8+ Makanan Khas Trenggalek (Masakan Nasi Gegok, dll)

Trenggalek merupakan salah satu kota yang terletak di wilayah provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang indah.

Hamparan pantai di Trenggalek memiliki pasir putih yang bersih dan cantik. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

Bukan hanya pantainya yang cantik beberapa makanan khas Trenggalek juga mampu memikat hati pengunjung.Secara geografis kota Trenggalek ini berada diantara kota Ponorogo dan Tulungagung.

Daerah ini juga terkenal dengan makanan khas yang menggoda selera. Jika Anda berlibur atau sedang mengunjungi Trenggalek sempatkan mampir ke beberapa spot wisata kuliner untuk mencicipi aneka makanan dan minuman tradisional yang menjadi ciri khasnya.

Makanan Khas Trenggalek

1. Sarabah

makanan khas trenggalek manco

Sarabah ini merupakan salah satu jenis minuman tradisional khas Trenggalek. Bahan dasar yang digunakan adalah jahe, susu dan gula aren. Cara pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan wedang jahe yang sudah umum dilakukan.

Hal yang membedakan adalah penggunaan gula aren sebagai ganti gula pasir dan ditambahkan dengan susu. Minuman ini banyak dijual di sepanjang jalan dan tempat-tempat wisata terutama pada malam hari.

Sarabah memang cocok untuk dinikmati di malam hari ketika udara sudah berubah menjadi dingin. Jahe yang ada dalam minuman ini akan membantu menghangatkan tubuh dan menjaga kebugaran.

Sempatkan mampir untuk mencicipi wedang jahe versi Trenggalek tersebut.

2. Sego Gegog

makanan khas trenggalek nasi gegok

Apabila dilihat sepintas tampilan makanan ini mirip dengan nasi kucing yang ada di Yogyakarta. Isinya adalah nasi putih dengan tambahan sambal teri kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Ukurannya kecil-kecil jadi bagi yang suka makan mungkin tidak akan cukup menyantap satu porsi. Sego Gegog ini setelah dibungkus kemudian dikukus terlebih dahulu sebelum dihidangkan atau dijual.

Versi lain dari Sego Gegog ini adalah dengan tambahan serundeng atau sambal terasi pedas. Makanan ini banyak dijual di warung-warung yang ada di sepanjang jalan terutama di daerah yang memiliki dataran tinggi.

Anda bisa menikmati hidangan ini dengan pelengkap seperti tempe goreng atau jenis gorengan lainnya.

3. Sego Tiwul

makan khas trenggalek

Sego Tiwul adalah sejenis nasi yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Pembuatan tiwul ini dilakukan dengan cara mengupas bersih ketela pohon kemudian direndam dalam air selama beberapa waktu.

Ketela yang sudah direndam lalu dijemur hingga kering dan dihaluskan seperti tekstur tepung namun lebih kasar. Untuk memasaknya dengan cara dikukus seperti memasak nasi pada umumnya.

Penyajian Sego Tiwul ini dipadukan dengan berbagai macam lauk. Anda bisa memilih lauk yang diinginkan seperti ikan asin, sambal, urap dan ayam lodho.

Makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau di warung pinggir jalan. Selain rasanya yang gurih, makanan ini juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

4. Nasi Goreng Anglo

makanan khas trenggalek sompil

Hidangan nasi goreng tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun jika Anda berkunjung ke Trenggalek belum lengkap rasanya jika belum mencoba Nasi Goreng Anglo ini.

Proses memasaknya menggunakan anglo dengan bahan bakar arang sehingga membuat aroma dan rasa yang khas. Nasi ini dilengkapi dengan tambahan mie, sayuran, telur dan ayam sehingga lebih terasa nikmat.

5. Tahu Lontong

makanan khas trenggalek adalah

Makanan sederhana ini mungkin juga Anda temui di tempat lainnya. Namun Tahu Lontong Trenggalek ini memiliki ciri khas yang berbeda. Tahu yang digunakan sebelumnya akan digoreng terlebih dahulu dengan dibaluri telur yang telah diberi bumbu.

Cara penyajiannya dengan diberi irisan lontong yang disiram menggunakan bumbu kacang. Bahan tambahan lainnya berupa sayuran, kecambah dan kerupuk.

