13+ Makanan Khas Kediri Enak Dan Terkenal

Meskipun bukan menjadi salah satu kota wisata populer di Jawa Timur. Namun pariwisata di Kediri tak bisa dilewatkan begitu saja. Kota terbesar ke-3 di Jawa Timur ini menyimpan berbagai wisata yang menarik mulai dari wisata alam, keluarga. Sejarah, religi hingga wisata kuliner yang patut dicicipi. Kota Kediri ini mempunyai sejumlah makanan khas yang sudah pasti enak dan bikin ketagihan.

Jadi jika anda sedang atau merencanakan liburan di kota Kediri, jangan sampai lewatkan untuk mencicipi berbagai makanan kuliner yang khas seperti di bawah ini.

Makanan Khas Kediri Jawa Timur

1. Soto Kediri

makanan khas kediri sate

Soto sudah menjadi salah satu kuliner nusantara Indonesia yang cukup populer. Bahkan di setiap kota memiliki kuliner Soto khas nya masing-masing.

Seperti halnya di Kota Kediri, disini anda bisa menemukan Soto Kediri yang rasanya sudah menjadi makanan wajib saat mengunjung kota ini. Berbeda dari soto-soto di kota lainnya, makanan khas Kediri yang terkenal ini menggunakan kuah santan sebagai pelengkap.

Untuk isiannya, Soto Kediri dilengkapi dengan potongan daging ayam, mie, tauge, serta bahan pelengkap lainnya. Apalagi jika disantap bersama nasi hangat, sambal, dan emping, rasa soto Kediri ini dijamin akan membuat siapapun semakin ketagihan.

2. Pecel Tumpang

makanan enak khas kediri

Bagi orang Indonesia sendiri, rasanya kuliner pecel bukanlah makanan yang asing di telinga. Makanan yang ini banyak difavoritkan sebagai menu sarapan yang lezat. Namun di Kediri, anda akan menemukan menu pecel yang berbeda yaitu pecel tumpang. Pecel tumpang bisa ditemukan di seluruh sudut kota Kediri, termasuk pare.

Sebenarnya, pecel ini sama saja seperti kuliner pecel yang ada di kota lainnya yaitu dilengkapi dengan nasi hangat, kulupan sayur seperti keniki, kacang panjang, tauge, kenikir, sawi, kemangi, dan masih banyak lainnya.

Namun yang membuatnya unik adalah kehadiran Sambal Tumpang nya. Sambal tumpang menggunakan bahan dasar tempe yang mulai membusuk dan kemudian ditambahkan bawang merah, bawang putih, cabai, serta bumbu pelengkap lainnya.

Menurut sebagian orang, penambahan sambal tumpang dari bahan dasar tempe busuk ini bisa menambah nafsu makan karena rasanya yang khas pedas dan legit. Jadi jangan lewatkan mencicipi kuliner unik ini ketika di Kediri.

3. Sate Bekicot

makanan dan jajanan khas kediri

Mungkin sebagian besar orang berpikir jika bekicot merupakan hewan berlendir dan menjijikkan yang tidak mungkin diolah sebagai makanan. Namun di Kediri, bekicot diolah menjadi sate yang nikmat dan bahkan mempunyai kandungan yang cukup baik bagi tubuh.

Untuk bisa mencicipi Sate Bekicot ini, anda bisa datang ke Desa Djengkol yang lokasinya tak begitu jauh dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Disini anda tak hanya bisa mencicipi sate bekicot, namun anda juga dapat mencicipi olahan bekicot lainnya seperti siput krengsengan, tumis bekicot, bahkan hingga dijadikan keripik.

4. Sate Emprit

contoh makanan khas daerah kediri

Kuliner sate unik lainnya yang bisa anda coba saat berlibur di Kediri adalah Sate Emprit. Jika biasanya sate menggunakan bahan dasar daging kambing ataupun daging ayam, namun berbeda dengan makanan khas Kediri ini yang menggunakan bahan dasar burung emprit yang dibakar dan kemudian diolah seperti sate-sate pada umumnya.

Sebelum dibakar, daging emprit ini diberikan air yang sudah dicampur asam, bawang putih, dan gula merah sebagai penyedap rasa. Setekah dibakar, kemudian sate emprit dioles dengan bumbu sate yang terbuat dari kecap dan sambal kacang. Penyajian sate emprit ini biasanya dilengkapi dengan lalapan seperti timun dan juga irisan bawang merah.

5. Nasi Goreng Arang

makanan khas kediri jawa timur

Meskipun namanya Nasi Goreng Arang, namun bukan berarti jika makanan khas Kediri jatim ini menggunakan bahan campuran arang. Nasi goreng ini diolah dan dimasak menggunakan kompor arang, tidak menggunakan kompor gas seperti nasi goreng kebanyakan.

Di Kediri, anda bisa menjumpai salah satu penjual kuliner ini yang cukup terkenal yaitu Nasi Goreng Mbah Man. Nasi goreng ini dimasak tanpa diberikan bahan penyedap sama sekali. Namun meskipun begitu rasanya tetap nikmat dan lezat.

Ditambah lagi dengan campuran daging ayam kampungnya yang membuat cita rasa nasi goreng semakin lebih gurih. Nasi goreng arang ini akan sangat cocok untuk dijadikan makan malam hari dan tentu saja mengenyangkan.

