" />

Bali adalah salah satu pulau tak begitu besar di Indonesia namun menyediakan banyak pantai dengan keindahannya masing-masing. Salah satu pantainya ialah Pantai Balian. Pantai Balian Bali merupakan salah satu pantai unik yang ada di Pulau Dewata. Berbeda dari pantai-pantai lain yang berpasir putih di Bali, Pantai Balian justru hadir dengan warna pasir pantai yang hitam.

Pantai dengan pasir hitam yang menawan ini berada di Kecamatan Selemadeg. Alamat lengkap dari pantai ini yaitu Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Pantai Balian tidak sejalur dengan pantai-pantai populer yang ada di Bali. Hal itu dikarenakan letaknya jauh dari pusat kota yaitu Denpasar. Jaraknya dari Denpasar yaitu lima puluh kilometer.

Baca JugaPantai Soka Bali, Pantai Pasir Hitam di Pulau Dewata

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Balian Bali

Tiada biaya tiket masuk per orang yang harus dibayarkan untuk masuk ke Pantai Balian. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 2000,-/kendaraan jika Anda datang menggunakan kendaraan roda dua dan Rp 5000,-/kendaraan jika Anda menunggangi kendaraan roda empat. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati indahnya Pantai Balian di Tabanan.

Daya Tarik Pantai Balian Bali

1. Ombak bertipe reef-rockly

Ciri khas dari Pantai Balian yaitu pantai para peselancar. Pantai Balian memiliki ombak yang tinggi dengan tipe reef-rockly. Maka jangan heran apabila Anda tiba disini pemandangan yang dijumpai ialah banyaknya peselancar memacu papannya masing-masing. Pantai ini akan dipenuhi para peselancar sebelum pukul sebelas pagi. Jika Anda hobi surfing, datanglah kemari!

2. Pantai berpasir hitam

Pasir Hitam Pantai Balian

Walaupun Pantai Balian tak memiliki pasir berwarna putih khas pantai-pantai lain yang ada di Bali, pasir di pantai ini bukanlah pasir hitam yang kotor. Pasir di Pantai Balian tetap bersih dan terhindar dari sampah. Warna pasir yang berbeda menjadikan daya tarik tersendiri karena jarang terlihat pantai di Pulau Dewata dengan warna pasir hitam.

3. Dekat dengan tempat wisata lain

Dekat dengan tempat wisata lain

Pantai Balian merupakan pantai yang jauh dari pusat kota. Namun, lokasinya berdekatan dengan salah satu pantai lain yaitu Pantai Soka. Selain itu juga dekat dengan sebuah agrowisata yang ditumbuhi 3000 tanaman buah naga. Setelah memanjakan mata dengan pemandangan indah Pantai Balian, memetik dan mengunyah buah naga pastinya menyenangkan.

4. Spot sunset yang indah

Sunset Pantai Balian

Pantai Balian terletak di pesisir selatan bagian Bali barat. Lokasi ini membuatnya memiliki pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Dipinggir pantainya juga tertanam rapi pohon-pohon kelapa. Pohon-pohon ini menambah keindahan sunset yang ditontonkan. Selain itu, adanya berbagai pohon kelapa juga memberi kesejukkan tersendiri.

5. Tempat honeymoon terbaik

Honeymoon di Pantai Balian

Sisi positif dari pantai yang tak begitu tenar ini yaitu sepinya pengunjung. Sehingga Anda tak akan terganggu oleh ramainya keadaan. Terkait tempat bermalam pun tak perlu dikhawatirkan karena tersedia berbagai macam pilihan penginapan terbaik. Lokasinya yang syahdu dan fasilitas yang lengkap sangat cocok Anda jadikan lokasi honeymoon bersama pasangan.

Fasilitas di Pantai Balian Bali

Walaupun tempatnya jauh dari keramaian kota, Pantai Balian tetap memberi pelayanan dan fasilitas dengan maksimal. Di pantai ini tersedia area parkir yang memadai sehingga Anda tak perlu khawatir akan meletakkan kendaraan dimana saat berkunjung kesana. Ada pula kamar mandi, rumah makan, dan tempat beristirahat. Selain itu, tempat penginapan yang bervariasi juga tersedia disekitar pantai.

Lokasi Pantai Balian cukup jauh dari pusat kota. Anda membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam bahkan hingga dua jam untuk sampai di pantai unik berpasir hitam. Namun, keunggulan dari Pantai Balian yang jauh dari kota ialah lingkungannya yang bersih. Selain itu, Anda tak akan merasakan sesak jika mengunjunginya karena tidak dipenuhi wisatawan seperti pantai lainnya.