6. Rujak Cingur

makanan khas trenggalek jatim

Sekilas tampilan rujak ini hampir sama dengan rujak cingur pada umumnya. Bahan dasarnya juga sama dengan menggunakan berbagai macam sayuran dan cingur sapi.

Keistimewaan Rujak Cingur Trenggalek ini adalah memiliki racikan bumbu yang ditambahkan dengan petis khas Trenggalek. Aroma petis ini berbeda dengan petis pada umumnya karena memang hanya dibuat di Trenggalek.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai cingur karena baunya yang agak amis dan tekstur yang lengket. Namun di Trenggalek ini proses memasak cingur diolah sedemikian rupa sehingga aroma amis dari cingur hilang.

Teksturnya juga keset dan empuk sehingga lebih mudah untuk dikunyah. Cobalah untuk mencicipinya dan rasakan bedanya dengan rujak pada umumnya.

7. Kue Manco

masakan khas daerah trenggalek

Salah satu kue tradisional Trenggalek yang masih ada hingga saat ini adalah Kue Manco.makanan ini tersedia dalam dua varian yaitu Manco ketan dan Manco wijen.

Manco ini memiliki rasa yang manis dari gula yang ada dialamnya dan gurih untu versi wijen. Pada umumnya Kue Manco ini digunakan sebagai hantaran oleh etnis Tionghoa ketika mengadakan lamaran atau pernikahan.

8. Alen-Alen Trenggalek

makanan khas trenggalek yang terkenal

Alen-alen adalah sejenis cemilan yang terbuat dari tepung tapioka dengan aneka bumbu khas Trenggalek. Bahan campuran lainnya yaitu telur dan bawang putih. Bentuknya bulat kecil-kecil dan memiliki tekstur yang renyah.

Makanan ini banyak tersedia di berbagai toko oleh-oleh atau di pasar tradisional. Pada perkembangannya makanan ini hadir dalam berbagai rasa seperti balado, jagung bawang dan original.

9. Keripik Tempe

makanan ringan khas trenggalek

Makanan keripik tempe ini sebenarnya ada di hampir seluruh wilayah di Indonesia terutama di Jawa. Trenggalek juga memiliki Keripik Tempe khas Trenggalek yang berbeda dengan daerah lain.

Bahan utama keripik ini tentu saja tempe kedelai yang telah diolah dan diberi ragi. Agar mendapatkan cita rasa yang nikmat dan lezat maka ditambahkan beberapa bumbu sebagai perasa.

Ada yang menarik dari proses pembuatan keripik ini dibandingkan dengan proses pada umumnya. Jika tempe yang digunakan biasanya diiris tipis sebelum digoreng garing namun berbeda dengan tempe di Trenggalek ini.

Dari awal proses tempe telah dicetak tipis-tipis kemudian dicelupkan pada adonan tepung yang telah dibumbui. Tempe digoreng pada minyak panas dan banyak hingga kering dan renyah.

Hal ini membuat keripik tempe Trenggalek memiliki cita rasa yang berbeda.

10. Ikan Asap Prigi

makanan khas trenggalek jawa timur

Sebagai wilayah yang termasuk dalam wilayah pesisir maka Trenggalek pastinya memiliki makanan khas yang terbuat dari ikan laut. Salah satunya adalah ikan asap Prigi.

Banyaknya nelayan yang melaut dengan hasil tangkapan ikan yang melimpah membuat warga sekitar Prigi mulai membuat makanan khas yang bisa mereka jual dengan rasa yang berbeda,

Ikan segar dari laut memang memiliki rasa yang lezat namun kelemahannya adalah cepat busuk. Cara pengawetan yang baik adalah dengan memasukkan ke mesin pendingin atau memasaknya menjadi ikan asap.

Ikan yang telah dibersihkan kemudian ditempatkan pada tempat khusus dan dimasukkan pada tungku untuk diasap selama beberapa jam. Cara ini membuat ikan lebih nikmat dan lezat.

Berwisata menikmati pantai dengan pasir putih dan senja yang mempesona adalah suatu keindahan sekaligus untuk melepas penat. Sempurnakan suasana tersebut dengan mencicipi aneka makanan khas Trenggalek yang legendaris.

Walaupun banyak yang menggunakan resep tempo dulu namun dijamin makanan ini akan memanjakan lidah Anda.

Leave a Comment

error: Content is protected !!