" />

Pantai Pangandaran di kenal dengan keindahan pantai pasir putih dan pasir hitam, ombak yang tenang dan pemandangan laut serta suasana pantai yang mempesona. Salah satu keistimewaan Pantai ini ialah pengunjung bisa menimati keindahan Sunrise sekaligus Sunset di satu lokasi. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini ketika musim liburan telah tiba ataupun saat akhir pekan. Kearifan warga lokal juga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Pantai Pangandaran terletak di Desa Penanjung, Kabupaten Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Lokasi pantai ini sekitar 91 km dari Ciamis. Terletak dipertengahan antara Bandung dan Yogyakarta, keberadaan Pantai ini sangat ideal untuk dijadikan tujuan wisata.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Harga tiket Masuk ke pantai ini bervariasi tergantung jenis kendaraan yang kita gunakan. Harga tiket masuk untuk Bus Besar Rp 130.500,- / Bus Sedang Rp 79.500,- / Bus Kecil Rp 52.500,-. Harga tiket masuk untuk Mobil L300 Rp 40.700,- / Mobil Kijang Rp 27.700,- / Mobil Sedan Rp 14.700,-. Harga tiket masuk untuk Sepeda Motor Rp 6.100,- dan untuk Perorangan atau pejalan kaki p 3.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Pantai Pangandaran

1. Event Pariwisata

event pariwisata

Pantai Pangandaran biasanya memiliki event pariwisata setiap bulan Muharam yang disebut dengan acara Hajat Laut. Hajat Laut merupakan suatu acara perwujudan rasa syukur para nelayan kepada sang pencipta dengan cara membuat sesajen lalu melepaskan sesajen tersebut kelautan lepas. Ada pula Festival Layang-Layang Internasional (Pangandaran Interntional Kite Festival) yang di adakan setiap bulan Juni atau Juli.

2. Watersport

watersport

Seperti wahana di pantai lainnya, Pantai Pangandaranpun memiliki Watersport yang tidak kalah serunya. Di sini juga menyediakan tempat menyewa perlengkapan olahraga air Banana Boat dan Jet Ski. Ada juga wahana lainnya seperti ufo boat, big mable boat dan aqua glade.

Jika anda ingin mencoba wahana yang memacu adrenalin dari ketinggian, anda bisa mencoba wahana flyingfish atau dan parasailing. Parasailing menggunakan parasut seperti terjun paying kemudian di tarik oleh perahu motor dan anda sudah bisa melayang-layang di udara.

Beberapa kisaran tariff dari tiap-tiap jenis wahana olahraga air. Untuk banana boat standar harganya sekitar Rp 30.000 – 35.000 / orang. Banana boat extreme Rp 35.000 / orang. Ufo medium extreme Rp 40.000- 60.000 / orang. Big marble super extreme Rp 40.000 – 60.000 / orang. Aqua glade Rp 60.000 / orang. Parasailing Rp 300.000 / orang. Flyingfish Rp 200.000 / orang. Atau anda bisa membeli paket hemat dengan harga Rp 125.000 / orang dengan jenis permainan watersport ini.

3. Pasar Ikan

pasar ikan

Jangan lupakan kuliner ketika mengunjungi Pantai Pangandaran. Hasil olahan laut yang ‘fresh from the open’ tentunya akan memanjakan lidah anda. Di pantai ini juga tersedia pasar ikan segar yang dapat anda beli langsung dari nelayan.

4. Berenang

renang

Jika anda ingin berenang, berjemur atau sekedar bermain air di bibir pantai, maka anda bisa pergi ke arah barat pantai ini. Karena sebelah barat pantai ini sangat ideal untuk aktivitas bersantai dengan keluarga. Pantai yang landai dan air yang jernih serta jarak air surut dan air pasang relative lama, sehingga anda dapat berenang atau bermain air dengan aman bersama keluarga.

