17+ Makanan Khas Jepara (Lengkap dengan Namanya)

Selain terkenal akan keindahan alam dan berbagai lokasi wisatanya, Jepara memiliki beragam sajian makanan khas yang nikmat.

Berkunjung ke Jepara rasanya tidak akan lengkap tanpa menikmati ragam masakan dari daerah ini. Dengan demikian, untuk memudahkan langkah Anda berikut makanan khas Jepara lengkap dengan namanya sebagai menu sajian khas Jateng yang wajib di coba.

Makanan Khas Jepara Jawa tengah

1. Makanan Khas Kuluban

makanan khas jepara dan resepnya

Kebanyakan orang mengenal jika makanan salad merupakan hidangan khas dari negara bagian barat. Hal itu berbeda, karena saat ini Indonesia memiliki salad khas dari Jepara yang dinamakan Kuluban.

Ketika memakan menu makanan ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis sayuran yang masih segar. Beragam sayuran seperti petai, kacang panjang, tauge, Nangka muda, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, beberapa orang di Jepara akan menyebut kuluban sebagai hidangan urap. Meskipun sebenarnya ada hal yang membedakan dari urap dan kuluban ini. Perbedaan terletak pada Nangka muda dan tauge di dalamnya.

2. Horok-Horok Khas Jepara

makanan dan minuman khas jepara

Makanan khas Jepara enak dan unik ini berbahan dasar tepung yang dibuat dari pohon aren. Meskipun Namanya belum begitu populer di Indonesia akan tetapi rasanya bisa dijamin sangat nikmat.

Menu ini sering dijadikan sebagai pengganti nasi sebagai sajian yang sangat mengenyangkan. Bahkan, horok-horok ini bisa dijadikan sebagai pelengkap untuk menyantap makanan lain.

Biasanya, masyarakat di Jepara akan menikmati makanan ini sambil menyantap sate kikil, bakso, pecel, dan berbagai menu lainnya. Pastinya, jika Anda melewatkan kesempatan ini akan disayangkan dan menyesal.

3. Bleyik Khas Jepara

makanan khas jepara wikipedia

Bagi sebagian orang, nama makanan ini akan terdengar sangat unik dan mungkin tidak terbayang jika rasanya akan enak. Menu ini berbahan dasar teri yang memang masih mentah dengan di bumbui menggunakan garam.

Biasanya, ikan teri mentah ini akan dibuat dengan bentuk yang bulat. Bentuknya seperti sebuah bola dengan ukuran kecil yang selanjutnya di jemur kemudian dikeringkan.

Desa Karangji di Jepara menjadi lokasi yang banyak memproduksi menu makanan ini. Bahkan, makanan ini bisa dibawa pulang oleh Anda sebagai salah satu oleh-oleh khas.

4. Rondo Royal Jepara

makan makanan khas jepara

Sajian dengan bahan dasar tepung beras memang sangat banyak di Jepara salah satunya adalah Rondo Royal.

Mencari camilan khas dari berbagai daerah yang dikunjungi bisa menjadi solusi untuk membawa kenangan khas daerah tersebut. Makanan ini adalah gorengan tape yang memang dimasak dengan cara digoreng. Untuk rasa dijamin akan terasa sangat nikmat ketika dimakan.

Rasa yang diciptakan cocok bagi Anda yang tidak menyukai makanan yang biasa saja. Dengan rasa yang unik ketika manis, asam, dan asin Bersatu dari olahan tape. Bahkan, Anda juga bisa menemukannya di berbagai pasar tradisional khas Jepara.

5. Lontong Krubyuk

tempat makanan khas jepara

Sajian yang mengenyangkan memang sering dijadikan sebagai pilihan terbaik. Saat ini, Anda bisa mencoba untuk mencicipi menu lontong krubyuk ketika berkunjung ke Jepara.

Menu ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan dengan rasa yang nikmat dari lontong dan kuahnya. Untuk nama krubyuk di ambil karena memiliki jumlah atau komposisi kuah yang lumayan banyak.

Bahan pelengkap di dalam sajian ini adalah suwiran daging ayam, semur, dan potongan dagingnya. Beberapa pedagang kadang mengkreasikan bahan pelengkap lainnya. Dengan keunikan makanan ini ketika kuahnya menggunakan kuah sajian bakso.

6. Opor Panggang

gambar makanan khas jepara

Di Indonesia, menu opor memang sering menjadi andalan bagi berbagai kalangan. Tidak terkecuali bagi daerah Jawa yang memiliki menu makanan beragam dari sajian opor. Salah satunya adalah opor panggang yang berasal dari Jepara.

Tentunya cara memasaknya memang sangat unik di mana opor sebelum di goreng opornya akan di panggang terlebih dahulu. Dengan bumbu dan rempah yang nikmat.

7. Sambal Samtis

cari makanan khas jepara

Beragam makanan khas Jepara beserta Namanya memang sangat mudah untuk ditemukan. Salah satunya adalah menu sambal samtis yang memiliki bahan utama dari berbagai seafood.

Di dalamnya ada tambahan cumi dan udang bahkan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tidak perlu khawatir untuk menemukannya karena saat ini sudah tersedia sambal samtis dalam bentuk botolan.

