46+ Makanan Khas Palembang Sumatera Selatan (MANTAP!)

Ketika berkunjung ke Palembang, sangat disayangkan jika Anda melewatkan makanan khas Palembang yang kaya rasa dan tekstur. Berbagai tujuan dapat Anda jadikan alasan untuk mengunjungi kota di Sumatera Selatan ini.

Bisa karena alasan liburan, alasan pekerjaan, atau menengok keluarga di kampung halaman. Pastikan Anda kembali ke kota asal dengan membawa oleh-oleh khas Palembang.

Palembang ini biasanya akrab dengan sensasi makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan, namun ternyata ikan bukan satu-satunya bahan dasar yang dijadikan oleh-oleh khas Palembang.

Anda juga akan menemukan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging sapi, bahkan daging babi. Ya, daging babi. Untuk Anda yang tidak beragama Islam, menikmati bakmi babi di Palembang adalah kenikmatan.

Nama Makanan Khas Palembang

Kali ini kita akan membahas 46 makanan dari Palembang yang amat sayang jika tidak dinikmati ketika bertandang ke sana. Kaya akan makanan bernuansa ikan yang disiram kuah cuka, Palembang merupakan destinasi wisata kuliner yang menggiurkan.

Anda tentu sudah penasaran dengan apa saja kudapan khas Sumatera Selatan, Palembang yang wajib dicicipi, berikut daftar makanannya:

1. Pempek

makanan khas palembang burgo

Pempek sudah bukan makanan asing di telinga yang tidak kita ketahui merupakan kudapan khas Palembang. Makanan yang kaya akan aroma ikan tenggiri, dicampur mentimun dan bihun kemudian disiram kuah cuka ini sangat menggiurkan dinikmati ketika malam hari.

Kudapan ini sudah dapat banyak kita temui di Jakarta dan kota lainnya. Dapat dibilang makanan ini merupakan primadona Palembang.

2. Sate Sapi Cucuk Manis

makanan khas palembang di bandung

Sate sapi cucuk manis merupakan sate yang memanfaatkan daging sapi sebagai menu utama kudapan lezat ini. Yang membedakan dari sate lainnya adalah penggunaan bumbu kecap nan pekat alih-alih memanfaatkan bumbu kacang.

Sensasi rasa manis dan aroma bakaran sate menambah selera makan. Menikmati sate sapi cucuk manis dengan seporsi nasi panas pasti menggugah selera makan Anda.

3. Kemplang

makanan hewani khas palembang

Macam-macam makanan khas Palembang yang tidak asing berikutnya adalah kerupuk kemplang plus sambalnya.

Sensasi gurih dan renyah dari kemplang membuat makanan ringan ini cocok dinikmati ketika bersantai. Namun, makanan satu ini tidak cocok jika Anda sajikan bersama nasi panas.

4. Es Kacang Merah

makanan khas palembang kue

Menikmati sajian es kacang merah ketika dahaga sudah di ujung tenggorokan merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat menikmati sajian lezat ini ketika menonton televisi, berkumpul bersama teman, atau saat mengisi waktu di sela-sela berjalan-jalan.

Es kacang merah ini sudah dapat Anda temukan di berbagai tempat, namun khas Palembang merupakan rasa autentik yang langka.

5. Ragit

makanan khas adat palembang

Ragit ini merupakan makanan dari Palembang yang berbeda dengan ragit dari Indramayu. Jika Anda tahu kue jala dari India, kurang lebih tampilan ragit palembang ini seperti demikian.

Sensasi rasa gurih, manis, dan pedas menyatu dalam satu kudapan lezat yang semakin lengkap dicocol pada saus kacang.

6. Tekwan

makanan khas palembang sumatera selatan

Makanan khas Palembang dari daging ikan lainnya yang sayang dilewatkan adalah kudapan berupa tekwan. Adonan kudapan ini nyaris sama dengan makanan primadona nomor satu di Palembang.

Hanya saja, yang membedakan adalah penggunaan kuah cuka diganti dengan kuah bening yang segar. Untuk menambah selera saat memakannya, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal.

7. Bakmi Babi

kue khas palembang nastar

Bakmi dengan pelengkap daging babi, ya, Anda tidak salah membaca karena kudapan unik ini dapat mudah Anda temukan di Palembang. Konon, rasa bakmi babi di Palembang ini terbilang sangat lezat dan wajib dinikmati apabila Anda berkunjung ke kota Sumatera Selatan ini.

Anda dapat memilih olahan babi dengan berbagai rasa dan lebih lezat lagi apabila dinikmati dengan secangkir kopi khas Palembang.

