15+ Makanan Khas Purworejo, Enak Bingit!

Berlibur ke Purworejo tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya. Purworejo merupakan salah satu kota yang berada di perbatasan Jateng dan Yogyakarta.

Purworejo memiliki beragam makanan khas yang sangat enak dan wajib Anda cicipi. Lalu apa sajakah makanan khas Purworejo yang wajib Anda coba saat berada di Purworejo.

Makanan Khas Purworejo Jawa Tengah

1. Kue Lompong

makan khas purworejo

Kue lompong makanan khas Purworejo yang sangat populer karena kelezatannya. Disebut kue lompong karena kue ini terbuat dari bahan dasar tanaman lompong.

Tanaman lompong yang sudah dihaluskan dicampurkan pada adonan kue. Penggunaan tanaman lompong juga bertujuan untuk memberikan warna hitam pada kue.

Kue lompong memiliki warna yang hitam yang berasal dari tanaman lompong. Warna hitam kue lompong menjadi daya tarik yang unik dari makanan ini. selain warnanya yang unik kue ini juga terkenal karena rasanya yang sangat enak.

Kue lompong dibungkus dengan kulit jagung yang sudah kering dan bersih. Kulit jagung yang digunakan untuk pembungkus menambah cita rasa yang khas dari kue lompong.

Anda wajib mencoba kue khas Purworejo yang satu ini karena rasanya sangat manis. Selain itu Anda juga dapat menjadikan kue lompong sebagai oleh-oleh makanan khas dari Purworejo.

2. Dawet Ireng

bahan dawet ireng purworejo

Jika Anda mencari yang segar-segar di Purworejo, maka Anda wajib mencoba dawet ireng khas Purworejo. Dawet ireng sangatlah khas karena dawetnya berwarna hitam. Warna hitam dari dawet berasal dari abu jerami yang telah dibakar.

Dawet ini sangat segar jika disajikan dalam keadaan dingin. Segelas dawet ireng akan dapat menghilangkan dahaga Anda. Anda dapat menemukan dawet ireng dengan sangat mudah karena banyak tempat di Purworejo yang menjual dawet ireng.

3. Clorot

makanan khas purworejo jateng

Kuliner yang wajib Anda coba saat ada di Purworejo adalah kue clorot. Kue clorot adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kue clorot memiliki sensasi rasa kenyal, manis dan gurih yang sangat enak di lidah.

Kue ini berbentuk kerucut seperti terompet dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang masih muda. Kue clorot juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung di kota Purworejo. Hal ini karena kue ini dapat bertahan hingga 3 hari.

4. Sate Winong

resep sate winong purworejo

Sate winong adalah sate kambing khas Purworejo yang terkenal dengan kelezatannya. Secara sekilas sate winong sangat mirip dengan sate kambing pada umumnya.

Hal yang membedakan sate winong dengan sate lainnya adalah bumbu sate winong yang terbuat dari irisan cabai dan bawang merah yang dicampur dengan kecap manis.

Selain itu dalam bumbu sate ini juga ditambahkan dengan gula jawa mwerah yang akan menambah sensasi rasa sate yang lebih nikmat. Saat Anda menikmati sate winong disarankan untuk ditambahkan perasan jeruk nipis agar rasa sate winong menjadi lebih segar dan enak.

Keunikan lain dari sate winong adalah rasa rempah-rempah yang kuat dan sangat khas yang akan menggugah selera makan Anda.

5. Kue Satu

makanan khas purworejo jawa tengah

Kue satu adalah kue yang terbuat dari tepung kacang hijau sangrai. Kue ini memiliki citarasa manis yang berasal dari gula pasir yang ditambahkan dalam pembuatan kue satu.

Kue ini bisa Anda beli di pusat oleh-oleh untuk dijadikan buah tangan setelah berlibur ke Purworejo.

6. Geblek Purworejo

makanan tradisional dari purworejo

Selain wonosobo, Purworejo juga memiliki makanan khas bernama geblek. Geblek adalah makanan yang terbuat dai tepung singkong dengan bumbu bawang putih dan digoreng.

Geblek sangat enak jika Anda nikmati saat masih panas dan dicelupkan dalam saus kacang yang pedas manis.

