" />

Pantai Bojong Salawe merupakan pantai yang sangat indah dengan berbagai panorama yang dimilikinya. Pantai ini tidak hanya menyajikan hamparan pasir dengan yang berpadu dengan deburan ombak yang luar biasa, tetapi juga memanjakan bagi para pemancing yang ingin memancing dengan menikmati panorama pantai yang sangat indah mempesona.

Pantai nan indah mempesona ini terletak di Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Letak pantai ini memiliki akses yang mudah. Pantai ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan pusat Kota Pangandaran, yaitu hanya berjarak sekitar 18 kilometer dan ditempuh selama setengah jam perjalanan. Untuk menuju ke pantai ini juga bisa melalui rute Pantai Batuhiu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Salawe

Untuk menikmati keindahan pantai yang eksotis dan mempesona, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Hal itu dikarenakan pantai ini tidak memungut tiket masuk untuk pengunjung. Anda hanya perlu membayar biaya parkir dan biaya penginapan apabila Anda ingin beristirahat seraya menikmati deburan ombak dan siluet sunset.

Daya Tarik Pantai Bojong Salawe

Bojong Salawe merupakan pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Daya tarik yang disajikan pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lain, namun tetap menampilkan keindahan pantai yang indah dan eksotis. Maka dari itu, Anda dapat menjadikan pantai ini sebagai tujuan terbaik apabila Anda ingin mengunjungi pantai yang unik dan eksotis.\

Baca Juga Pantai Madasari, Surganya Pemburu Pantai Eksotis Hits Abis !

1. Tempat Memancing

Memancing di Pantai Bojong Salawe

Apabila Anda memiliki hobi memancing sambil menikmati panorama alam yang luar biasa. Maka, Pantai Bojong Salawe adalah satu-satunya pilihan yang tepat. Di pantai ini disediakan spot khusus bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Anda dapat memancing seraya menikmati keindahan muara dengan background bagian belakang Bandara Nusawiru.

2. Pacuan Kuda

Pacuan Kuda Pantai Bojong Salawe

Salah satu daya tarik yang disajikan pantai ini adalah pacuan kuda. Tidak banyak pantai yang menyediakan spot khusus untuk pacuan kuda. Akan tetapi, pantai ini memiliki spot unik tersebut. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki lokasi yang tidak jauh dari area pacuan kuda.

Setelah Hari Raya Idul Fitri area pacuan kuda tersebut menjadi daya tarik yang memikat banyak pengunjung. Karena biasanya akan diadakan acara balap kuda di area tersebut. Kuda-kuda yang diikutsertakan juga cukup banyak, yaitu seluruh kuda dari Jawa Barat. Tak hanya seusai lebaran, acara balap kuda tersebut juga terkadang diadakan saat liburan panjang telah tiba.

3. Panorama Pantai yang Unik

Panorama Pantai Bojong Salawe

Pantai ini memiliki keindahan pantai yang unik. Selain disediakannya tempat memancing dan pacuan kuda, salah satu hal yang menjadi keunikan pantai ini adalah letak yang sangat unik. Pantai ini merupakan daratan penyambung antar obyek wisata, yaitu obyek wisata Batu Hiu dan obyek wisata Batu Karas yang dipisahkan oleh muara Sungai Bojong Salawe.

Pantai ini juga memperlihatkan hamparan perkebunan kelapa di sepanjang pesisir pantai. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dan berbeda dari pantai-pantai lain. Karena pada umumnya di pesisir pantai ditanami mangrove untuk mencegah abrasi atau bahkan tidak ditanami tanaman sama sekali.

4. Batu Karang di sepanjang Pantai

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang mengharuskan untuk menyelam ke dalam laut apabila ingin melihat keindahan batu karang, di pantai ini Anda tidak perlu repot-repot untuk menyelam. Karena di sepanjang pesisir pantai berjajar ratusan batu karang dengan berbagai bentuk yang sangat indah. Batu karang tersebut selayaknya mutiara yang menghiasi bibir pantai. Hal ini tentu dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melihat batu karang indah namun takut untuk menyelam.

