26+ Makanan Khas Gresik (Ada yang Tahan Lama!)

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang salah satu kota yang berada di Jawa Timur yaitu Gresik. Karena di kota ini terdapat salah satu makam Wali Songo yaitu Sunan Gresik.

Tidak hanya wisata religinya yang terkenal, namun Gresik memiliki banyak kuliner nikmatnya. Makanan khas Gresik adalah makanan-makanan yang hanya dapat Anda temui di kota Gresik saja.

Jika Anda hendak berkunjung ke Kota Gresik, Anda wajib membaca daftar makanan khas Gresik Jawa Timur di bawah ini. Let’s check it!

Makanan Khas Gresik Jawa Timur

1. Ayas

makanan khas gresik jatim di padang
Gresik memiliki jenang khas yang bernama Jenang Ayas.

Makanan khas dari Gresik ini dapat Anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Jenang Ayas dibuat dari bahan baku utama tepung ketan yang kemudian diberi pewarna makanan hingga menampilkan jenang yang berwarna-warni.

2. Bali Welot

makanan khas gresik jatim di sulawesi
Bali Welot adalah kuliner yang terbuat dari belut dan dibumbui dengan bumbu khas Bali. Makanan ini juga menjadi incaran para wisatawan ketika berkunjung ke Gresik. Meskipun bumbu yang digunakan adalah bumbu Bali, tapi makanan ini pertama kali dibuat di Gresik sehingga menjadi makanan khas kota ini.

3. Sayur Menir


Makanan khas Gresik selanjutnya adalah Sayur Menir. Sayur menir merupakan kuliner nikmat khas Gresik yang kini sudah mulai langka karena tidak banyak lagi yang menjualnya. Jika Anda ingin menikmati sayur bening dengan isian bayam yang cocok dimakan dengan campuran nasi dan daging sapi ini, Anda harus benar-benar extra untuk mencarinya di Gresik.

4. Bonggolan

makanan khas gresik jatim di bali
Gresik juga memiliki makanan khas yang cocok untuk santapan ringan yaitu Bonggolan.

Bentuk dan penampilan dari makanan ini hampir sama dengan pempek atau cireng, akan tetapi bonggolan memiliki rasa ikan yang lebih kuat dari pada pempek dan cireng. Bentuknya yang lonjong membuat makanan ini diberi nama Bonggolan.

5. Bonggolan Giri

makanan khas gresik jatim di ntt
Bonggolan satu ini tidak sama dengan Bonggolan yang telah disebutkan terlebih dahulu, karena Bonggolan Giri hanya dapat ditemukan di area wisata religi Makan Sunan Giri. Makanan khas Gresik Bonggolan Giri berbeda dengan Bonggolan lainnya sehingga Anda wajib untuk mencicipinya ketika berkunjung ke Gresik.

6. Jubung

makanan khas gresik jatim di sragen
Jubung khas Gresik dapat Anda jumpai di banyak tempat di Gresik. Makanan ini terbuat dari ketan hitam, kemudian ditambah dengan taburan biji wijen di atasnya. Kenapa makanan ini dinamakan Jubung? Hal tersebut dikarenakan tempat penyajian makanan ini adalah berupa jubung yang terbuat dari kulit pohon pinang.

7. Martabak Usus

makan makanan khas gresik jatim
Martabak usus juga merupakan salah satu makanan khas Gresik. Mungkin Anda baru mendengar nama makanan ini, karena pada umumnya martabak terbuat dari telur bebek dan telur ayam. Martabak usus ini juga terbuat dari telur, akan tetapi masih ada tambahan lainnya seperti usus ayam bumbu pedas dan bihun yang menjadikan rasanya mantap betul.

8. Gajih Pinggir

makanan khas gresik jatim di malang
Berikutnya terdapat makanan yang unik dan tidak biasa yang bernama Gajih Pinggir. Gajih Pinggir merupakan makanan yang berasal dari berbagai macam jeroan atau bagian dalam ikan bandeng. Gajih Pinggir dimasak dengan cara ditumis dengan campuran bumbu khas Gresik. Anda wajib mencobanya jika berkunjung ke kota ini.

