27+ Makanan Khas Lampung yang Enak, Apa Saja?!

Jika membicarakan makanan Nusantara, Lampung wajib untuk masuk ke dalam daftar wilayah yang menyimpan banyak masakan nikmat.

Pasalnya Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai makanan khas Lampung, yang pastinya terkenal dan tidak dapat Anda temukan kenikmatannya di kota lain. Banyak orang yang masih bertanya, makanan khas Lampung adalah?

Banyak sekali makanan khas dari Lampung, yang dapat Anda langsung nikmati atau bahkan Anda jadikan sebagai buah tangan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang menjadi khas dari Lampung, banyak di rekomendasikan dan sayang untuk Anda lewatkan.

Makanan Khas Lampung dan Penjelasannya

1. Seriut Lampung

makanan khas lampung engkak ketan

Makanan pertama yang menjadi ciri khas dari Lampung, adalah seriut. Makanan yang satu ini biasanya akan dihidangkan pada acara penting seperti pernikahan atau adat keagamaan. Seruit bahkan dinilai sebagai makanan yang istimewa, karena sudah menjadi makanan yang pokok untuk warga lokalnya. Dengan menggunakan bahan dasar ikan, dan pengolahan yang dibakar.

2. Pandap

makanan khas lampung gabing

Makanan khas Lampung yang juga tidak kalah nikmat dengan makanan lainnya, adalah pAndap. Makanan yang satu ini memang memiliki tampilan yang hampir mirip dengan pepes. Daun yang digunakan untuk membungkus adalah daun pisang dan juga daun talas. Biasanya daun ini digunakan untuk membungkus ikan, seperti ikan tongkol atau bahkan ikan samba.

3. Tempoyang Lampung

makanan khas lampung seruit

Jika banyak orang yang penasaran mengenai makanan khas Lampung Utara, tempoyang Lampung jawabannya. Makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar dari durian yang sudah matang, lalu di fermentasikan. Cara untuk membuat makanan ini juga tidak sulit,  dan menikmatinya dengan ikan bakar khas Lampung yang nikmat.

4. Geguduh Lampung

makanan khas lampung terkenal

Untuk Anda yang menyukai rasa manis, makanan yang satu ini akan sangat cocok di lidah Anda. Geguduh, merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang dan menjadi ciri khas di kota Lampung. Pisang yang sudah di haluskan, lalu dicampurkan dengan selai, susu dan juga tepung terigu yang membuat makanan ini sangat lembut dan juga manis.

Pengolahannya juga digoreng, bukan dipanggang sehingga akan menghasilkan cita rasa yang semakin nikmat dan membuat ketagihan untuk siapapun yang mencobanya. Makanan dari pisang ini sering sekali dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Gulai taboh Lampung

makanan khas lampung tempoyak

Makanan khas Lampung yang juga wajib untuk Anda nikmati adalah gulai taboh. Dengan rasanya yang nikmat, bahan yang digunakan juga cukup sederhana yaitu kacang-kacangan dan juga ubi yang sudah terbukti sehat dan sangat alami. Nantinya semua bahan tersebut, dapat Anda masak menggunakan santan dan rebung hingga kentang.

6. Umbu Lampung

makanan khas lampung utara

Memang dengan namanya yang unik, makanan ini juga memiliki cita rasa yang enak. Umbu memiliki cita rasa yang unik, karena memiliki sedikit rasa pahit. Pasalnya makanan ini menggunakan bahan dasar darirotan muda yang mana direbus hingga empuk, dan selanjutnya dimasak layaknya sayur yang di tumis.

Makanan yang satu ini akan semakin nikmat, jika bisa Anda nikmati dengan nasi hangat, lalapan dan tambahan lauk lainnya baik untuk makan siang atau makan malam sekalipun. Biasanya makanan ini juga akan disajikan, pada beberapa acara penting salah satunya adalah acara adat.

7. Sop dan sate tuhuk

makanan khas lampung timur

Siapa yang tidak suka sop dan juga sate? Jika Anda bermain ke Lampung, cobalah untuk mencoba satu dan juga sop tuhuk, dimana tuhuk merupakan nama ikan yang juga dikenal dengan nama black marlin. Pastinya untuk warga Lampung yang tinggal di daerah pesisir, sudah tidak asing lagi dengan keberadaan ikan yang satu ini.

