" />

Pantai Kuta Bali akan menyapa begitu anda menginjakkan kaki di Bali. Pantai ini sangat istimewa sebab menyajikan pemandangan lautan samudra hindia yang menakjubkan. Sekedar informasi bahwa pantai satu ini adalah pantai yang menjadi destinasi favorit wisatawan Bali. Sejak mulai tahun 70-an, pantai ini sudah ramai dan tereksplor keindahannya hingga saat ini.

Letak pantai Kuta Bali ini sebenarnya tidaklah jauh, berada di Kabupaten Badung. Bagi anda yang baru mendarat di Bali dengan pesawat terbang, dari bandara Ngurah Rai sangat dekat. Dengan mengendarai kendaraan pribadi, waktu tempuhnya hanya sekitar 15 menit saja, atau sekitar 30 menit bila terjebak macet. Jarak dari bandara sendiri tidak sampai berpuluh-puluh kilometer, dan dekat dengan jalan raya.

Jam Buka dan Harga Tiket di Pantai Kuta Bali

Bali identik dengan harga segala macam barang yang mahal, bahkan beberapa pantai di Bali banyak yang memasang tarif masuk hingga puluhan ribu. Namun tidak dengan pantai Kuta, pantai Kuta Bali hanya memasang tarif masuk sebesar Rp 2.000,- untuk parkir. Dengan kata lain, tiket masuknya gratis tanpa biaya sepeserpun. Anda bisa memasukkan pantai ini ke dalam destinasi backpacker Anda. Jika berbicara mengenai jam buka pantai, tentu saja pantai ini bisa anda akses kapanpun anda mau.

Daya Tarik Pantai Kuta Bali

1. Suasana Pantai yang Ramai

Pantai Kuta, Pantai Kuta Bali, Pantai

Pantai ini sendiri memang sangat ramai sekali, banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri yang datang berlibur ke Bali. Turis dari berbagai negara setiap harinya memenuhi kawasan Bali dan pantai-pantai di dalamnya. Cuaca yang tropis membuat para wisatawan tersebut sangat betah. Anda akan merasakan suasana yang nyaman jika berkunjung ke Bali.

2. Tempat Berselancar yang Baik

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Selancar, Surfing

Ombak di Pantai Kuta Bali terkenal bersahabat, tidak terlalu tinggi atau rendah. Sangat pas bagi penggemar surfing, bila ternyata tidak membawa papan selancar, di pinggir-pinggir pantai banyak pula warga lokal yang menyewakan papan selancar dengan harga yang terjangkau. Bagi yang malas menyusuri garis pantai sejauh 5 km, ada penyewaan ATV yang bisa anda sewa.

3. Fasilitas Umum yang Lengkap

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali

Fasilitas umum bagi pengunjung juga sudah tersedia, seperti kamar mandi, kamar bilas, musholla, dan juga tempat berteduh. Namun Anda harus cermat dalam hal membedakan mana yang gratis dan mana yang sudah dikelola oleh masyarakat lokal. Biasanya yang sudah dikelola oleh masyarakat lokal mengharuskan Anda membayar dengan nominal tertentu.

4. Masa Lalu Pantai yang Menarik

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali, Penyu Hijau

Banyak yang belum tahu bahwa pantai ini dulunya adalah habitat penyu hijau bertelur. Sayangnya penyu hijau sudah terancam punah dan mulai menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah dan juga dunia. Penangkaran penyu sendiri saat ini sudah pindah ke pantai Tanjung Benoa, Bali.

5. Pelabuhan Dagang Besar

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali, Pelabuhan Bali

Banyak pula yang belum tahu bahwa pantai ini adalah sebuah pelabuhan dagang yang sangat besar dan digdaya pada abad 19. Seorang pedagang besar yang bernama Mads Lange dulunya mendirikan sebuah kawasan perdagangan di pantai tersebut. Sebab dari kepandaian Mads Lange tersebut dalam hal berdagang, ia menjadi terkenal di kalangan raja-raja Bali.

6. Ikonik Bali

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali

Sebagian besar orang awam apabila ditanya perihal Bali, pasti mereka akan menjawab Pantai Kuta Bali. Memang benar bahwa pantai ini adalah pantai ikonik Bali, tiap harinya ribuan pengunjung mendatangi pantai ini. Bahkan ada yang bilang kalau belum mengunjungi pantai di Bali ini, maka orang tersebut belum ke Bali namanya.

7. Tempat Sunrise yang Indah

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali, Sunrise

Bila biasanya kebanyakan pantai pada umumnya adalah tempat yang cocok untuk melihat sunset atau matahari terbenam, maka pantai ini adalah tempat yang pas untuk meliat sunrise. Matahari terbit tidak kalah indahnya dengan matahari terbenam, Anda harus bangun pagi dan segera menuju bibir pantai agar matahari tida segera meninggi.