8. Kerupuk Retak Seribu

gelenak makanan khas palembang

Camilan khas Palembang ini dinamakan kerupuk retak seribu karena bentuknya seperti kerupuk yang berasal dari retakan. Jangan salah, meskipun namanya seperti itu, namun sensasi renyah dan rasanya yang gurih dapat dinikmati kapan saja.

Sebagai pelengkap makanan berat juga tentunya sangat cocok. Namun, jika Anda iseng dan ingin menggado kerupuk satu ini juga tentu tidak kalah sensasi lezatnya.

9. Lempok Durian

contoh proposal usaha makanan khas palembang

Kaya akan buah durian, membuat Palembang berkreativitas maksimal dengan buah mahal satu ini. Salah satu kreasi dari durian yang dapat Anda nikmati ialah lempok durian.

Untuk mencegah penyakit jantung, tidak dianjurkan dikonsumsi bersama soda. Salah-salah malah lambung Anda bermasalah. Meskipun lezat, Anda harus tetap memiliki kontrol terhadap kudapan khas Palembang satu ini.

10. Munggahan

makanan khas palembang bolu

Munggahan ini dapat diibaratkan sebagai nasi kebulinya orang Palembang. Munggahan sendiri bukan nama makanan, melainkan perayaan yang dilakukan sebelum merayakan resepsi pernikahan.

Istilah munggahan dipergunakan untuk para keluarga yang berkumpul melingkar kemudian di tengahnya ada berbagai sajian makanan. Konon, biasanya jumlah orang yang berkumpul ialah sebanyak 8 orang.

11. Laksan

makanan khas palembang dan minangkabau

Makanan dari Palembang satu ini menjadikan tepung sagu dan ikan untuk bahan dasar pembuatannya. Jika Anda menyukai kudapan nomor satu khas Palembang, Anda dapat membayangkannya sebagai varian lenjer.

Terdapat siraman kuah santan yang pedas, gurih, dan nikmat adalah ciri khas santapan ini. Menikmati laksan sebagai menu sarapan, menu makan malam, atau camilan adalah pilihan yang tepat.

12. Kue Lapis Kojo

ciri khas makanan empek empek palembang

Bosan dengan makanan yang bersantan, berkuah, gurih, dan bernuansa ikan? Tenang, Palembang memiliki alternatif kudapan yang bernuansa manis.

Makanan tersebut adalah kue lapis kojo yang terbuat dari tepung, telur bebek, dan telur ayam. Lapis kojo merupakan salah satu makanan khas hari raya. Namun, Anda dapat menikmatinya dengan membeli dari berbagai toko oleh-oleh yang ada di Palembang.

13. Duku Palembang

makanan khas palembang empek empek

Buah duku dari Palembang juga bukan makanan asing yang dapat Anda nikmati guna mengurangi kolesterol. Kelezatan berbeda dari buah duku khas Palembang ini yang menjadikannya berbeda dengan buah duku di tempat lain.

Sama halnya seperti apel malang yang terkenal di Malang karena melimpah, demikian juga dengan duku Palembang yang pertumbuhannya sangat banyak, terutama ketika panen.

14. Galenak

makanan khas kota palembang

Makanan ini sekilas mirip sekali dengan kue lapis, namun sensasi rasanya memberikan nuansa yang berbeda.

Percampuran tepung ketan, rempah-rempah, dan cengkeh, serta kayu manis dapat Anda rasakan dari kudapan satu ini. Sangat cocok dinikmati bersama secangkir kopi khas dari Palembang. Menikmati galena ketika berlibur di Palembang atau membawanya sebagai oleh-oleh adalah hal tepat.

15. Celimpungan

kue khas palembang maksuba

Celimpungan merupakan kudapan lezat khas Palembang yang mirip-mirip dengan tekwan dan laksan.

Kudapan ini menggunakan berbentuk bulat pipih dan cenderung memiliki potongan yang lebih kecil dari kedua jenis makanan lainnya. Makanan khas Palembang celimpungan semakin nikmat dengan tambahan bawang goreng.

16. Kemplang dan Kopi Palembang

masakan khas palembang pindang ikan

Kemplang dan kopi Palembang merupakan perpaduan camilan sempurna yang dapat Anda nikmati ketika bersantai bersama keluarga atau teman. Sambil menemani waktu berbincang santai Anda, kudapan lezat ini akan menambah suasana hangat.

Cocok dinikmati ketika sore atau menjelang malam hari di rumah. Kedua kudapan ini juga dapat Anda jadikan oleh-oleh ketika kembali ke kota asal dari Palembang.

