" />

Wisata pantai memang tidak ada habisnya untuk dinikmati para pengunjung, keindahan alamnya yang mempesona menyihir siapa saya yang memandangnya. Apalagi jika pantai memfasilitasi para pengunjung secara lengkap akan menambah banyak para pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan berbagai keseruan. Salah satu pantai yang mempunyai panorama mempesona dengan fasilitas lengkap adalah pantai Karang Tirta di Pangandaran.

Jarak tempuh pantai ini dari pantai pangandaran kira-kira sekitar 8 KM di bagian selatan pangandaran. Tepatnya dengan posisi kiri jalan raya Pangandaran menuju Cijulang Desa Sukaresik Sidamulih Kabupaten Pangandaran, jelasnya menuju Pantai Batu Hiu ke arah sebelah kiri. Yang membuat pantai Karang Tirta ini spesial dari pantai lannya karena letaknya di Selatan Kota pangandaran.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Karang Tirta

Jika Anda ingin berwisata di pantai Karang Tirta Pangandaran ini, Untuk memasuki kawasan pantai Karang Tirta pengunjung dapat merogoh kocek yang relatif terjangkau yaitu Rp.3000,00 / orang, Rp. 6000,00/motor, untuk kendaraan pribadi yaitu Rp. 30.000,00 sedangkan kendaraan umum seperti bis besar sekitaran Rp. 60.000. Dengan budget segitu Anda sudah dapat menikmati keindahan alam pantai dengan segala fasilitasnya.

Baca JugaMengunjungi Pantai Pananjung Pangandaran ? Kenapa Tidak !

Daya Tarik Pantai Karang Tirta

1. Suasana lautnya yang tenang

Laut Tenang Pantai Karang Tirta

Wisata di pantai Pangandaran termasuk salah satu pantai yang mempunyai arus pantai yang tenang sehingga Anda dapat menikmati keindahan panorama laut dengan syahdu. Karena airnya yang tenang sehingga aman jika ingin berenang di sini untuk menjadikan liburan Anda lebih seru dan asik.

2. Tempat mencari ikan

Mancing di Pantai Karang Tirta

Di area pantai ada tempat untuk menjala atau memancing ikan sehingga pengunjung dapat membawa hasil tangkapannya sebagai oleh-oleh di rumah. Selain ikan Anda juga bisa menangkap kerang, umang, kepiting rajungan dan jenis hewan laut lainnya.

3. Bermain dengan perahu

Main Perahu di Pantai Karang Tirta

Karena aliran airnya yang tenang membuat pantai ini terdapat persewaan perahu. Anda bisa menikmati pesona keindahan laut dengan berlayar dengan perahu. Apalagi jika tiba saatnya matahari terbit dan terbenam suasana berlayar akan semakin syahdu ditemani semilir angin dan suasana yang syahdu.

4. Camping/kemah

Camping di Pantai Karang Tirta

Berkemah di pantai Karang Tirta merupakan hal yang sayang jika Anda lewatkan. Jika Anda berencana berlibur dalam beberapa hari tidak ada salahnya jika mencoba mendirikan tenda kemah di pinggiran pantai. Sambil menikmati suasana malah hari dengan hangatnya api unggun, bakar ikan hasil tangkapan dan menikmati bintang-bintang yang berkelipan di malam hari.

Baca Juga Pantai Pangelek : Hidden Paradise di Pangandaran yang Cool Abis!

5. Wisata budaya pembuatan wayang golek

Pembuatan Wayang di Pantai Karang Tirta

Selain berwisata alam, pantai Karang Tirta juga dijadikan wisata budaya yaitu Anda dapat melihat pembuatan wayang golek.

6. Wisata agro membuat gula dari kelapa

Wisata Agro Pantai Karang Tirta

Selain berwisata alam dengan menikmati panorama keindahan alam pantainnya Anda juga dapat berwisata agro yaitu dengan membuat gula langsung dari kelapannya.

Fasilitas di Pantai Karang Tirta

Di pantai ini Anda tidak hanya menikmati keindahan pantai tetapi juga ada hutan kecil di sepanjang pantai yang biasa disebut Lauweung Nusa. Di hutan tersebut terdapat berbagai tanaman yang dari dahulu sudah tumbuh disana. Pantai ini sangat cocok dijadikan area out bond karena dikelilingi oleh sungai, delta, sawah, muara, hutan dan lain sebagainnya.