8. Garis Pantai Terbaik

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali

Pantai ini bila dibandingkan dengan seluruh pantai di Bali, garis pantainya merupakan garis terbaik. Panjangnya sejauh 5 km dan membentang dengan hamparan yang sangat bersih. Dengan garis pantai sepanjang itu, pantai hampir tidak pernah sepi kecuali pada hari-hari tertentu seperti hari raya nyepi. Kaki Anda juga tidak akan terluka akibat menyisir garis pantai.

9. Berada Pada Deretan Pantai

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali

Anda bila menuju ke utara, maka akan menjumpai pantai Legian dan pantai Seminyak yang juga tak kalah indahnya. Tak heran mengapa selain bersantai dan bermain-main, banyak pula wisatawan yang melakukan jogging di pantai ini. Suasana pantai yang damai dan indah akan membuat pengunjung betah. Jangan lupa gunakan sepatu yang pas untuk berlari di pasir pantai.

10. Upacara Besar Keagamaan

Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta, Kuta, Pantai, Bali, Upacara Melasti, Upacara Adat

Pada hari-hari tertentu, Anda akan melihat ritual acara keagamaan atau adat yang sedang berlangsung. Di dalam agama Hindu, ada banyak sekali ritual yang dijalankan dan juga hari-hari yang ditandakan sebagai hari penting. Pengunjung akan melihat ritual larung di pantai Kuta yang juga diselingi dengan tari-tari ataupun rangkaian upacara melasti, dan lainnya.

Fasilitas di Pantai Kuta Bali

Berbagai macam fasilitas tersedia lengkap di Pantai Kuta Bali, mulai dari penginapan, hotel, hostel dan lain-lain. Tempat makan juga sangat beragam, berbagai macam restoran menyajikan menu makanan khas Bali yang keberadaannya sangat jarang di kota lain. Anda yang muslim harus berhati-hati dan baiknya menanyakan dulu perihal menu yang akan disajikan agar tidak salah pilih makanan.

Kebersihan dan keindahannya selalu dijaga, ada tim khusus yang ditugaskan untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai, maka tak heran bila objek wisata satu ini sangat ramai oleh pengunjung. Kalau Anda merupakan pendatang yang ingin menikmati keindahan pantai ini, jangan khawatir sebab berbagai macam kebutuhan Anda akan terpenuhi selama di Bali

Akses dan Rute Pantai Kuta Bali

Akses menuju lokasi pantai Kuta Bali sangat mudah, Anda tidak akan menemukan yang namanya jalanan berlubang, berbatu, rusak, becek dan lain sebagainya. Sebab pantai ini terhitung masih berada di pusat kota Bali. Sambil menuju pantai istimewa Bali ini, Anda bisa menikmati suasana pusat kota Bali yang sangat ramai.

Rute dari pusat kota Bali atau dari bandara Ngurah Rai, Anda tinggal menuju saja ke selatan lalu mengikuti papan penunjuk jalan. Dijamin Anda tidak akan tersesat, bila merasa kesulitan Anda bisa bertanya pada warga lokal setempat. Ada alternatif lain yakni Anda bisa menaiki angkutan umum, ojek, atau taksi untuk menuju pantai tersebut.

Lebih enak lagi kalau mengendarai kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa mobil atau motor selama di Bali. Tarifnya bervariasi, untuk motor sendiri yakni antara Rp 100.000,- sampai dengan Rp 200.000,- per 24 jam. Untuk mobil, harga sewa yang ditawarkan antara Rp 300.000,- sampai dengan Rp 500.000,- Bagaimana? Tertarik untuk menyewa kendaraan di Bali?

Peta Lokasi Pantai Kuta Bali (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Kuta Bali

1. Harper Kuta Bali
2. The ONE Legian
3. Favehotel Kuta Square
4. Kuta Station Hotel and Spa
5. Best Western Kuta Beach
6. Grand Ixora
7. POP! Hotel Kuta Beach
8. Grand Inna Kuta
9. Ramayana Resort and Spa
10. The Sun Hotel and Spa, Legian

Tips Berwisata ke Pantai Kuta Bali

1. Jangan lupa untuk menyiapkan krim pelindung sinar UV sebelum pergi ke pantai Kuta Bali
2. Untuk jaga-jaga, bawalah baju cadangan seperti kaos
3. Lebih anda jauh-jauh hari mencari tempat penginapan yang sesuai keiinginan anda apalagi jika anda berlibur saat hari libur panjang, tentu hotel akan sangat padat
4. Di dekat Poppies Lane 1, terdapat berbagai warung yang menjual makanan dengan harga murah. Ini cocok untuk anda yang ingin menghemat budget
5. Jangan lupa persiapkan kamera karena banyak sekali acara yang bisa anda nikmati di dekat pantai ini seperti pertunjukkan berupa atraksi.

Baca juga: Pantai Lovina Bali, Sensasi Liburan Bersama Lumba-Lumba