6. Stik Tahu

makanan khas kediri malam hari

Bukan hanya terkenal dengan kulinernya yang lezat, namun Kediri juga populer dengan oleh-olehnya yang nikmat dan cocok untuk dibawa pulang. Dijuluki sebagai Kota Tahu, tak heran jika di Kediri anda bisa menemukan banyak makanan yang menggunakan bahan baku utama Tahu. Seperti Stik Tahu misalnya, makanan khas Kediri yang satu ini dijual dalam bentuk kemasan.

Stik tahu asal Kediri ini menggunakan bahan dasar berkualitas dari tahu-tahu yang terbuat dari kacang kedelai pilihan. Proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional, dengan ditambahkan bumbu rempah alami sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang sempurna. Tidak sulit menemukan camilan ringan ini di Kediri karena hampir semua toko oleh oleh Kediri pasti menjual makanan ini.

7. Tahu Takwa

makanan khas kediri pare

Tahu takwa atau yang juga dikenal sebagai Tahu kuning juga menjadi olahan tahu lainnya yang populer di Kediri. Sesuai namanya, tahu ini berwarna kuning karena direndam dengan campuran kunyit. Bentuknya persegi empat dan mempunyai rasa yang sangat gurih. Dan ketika digoreng bagian luar tahu akan sangat garing enyah dan di bagian dalam terasa lembut dan kenyal.

8. Tahu Poo

makanan khas kediri yang terkenal

Berbeda dari tahu takwa, Tahu Poo iniĀ  saat digoreng akan memiliki bagian tengah yang mengembang atau kosong. Camilan ini paling enak ketika disajikan bersama dengan sambal petis dan dikonsumsi selagi hangat. Anda bisa mudah menemukan Tahu Poo di jalanan Yos Sudarso, disini anda bisa melihat banyak toko Tahu Poo yang menjajakan oleh-oleh khas Kediri.

9. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Rekomendasi makanan khas Kediri adalah Gethuk Pisang yang seringkali dijadikan oleh-oleh. Camilan tradisional ini sudah ada sejak zaman kerajaan dan kini menjadi warisan yang turun temurun.

Sesuai namanya, gethuk ini menggunakan bahan pisang yang berbeda dari gethuk umumnya yang menggunakan ubi atau singkong. Biasanya camilan ini dihidangkan bersama dengan parutan kelapa.

Gethuk yang dibentuk seperti lontong ini mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh kota Kediri, terutama di Jl. Doho ada banyak lapak-lapak yang menjual Gethuk Pisang ini.

10. Carang Mas

Carang Mas

Camilan tradisional khas Kediri ini menggunakan bahan utama ubi jalar. Rasa dari jajanan ini gurih dan manis, dan banyak disukai anak-anak.

Untuk anda yang penasaran ingin mencobanya, anda bisa membeli carang mas ini di berbagai toko makanan maupun toko oleh-oleh khas Kediri.

11. Klepon

Klepon

Belum diketahui dengan pasti darimana asal dari kue klepon ini. Namun sebagian orang berpendapat jika klepon adalah kue khas Kediri dikarenakan penggunaan gula merah, yang mana kota Kediri memang terkenal karena perdagangan gulanya. Namun dibalik semua itu, kue tradisional Indonesia ini banyak disukai orang.

Kue Klepon memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau terang. Dan saat digigit, ada isian gula merah cair yang meleleh dan membuat rasanya semakin nikmat. Kue klepon ini akan semakin lebih nikmat saat disajikan masih hangat dan dilengkapi parutan kelapa yang gurih.

12. Cenil

Cenil

Sama halnya seperti keplon, Cenil juga sama-sama disajikan bersama dengan taburan kelapa parut. Tidak hanya disajikan bersama parutan kelapa, cenil juga disiram dengan gula merah cair yang membuat rasanya manis. Sejak dulu hingga kini, kue cenil masih tetap eksis dan menjadi favorit dari banyak orang.

Cenil memiliki aneka ragam bentuk, mulai dari kotak, persegi panjang, hingga bulat. Warna-warna yang disajikan juga banyak yang berasal dari pewarna makanan. Kue cenil menggunakan bahan dasar pati ketela, kemudian dibentuk sesuai dengan selera pembuatnya.

13. Kerupuk Upil (Opak Goreng Wedi)

Kerupuk Upil Opak Goreng Wedi

Kerupuk ini adalah camilan khas Kediri yang cukup populer, rasanya begitu gurih dan renyah sehingga membuat banyak orang menyukainya. Proses pembuatannya berbeda dari kerupuk lainnya yang umumnya digoreng menggunakan minyak. Kerupuk upil ini digoreng menggunakan pasir panas yang mana menjadi keunikan dari proses pembuatannya.

Biasanya kerupuk upil sering menjadi pelengkap di dalam masakan pecel. Atau juga disajikan bersama sambal pecel ataupun sambal petis yang disiram di atasnya. Sangat lezat bukan?

Makanan-makanan khas Kediri jawa timur ini tentunya wajib untuk anda cicipi ketika berada di kota tahu ini. Jangan sampai terlewatkan ya.

Leave a Comment