17+ Makanan Khas Sidoarjo (Ada yang Bisa Diawetkan!)

Daerah Jawa Timur akan memiliki beragam kejutan kuliner nikmat untuk Anda. Kota Sidoarjo menjadi salah satu tempat yang terkenal akan wisata kulinernya. Banyak sajian makanan khas Sidoarjo yang wajib untuk dicoba.

Rasa yang diberikan pun sangat khas dan disayangkan jika Anda tidak mencobanya. Rasa yang diberikan bisa membuat santap siang Anda semakin nyaman dan nikmat.

Tidak perlu khawatir untuk harga makanan atau sajian yang diberikan kepada para pelanggan. Selalu ada harga eksklusif yang murah dan membuat perut Anda semakin kenyang.

Pastinya, suasana berlibur Bersama keluarga akan lebih nyaman ketika Anda bisa menemukan tempat menyantap makanan yang pas di lokasi.

Makanan Khas Sidoarjo (Ada yang Bisa Diawetkan!)

1. Lontong Kupang

makanan khas sidoarjo murah meriah

Makanan ini memiliki nama lain dengan sebutan Kupang Keraton yang berada dan tersedia di berbagai daerah pesisir Jawa Timur.

Anda bisa menemukannya dengan mudah di Sidoarjo dengan beragam keunggulan rasanya. Disajikan dengan sate kerang juga minuman khas es degan. Rasa yang diberikan pastinya pas untuk makan siang ketika Anda berlibur ke Sidoarjo.

2. Bakso Cak Pitung

bakso cak pitung khas sidoarjo

Olahan bakso tidak mungkin terlewatkan bagi orang Indonesia yang berlibur ke berbagai daerah. Selalu ada rasa yang khas dari baksonya seperti yang satu ini.

Nama warungnya diambil dari nama pemiliknya yang bernama Cak Pitung. Olahan baksonya membuat banyak orang menyerbu tempat ini dengan berbagai rasa yang khas. Di mulai dari bakso halus, kasar, telur, dan bakso mercon tersedia.

3. Bandeng Asap

makanan khas sidoarjo bandeng asap

Ketika Anda berkunjung ke Kota Sidoarjo, jangan lupa untuk mencicipi menu makanan yang satu ini. Bandeng asap sangat terkenal di Sidoarjo dengan rasanya yang khas.

Olahan ini akan dibuat dengan pengasapan yang membedakannya dengan bandeng pada umumnya. Anda bisa membawa makanan ini sebagai oleh-oleh yang khas dari Sidoarjo dengan ketahanan yang lama di lemari es.

4. Bakso Rindu Malam

bakso rindu malam makanan khas sidoarjo

Setelah Bakso Cak Pitung maka Anda tidak akan melupakan warung bakso yang satu ini. Bakso Rindu Malam sangat cocok bagi para pecinta bakso yang berlibur ke Sidoarjo.

Ragam bakso yang tersedia bisa di cicipi di lokasi yang berada di Jl. Raya Taman Pinang. Bentuknya yang seperti rumah makan membuat Anda tidak hanya mencicipi baksonya saja. Menu mie ayam pun bisa menjadi pilihan.

5. Telur Asin Sidoarjo

telur asin khas sidoarjo

Nama olahan telur Asin memang sudah terkenal sejak lama dan memiliki rasa yang khas. Indonesia memiliki beragam daerah seperti Sidoarjo sebagai penghasil telur asin.

Olahan yang berasal dari Sidoarjo ini memiliki rasa yang khas dengan keunikan tersendiri. Seperti olahan rasa udang, kepiting, hingga ikan salmon akan tersedia.

Dilengkapi dengan pengolahan berbeda di mulai dari cara oven, goreng, hingga pengasapan. Hal ini yang membuat telur asinnya terkesan unik.

6. Petis Udang

makanan khas sidoarjo petis udang

Gula merah, garam, juga gula putih menjadi bahan dasar yang digunakan ketika akan membuat olahan petis.

Anda bisa menemukan olahan ini di mana pun ketika mengunjungi Sidoarjo. Bahan pembuatannya menggunakan udang yang biasa digunakan pada rujak cingur.

7. Bandeng Presto

makanan khas sidoarjo bandeng presto

Bandeng presto yang telah terkenal di berbagai penjuru Indonesia ternyata berasal dari kota Sidoarjo. Rasa yang khas membuat banyak pengunjung memburunya di berbagai tempat.

Aroma bandeng yang diberikan sangat khas dan durinya yang hampir tidak terasa sama sekali. Pembuatannya membuat duri Ikan terkesan lebih lunak.

