" />

Pantai Palatar Agung, salah satu Pantai di Jawa Barat yang masih jarang terekspos. Eits, tapi jangan salah. Si “Gadis” Pamotan ini menawarkan sejuta panorama unik dengan background pulau Nusakambangan yang masih jarang diketahui oleh khalayak umum.

Kondisi Pantai yang asri, masih alami dan jarang terjamah menjadi pemandangan yang eksotis. Pengunjung yang notabene adalah wisatawan lokal membuat suasana terasa makin akrab. Pantai nan anggun ini terletak berdekatan dengan Pantai Pangandaran ± 20 km dan juga Pantai Karapyak. Tepatnya di Dusun Ciawitali, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Jawa Barat.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Palatar Agung

Untuk berlibur atau sekadar mengeluarkan hormon bahagia tidak perlu tiket mahal. Cukup dengan membayar parkir di Pantai Palatar Agung ini, anda sudah dapat menikmati suasana damai ditemani debur ombak di bawah langit biru. Jika ingin beristirahat, cukup dengan membayar penginapan di sekitar daerah setempat.

Daya Tarik Pantai Palatar Agung

Pantai Palatar Agung memiliki daya tarik khas yang membedakan dengan beberapa pantai lain. Tidak salah jika pantai ini menjadi salah satu check list tujuan wisata Anda.

1. Tempat Memancing

Memancing di Pantai Palatar Agung

Punya hobi memancing, tidak perlu takut boring. Kapan lagi bisa menikmati pemandangan yang luar biasa sembari menekuni hobi. Pantai Palatar Agung menyajikan keduanya untuk anda. Sekali dayung dua pulau terlampaui bukan?

2. Panorama Pantai yang Khas

Panorama Khas Pantai Palatar Agung

Panorama unik siap memanjakan mata para wisatawan. Laut biru terhampar sejauh mata memandang dengan latar belakang Pulau Nusawere dan Nusakambangan. Muara sungai Citanduy tempat para nelayan melakukan berbagai aktivitas, deretan pohon mangrove, hamparan sawah yang tak kalah mempesona pun menjadi daya tarik khas Pantai ini.

3. Pesta Laut

Pesta Laut Pantai Palatar Agung

Pesta laut atau disebut pula sebagai hajat laut merupakan perhelatan tahunan yang dilakukan pada bulan Muharram. Acara ini bertujuan mengungkapkan rasa syukur para nelayan terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas keselamatan dan rezeki yang telah dilimpahkan dalam setahun ini.

Selain adanya sesajen berupa kepala kambing dan kepala kerbau dengan iringan doa dari masyarakat setempat, hiasan perahu nelayan juga mewarnai perayaan tahunan ini. Sejumlah kejuaraan seperti tangkap bebek, balap penyu, dan juga panjat pinang menambah semarak acara hajat laut.

Tak lupa pula tarian tradisional dan kesenian lain Jawa Barat turut menjadikan acara ini semakin mempesona. Sebuah pemandangan langka yang sayang untuk dilewatkan para wisatawan dan tentu akan sangat menyenangkan bila bersama orang terdekat bukan?

4. Sunset yang memukau

Sunset Pantai Palatar Agung

Fenomena matahari terbenam tetap menjadi salah satu spot panorama paling ditunggu. Terlebih dengan latar belakang perahu bersandar di salah satu sudut Pantai, sayang sekali bila dilewatkan untuk mengambil gambar siluet sunset cantik di Pantai ini.

Baca Juga Pantai Pasir Beusi : Wisata Low Budget di Jawa Barat!

5. Hidangan laut

Hidangan Laut Pantai Palatar Agung

Tidak perlu khawatir kelaparan di Pantai. Beragam jenis ikan bakar dan aneka boga bahari siap menjadi pemadam kelaparan bagi Anda dan keluarga. Duduk santai menikmati siluet sunset sembari menikmati hidangan laut, indah bukan?

6. Private Beach

Private Beach Pantai Palatar Agung

Pantai yang masih asri dan masih jarang terjamah membuat Anda dan keluarga seperti berada di private beach. Tempat yang tepat bukan untuk quality time?

7. Berkemah di Pantai

Berkemah di Pantai Palatar Agung

Bermalam di Pantai menggunakan tenda sepertinya hal yang menyenangkan. Menikmati hembusan angin laut malam sembari melantunkan lagu kesukaan menjadi solusi jika bosan beristirahat di dalam ruangan. Selain itu, anda juga dapat merasakan kesunyian yang bersahabat dan melepas kepenatan akibat aktivitas sehari-hari yang membosankan.

8. Landscape Foto

Foto Landscape Pantai Palatar Agung

Pemandangan Pantai eksotis dengan keunikan yang mempesona siap memanjakan para penggiat fotografi. Hunting foto landscape menakjubkan menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Palatar Agung.