5. Sunset di Dermaga

Sunset di Pantai Bojong Salawe

Setelah Pangandaran terpisah dari Ciamis, Bojong Salawe dibangun pelabuhan. Maka tak heran apabila banyak terdapat kapal di pantai ini. Di pantai tersebut juga terdapat dermaga panjang dari bibir pantai hingga pinggiran laut. Anda dapat mengambil foto siluet tubuh Anda dengan pancaran temaram sinar jingga berlatar dermaga dan pantai. Panorama eksotis tersebut sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Fasilitas di Pantai Bojong Salawe

Hampir sama seperti pantai-pantai lain, pantai ini juga memiliki fasilitas. Fasilitas yang terdapat di pantai ini diantaranya toilet, musholla, tempat parkir, tempat memancing, tempat pacuan kuda, dan beberapa spot foto yang menarik. Tempat wisata ini juga memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Pangandaran, yaitu sekitar 18 kilometer.

Anda tidak perlu repot apabila ingin mengunjungi pantai ini, karena di sekitar pantai ini terdapat beberapa hotel resort, diantaranya Shane Josa Resort, Sunrise Resort Batukaras, dan Riversider Batukaras. Di dekat pantai juga disediakan Tempat Pelelangan Ikan yang menjual berbagai macam seafood dengan harga yang lebih terjangkau.

Akses dan Rute Menuju Pantai Salawe

Anda tidak perlu melalui jalanan yang terjal untuk menikmati keindahan pantai ini. Karena pantai ini memiliki lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Pangandaran, maka pantai ini memiliki akses yang mudah dijangkau oleh pengunjung. Bahkan, sudah terdapat kendaraan umum seperti bus yang langsung menuju ke lokasi ini.

Pantai ini memiliki letak yang berjajar dengan beberapa obyek wisata di sekitarnya, seperti obyek wisata Batu Hiu dan obyek wisata Batu Karas. Kedua obyek wisata tersebut hanya dipisahkan oleh muara Sungai Bojong Salawe.

Apabila Anda sedang berada di Jakarta, tak usah risau mencari transportasi umum menuju ke Pantai Bojong Salawe. Anda cukup menuju ke terminal bus Kampung Rambutan, kemudian mencari bus jurusan Jakarta – Pangandaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bus jurusan Tasikmalaya, Ciamis, ataupun Banjar. Anda juga bisa menggunakan mini bus jurusan Tasikmalaya melalui rute Pangandaran – Cijulang.

Anda juga bisa menggunakan jalur udara agar cepat tiba di pantai tersebut. Apabila ingin menggunakan jalur udara, maka Anda perlu menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta atau Bandara Husein Sastranegara Bandung dengan menggunakan Susi Air dengan tujuan akhir Bandara Nusawungu Cijulang. Dari Cijulang Anda bisa menggunakan mini bus ataupun angkutan lain yang telah disediakan untuk menuju ke pantai.

Hotel Terdekat dari Pantai Bojong Salawe

  1. Amazon Bungalow & Cottages – Batukaras
  2. Sunrise Resort Batukaras
  3. Shane Josa Resort
  4. The Ermaja’s Pavillion Boutique Hotel & Villas
  5. Hotel Teratai Batu Karas
  6. Pondok Rivana
  7. Hotel Bintang Bungalows
  8. Bonsai Bungalows Hotel
  9. Alamanda Hotel
  10. Sun In Pangandaran Hotel

Tips Berwisata ke Pantai Bojong Salawe

  1. Jangan lupa untuk check in hotel jauh-jauh hari sebelum melakukan travelling, karena hotel di sekitar Bojong Selawe penuh setelah lebaran dan libur panjang.
  2. Jangan lupa membawa pancing apabila Anda ingin menikmati keindahan alam Bojong Salawe sambil memancing di area yang telah disediakan.
  3. Jangan lupa untuk membawa sunscreen atau UV protection agar kulit Anda terhindar dari sengatan sinar matahari.
  4. Jangan berenang di pantai, karena Bojong Salawe memiliki arus laut yang kencang.
  5. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment terindah Anda.