8. Sate Kerang

sate kerang makanan khas sidoarjo

Jajanan sate kerang sudah lama terkenal di Sidoarjo dan digemari oleh berbagai kalangan. Anda bisa menemukan sate ini di berbagai tempat yang dibumbui dengan kecap juga kacang.

Biasanya dilengkapi dengan bumbu kacang atau lontong sebagai pelengkapnya.

9. Kue Lumpur

kue lumpur makanan khas sidoarjo

Menu selanjutnya adalah kue lumpur sebagai salah satu olahan yang tidak mungkin terlewatkan. Kondisi kuenya cenderung basah dengan hal itu dinamai sebagai kue lumpur.

Tekstur yang lembek ketika di gigit akan membuat Anda semakin menikmati rasanya. Prosesnya adalah dibakar yang memiliki dua rasa yakni original dan rasa kelapa.

10. Sop Buntut

sop buntut makanan khas sidoarjo

Sajian sop buntut yang berasal dari Sidoarjo akan berbeda dengan sop buntut pada umumnya. Di kota ini sop akan memiliki bumbu khas dengan kuahnya yang bening dan segar.

Anda tidak perlu khawatir dengan bau amis dari daging yang dipastikan akan hilang. Sebagai salah satu kelebihan dari sop buntut yang berasal dari Sidoarjo juga dagingnya yang sudah pasti empuk.

11. Kerupuk Udang

makanan ringan khas sidoarjo

Jangan lupa untuk membeli olahan kerupuk udang sebagai oleh-oleh terbaik dari Sidoarjo. Karena terkenal akan olahan udangnya maka kerupuk udang bisa menjadi salah satu solusi terbaik ketika Anda akan membeli oleh-oleh.

12. Otak-Otak Bandeng

otak otak bandeng khas sidoarjo

Di Sidoarjo Anda akan menemukan olahan otak-otak yang berbeda dari yang lain. Salah satunya adalah otak-otak yang berbahan dasar bandeng yang nikmat ini.

Rasanya sangat menggoda dengan aroma bandeng yang khas dan nikmat. Anda bisa membelinya di Warung Tombo Luwe yang berlokasi di Sidoarjo.

13. Rawon

makanan berat khas sidoarjo

Berkunjung ke daerah Jawa Timur sangat disayangkan jika Anda lupa mencicipi Rawonnya. Meskipun merupakan makanan khas dari Surabaya namun rasa yang khas ini terkenal di berbagai daerah Jawa Timur.

Anda bisa menemukan makanan ini di Sidoarjo dengan harga yang relatif murah.

14. Wader Kriuk

camilan makanan khas sidoarjoenak

Jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini ketika Anda berada di Sidoarjo. Kepopulerannya membuat turis tidak berhenti untuk berkunjung dan membeli.

Rasanya yang gurih dan renyah menjadi ciri khas yang tidak bisa ditinggalkan. Sangat nikmat untuk disantap Bersama dengan sambal atau dijadikan camilan.

15. Es Sinom

minuman khas sidoarjo murah

Es yang satu ini merupakan salah satu olahan jamu yang banyak digemari warga setempat juga wisatawan.

Untuk rasanya memang segar namun dengan khasiat yang sangat khas. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati minuman segar di siang khari.

16. Wedang Pokak

minuman murah dan enak khas sidaoarjo

Ketika berada di Sidoarjo jangan lupa untuk mencoba minuman wedang pokak ini. Berasal dari Probolinggo namun wedang ini begitu terkenal di Jawa Timur.

Terbuat dari banyak jenis rempah termasuk cengkeh, serai, kayu manis, jahe, daun pandan, dan jeruk purut. Nantinya akan diberikan gula sebagai pemanis dan dijadikan sebagai menu tradisional di sana.

17. Wedang Cemue

jajanan es khas sidoarjo

Jenis wedang yang selanjutnya adalah wedang cemue. Begitu terkenal karena rasanya yang gurih dan memiliki perpaduan rempah yang pas.

Racikan minuman ini sangat digemari oleh warga lokal dan pengunjung yang mencobanya. Terbuat dari bahan kacang yang begitu gurih dan roti yang lembut. Termasuk santan yang dibuat dengan gula tebu dan diberikan pemanis ditambahkan jahe.

Ragam keunikan makanan khas Sidoarjo di atas bisa membuat liburan Anda jauh lebih tenang. Kini Anda tidak perlu memikirkan tempat untuk menyantap makan siang dan sore Bersama keluarga.

Harga yang ditawarkan untuk setiap sajian makanan pun masih bersahabat sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jangan lupa untuk menjadikan beberapa santapan di atas sebagai oleh-oleh khas nikmat.

Leave a Comment

error: Content is protected !!