8. Bangko Mento Jepara

sejarah makanan khas jepara

Bangko mento menjadi sajian populer untuk ragam acara perkumpulan sederhana. Resep makanan khas Jepara memang sangat sederhana bahkan bisa Anda praktikan di rumah.

Bahan utama pembuatan bangko adalah jamur kuping, santan, telur, tepung terigu, dada ayam filet, dan juga bihun. Nantinya akan di kukus dan kemudian di bungkus dengan daun pisang menggunakan bumbu lainnya.

9. Pindang Serani Khas Jepara

bumbu pindang serani khas jepara

Olahan ikan yang di pindang memang menjadi makanan khas dari Indonesia. Bahkan Pindang seruni menjadi salah satu pilihan yang wajib untuk di coba ketika Anda berada di Jepara.

Saat siang hari akan terasa nikmat untuk di santap sebagai menu yang sangat mengenyangkan. Untuk rasa sudah tidak perlu di ragukan lagi. Terutama untuk rasa manis, pedas hingga asam yang begitu terasa.

10. Singit Khas Jepara

makanan khas jepara beserta namanya

Bahan utama makanan ini adalah daging sapi yang menjadi pelengkap rasa. Berkunjung ke Jepara tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi hidangan yang satu ini.

Nantinya daging akan di masak dengan menggunakan api yang sedang. Bahkan proses memasaknya akan di masak hingga matang sempurna. Biasanya akan disadikan pada hari-hari penting seperti idul fitri.

11. Sayur Betik

sayur betik manis

Keunikan makanan ini terletak pada bahan dasar yang digunakannya. Papaya muda menjadi bahan yang penting sebagai bahan untuk membuat sayur betik terutama daging tetelannya.

Masyarakat di Jepara, sering menggunakan menu masakan ini sebagai santapan sehari-hari. Untuk membuat sayur betik pun sangat mudah dan resepnya tidak sesulit yang dibayangkan.

12. Sop Udang dari Jepara

bumbu sop udang jepara

Untuk menemukan makanan khas Jepara dan resepnya tidak pernah sesulit yang di bayangkan. Terutama dengan bahan dasarnya yang mudah di temukan.

Seperti pembuatan sop udang dari Jepara ini, dengan kuah kaldu udang yang sangat nikmat dan akan lebih baik disajikan dengan rasa yang pedas. Kuah dan udangnya memiliki rasa yang begitu menyatu dengan cita rasa yang sangat segar.

13. Es gempol

cara membuat es gempol jepara

Minuman yang dibuat dengan gempol ini memiliki tampilan yang begitu menggoda. Adonan dari gempolnya memiliki bentuk yang bulat bahkan memiliki warna yang unik.

Bahan utama pembuatan gempolnya dibuat dari tepung beras sehingga aman untuk di konsumsi. Es ini akan dibuat dengan santan dan gula kemudian ditambahkan dengan es hingga memiliki rasa yang segar.

14. Kopi Tempur

sejarah kopi tempur jepara

Berkunjung ke Jepara akan menjadi lebih lengkap ketika mencoba kopi khas dari daerahnya. Untuk mencicipi kopi, biasanya bubuk atau biji kopi yang khas ini akan dibawa dari desa tempur.

Minuman seperti ini akan cocok untuk di hidangkan ketika cuaca sedang dingin. Tentunya sangat cocok untuk dicoba ketika berkunjung ke Jepara.

15. Gudeg Suyek

gudeg suyek kabupaten jepara jawa tengah

Daerah Jawa memang terkenal akan olahan gudegnya yang khas termasuk dari Jepara. Hanya saja, nama dari gudegnya berbeda dengan jenis gudeg lainnya.

Nama gudeg suyek sebenarnya sudah sangat tekrnal di telinga wisatawan. Rasa yang asin dan gurih menjadi citarasa yang khas. Bahkan, untuk menemukan menu makanan ini pun terbilang cukup mudah.

16. Turuk Bintol Jepara

makanan khas jepara turuk bintol

Jenis makanan khas Jepara kacang ini bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh. Tidak perlu khawatir untuk menemukannya karena memang sangat banyak yang menjualnya.

Berasal dari Desa Pendosawalan kacang ini memiliki rasa yang khas. Untuk Anda yang sering mengadakan kumpul-kumpul, maka sajian ini akan sangat pas untuk dijadikan santapan Bersama.

17. Bantosan Khas Jepara

makanan khas kabupaten jepara

Nama yang unik ini memang mewakili rasanya yang sangat nikmat. Bantosan ini memiliki bahan utama dari ikan kerapu yang kemudian dihaluskan.

Nantinya akan dicampur dengan tepung beras yang kemudian di kukus. Akan sangat nikmat jika Anda sajikan Bersama dengan sambal dan lontong yang membuat Anda menjadi semakin kenyang.

Daftar makanan khas Jepara dengan Namanya di atas bisa menjadi andalan ketika Anda merasa lapar saat berada di Jepara.

Semua makanan di sana memiliki ciri khas tersendiri dan sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba untuk mencicipinya.

Dengan demikian, pilihan makanan di atas memiliki berbagai cita rasa di mulai yang manis, asin, hingga segar agar membuat perjalanan nyaman.

Leave a Comment

error: Content is protected !!