7. Cenil Purworejo

cenil makanan khas purworejo tradisional

Cenil adalah makanan khas Purworejo yang terbuat dari pati singkong yang diberi warna-warni agar lebih menarik. Cenil Purworejo dihidangkan bersama parutan kelapa muda dan gula jawa merah cair.

8. Kupat Tahu

kupat tahu makanan khas purworejo

Kota Purworejo juga memiliki kuliner kupat tahu yang sangat berbeda dengan kupat tahu pada umumnya. Perbedaan kupat tahu ini terletak pada saus kacang yang kaya akan rempah-rempah dan rasa pedas yang pas di lidah.

Selain itu kupat tahu khas Purworejo juga disiram dengan gula jawa cair untuk menambah rasa manis pada kupat tahu. Bagi Anda yang sednag berlibur di Purworejo sebaiknya Anda menyempatkan untuk mencicipi kupat tahu khas Purworejo.

9. Jenang Krasikan

makanan khas purworejo tradisional krasikan

Jenang krasikan adalah oleh-oleh yang paling diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Purworejo. Jenang krasikan ini sangat populer karena rasanya yang sangat enak. Cara membuat jenang ini sangat mudah santan kelapa dicampur dengan gula merah.

Campuran santan dan gula merah kemudian dicampur dengan tepung beras ketan. Sebelum digunakan tepung beras ketan terlebih dahulu di sangrai. Jenang krasikan memiliki tekstur yang lunak dan agak kasar.

10. Lanting

lanting khas purworejo

Lanting adalah cemilan yang terbuat dari pati singkong. Lanting memiliki citarasa gurih dan renyah. Anda dapat menjadikan cemilan ini sebagai oleh-oleh makanan khas Purworejo.

11. Soto Khas Purworejo

makanan soto khas purworejo

Kota Purworejo juga memiliki hidangan soto yang khas dari Purworejo. Jika Anda berkunjung ke Purworejo Anda wajib mencicipi soto khas Purworejo.

Tampilan soto Purworejo sebenarnya sangat mirip dengan soto pada umumnya. perbedaannya hanyalah pada rempah-rempah yang digunakan. Soto Purworejo menggunakan rempah-rempah yang sangat banyak sehingga rasanya sangat khas rempah-rempah.

12. Kue Mendut

cara membuat geblek makanan khas purworejo

Mendut adalah jajanan khas Purworejo yang memiliki cita rasa manis legit yang unik. Kue ini terbuat dari tepung beras dengan isian kelapa parut yang dicampur dengan gula merah.

Rasa manis dan gurih dalam jajanan ini akan membuatnya terasa sangat lezat. Jajanan ini sangat cocok Anda nikmati bersama segelas teh tawar hangat.

13. Sego Koyor

makanan khas purworejo sego koyor desa

Sego koyor atau dalam bahasa Indonesia berarti nasi koyor juga merupakan salah satu makanan khas Purworejo yang sangat enak dan populer. Hidangan ini berisi lemak atau gajih sapi, koyor dan jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu yang khas.

Sego koyor memiliki sensasi rasa yang gurih kenyal yang akan menggoyang lidah Anda. Sego koyor sangat enak dinikmati dengan nasi panas dan mendoan sebagai pelengkap.

14. Sego Megono

resep sego megono khas purworejo

Kota Purworejo juga memiliki sego megono yang khas. Sego megono khas Purworejo berisi nasi dengan urap yang dicampur menjadi satu. Anda wajib mencicipi kuliner yang satu ini karena rasanya yang sangat enak dan dapat membuat Anda ketagihan.

15. Sego Penek Ngandul

makanan khas purworejo kering

Segeo penek ngandul adalah makanan legendaris dari Purworejo. Oleh karena itu Anda tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini saat Anda berada di kota Purworejo.

Sego penek berisi nasi dengan sayur nangka muda yang diolah dengan bumbu khas penuh dengan rempah-rempah.

Selain itu terdapat lauk pendamping seperti ayam goreng, tempe, telur, dan tahu bacem. Selanjutnya semua hidangan diguyur dengan kuah opor putih yang kental. Cita rasa manis gurih sangat dominan dalam hidangan ini.

16. Jangan Lombok Purworejo
Jangan lombok adalah sayuran yang berisi irisan cabai kriting hijau yang dimasak dengan kuah santan. Isian jangan lombok dapat berupa tahu maupun tempe. Rasa pedas yang khas membuat sayur ini digemari.

Leave a Comment

error: Content is protected !!