" />

Indonesia merupakan negara yang kaya akan banyak hal salah satunya yaitu pantai karena memang dikenal sebagai negara kepulauan. Pulau di Indonesia yang paling populer dikalangan turis luar negeri memang Pulau Bali dan sekitarnya seperti Nusa Tenggara. Padahal, kenyataannya masih banyak pulau lain yang punya potensi sama besar akan keindahan pantainya salah satunya Pulau Jawa.

Pulau yang didalamnya terbagi menjadi tiga bagian ini selain dipadati penduduk juga punya tempat wisata air yang bervariasi. Pantai yang terletak di Jawa Barat menjadi topik utama pada pembahasan kali ini khususnya yaitu pantai dengan nama Pasir Beusi. Pantai yang satu ini letak tepatnya yaitu di Kota Ciamis kawasan Pangandaran, Desa Masawah.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Beusi

Pasir Beusi punya alamat lengkap yaitu Jalan Pantai Wisata, Madasari, Desa Masawah, Cimerak, Kawasan Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat 46395. Sebenarnya, di Kota Ciamis tidak hanya ada satu tempat wisata saja. Di kota ini tercatat sebanyak lebih dari 40 lokasi wisata yang dapat dijadikan pilihan saat hari libur tiba. Anda bisa menempuhnya berbagai tempat wisata ini dengan kendaraan apa pun.

Pasir Beusi tak punya patokan jam kapan ia buka dan kapan tutup atau dengan kata lain buka selama 24 jam. Sehingga, seluruh pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan yang disajikan tanpa batasan waktu seperti tempat wisata yang lain. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya saat berkunjung ke lokasi wisata tetap memperhatikan lingkungan disekitar mengenai keamanan.

Sedangkan bila membicarakan harga tiket yang harus dibayar untuk bisa masuk ke pantai ini terbilang cukup murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar lima ribu rupiah saja, namun tarif memang bisa berubah kapan pun. Dengan harga yang murah meriah, Anda bisa memboyong seluruh anggota keluarga untuk sekedar melepas penat dengan menikmati suasana pantai.

Daya Tarik Pantai Pasir Beusi

Salah satu syarat ramainya pengunjung di suatu tempat wisata tentu dengan ada tidaknya daya tarik yang dimiliki tempat tersebut. Seperti pantai pantai pada umumnya, Pasir Beusi punya pasir yang aman sehingga tak masalah apabila Anda mengajak buah hati tercinta. Warna pasir khas pantai kawasan Pangandaran memang tidak putih, akan tetapi warna yang dihasilkan cukup unik.

1. Perahu/Kapal

Daya tarik yang disajikan pantai ini yaitu banyaknya kapal laut yang bersandar rapi di sepanjang jalur pantai. Dengan warna dasar biru yang melambangkan warna lautan, puluhan kapal laut milik nelayan ini berjajar. Kapal kapal ini bisa dijadikan salah satu spot untuk berfoto karena hanya akan dipakai saat malam hari tiba.

Sehingga disarankan Anda berkunjung ke pantai saat matahari masih terlihat bila ingin berfoto bersama para kapal kapal ini. Kapal yang terparkir rapi di sepanjang jalur pantai juga terkadang bisa Anda naiki, hanya saja jangan sampai merusaknya. Melalui kapal kapal ini, Pasir Beusi semakin mempertegas bahwa ia merupakan pantai yang patut dikunjungi.

Baca Juga: Pantai Solok Timun Pangandaran, Virgin Beach yang Wajib Dikunjungi !

2. Kapal Keruk

Selain kapal laut, Pasir Beusi juga akan memanjakan mata Anda dengan susunan kapal keruk pasir yang lebih besar. Kapal keruk punya ukuran yang mungkin terhitung tiga sampai empat kali ukuran kapal para nelayan. Kapal yang satu ini tentunya punya fungsi tertentu. Kapal keruk menjadi tontonan tersendiri tak hanya bagi pengunjung tapi juga warga sekitar pantai.

