" />

Bali adalah provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata terbaik. Sejak penguasaan Belanda, kota Bali dibuka untuk kalangan asing. Lalu pada tahun 1930, dibuka sebuah hotel di Denpasar. Salah satu tempat wisata terbaik di Bali yaitu Pantai Dreamland Bali. Jika diartikan, Dreamland bermakna “Negeri Impian”. Pantai ini juga sering disebut New Kuta Beach karena kemiripannya dengan Pantai Kuta Bali.

Pantai Dreamland Bali terletak di Bukit Unggasan Pecatu tak jauh dari Garuda Wisnu Kencana (GWK). Alamat lengkapnya ialah Jalan Pantai Balangan No. 54, Pecatu, Jimbaran, Kuta Selatan, Bali, Indonesia. Jarak Pantai Dreamland Bali dari Denpasar yaitu 26 kilometer. Untuk dapat sampai di Negeri Impian ini dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan mobil dan kendaraan roda dua (motor).

Jam Buka dan Harga Tiket Pantai Dreamland Bali

Untuk masuk ke Pantai Dreamland tidak dikenakan tarif. Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 20.000,- untuk kendaraan roda empat, dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda dua. Dengan kata lain, Anda cukup membayar biaya parkir saja tanpa harus membayar tiket masuk per orang. Tarif menggunakan toilet yaitu Rp 5.000,- untuk buang air kecil dan Rp 10.000,- untuk BAB maupun mandi.

Daya Tarik Pantai Dreamland Bali

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Dreamland Bali, Pasir Putih

Pantai Dreamland memiliki pasir berwarna putih yang khas dengan pantai di Kuta Selatan. Pasirnya yang putih dan bersih banyak digunakan wisatawan untuk berbaring santai hanya dengan beralaskan karpet atau tikar. Jika Anda memiliki budget minim untuk menyewa kursi berjemur, alternatif lain seperti membawa alas tidur sendiri dapat Anda pilih.

2. Ombak besar bergulung-gulung

Pantai Dreamland Bali, Ombak Bergulung

Dreamland adalah pantai yang khas dengan ombaknya yang besar dan bergulung-gulung. Ombak seperti ini sangat cocok digunakan untuk melakukan surfing. Maka, Anda tak perlu heran bila saat Anda tiba di Pantai Dreamland, akan terlihat pemandangan orang-orang yang melakukan kegiatan surfing disana.

Namun, sisi negatif dari ombak seperti itu ialah tidak aman digunakan untuk berenang. Sehingga di Pantai Dreamland sebaiknya Anda dan kolega tak melakukan kegiatan berenang karena sangat berbahaya. Biasanya, para pengunjung hanya berenang di tepian pantai saja.

3. Dihiasi Batu Karang Nan Indah

Pantai Dreamland Bali, Batu Karang

Pantai Dreamland atau New Kuta Beach memang dikelilingi oleh karang laut yang sedap dipandang mata. Keindahan ini membuat banyak calon pasangan suami-isteri melakukan foto pre-wedding disana. Selain itu, para model lokal maupun luar negeri juga sering terlihat sedang berpose di area karang. Bahkan, Pantai Dreamland sering digunakan untuk syuting.

4. Pesona Matahari Terbenam

Pantai Dreamland Bali, Sunset

Pantai yang menghadap ke barat ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu para pengunjung dapat melihat matahari terbenam atau sunset secara jelas. Zaman sekarang, sunset menjadi salah satu fenomena alam yang diincar turis lokal maupun asing. Dengan hadirnya Anda ke Pantai Dreamland, berarti Anda dapat menikmati pemdangan sunset yang memukau.

5. Tempat Wisata Bertaraf Internasional

Pantai Dreamland Bali, Internasional

Sebelumnya, di kawasan sekitar Pantai Dreamland Bali akan dibangun suatu perumahan elit yang di kepalai Tommy Soeharto anak dari Presiden RI ke dua. Namun, adanya beberapa masalah salah satunya ialah pembebasan lahan membuat kawasan ini terbengkalai. Sehingga proyek tersebut tak berjalan lancar sesuai rencana.

Keadaan tersebut membuat Pantai Dreamland yang kini populer memiliki fasilitas-fasilitas mewah. Diantaranya ialah banyaknya hotel berbintang lima dengan taraf internasional yang akan Anda temui disekitar pantai. Pantai Dreamland juga berada di kawasan elit di Bali yaitu kawasan Pecatu. Pecatu merupakan kawasan elit kedua setelah BTDC Nusa Dua. Jadi, Pantai Dreamland Bali ini tentu saja bisa menjadi alternatif lain sebagai tempat wisata bertaraf internasional selain Pantai Finn’s Bali.

Fasilitas di Pantai Dreamland Bali

Mengenai fasilitas yang ada di Pantai Dreamland tak perlu diragukan. Lapak para pedagang di pantai ini menyediakan aneka makanan dan minuman bervariasi. Di tepiannya juga terdapat kafe besar yang bernama New Kuta Beach Cafe. Kafe ini juga menjadi suatu ciri khas dari Pantai Dreamland. Aneka souvenir juga bisa Anda dapatkan disini. Mulai dari topi pantai hingga pakaian bertuliskan I Love Bali.