8. Engkak Lampung

5 makanan khas lampung

Engkak, merupakan makanan khas Lampung Barat. Makanan yang satu ini, memiliki cita rasa yang memang dominan manis. Untuk membuat engkak, bahan yang digunakan yaitu mentega dan juga telur yang sudah di haluskan dan tambahan bahan lainnya untuk menmbuatnya menjadi lembek.

Selain itu, gula pasir, tepung ketan putih, santan, susu dan bahan lainnya juga ditambahkan. Hal ini juga yang membua engkak ketan menjadi primadona untuk makanan khas Lampung yang ada.

9. Gabing Lampung

makanan khas lampung umbu

Dengan menggunakan bahan dasar dari batang kelapa, makanan yang satu ini sering kali disebut sebagai pondoh atau gambing. Makanan ini merupakan sayur, yang memiliki kiah dan sangat segar untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat. Untuk membuatnya semakin nikmat, Anda juga bisa menambahkan daging, jamur atau bahkan lauk lainnya.

10. Bakso sony

makanan khas lampung di solo

Bakso merupakan makanan yang menjadi favorit untuk semua kalangan di Indonesia, salah satunya di Lampung. Dengan menggunakan dagung sapi asli, bakso yang disajikan ini sanga kenyal dan memiliki rempah yang sangat kaya. Sehingga sudah tidak diragukan lagi jika bakso sony merupakan bakso khas Lampung yang wajib untuk dicoba.

11. Pindang Lampung

makanan khas lampung di palembang

Pindang merupakan makanan yang terbuat dati ikan, dan dimasak menggunakan bumbu kuning dengan warnanya yang pekat. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang gurih, pedas dan juga asam yang menjadikan makanan pindang ini wajib untuk dinikmati di Lampung. Agar semakin nikmat, jangan lupa dinikmati dengan kemangi dan lauk lain.

12. Kemplang Lampung

olahan makanan khas lampung

Makanan yang khas dari Lampung ini, merupakan makanan yang dipanggang dan menggunakan bahan dasar dari ikan. Untuk Anda yang tidak menyukai makanan berminyak, akan sanga cocok untuk menikmati makanan yang satu ini sebagai camilan atau bahkan lauk.

13. Keripik pisang

macam makanan khas lampung

Keripik pisang sudah menjadi makanan khas Lampung, yang sudah terkenal dan banyak disukai banyak orang. Keripik pisang yang satu ini bahkan semakin modern, dan dengan nikmatnya dapat dinikmati dengan teh, kopi atau minuman lainnya.

14. Ikan panggang Lampung

makanan khas lampung pisang

Tidak kalah dengan makanan khas Lampung lainnya, ikan panggang yang satu ini menggunakan bahan dasar ikan dan dipanggang diatas api hingga matang. Ikan ini memiliki cita rasa yang nikmat, sehingga banyak dinikmati sebagai lauk.

15. Keripik nangka

makanan khas lampung untuk oleh oleh

Bukan hanya keripik pisang saja, namun keripik nangka juga menjadi favorit untuk daerah Lampung. Keripik nangka ini merupakan camilan yang manis, dan dapat dinikmati saat waktu senggang. Anda juga bisa menjadikan keripik nangka ini sebagai oleh-oleh.

16. Pisro Lampung

cara membuat makanan khas lampung

Pisro lampung adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar ikan, dan biasanya makanan yang satu ini disajikan menggunakan nasi hangat. Makanan dengan bahan dasar ikan tembakang atau ikan betook ini, memiliki cita rasa yang gurih, nikmat dengan dagingnya yang tebal.

17. Kue segumpal Lampung

legit makanan khas lampung

Kue segumpal Lampung, merupakan kue yang nikmat dan biasanya disajikan pada bulan Ramadhan. Kue yang satu ini terbuat dari beras ketan dan juga campuran santan. Makanan yang asli dari Lampung ini juga merupakan makanan yang sangat populer, terutama saat bulan Ramadhan tiba.

18. Sambal tempoyak udang Lampung

makanan khas lampung dan cara membuatnya

Tempoyak merupakan makanan yang memang menjadi makanan khas di Lampung. Tempoyak juga biasanya dijadikan sebagai sambal, dengan menggunakan beberapa bahan seperti pete, udang, cabe, kunyit dan masih banyak bahan lainnya. Anda juga dapat menikmatinya dengan nasi, ikan, dan masih banyak makanan lainnya.