3. Penambangan Pasir

Daya tarik yang ketiga ini tentu merupakan hubungan atau lanjutan dari kapal keruk yang telah dijelaskan pada nomor sebelumnya. Penambangan pasir memang diadakan di pantai kawasan Cimerak oleh pemerintah setempat. Walau penolakan banyak dilakukan oleh warga sekitar, kegiatan ini masih dijalankan. Akan tetapi, hal ini menjadi pemandangan unik tersendiri.

4. Batu Karang

Bila untuk berpose bersama batu karang diharuskan melakukan diving, hal yang berbeda terlihat di Pasir Beusi. Di sekitar bibir pantai, ada beberapa batu karang yang tertancap asli dan aman untuk diduduki. Maka tak heran bila beberapa pengunjung kerap berfoto di atas batu tersebut. Bila Anda berkunjung, jangan lupa siapkan satu gaya menarik untuk mengabadikan momen ini.

Fasilitas di Pantai Pasir Beusi

Fasilitas yang akan Anda temukan di pantai ini, yaitu:

1. Kamar Mandi

Seperti lokasi pada umumnya, toilet atau kamar mandi tentu akan ada dengan biaya tertentu. Di pantai ini, kamar mandi disediakan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan saat butuh membersihkan badan, berwudhu dan sebagainya.

Baca Juga : Berlibur ke Garut? Jangan Lupa Mengunjungi Pantai Rancabuaya !

2. Area Kuliner

Suatu tempat wisata yang tak punya lokasi kuliner tentu kurang menguntungkan. Akan tetapi, pantai ini punya area kuliner tersendiri. Beberapa pedagang menawarkan aneka makanan dan minuman yang bisa Anda beli bila membutuhkan.

3. Lokasi Camping

Fasilitas lain yang disediakan Pasir Beusi yaitu adanya lokasi untuk berkemah. Lokasinya yang terbilang luas bisa Anda jadikan tempat camping. Walau pengelolaan terkait hal ini belum begitu maksimal, lokasinya tetap aman digunakan.

4. Area Parkir

Apabila berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan yang terhitung besar seperti bis, itu tak masalah. Karena lokasinya menyediakan area parkir untuk pengunjung yang datang.

Akses dan Rute Menuju Pantai Pasir Beusi

Rute yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini dari Kota Ciamis membutuhkan waktu hampir tiga jam lamanya. Cepat lambatnya kecepatan Anda sampai tentu tergantung dengan keadaan jalan saat itu. Apabila hari libur, tentu bisa dipastikan membutuhkan waktu yang lebih lama karena jalanan ramai. Bila ingin menghindari kemacetan, weekdays bisa dijadikan pilihan untuk berwisata.

Dari Kota Ciamis tepatnya Masjid Al Hikmah, lakukan perjalanan ke arah kawasan Bengkok atau Jalan Raya Salopa. Terus ikuti jalan hingga Anda menjumpai Kantor Polisi Sektor Palopa yang setelahnya akan dijumpai Kantor Pos. Lanjutkan perjalanan di Jalan Salopa menuju Jalan Lengkongbarang, area Cikatomas atau menuju ke arah Jalan Raya Cikatomas.

Lanjutkan perjalanan menuju kawasan Cogreg atau bisa menuju ke arah SMP Negeri 3 Pancatengah bila kebingungan. Dari situ, Anda lanjutkan perjalanan hingga menjumpai sebuah pasar di kanan jalan lalu teruskan menuju Simpangan Cikaret. Lanjutkan menuju Jalan Sindangsari lalu Jalan Masawah hingga Anda tepat sampai di kawasan lokasi wisata Pasir Beusi.

Peta Menuju Pantai Pasir Beusi (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Pasir Beusi

1. Tropical Homestay.
2. Penginapan Pesona.
3. Homestay Si Kembar.
4. Villa Attan Homestay.
5. Panon Girang.

Tips Berwisata di Pantai Pasir Beusi

1. Pastikan kondisi badan sehat karena jalan yang dilalui berkelok kelok.
2. Siapkan beberapa obat kesehatan khususnya untuk rasa mual dan pusing.
3. Siapkan peta agar tidak tersesat.
4. Siapkan makanan yang cukup selama perjalanan agar tidak kelaparan.
5. Bawa uang yang cukup.
6. Siapkan tempat dimana akan bermalam.
7. Pakai perlindungan kulit terhadap paparan sinar matahari pantai.