Lokasi Pantai Dreamland tak jauh dari pusat kota. Jika Anda hanya ingin duduk berjemur diatas kursi khas pantai dapat Anda lakukan disini dengan menyewanya. Selain itu, di pantai ini terdapat fasilitas yang lengkap mulai dari toilet hingga tempat penginapan. Tempat penginapan tersedia mulai dari kelas rendah hingga hotel bintang lima. Anda dapat memilih tempat penginapan sesuai keinginan.

Rute dan Akses Menuju ke Pantai Dreamland Bali

Akses menuju Pantai Dreamland kini sudah berbeda. Pada tahun 2010, untuk sampai di lokasi pengunjung harus melewati tanah dengan bebatuan yang kasar. Tetapi kini jalanan tersebut sudah dibangun dengan beton yang sangat rapi. Sehingga, Anda tak perlu khawatir mengenai akses jalan, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk sampai di Negeri Impian yaitu Pantai Dreamland.

Rute yang dapat Anda pilih untuk menginjakkan kaki di Pantai Dreamland ialah sebagai berikut:

1. Rute dari Bandara Internasional Ngurah Rai

Jarak Pantai Dreamland dari Bandara Ngurah Rai yaitu sembilan belas kilometer. Anda akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 45 menit saat jalanan lancar. Rute yang harus Anda ikuti yaitu dari Bandara Ngurah Rai mengikuti By Pass menuju kampus Udayana (Jalan Raya Kampus Unud). Setelah itu, Anda terus berkendara menuju ke arah Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Setelah sampai di kawasan GWK, lanjutkan berkendara hingga menemui perempatan dengan patung ditengahnya. Disitu ada rambu petunjuk mengenai Pantai Dreamland yang ditunjukkan dengan arah lurus sekitar lima kilometer ke depan. Selanjutnya, ikuti alur menuju Pura Luhur Uluwatu, lalu Anda masuklah ke area Pecalu Indah Resort. Disitulah lokasi Dreamland berada.

2. Rute dari Kawasan Pariwisata BTDC Nusa Dua

Jarak Pantai Dreamland dari Nusa Dua yaitu tujuh belas kilometer. Waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 40 menit. Rute yang harus Anda ikuti yaitu dari Kawasan Pariwisata BTDC lurus mengikuti arus jalan hingga menemui bundaran. Dari bundaran, tetap jalan lurus ke depan hingga menemui bundaran ke dua, lalu berbelok ke kiri

Ikuti jalan hingga menjumpai perempatan. Lalu belok ke kiri menuju Jalan Gopala dan belok ke kanan ke Jalan Kuruksetra. Ikuti hingga jalan Dharmawangsa. Di ujung Jalan Dharmawangsa akan menemui tikungan. Lanjutkan perjalanan hingga menemui pertigaan, lalu belok ke kiri. Setelah menjumpai tikungan ke dua, lanjutkan perjalanan hingga menemui perempatan.

Anda pilih belok ke kanan, lalu ikuti alur Jalan Bali Cliff hingga sampai di perempatan Jalan Raya Uluwatu. Ikuti Jalan Raya Uluwatu hingga menjumpai pertigaan menuju Jalan Griya Alam Pecatu. Telusuri Jalan Griya Alam Pecatu hingga melihat bundaran. Tetap ikuti jalan menuju Jalan Pecatu Indah Raya. Setelah bundaran kedua, ikuti arus jalan dan Anda akan tiba di Dreamland.

3. Rute dari Denpasar (Ibukota)

Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya, jarak Pantai Dreamland jika ditempuh dari Denpasar yaitu sembilan belas kilometer. Perjalanan yang dibutuhkan sekitar satu jam. Dari Denpasar, Anda harus mengambil jalan utama yaitu By Pass. Setelah menemui persimpangan, pilihlah Jalan Uluwatu II, lalu berbelok ke arah barat menuju Jimbaran Bay.

Setelah menempuh jalan sekitar dua kilometer, pilih jalan ke kiri menuju ke atas bukit. Ikuti arus jalan hingga Desa Pecatu, lalu Anda akan menemui pintu masuk Pecatu Graha Resort. Setelah itu, masuklah ke dalam resort dan ikuti petunjuk jalan untuk menuju Pantai Dreamland. Pantai Dreamland memang berada di area perumahan.

Peta Lokasi Pantai Dreamland Bali (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Dreamland Bali

1. The rich prada hotel
2. New kuta hotel
3. Klapa resort
4. Taman asih bingin homestay
5. Balangan sea viem bungalow
6. La grande Bali
7. New kuta hotel pecatu – Bali
8. Balangan Beach
9. Leggie’s bungalows
10. Blue point bay villas and spa

Tips Berlibur ke Pantai Dreamland Bali

Inilah beberapa tips yang perlu anda perhatikan sebelum berlibur ke pantai tersebut.

1. Jangan lupa memabawa uang cash untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan dalam keadaan darurat.
2. Memilih waktu yang tepat untuk berlibur ke sana karena jika tidak, anda akan disambut dengan kemacetan dan keramaian
3. Jika ingin mengehemat budget, cari penginapan yang low cost jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.
4. Wisata kuliner memang asyik di pantai dreamland Bali ini, namun anda tetap harus berhati-hati terutama anda yang menginginkan makanan halal.

Baca juga: Pantai Finn’s Bali, Beach Club Menawan Untuk Dikunjungi