9. Oleh-oleh Ikan

Oleh Oleh Ikan Pantai Palatar Agung

Pantai Palatar Agung identik dengan aktivitas nelayan di muara sungai. Maka tidak ada salahnya setelah berlibur Anda menyempatkan untuk membeli oleh-oleh berupa ikan untuk keluarga atau kerabat Anda di kota.

Baca Juga : Pantai Solok Timun Pangandaran, Virgin Beach yang Wajib Dikunjungi !

Fasilitas Pantai Palatar Agung

Jarak yang dekat dengan Pulau Nusakambangan menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan. Jika ingin berkeliling di area Pantai Palatar Agung hingga area Pulau Nusakambangan dapat memanfaatkan ojek perahu yang ada. Di Pantai Palatar Agung juga tersedia warung-warung kecil untuk sekadar membeli minuman ringan dan melepaskan dahaga.

Akses dan Rute Pantai Palatar Agung

Pantai Palatar Agung terletak berdekatan dengan Pantai Karapyak dan Pantai Pangandaran yang sudah terkenal lebih dulu;

  1. Dari Pantai Pangandaran menuju Pantai Platar Agung sekitar 19,2 km dengan waktu tempuh 37 menit. Rute yang ditempuh melalui Jl. Raya Banjar ke arah timur laut menuju Raya Pangandaran. Di bundaran, terus lurus ke arah Jl. Raya Banjar-Pangandaran hingga menuju Jl. Palatar Agung
  2. Dari Rest Area Emplak, Anda dapat berbelok menuju Pantai Karapyak. Pantai karapyak tersebut terletak disebelah barat Pantai Palatar Agung
  3. Pantai ini terletak di Kecamatan Kalipucang. Jika Anda lebih memilih melewati Kalipucang maka dari simpang Kalipucang, Anda dapat memilih menuju ke Pelabuhan Majingklak. Dari sini, Anda enaiki perahu dan melewati sisi Pulau Nusakambangan.

Belum ada petunjuk jalan menuju Pantai eksotis ini. Namun, kecanggihan teknologi saat ini sudah dapat dimanfaatkan. Bertanya kepada masyarakat sekitar untuk mencapai lokasi tersebut juga dapat menjadi pilihan sehingga dapat menikmati panorama indah Pantai Palatar Agung

Akses menuju Pantai indah ini masih tergolong baik. Meskipun terbilang sempit, saat ini sudah tersedia rute bagi mobil jika ingin beramai-ramai menuju Pantai Palatar Agung. Peningkatan infrastruktur yang dilakukan secara bertahap akan membuat daya tarik Pantai ini semakin mengudara dan terkenal di mata para wisatawan

Peta Menuju Pantai Palatar Agung (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Palatar Agung

Jika ingin bermalam atau beristirahat, Di sekitar Pantai Palatar Agung tersedia beberapa penginapan. Berikut beberapa tempat yang dapat Anda pertimbangkan

  1. Karapyak Pondok Wisata
  2. Panghegar Pondok
  3. Pondok Wisata Panineungan
  4. Laut Biru Resort Hotel
  5. Pantai Indah Resort dan Hotel PANGANDARAN
  6. Hotel Grand Mutiai
  7. Baru Nyari
  8. Layung 2 Pondok Wisata
  9. Panghegar Pondok
  10. WN Sinar Bahari
  11. Pondok Wisata Panineungan
  12. Hotel Horispn Palma Pangandaran

Tips Berwisata ke Pantai Palatar Agung

  1. Pastikan semua kelengkapan berlibur telah siap sehingga Anda dapat sepenuhnya Quality time bersama keluarga atau orang tersayang atau sekadar menikmati me time.
  2. Bawalah alat pancing untuk menikmati keindahan Pantai dengan background Pulau Nusakambangan sembari menekuni hobi memancing Anda.
  3. Untuk menghindari penuhnya hotel, Anda dapat memesan hotel jauh-jauh hari jika ingin bermalam.
  4. Tentukan waktu berlibur dengan sebaik mungkin. Jangan sampai menggangu aktivitas Anda, pun sebaliknya. Dengan demikian, berlibur akan lebih nyaman.
  5. Hal penting lain yang perlu diperhatikan ialah budget. Persiapkan sedini mungkin agar budget dapat mencukupi untuk liburan Anda.
  6. Bawalah sunscreen atau pelindung kulit dari sinar matahari agar anda dapat duduk santai sembari menunggu panorama sunset tanpa takut akan sengatan sinar matahari.
  7. Satu hal yang tak kalah penting untuk dibawa ialah kamera untuk mengabadikan momen indah ini bersama keluarga atau orang terdekat Anda.