9. Ndog Bader

makanan khas gresik jatim yang terbuat dari ikan bandeng adalah
Pernah mendengar ikan bernama Bader? Ikan bader merupakan ikan yang hidup di air tawar yang telurnya dapat dijadikan hidangan yang nikmat. Seperti hidangan Ndog Bader yang telah melegenda di kota Gresik. Anda tidak akan menjumpai bau amis dari telur ikan bader sebab dalam proses pembuatannya bau amis tersebut benar-benar dihilangkan.

10. Lontong Manggul

makanan khas gresik jatim di jogja
Santapan luar biasa nikmat ini juga dapat Anda temukan dengan mudah di Gresik, sebab hampir di sepanjang jalan Gresik banyak yang menjualnya. Lontong ini sangat unik karena ukurannya yang besar dan panjang yang kemudian dibalut dengan daun pisang. Lontong Manggul sangat cocok untuk menu sarapan Anda juga loh.

11. Kella Celok

makanan khas gresik jatim di bandung
Makanan berbahan dasar ikan laut ini selalu jadi pusat perburuan para wisatawan. Karena memang rasanya yang juara. Santapan berbahan dasar ikan laut ini dibuat hampir sama dengan kella kuning, akan tetapi yang membedakan kella celok khas Gresik dengan masakan kella lainnya adalah bumbu khas Gresiknya.

12. Pudak

makanan khas gresik jatim pudak
Makanan khas Gresik Pudak dapat Anda temukan di Gresik. Makanan ringan berupa kue yang lezat ini terbuat dari bahan dasar gula jawa atau gula pasir yang dicampur dengan tepung beras dan santan kelapa yang kemudian dibungkus menggunakan pelepah daun pinang. Kue bernama Pudak ini dapat Anda jadikan buah tangan untuk sanak saudara.

13. Arang-arang Kambang

makanan khas gresik jatim di belitung
Jajanan yang sangat legendaris di Gresik ini dahulu dijadikan sebagai hidangan di acara pernikahan dan acara-acara bulan Ramadhan. Akan tetapi sekarang Anda bisa menikmatinya menunggu adanya pesta pernikahan atau bulan Ramadhan lagi. Jajanan yang terbuat dari ketan putih dan ketan hitam serta diberi tambahan irisan pisang dan tape ketan.

14. Kotokan Bandeng

makanan khas gresik jatim di jakarta
Kotokan Bandeng juga merupakan makanan khas Gresik yang terbuat dari ikan Bandeng dan masih menjadi masakan yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun interlokal. Anda akan merasakan kesegaran dari ikan bandeng tanda bau amis sedikitpun. Apalagi kuah santan yang kental dengan campuran bumbu dan tambahan belimbing wuluhnya yang juara.

15. Otak-otak Bandeng

makanan khas gresik jatim nasi krawu
Sesuai dengan namanya, hidangan otak-otak bandeng merupakan hidangan yang terbuat dari ikan bandeng. Proses pembuatan otak-otak bandeng yang menjadi makanan khas Gresik ini cukup panjang dan memakan waktu yang lama serta menggunakan rempah-rempah pilihan khas Nusantara. Jadi rasanya dijamin akan membuat Anda seribu kali ketagihan.

16. Bandeng Sapit

makanan khas gresik jatim di papua
Berikutnya ada Bandeng sapit, yaitu makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan Bandeng yang di sapit menggunakan bambu. Kemudian ikan bandeng yang telah di sapit dibakar menggunakan arang. Kuliner nikmat ini dapat Anda temukan dengan mudah di seluruh kota Gresik.

17. Keropok Bandeng

makanan khas gresik jatim di bekasi
Selain otak-otak dan bandeng sapet, terdapat makanan lain yang terbuat dari bahan dasar ikan bandeng yaitu Keropok Bandeng.

Karena Gresik merupakan salah satu kota penghasil bandeng terbesar di Jawa Timur maka tidak heran jika kulinernya banyak yang terbuat dari ikan bandeng. Keropok bandeng berbeda dari bandeng sapit karena sambalnya terbuat dari petis asli Gresik.