Pantai Karang tirta di Pangandaran ini termasuk dalam kategori yang mempunyai banyak fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung seperti menaiki perahu, berenang di pinggir pantai, mencari ikan dengan memancing atau jala, berkemah di sepanjang pantai, wisata argo yaitu membuat gula kelapa, membuat opak Cipari, mempelajari tarian ronggeng dan wisata budaya wayag golek.

Akses dan Rute Menuju Pantai Karang Tirta

Jarak tempuh pantai ini dari pantai pangandaran kira-kira sekitar 8 KM di bagian selatan pangandaran. Tepatnya dengan posisi kiri jalan raya Pangandaran menuju Cijulang Desa Sukaresik Sidamulih Kabupaten Pangandaran, jelasnya menuju Pantai Batu Hiu ke arah sebelah kiri. Yang membuat pantai Karang Tirta ini spesial dari pantai lannya karena letaknya di Selatan Kota pangandaran.

Peta Menuju Pantai Karang Tirta (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Karang Tirta

  1. Adam’s Homestay : Jl. Pamugaran. Telf : (0265) 639164
  2. Adem Ayem : Jl. Hanjatan Pantai Timur Pangandaran. Telf : (0265) 639021
  3. Aquarium : Jl. Pantai Barat No. 87 Pangandaran. Telf : (0265) 639088
  4. Badeto Ratu : Jl. Pantai Barat Pangandaran. Telf : (0265) 639024
  5. Bamboo House : Jl. Pamugaran. Telf : (0265) 639419
  6. Citra 1 : Jl.Pantai Barat-Bulak Laut-Pangandaran. Telf : (0265) 630822
  7. Firman Jaya : Jl. Kalen Buaya – Pangandaran. Telf : (0265)
  8. Hotel Bumi Nusatara : Jl. Kalen Buaya Pangandaran. Telf : (0265) 639032
  9. Hotel Century : Jl.Pantai Barat-Bulak Laut-Pangandaran. Telf : (0265) 639171
  10. Hotel Fortuna: Jl. Kalen Buaya No. 17A. Telf : (0265) 630360
  11. Hotel Grand Mutiara : Jl. Pamugaran No. 14. Telf : (0265) 630693
  12. Hotel Malabar : Jl. Pamugaran No. 128. Telf : (0265) 639969
  13. Holiday Beach : Jl. Bulak Laut No. 50. Telf : (0265) 639285
  14. Bungalow Hikmat Jaya : Jl. Kalen Buaya Pangandaran. Telf : (0265)
  15. JavaCove Beach Hotel : Batu Karas. Telf : (0265) 7082020
  16. Krisna Beach Hotel : Jl.Pantai Barat No. 21 Pangandaran. Telf : (0265) 639100
  17. Laut Biru Resort Hotel : Jl. E. Jaga Lautan No. 17 – 18. Telf : (0265) 639360
  18. Nyiur Indah I: Pantai Barat Pananjung No. 46. Telf : (0265) 639053
  19. Nyiur Indah II : Jl. Bulak Laut No. 53. Telf : (0265) 328372
  20. Mini Tiga : Jl. Pamugaran. Telf : (0265) 639436

Tips Berwisata di Pantai Karang Tirta

  1. Sebelum memutuskan akan berwisata carilah berbagai informasi tentang wisata tujuan yang anda minati, kumpulkan segala informasi.
  2. Jika Anda akan berwisata dengan keluarga atau teman-teman rencakanakan perjalanan wisata matang-matang dengan segala persiapannya.
  3. Persiapkan budget dengan cukup karena di tempat wisata godaan belanja sangatlah besar
  4. Bawalah barang-barang secukupnya jangan membawa perhiasan atau uang tunai berlebihan karena menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan dan lain-lain.
  5. Jangan lupa membawa kamera fotografi yang bagus untuk mengambil spot-spot yang bagus di tempat wisata
  6. Cari informasi bahwa tempat wisata yang dituju sudah benar-benar aman untuk dikunjungi, baik itu aman dari bencana maupun pencopet.
  7. Pastikan sebelum bepergian rumah aman baik isi seperti barang dan surat-surat berharga, kompor dimatikan, kran dimatikan, kalau perlu titipkan rumah pada orang terdekat yang dapat diperaya.
  8. Bawa obat-obatan yang perlu dibawa yang kemungkinan tidak terdapat di area tempat wisata apalagi jika Anda menderita sakit tertentu hal ini sangatlah penting.
  9. Cari informasi tentang hotel atau penginapan terdekat yang aman dan nyaman jika Anda ingin berwisata dalam beberapa hari.
  10. Carilah agen wisata yang sudah terpercaya jika anda ingin memakai jasa agen.