" />

Jikalau Anda memiliki keinginan berpergian ke pantai yang mana dapat menyajikan pemandangan indahnya biru Samudera Hindia, Pantai Lembah Putri di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat merupakan destinasi yang sangat tepat untuk memenuhi keinginan Anda tersebut.

Pantai Lembah Putri Pangandaran, meski sudah hampir saja terlupakan, tetapi pantai ini menawarkan banyak sekali daya tarik, yang mana tidak akan ditemukan di objek wisata lain. Pantai ini terletak di dusun Lembah Putri, Desa Putapinggan, Kecamatan Kalipucung. Tepatnya di antara Pantai Pangandaran dan Pantai Karang Nini, yang mana berjarak 13 kilometer sebelum jika dari Pantai Pangandaran dan berjarak 5 kilometer sesudah dari Pantai Karang Nini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Lembah Putri

Pantai ini buka setiap hari dan sangat terbuka umum bagi para pengunjung yang ingin berwisata ke daerah ini. Anda dapat menikmati sejuta keindahan dari Pantai Lembah Putri hanya dengan uang sebesar Rp. 10.000,00 per satuan orangnya. Parkir kendaraan ber-roda dua dikenakan sebesar Rp 2.000,00, sedangkan kendaraan ber-roda empat sebesar Rp. 5.000,00. Murah, bukan?

Daya Tarik Pantai Lembah Putri

1. Tembok Cina Look-A like

Tembok Cina Pantai Lembah Putri

Daya tarik yang satu ini bisa jadi tidak dapat ditemukan di daerah lain. Di Pantai Lembah Putri ini terdapat suatu miniatur Tembok Cina, berupa batualam dengan tinggi mencapai 1 meter dan berwarna hitam legam kecoklatan dengan berundak-undak, yang mana jarak daripada undakan tersebut sangat lebar. Dengan letaknya yang berada di atas bukit, menjadikannya suatu trademark yang sangat eye-catching di daerah ini.

2. Goa Ronggeng

Goa Ronggeng Pantai Lembah Putri

Goa ini berada di Pantai Lembah Putri, dinamakan demikian karena dari cerita masyrakat setempat apabila malam hari telah tiba, akan mendengar suara yang menyerupai musik gamelan, konon berkaitan dengan cerita pementasan kesenian Ronggeng oleh Dewi Rengganis pada daerah ini.

3. Spot Pemandangan dan Foto Terbaik

Spot Foto di Pantai Lembah Putri

Terdapat sebuah pendopo yang dapat dijadikan sebagai tempat berteduh, yang mana beratapkan beton dengan ukuran luas 100 m2. Dimana jikalau kita naik ke atas pendopo tersebut dapat menyaksikan pemandangan Samudera Hindia yang sangat menakjubkan.

Dari atas bukit, kita dapat menyaksikan pemandangan indahnya warna biru Laut Selatan Jawa dengan deburan ombak yang ciamik bergulung-gulung bagaikan saling melahap satu sama lain. Selain itu, kawasan-kawasan yang berada di Pangandaran pun dapat teramati, seperti Cagar Alam Penanjung, Pangandaran Waterpark, Pulau Nusakambangan, serta hutan jati yang rimbun.

Spot-spot ini jika Anda tidak jepret pastinya akan menjadi penyesalan terbesar bagi Anda nantinya. Jadi, jangan lupa siapkan kamera Anda! Spot-spot di sini tentunya sangat instragrammable untuk memenuhi kebutuhan hasil jepretan ciamik sosial media bagi kawula muda,

4. Privacy

Privasi Pantai Lembah Putri

Untuk kalian yang membenci tempat ramai dan merasa terganggu ataupun tidak dapat menikmati suasana apabila tempat dalam keadaan penuh. Pantai ini merupakan destinasi yang sangat cocok. Tidak banyak pengunjung yang berpergian ke daerah ini, sehingga Anda akan merasakan seperti pantai ini milik sendiri, ditambah keasrian dari pantai ini otomatis sangat terjaga.

5. Tempat Berpetualang

Tempat Berpetualang Pantai Lembah Putri

Jalan menuju lokasi ditumbuhi pepohonan-pepohonan yang rindang. Jadi, sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi trekking berpetualang sambil menikmati segarnya udara alam.

Baca Juga : Pantai Muaragatah : Pantai Indah, Sederhana, dan Hemat Dompet!

Fasilitas di Pantai Lembah Putri

Untuk fasilitas yang terdapat pada pantai ini telah dikelola dengan baik demi kenyamanan pengunjung yang datang. Di pantai ini telah disediakan area lahan parkir yang lapang dengan keamanan yang sudah pastinya terjamin. Tedapat juga toilet serta mushola dengan kebersihan yang dapat diacungkan jempol.

Ditambah lagi, ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman untuk mengenyangkan perut Anda dan melepaskan dahaga. Jikalau Anda ingin berliburan cukup lama di sini, jangan khawatir! Di sini sudah ada beberapa cottage sebagai penginapan nyenyak untuk Anda.

Akses dan Rute Menuju Pantai Lembah Putri

Untuk akses pencapaian ke Pantai Lembah Putri terbilang tidak terlalu mudah dikarenakan jalannya yang menanjak dan berkelok, sehingga pengunjung harus berhati-hati lebih, serta menggunakan kendaran dalam kondisi yang baik. Selain itu, pengunjung juga harus berjalan kaki. Pengunjung akan menuruni perbukitan yang mana melewati jalan selebar 5 meter dengan diapit tembok setinggi 1 meter.

Pantai yang terletak di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini dapat ditempuh dari Pantai Pangandaran dengan jarak sekitar 5 kilometer yang mana akan melewati Jalan Raya Pangandaran dan jalanan berkelok yang menurun. Dengan transportasi darat seperti kendaraan pribadi, baik ber-roda dua maupun empat, serta kendaraan umum untuk mencapai ke lokasi hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Jika Anda bertempat tinggal di Jakarta, dan ingin berkungjung ke Pantai ini. Rute yang dapat Anda ambil yaitu melalui Bandung dan Tasikmalaya. Kemudian dilanjutkan dengan tujuan Ciamis dan Banjar, dan akhirnya Anda akan sampai di Putapinggan. Untuk pengaksesan ke lokasi itu mudah, karena dari pinggir jalan utama saja sudah terlihat pintu masuk pantainya,

Peta Lokasi Pantai Lembah Putri (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Lembah Putri

1. Lembah Putri Beach
2. Rose Inn
3. Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran
4. The Arwana Hotel
5. Horison Palma Pangandaran
6. Surya Pesona Beach Hotel

Tips Berwisata ke Pantai Lembah Putri

  1. Dikarenakan akses jalan ke pantai berkelok-kelok serta tanjakan dan turunan curam, maka kondisi kendaraan anda harus disiapkan seprima mungkin
  2. Siapkan kamera untuk memotret beribu keindahan yang disajikan pantai ini
  3. Pakai sunblock dengan SPF jangan sampai kurang dari 30! Apply setiap 3 jam sekali untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV.
  4. Janganlah membuang sampah sembarangan demi terawatnya keindahan pantai
  5. Jaga harta benda yang Anda bawa