18. Sego Rumo


Jalan-jalan ke Gresik tidak akan lengkap jika Anda tidak mencicipi Sego Rumo khas Gresik. Sego Rumo merupakan hidangan khas dari nasi putih yang disajikan dalam sepincuk daun pisang. Campuran nasi yang telah disajikan dalam sepincuk daun pisang akan ditambahkan daun singkong, api-api rebus, dan rempeyek. Terakhir, semua campuran akan diguyur dengan kuah.

19. Sego Karak

Selain sego Rumo, Gresik juga memiliki kuliner nasi lain yang bernama sego Karak. Jika ditranslate dalam Bahasa Indonesia makanan ini bernama Nasi Karak. Sego karak terbuat dari nasi yang sudah dimasak kemudian dikeringkan terlebih dahulu, setelah itu nasi yang sudah dikeringkan dimasak kembali dengan ketan hitam.

20. Bakso Giman GKB

makanan khas gresik jatim di lampung
Gresik juga memiliki bakso khasnya sendiri, yaitu Bakso Giman GKB. Bakso ini merupakan bakso ternikmat yang ada di Kota Gresik dan sering diburu oleh wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Rasa bakso dari daging sapi pilihan dan kaldunya sungguh luar biasa lezatnya, jadi jangan lupa mampir ke sini jika Anda berkunjung ke Gresik.

21. Bongko Kopyor

makanan khas gresik jatim di madura
Bongko Kopyor merupakan kuliner khas Gresik yang sangat enak. Sayangnya makanan ini hanya dapat Anda jumpai pada bulan Ramadhan saja. Anda dapat menemukannya di pasar takjil di sekitar Gresik Kota Baru.

Kuliner manis ini terdiri dari potongan roti tawar yang berkualitas, serutan kelapa muda, potongan pisang raja dan mutiara yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

22. Ubus


Ubus atau biasa disebut dengan nama lain Gulai Ubus, merupakan kuliner khas Gresik Jatim yang terbuat dari racikan tepung terigu, mentega dan telur.

Kemudian adonan yang telah tercampur rata digoreng di atas wajan yang lebar sehingga menghasilkan bentuk yang tipis sekali. Makanan ini disajikan dengan gulai kambing yang menambah kenikmatannya.

23. Wedaran


Wedaran merupakan makanan ringan khas Gresik yang dapat dijadikan oleh-oleh. Makanan ini termasuk dalam jenis kue kering. Anda dapat menemukan makanan ringan ini diberbagai tempat di Jawa. Namun wedaran khas Gresik masih menjadi juaranya, karena rasa gurihnya berbeda dari lainnya.

24. Minuman Legen

resep getas makanan khas gresik jatim
Gresik juga memiliki minuman Legen yang khas. Minuman ini sebenarnya merupakan sirup yang digunakan untuk membuat es Dawet Siwalan.

Akan tetapi karena banyak peminatnya, minuman yang kaya akan manfaat ini diproduksi sendiri oleh warga Gresik kemudian dipasarkan secara bebas.

25. Nasi Krawu

makanan khas gresik jatim yg terbuat dari campuran nasi dan daging sapi
Ada lagi kuliner nasi yang rasanya terjamin lezat yaitu makanan khas Gresik Nasi Krawu. Anda tidak akan menemukan sendok atau garpu ketika makan di warung dengan menu Nasi Krawu, sebab nasi ini dimakan menggunakan tangan kosong alias di krawuk. Ketika berkunjung ke Gresik Anda harus menikmati sensasi makan nasi Krawu ya.

26. Seafood Kerang Hijau


Makanan terakhir yang menjadi rekomendasi wisata kuliner ketika Anda berkunjung ke Gresik kali ini adalah Seafood Kerang Hijau.

Makanan ini biasanya dijual di restoran seafood saja, sehingga jika Anda ingin menikmatinya langsung kunjungi salah satu restoran seafood yang ada di kota Gresik.

Makanan Khas Gresik di atas dapat Anda jumpai dengan mudah ketika berkunjung ke Gresik. Ada pula makanan yang cocok untuk dijadikan buah tangan.

Tidak perlu khawatir soal rasa, karena Gresik menjadi salah satu kota kuliner ternikmat di Jawa Timur. Jangan lupa untuk mencoba salah satu makanan khas Gresik atau semuanya saja. Selamat mencoba!

Leave a Comment

error: Content is protected !!