17. Es Kacang Merah

makanan khas lebaran palembang

Es kacang merah merupakan sajian camilan segar dari Palembang yang memberikan kombinasi kenikmatan kacang merah, es serut, gula pasir, gula merah, kayu manis, dan sejumput garam.

Es kacang merah dapat Anda buat sendiri di rumah dengan melihat resep dari internet dan dinikmati ketika siang terik.

18. Telok Ukan

makanan khas palembang adalah

Termasuk salah satu kudapan yang unik, telok ukan merupakan makanan yang memanfaatkan telur bebek.

Cara pembuatannya juga menarik, yakni Anda harus mengeluarkan isi telurnya dulu perlahan, kemudian membumbuinya di luar, baru kemudian memasukkan kembali adonan ke cangkang telur. Untuk membuat kudapan ini, Anda harus mengukusnya beberapa waktu sebelum akhirnya dinikmati.

19. Kuipau

makanan khas palembang empek-empek

Kuipau merupakan sajian lezat khas Palembang yang memanfaatkan kulit seperti ketika kita menyantap martabak.

Isi dari kulit yang terbuat dari tepung beras cair itu merupakan pepaya muda parut dengan bumbu khas. Kuipau cocok dijadikan sebagai camilan yang dapat dinikmati ketika waktu Anda bersantai.

20. Burgo

makanan khas palembang bolu

Burgo merupakan kudapan lezat yang dapat Anda nikmati dengan sajian kerupuk dan telur rebus serta kekayaan kuah santan yang kental. Dari Gambar, kudapan ini nampaknya terbuat dari tepung beras yang teksturnya mirip seperti kwetiaw.

Menikmati semangkuk burgo untuk sarapan adalah pilihan yang menggugah selera. Namun, jika Anda ingin menikmatinya ketika malam hari juga tidak kalah lezat, apalagi saat hujan tiba.

21. Godo-godo

jenis makanan khas palembang

Godo-godo merupakan daging ikan yang digiling lembut yang disajikan dengan tekstur mirip makanan primadona nomor satu di Palembang.

Siraman kuah cuka yang segar akan menambah selera Anda untuk menyantap kudapan ini. Demi mendapatkannya Anda dapat mencarinya dari pedagang kaki lima.

22. Kue Bolu Suri

gambar makanan khas palembang

Bolu suri merupakan kudapan manis yang tidak hanya dapat Anda nikmati selama di Palembang, namun dapat Anda jadikan buah tangan bagi rekan serta keluarga di kota asal. Sekilas, tekstur makanan ini mirip sekali dengan bika ambon.

Yang membedakan adalah konon, dari cara pembuatannya lebih praktis dari bika ambon. Tapi, siapa tahu? Yang penting rasanya legit, manis, dan tentu membuat ketagihan.

23. Gulo Puan

masakan khas palembang di jakarta

Gulo puan merupakan makanan manis Palembang yang berdasarkan sejarah merupakan makanan para elite bangsawan pada zaman dulu.

Makanan ini terbuat dari gula dan susu kerbau, bukan susu sapi. Sensasi legit, gurih, manis menyatu dan akan menghadirkan rasa ketagihan ketika pertama kali Anda mencoba.

24. Mentu

masakan khas palembang dan cara membuatnya

Mentu merupakan makanan lezat dari Palembang yang terbuat dari tepung dan pepaya muda berbumbu ikan atau daging.

Sensasi rasa manis dari sajian ini sangat menggugah selera. Biasanya, kudapan khas Palembang ini dapat Anda temukan pada berbagai acara pernikahan di rumah adat orang asli Palembang.

25. Engkak Kecut

kue kering khas palembang lebaran

Engkak kecut merupakan makanan dari Palembang yang bahan pembuatannya mirip dengan engkak medok, yakni menghindari gula sebagai perasa manis. Meskipun demikian, namun kudapan ini termasuk salah satu jenis kue.

Jika ingin menikmati kudapan manis tanpa rasa berdosa, Anda dapat menikmatinya. Menikmati engkak kecut ditambah teh di sore hari adalah perpaduan lengkap untuk waktu santai Anda.

26. Lakso

makanan khas palembang dan sejarahnya

Lakso atau laksa merupakan makanan khas Palembang selain pempek yang disebut mie-nya orang Palembang.

Lakso ini merupakan kudapan lezat yang cocok sekali dinikmati bersama celimpungan, telur rebus, dan tentu saja kerupuk. Sensasi kuah lezat nan pedas dapat Anda rasakan dari kudapan satu ini.

27. Kue Gandus

makanan khas palembang model gandum

Kue khas Palembang satu ini merupakan perpaduan dua tepung, yakni tepung kanji dan tepung beras. Kaya akan rasa gurihnya, tekstur kudapan khas Palembang ini legit dan lembut sekali.

