Pass Nungrah Rai, akan menempuh jarak 65,1 Km selama 1 jam 45 menit, anda bisa menggunakan google maps untuk mengetahui lokasi yang lebih akurat.

Peta Lokasi Pantai Soka Bali (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Soka Bali

1. Cempaka Belimbing Villas
2. Soori Bali
3. Pondok Pitaya: Hotel, Surfing and Yoga
4. Gubug Balian Beach
5. Soka Indah Bungalow
6. Balian Paradise Resort
7. Amarta Beach Retreat
8. Balian Riverside Sanctuary
9. Natural 1 Bedroom Lodge
10. Villa Gede Batumalang

Tips Berwisata ke Pantai Soka Bali

1. Untuk dapat melihat upacara adat, pastikan anda datang di waktu yang tepat.
2. Untuk penginapan, usahakan terlebih dahulu melakukan reservasi beberapa hari sebelum keberangkatan anda
3. Bawalah segala peralatan yang dibutuhkan terutama pakaian ganti, uang yang cukup, dan peralatan pribadi
4. Jika anda ingin berenang di pantai, pastikan ombaknya tenang dan angin tidak terlalu kencang

Baca juga: Pantai Green Bowl Bali, Private Beach Tenang nan Damai