" />

Siapa yang tak kenal kabupaten Pangandaran? Ya, seperti yang kita semua ketahui bahwa Pangandaran sangat terkenal karena pantainya. Untuk menikmati keindahan pantai di Pangandaran tidak akan cukup apabila hanya sehari, dikarenakan banyaknya pantai pada daerah tersebut dengan ciri khas serta pesonanya tersendiri. Misalnya saja Pantai Muaragatah.

Pantai Muaragatah, terletak di pinggir jalan Pangandaran – Tasikmalaya, tepatnya di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, merupakan salah satu pantai dekat dengan Pangandaran yang menampilkan kemolekan dirinya. Pantai ini terletak di wilayah Tasikmalaya Selatan dan cukup jauh apabila ditempuh dari pusat kabupaten Pangandaran.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Muaragatah

Untuk harga tiket masuk Pantai Muaragatah tidak dipungut biaya. Yang terpenting pengunjung harus selalu bisa menjaga kebersihan pantai tersebut. Pantai ini terbuka secara umum setiap harinya.

Daya Tarik Pantai Muaragatah

1. Batu Karang Indah Nan Elok

Batu Karang Indah di Pantai Muaragatah

Kenampakan yang ditampilkan oleh perpaduan dari perbukitan serta batu karang yang menjulang tinggi memberikan pemandangan indah mempesona bagi para pengunjung pantai di sini. Hamparan batu karang tersebar di sepanjang garis pantai yang memberikan kesan unik bagi pantai ini tersendiri.

Dari atas bukit tersebut, kita dapat menyaksikan indahnya pemandangan laut bebas dengan deburan ombak yang mengikis bebatuan daerah tersebut, ditambah dengan suara serta aroma laut yang menyejukkan suasana.

2. Ikan Hias di Batu Karang Pantai Muaragatah

Banyak sekali wisatawan yang memiliki kesenangan akan ikan hias berkunjung ke sini. Di Pantai Muaragetah ini Anda dapat menemukan ikan hias yang terperangkap dalam jumlah cukup banyak pada sisi-sisi Batu Karang. Sangat indah dan lucu, bukan?

3. Spot Sunset

Sunset dari Pantai Muaragatah

Sajian sunset yang indah nan memukau di Pantai Muaragatah ini dapat Anda nikmati dengan syahdu. Ditambah lagi sambil berjalan santai bersama orang terkasih pastinya akan makin menghidupkan suasana!

4. Spot Memancing

Spot untuk memancing di daerah Muaragatah ditemukan tepatnya di dekat jembatan Muaragatah. Dimana spot ini berupa sungai yang terhubung secara langsung ke laut. Kita dapat memancing dengan nyaman sambil melihat pemandangan pantai secara langsung dari sini.

5. Masih Belum Terjamah Banyak Orang

Pantai Muaragatah Belum Terjamah

Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang mengidamkan private-life beach. Kondisi alam di pantai ini masih sangat terjaga dan menampilkan sejuta keindahan alam yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata Anda dengan teman ataupun keluaraga.

6. Curug Ciung

Dengan ketinggian yang hanya sekitar 10 meter namun curug ini dapat menampikan bentangalam yang eksotis, ditambah lagi batuan yang tersebar di daerah tersebut berstuktur sangat bagus. Daerah ini sangat cocok apabila Anda ingin berpetualang dan bercamping dikarenakan medan yang cukup menantang, berisi jalan terjal nan berbukit, namun semua itu akan terbayarkan setelah melihat keindahan Curug Ciung ini.

7. Pacuan Kuda

Terdapat arena olahraga Pacuan Kuda dimana sebagai tempat ajang lomba berkuda skala nasional. Hanya dibutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Ibukota Kecamatan Cimerak untuk mencapai lokasi ini.

8. Goa Bagong

Goa Bagong di Dekat Pantai Muaragatah

Terdapat sebuah goa alam yang menampilkan kenampakan khas berupa stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara bagus dan jelas. Goa ini memiliki panjang sekitar 60 meter yang mana nantinya pula akan menembus goa yang lain, yaitu Goa Kolor.

Pencapaian ke lokasi melalui jalanan aspal yang berlubang, serta terdapat jalan batu yang tidak beraspal. Ditambah lagi, penunjuk jalan menuju goa ini masih seadanya saja. Namun demikian, Anda akan dibuat takjub oleh keadaan goa yang indah dan memukau.

Fasilitas di Pantai Muaragatah

Untuk fasilitas umum, belum cukup terkelola dengan baik di pantai ini. Penunjuk jalan, WC umum, serta pusat informasi masih belum tersedia sebagai sarana pendukung wisata di pantai ini. Namun, sudah terdapat lahan lapang sebagai tempat untuk area parkir kendaraan baik roda dua maupun empat. Pantai ini masih sangat terjaga keasrian dan kealamiannya, dikarenakan tidak terlalu banyak orang yang berkunjung ke sini, jadi pantai di sini bebas akan sampah.

Anda dapat berkemah di pantai ini dengan menyewa tenda seharga 40 ribu rupiah di tempat penjualan perlengkapan outdoor yang ada di jalan sekitar menuju lokasi pantai. Namun, jika Anda ingin berwisata lebih lama, penginapan di daerah Batu Keras dapat Anda jadikan sebagai penginapan nyaman Anda.

Untuk bekal makanan dan minuman, disarankan Anda telah membawa bekal pokok yang cukup. Dikarenakan di sekitar pantai hanya tersedia makanan dan minuman ringan yang dapat Anda beli di warung-warung kecil sekitar.

Akses dan Rute Menuju Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah berlokasi di Kecamatan Cimerak, di dekat perbatasan antara kabupaten Pangandaran dengan Kabupatern Tasikmalaya. Untuk urutan tempatnya, pantai ini berada setelah Ciparanti namun sebelum Cimanuk.

Untuk akses menuju lokasi pantai terbilang cukup baik. Namun demikian, pengunjung akan melewati tempat pelelangan ikan, karena mayoritas warga sekitar berprofesi sebagai nelayan. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini dari Pantai Pangandaran dengan kendaraan baik roda dua maupun empat yaitu kurang lebih sekitar satu jam perjalanan.

Pantai ini dapat ditempuh dengan cara menelusuri Lintas Selatan, yaitu jalan memanjang dari Pangandaran hingga Sukabumi. Opsi lainnya yaitu dari Pantai Madasari, dimana pantai ini dapat dibilang segaris dengan Pantai madasari. Dari Pantai Madasari, kamu hanya perlu menelusuri jalan utama menuju arah Barat sampai sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit, kemudian untuk letak keberadaan lanjutnya Anda dapat bertanya kepada warga lokal di sana.

Peta Menuju Pantai Muaragatah (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Muaragatah

1. Frii Hotel
2. Aston Denpasar Hotel & Convention Center
3. Bali Bungalo
4. Serela Hotel
5. Restu Bali Hotel
6. Best Western Kuta Beach
7. Bali Summer Hotel
8. Amaris Hotel Kuta
9. Hotel Lusa
10. Amaris Hotel Legian Bali

Tips Berwisata ke Pantai Muaragatah

1. Agar liburan lebih nyaman dan menyenangkan, tentukan waktu berpergian anda dengan tepat.
2. Selain itu, sediakan budget yang cukup untuk liburan.
3. Perhatikan keselamatan ketika ingin berenang di Pantai karena terkadang ombak di pantai ini kurang bersahabat.