Berbeda dengan definisi kue yang bernuansa manis, kue satu ini justru sangat cocok apabila disajikan dengan ebi, abon, dan daun seledri. Taburan bawang goreng juga akan semakin menambah kenikmatan dari kue gandus.

28. Bluder

nama makanan khas palembang

Familiar dengan cupcake? Bisa dibilang bluder ini merupakan cupcake-nya orang Palembang.

Perpaduan berbagai bahan dasar, seperti terigu, telur, gula pasir, santan, ragi, margarin, dan minyak goreng akan menciptakan kudapan lezat satu ini. Sensasinya manis, cocok untuk menjadi pencuci mulut.

29. Roti Kuing

makanan khas palembang asli

Ketika bulan Ramadan tiba, roti kuing konon menjadi salah satu kudapan yang lezat dapat dinikmati ketika berbuka dan sahur tiba.

Teksturnya yang tidak begitu lembut serta isinya yang kopong membuat sajian khas Palembang ini cocok dinikmati bersama secangkir kopi, susu, atau teh di saat-saat bersantai. Untuk menghabiskan waktu sambil membaca buku juga pas apabila menikmati camilan lezat satu ini.

30. Kue Lumpang

makanan khas palembang selain empek2

Jika Anda pernah menikmati kue yang ditaburi kelapa di Palembang, bisa jadi makanan tersebut adalah kue lumpang.

Sensasi manis yang dihasilkan kue ini sangat cocok dijadikan teman minum kopi atau teh. Kue ini secara kasat mata berwarna hijau dan terdapat permukaan agak menjorok di bagian tengahnya.

31. Manan Samin

contoh makanan khas daerah palembang

Manan samin juga termasuk kudapan khas Palembang yang legit, namun sayangnya susah ditemukan di zaman sekarang ini.

Penamaan lain untuk manan samin adalah bolu ubi yang konon kerap tampil di acara pernikahan Wong Palembang Asli. Penasaran? Datangi saja pesta pernikahan orang Palembang.

32. Martabak HAR

makanan tradisional palembang dan cara membuatnya

Martabak HAR merupakan martabak khas Palembang yang disajikan dengan kuah melimpah di atasnya. Jenis martabak ini seperti martabak telur, hanya saja menurut Wikipedia, komposisi kuahnya berbeda.

Jika biasanya kita menggunakan kuah acar atau saus yang hanya sedikit, berbeda dengan martabak satu ini. Bukan lagi dicocol, martabak Palembang ini dapat dinikmati dengan saus yang ditumpahkan.

33. Pangsit Ikan

makanan khas palembang bekasam

Berikutnya, makanan khas Palembang adalah pangsit ikan yang notabene memanfaatkan kulit pangsit pada penyajiannya. Sajian kudapan ini tidak dapat dinikmati dalam kondisi kering, namun Anda harus menambahkan kuah dan melengkapi dengan kerupuk. Nikmat dinikmati sebagai menu makan malam.

34. Engkak Medok

kue khas lebaran palembang

Makanan yang satu ini termasuk ke dalam kategori kue, namun yang unik adalah adonan untuk kue ini tidak menggunakan gula pasir sama sekali.

Kudapan yang sangat cocok untuk dinikmati Anda ketika sedang berdiet, namun menginginkan makanan manis. Cara mendapatkannya pun tidak sulit sama sekali. Anda dapat banyak membelinya melalui toko-toko konvensional atau berbagai toko di internet.

35. Mie Celor

makanan khas palembang.com

Makanan khas Palembang yang terkenal lainnya adalah mie celor, namun hanya dapat Anda nikmati di tempat. Sensasi kuah kental dan kaya akan santan akan menambah nafsu makan Anda berkali lipat saat menyantapnya. Dinikmati bersama udang, daging, telur rebus, dan daun bawang akan sangat lezat.

36. Sambal Tempoyak

makanan khas palembang laksan

Ketika durian dijadikan sebagai bahan dasar sambal, tentu Anda tidak akan terbayang bagaimana rasanya. Namun, nyatanya Palembang memiliki campuran bahan tidak biasa. Mencampurkan durian dengan pindang adalah hal tidak terbayangkan, namun di Palembang, Anda dapat bebas menikmatinya.

37. Sambal Tengkoyak

makanan khas palembang tekwan

Sambal tengkoyak ini merupakan sambal dari bahan dasar buah khas Palembang yang memberikan sensasi pedas nan segar untuk Anda.

