" />

Segala beban pikiran dan penat akibat pekerjaan atau kegiatan mudah sekali menyerbu pikiran Anda. Anda dapat meluangkan waktu Anda untuk berlibur agar pikiran Anda dapat rileks kembali. Salah satu destinasi menarik yang layak Anda kunjungi adalah Pantai Keusik Luhur di Jawa Barat.

Pantai ini memiliki keindahan yang dapat membuat Anda betah untuk menjejakkan kaki di sini. Selain itu, tebing-tebing di sekitar pantai membuat pemandangan sangat eksotis dan dapat dijadikan background pemandangan yang indah untuk berfoto.

Pantai Keusik Luhur berada di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Pangandaran dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit dari pusat kota tersebut. Walaupun cukup jauh, tetapi pemandangan pantai tetap setimpal atas perjalanan jauh Anda.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Keusik Luhur

Anda dapat memasuki kawasan Pantai Keusik Luhur dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 8.000,- per orang untuk hari senin-jumat, dan Rp 10.000,- per orang untuk hari sabtu-minggu. Harga parkir kendaraan pun cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 3.000,- – Rp. 5.000,- untuk kendaraan bermotor, dan sekitar  Rp 10.000,- untuk kendaraan roda dua atau bis.

Daya Tarik Pantai Keusik Luhur

1. Spot memancing

Pantai Keusik Luhur Sebagai Spot Memancing

Pantai Keusik Luhur merupakan tempat yang pas untuk kegiatan memancing. Anda dapat memancing dari atas tebing karang. Namun, Anda perlu tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan Anda dari tajam dan kerasnya karang. Sambil menunggu tangkapan ikan pada pancing, Anda dapat menghembus udara pantai dan menikmati keindahan alam. Asyik, bukan?

2. Spot melihat sunset dan sunrise

Sunset dan Sunrise Pantai Keusik Luhur

Pantai ini menjadi lokasi yang sangat pas untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam. Indahnya karang di sepanjang pantai, angin semilir, dan deburan ombak menambah suasana menjadi semakin indah. Bayangan matahari yang terpantul di hamparan air laut menimbulkan warna keemasan yang eksotis. Menarik, bukan?

3. Pemandangan batu-batu karang

Batu Karang Pantai Keusik Luhur

Batu-batu karang merupakan pemandangan khas yang Anda temui di pantai ini. Memang sebaiknya Anda tidak berenang di area pantai karena dikhawatirkan akan terluka karena karang. Namun, hal tersebut tidak mengurangi esensi liburan Anda. Karang-karang di sekitar pantai justru menimbulkan kesan pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk memuaskan pandangan Anda.

4. Meditasi atau yoga

Pantai ini pun sangat cocok untuk melakukan meditasi atau yoga. Suasana pantai yang tenang dan nyaman membuat Anda semakin nyaman. Selain itu, pantai ini masih alami sehingga Anda dapat semakin menyatu dengan alam. Sebaiknya, bawalah peralatan yoga Anda sendiri karena akan sulit menemukan peralatan yoga atau meditasi di sekitar tempat ini.

5. Fotografi

Untuk Anda yang hobi fotografi, Pantai Keusik Luhur menjadi tempat yang cocok untuk menuangkan kegemaran Anda. Pantai ini begitu eksotis dengan karang-karang di sekitar pantai. Jika kamu masih amatir, tidak masalah untuk belajar memotret di pantai ini. Suasana yang tenang akan membuat Anda rileks untuk belajar memotret.

Selain itu, pantai ini dapat digunakan sebagai tempat untuk berfoto pre-wedding atau pun post-wedding. Foto bersama pasangan tercinta berlatar pantai yang berbatu karang semakin menambah momen kebahagiaan Anda.

Baca JugaPantai Muaragatah : Pantai Indah, Sederhana, dan Hemat Dompet!