Akses dan Rute Menuju Pantai Balian Bali

Untuk menginjakkan kaki di Pantai Balian sebenarnya tidaklah sulit. Kondisi jalan pun sangat baik karena jalan terakhir yang harus dilewati ialah Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk. Namun, yang perlu Anda ingat ialah letak pantai yang cukup jauh dari keramaian. Sehingga Anda harus benar-benar tahu lokasi pantai ini. Untuk itu, agar Anda tidak tersesat, pilihlah beberapa rute di bawah ini:

1. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai

Jarak Pantai Balian dari bandara 63 kilometer. Waktu yang diperlukan pun cukup lama yaitu sekitar dua jam apabila jalanan lancar tanpa kemacetan. Rute yang harus diikuti setelah Anda keluar dari area bandara yaitu pilihlah jalan menuju By Pass Ngurah Rai. Ikuti jalur By Pass hingga berbelok ke arah kiri menuju Jalan Raya Pemogan.

Terus ikuti jalur Jalan Raya Pemogan dan Jalan Kepaon. Lalu setelah Anda melihat sebuah Pura Desa maka berbeloklah ke kiri menuju Jalan Pulau Galang. Setelah perempatan kedua Anda harus berelok ke arah kanan menuju Jalan Tukad Baru. Telusuri Jalan Tukad Baru hingga Jalan Dam T. Badung. Lalu Anda akan menemui perempatan besar di ujung Jalan Dam T. Badung.

Berbeloklah ke kanan menuju Jalan Imam Bonjol. Teruskan perjalanan hingga menjumpai sebuah perempatan dengan ciri adanya suatu ATM Bank lalu berbelok ke arah kiri menuju Jalan Gn. Batur. Ikuti Jalan Gn. Batur, Jalan Gunung Merapi hingga Jalan Cokroaminoto. Saat Anda menemukan Patung Hanoman di tengah jalan, beloklah ke arah kanan.

Saat itu, Anda telah berada di Jalan Raya Lukluk – Sempidi. Teruskan perjalanan dari jalan tersebut menuju Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk. Jalan ini merupakan jalan yang sangat panjang yang akan mengantarkan Anda ke Pantai Balian. Saat Anda sudah menjumpai banyak tempat penginapan di sisi jalan, pilihlah jalan ke kiri menuju Jalan Gg. Seruni.

Dari Jalan Gg. Seruni, Anda akan menemukan pertigaan. Pilihlah jalan ke arah kiri menuju Jalan Pantai Balian. Dari jalan ini jarak yang harus Anda tempuh tinggal 50 meter saja. Anda hanya membutuhkan waktu dua menit saja kemudian Anda akan sampai di Pantai Balian. Dengan berjalan kaki pun Anda akan sampai dengan waktu enam menit saja.

2. Dari Tanah Lot

Jarak yang harus ditempuh untuk sampai di Pantai Balian dari salah satu tempat wisata ini yaitu 40 kilometer dengan waktu tempuh satu jam lebih lima belas menit. Setelah Anda keluar kawasan Tanah Lot, Anda akan menyusuri Jalan Raya Tanah Lot. Setelah Anda melihat suatu Pura (Hindu Temple) di sebelah kiri jalan, maka Anda harus berbelok ke arah kiri.

Setelah berbelok ke kiri, Anda memasuki Jalan Pantai Kedungu. Ikuti terus Jalan Pantai Kedungu hingga Anda menemukan Kantor Desa Pangkung Tibah lalu belok ke arah kanan menuju Jalan Kalanganyar Sudimara. Terus lanjutkan perjalanan di Jalan Kalanganyar Sudimara hingga menemukan sebuah Gereja Jemaat Sudimara. Kemudian berbelok ke kanan saat perempatan.

Saat itu Anda tetap berada di Jalan Kalanganyar Sidamara. Terus ikuti jalan tersebut dan ikuti pula Jalan Raya Yeh Gangga. Jalan Yeh Gangga merupakan jalan yang cukup panjang. Anda diharuskan mengikutnya hingga menemukan suatu Rumah Sakit Umum di sebelah kanan jalan. Tak jauh dari tempat tersebut, berbeloklah ke kiri menuju Jalan Ir. Soekarno.

Kemudian Anda akan melewati Tugu Adipura. Teruskan perjalanan lurus ke depan dan Anda telah memasuki Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk. Seperti yang telah dijelaskan pada rute sebelumnya, terus ikuti Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk yang sangat panjang hingga Anda tiba di Pantai Balian Desa Lalanglinggah.

Peta Menuju Pantai Balian Bali

Hotel Terdekat dari Pantai Balian Bali

1. Balian Paradise Resort
2. Istana Balian
3. Gajah Mina Beach Resort
4. Soori Bali
5. WakaGangga
6. Sanda Butik Villas
7. Enjung Beji Resort
8. Puri Dajuma Cottages
9. De Moksha Boutique Resort
10. Natya Hotel Tanah Lot

Tips Berwisata ke Pantai Balian Bali

1. Agar liburan lebih nyaman dan menyenangkan, tentukan waktu berpergian anda dengan tepat.
2. Selain itu, sediakan budget yang cukup untuk liburan.
3. Perhatikan keselamatan ketika ingin berenang di Pantai karena terkadang ombak di pantai ini kurang bersahabat.