Sebagai salah satu jenis sambal yang lezat, tentunya kudapan ini dapat dinikmati maksimal dengan campuran nasi dan lauk pauk. Jika Anda ingin menambahkan sambal tengkoyak pada sajian laksa, mie celor, dan kudapan lainnya juga dapat dinikmati dengan sangat lezat.

38. Pindang Ikan

makanan khas masyarakat palembang adalah

Pindang ikan merupakan kudapan lezat yang dapat Anda nikmati sebagai lauk pauk saat makan nasi. Ikan yang biasanya digunakan untuk menu ini adalah ikan patin, bagian kepala sampai ekor. Sensasi kuah pedas akan menambah nafsu makan dan membuat suasana makan Anda lebih menyegarkan.

39. Pindang Tulang

makanan khas daerah palembang adalah

Berbeda dengan pindang ikan yang memanfaatkan daging ikan patin, untuk pindang tulang ini Anda akan menemukan olahan iga sapi yang dibumbui dengan kuah pedas. Sensasi kesegarannya tidak kalah dari pindang patin. Tentu saja cocok dinikmati bersama nasi dan kudapan pelengkap kerupuk retak seribu. Bagi Anda yang tidak menyukai ikan, kudapan dari olahan daging sapi ini dapat dijadikan sebagai pilihan.

40. Lenggang

contoh makanan pembuka khas palembang

Lenggang merupakan kudapan lezat yang berbeda dari lainnya karena jenis santapan ini dinikmati tanpa kuah santan atau kuah cuka.

Untuk membuat santapan lezat ini, Anda dapat membuatnya dengan cara dibakar menggunakan media daun pisang. Tambahan mie kuning dan bihun semakin menggugah selera.

41. Model

makanan khas palembang celimpungan

Makanan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan tekwan dan kudapan lezat nomor satu dari Palembang. Siraman kuah cuka semakin menyamakan model dengan jenis makanan nomor satu tersebut.

Namun, yang unik dari kudapan ini adalah Anda dapat memilih antara dua jenis, yakni dari gandum dan dari ikan. Nikmati sajiannya dengan bihun, mentimun, jamur kuping, dan bawang goreng.

42. Ikan Salai

kue khas palembang 8 jam

Ikan salai merupakan kudapan Palembang yang menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Berbagai jenis ikan dapat dijadikan bahan pembuatan kudapan ini, seperti ikan gabus, ikan patin, dan ikan lais. Ikan ini awet karena melewati proses pengasapan yang dapat digoreng atau dipindang sebagai lauk.

43. Bawang Goreng Pedas Palembang

apa nama makanan khas palembang

Menggunjing makanan khas Palembang tidak lengkap tanpa kudapan ini, yakni sensasi gurihnya bawang goreng semakin lengkap dengan rasa pedas.

Bawang goreng khas Palembang, seperti bawang goreng pada umumnya, dapat Anda nikmati sebagai pelengkap lauk nasi, pelengkap mie celor, dan lain-lainnya.

44. Kemplang

makanan hewani khas palembang

Kalau yang satu ini cocok sekali dinikmati kapan saja karena memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan kudapan lain. Rasa gurih dan tekstur renyah kemudian dicocol sambal merah atau sambal hitam merupakan perpaduan lengkap untuk menikmati kemplang. Cocok menemani waktu santai Anda. Kemplang dapat Anda jadikan sebagai alternatif oleh-oleh bagi sanak saudara dan keluarga di rumah.

45. Kue Lapis Maksuba

makanan enak khas palembang

Lapis maksuba merupakan kudapan manis lainnya yang dapat Anda temukan ketika bertandang ke Palembang. Jika Anda pernah mencicipi atau sekadar tahu kue lapis kojo, kudapan ini tidak jauh berbeda dengan santapan manis tersebut. Kudapan ini cocok dijadikan oleh-oleh makanan khas Palembang.

46. Kue 8 Jam

gandus makanan khas palembang

Nama yang unik untuk kudapan terakhir yang akan kita bahas di sini, yakni kue 8 jam. Ada alasan tersendiri kenapa kue ini dinamakan dalam hitungan angka.

Tidak lain karena proses pembuatan kue satu ini berlangsung selama 8 jam dari awal sampai akhir. Penasaran seperti apa rasanya?

Berbagai kudapan khas Palembang di atas sudah ada semenjak zaman dahulu kala dan terus berkembang sampai saat ini. Anda dapat menikmati sajian lezat berbagai kudapan tersebut ketika pagi sampai malam hari.

Baik saat cuaca dingin atau ketika panas terik, semua dapat dinikmati sesuai sensasi rasa dan teksturnya. Rasakan sensasi kelezatan makanan khas Sumatera Selatan yang tak terlupakan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!