19. Mie Lampung

makanan khas lampung hewani

Jika Anda sedang berlibur ke Lampung, jangan lupa untuk mencoba mie Lampung. Mie dengan cita rasa gurih dan juga nikmat ini, menggunakan beberapa bahan yang menambah kenikmatannya seperti kwetiau, mie ayam, nasi tim hingga bihun ayam.

20. Pempek Lampung

makanan khas lampung geguduh

Bukan hanya menjadi ciri khas makanan Palembang saja, namun pempek juga menjadi salah satu makanan khas yang dimiliki di Lampung. Anda harus mencoba makanan yang satu ini, dan nikmati bagaimana kenikmatan pempek yang ada di Lampung.

21. Kue lapis legit

makanan khas lampung metro

Kue lapis legit merupakan makanan khas Lampung Timur yang memiliki bentuk yang cantik, dan rasanya yang nikmat. Untuk membuat kue lapis legit ini juga memang terbilang rumit, namun dengan rasa yang ada tentunya akan sepadan dan tidak akan mengecewakan.

22. Sambal asam kembang

contoh makanan khas lampung

Diantara banyaknya makanan yang menjadi ciri khas kota Lampung, sambal asam kembang merupakan kuliner yang wajib untuk Anda coba. Sambal yang satu ini tidak dibuat dengan asam, melainkan menggunakan terasi yang juga dinikmati dengan kemang atau mangga muda. Sambal ini sangat segar, terutama jika dinikmati dengan ikan goreng atau lauk lainnya.

23. Pindang ikan patin

makanan khas lampung di jakarta

Masakan ikan patin khas Lampung memang memiliki ciri khas tersendiri, dimana ikan patin ini dengan nikmat dioleh menjadi pindang. Pindang ikan patin ini juga memiliki ciri khas yang berbeda, dengan warna kuning dan rasanya yang cukup nikmat. Kuah pindang ini juga menggunakan kuniy dan juga asam. Hal ini yang membuat rasanya semakin segar.

Rasanya juga sangat segar,terutama jika dinikmati dengan nasi hangat ditambah dengan lauk pauk yang beragam.

24. Selimpok

makanan khas lampung dan rumah adat

Selimpok merupakan makanan khas Lampung, yang mana menggunakan bahan dasar ketan dan seringkali dijadikan sebagai makanan yang selalu ada saat upacara adat atau bahkan hajatan. Makanan yang satu ini memiliki nama yang unik dengan rasa yang nikmat, karena terbuat dari perpaduan santan dan juga ketan. Makanan ini juga menggunakan campuran dari pisang.

25. Kopi Lampung

makanan makanan khas lampung

Diantara banyaknya makanan yang ada di Lampung, minuman yang satu ini juga menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk Anda yang menyukai minuman kopi, jangan lupa untuk menyempatkan mencoa berbagai varian minuman kopi dengan rasanya yang beragam. Dalam hal ini, kopi yang dimiliki oleh Lampung ini memiliki cita rasa yang nikmat.

26. Lempok durian

makanan khas lampung ketan

Oleh-oleh sekaligus makanan khas Lampung yang juga menjadi kesukaan banyak orang, adalah lempok durian. Dalam hal ini untuk tampilannya memang seringkali dianggap sebagai jenang atau dodol. Lempok durian ini memang seperti dodol, dengan menggunakan bahan dasar durian. Untuk Anda yang menyukai durian, wajib mencoba makanan lempok durian ini.

27. Manisan Lampung

makanan khas lampung ikan

Makanan khas Lampung yang juga seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh, adalah manisan Lampung. Manisan yang satu ini dibuat dari berbagai buah-buahan, terutama papaya. Anda juga bisa menjadikan manisan ini sebagai buah tangan, dan menyimpannya dalam waktu yang lama untuk oleh-oleh.

Makanan khas Lampung memang sangat banyak, Anda dapat menemukannya dari makanan berat, camilan, minuman hingga makanan manis sekalipun. Jika berkunjung ke Lampung jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas yang ada.

Leave a Comment

error: Content is protected !!