Fasilitas di Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur sudah dilengkapi oleh fasilitas yang menunjang liburan Anda. Objek wisata ini memiliki area parkir untuk kendaraan yang cukup luas dan mampu menampung kendaraan bermotor, mobil, hingga bus pariwisata. Selain itu, terdapat tempat sholat atau mushola yang dapat menunjang peribadahan umat muslim. Terdapat pula kamar mandi atau MCK yang disediakan untuk pengunjung. Jangan khawatir tidak kebagian, karena kamar mandi di objek wisata ini sudah cukup memadai.

Bagi Anda yang ingin menginap, sayangnya belum terdapat penginapan di sekitar objek wisata ini. Namun, jangan khawatir. Terdapat penginapan yang dapat dijangkau dari objek wisata ini. Anda dapat mengjangkaunya dengan bermobilisasi selama kira-kira dua puluh menit. Jadi, Anda dapat menghabiskan malam liburan Anda di sini dengan rileks dan tenang.

Namun, warung makan yang menjual aneka makanan tersedia di sekitar Pantai Keusik Luhur belum terlalu banyak jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya. Oleh sebab itu, disarankan Anda membawa makanan sendiri jika berkunjung ke sini ya!

Baca Juga: Mau Lihat Tembok Cina di Pantai? Pantai Lembah Putri Solusinya!

Akses dan Rute Menuju Pantai Keusik Luhur

Aksebilitas menuju lokasi wisata Pantai Keusik Luhur cenderung mudah. Pantai ini relatif mudah dijangkau. Anda dapat menggunakan dua cara untuk mencapai lokasi, yaitu dengan menggunakan jalur darat dan jalur udara. Apabila Anda dari Jakarta, maka Anda dapat menaiki bus dengan menggunakan jalur Kampung Rambutan-Pangandaran yang bertolak dari terminal Kampung Rambutan. Bus tersebut menuju Terminal Pangandaran. Jarak Terminal Pangandaran dengan gerbang pantai hanya berjarak sekitar 300 meter. Anda pun dapat menggunakan becak atau berjalan kaki untuk mencapai pantai.

Apabila Anda dari Bandung, Anda dapat menaiki bus jurusan Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran, yang bertolak dari Terminal Cicaheum. Umumnya bus yang tersedia bernama Bus Budiman. Anda dapat memilih bus AC atau pun non-AC, sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Apabila Anda dari pusat kota di Bali, Anda dapat menggunakan jalur udara. Anda dapat terbang dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke Bandara Nusa Wiru di Pangandaran. Anda pun dapat menyewa mobil dari rental mobil dari bandara menuju Pantai Keusik Luhur.

Peta Menuju Pantai Keusik Luhur (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Keusik Luhur

Belum tersedia penginapan di kawasan Pantai Keusik Luhur. Namun, Anda dapat bermalam di sekitar Pangandaran. Jangan khawatir, karena terdapat banyak pilihan hotel atau penginapan di sekitar Pangandaran. Berikut adalah hotel atau penginapan di sekitar Pangandaran:

  1. Hotel Pondok Putri
  2. Hotel Grand Mutiara
  3. Teratai Hotel
  4. Bonsai Bungalows Hotel
  5. Hotel Hi & Low
  6. Laut Biru Resort Hotel
  7. YK Guesthouse
  8. Hotel Malabar
  9. Holiday Beach
  10. Pondok Pelangi
  11. Nyiur Indah
  12. Nyiur Indah II
  13. Mini Dua
  14. Mini Tiga
  15. Adam’s Homestay

Tips Berwisata ke Pantai Keusik Luhur

Sebaiknya Anda tidak berenang di sekitar Pantai Keusik Luhur karena terdapat karang-karang yang keras dan tajam. Jika terkena karang, maka hal tersebut dapat membuat Anda terluka. Selain itu, pastikan Anda memakai alas kaki yang dapat melindungi kaki Anda ketika menuruni karang. Hal tersebut membuat Anda aman.

Sebagai pengunjung wisata yang baik, jagalah kelestarian lingkungan di kawasan pantai. Pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak alam dan fasilitas sekitar.