5. Cagar Alam

cagar alam

Disekitar Pangandaran terdapat sebuah perbukitan hutan yang merupakan cagar alam. Di hutan ini terdapat beberapa hewan seperti Monyet, Rusa, Kerbau dan beberapa hewan lainnya.

6. Goa

goa

Ada beberapa goa alami dan goa buatan yang dibuat pada masa penjajahan Jepang sebagai bunker pada masa Perang dunia ke dua dan sekarang goa-goa itupun menjadi salah satu daya tarik wisata di sini.

7. Air Terjun

air terjun

Di bukit ini juga terdapat sebuah air terjun yang airnya langsung mengalir ke pantai. Tentu saja hal ini menjadi spot menarik untuk berfoto bagi para pengunjung wisata.

8. Kuliner Laut

Bagi anda pecinta kuliner khas laut atau seafood, anda bisa mengunjungi Pangandaran timur. Di sini anda dapat memilih banyaknya makanan khas laut seperti nasi goreng cumi, nasi goreng udang, sate ayam, sate kambing, cah kangkung, ikan bakar, cumi hingga udang yang enak dan lezat. Mulai dari warung makan pinggir laut hingga restoran pun tersedia di sini. Harganyapun cukup terjangkau dan rasanya yang mampu menggoyang lidah.

9. Menjaring Ikan

menjaring ikan

Dulunya Pangandaran ini dikenal sebagai Kota Nelayan, karena banyak nelayan yang mencari ikan pada pagi hari dan pulang pada sore hari. Aktivitas nelayan ini masih dapat anda saksikan hingga saat ini, bahkan kita juga dapat ikut serta berpaartisipasi dan merasakan sensasi menjaring ikan di Pangandaran bersama warga sekitar.

10. Tempat Berbelanja

belanja

Di sini juga ada tempat berbelanja souvenir dan kerajinan khas laut, miniatur papan surfing, aksesoris, kaos, celana pendek, topi dan pakaian renang. Ada juga yang menjual ikan asin seperti Jambal Roti yang terkenal di Pangandaran.

Fasilitas di Pantai Pangandaran

Di pantai ini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti lahan parkir yang sudah cukup memadai, pelayanan pos telekomunikasi dan money changer. Ada juga jasa Pramuwisata atau pemandu wisata dan Pusat Informasi Pariwisata.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan camping atau berkemah, disini juga telah tersedia Bumi Perkemahan. ada juga tempat menyewa sepeda untuk berkeliling pantai dan ban renang untuk aktivitas di tepi laut. atau bagi anda yang ingin mencoba Parasailing dan Jetski bisa langsung mendatangi tempat penyewaannya yang sudah tersedia juga di pantai.

Akses dan Rute Menuju Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi masyarakat yang mayoritas berasal dari Kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Mungkin sebagian masih belum tahu rute yang harus mereka tempuh ketika ingin berlibur ke Pantai Pangandaran.

Berikut ini beberapa pilihan baik kendaraan maupun jalur atau rute yang bisa Anda ikuti apabila memulai keberangkatan dari Jakarta menuju Pantai Pangandaran ialah sebagai berikut :

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Apabila Anda memilih menggunakan Kendaraan Pribadi, Anda bisa melewati Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Rancaekek > Parakan Muncang > Cicalengka > Nagrek > Limbangan > Malangbong > Ciawi > Rajapolah > Tasikmalaya Kota > Cikoneng > Ciamis > Banjar > Banjarsari > Padaherang > Kalipucang > Pangandaran.

2. Menggunakan Transportasi Umum

Apabila Anda termasuk seorang yang menyukai liburan menggunakan Kendaraan Umum, kamu bisa berangkat dari Terminal Kampung Rambutan menggunakan Bus jurusan Pangandaran. atau alternatif lain menggunakan Bus jurusan Tasikmalaya atau Banjar, kemudian dilanjut menggunakan Bus ¾ menuju Pangandaran. Waktu tempuh yang diperlukan dari Jakarta-Pangandaran dengan menggunakan Bus kurang lebih sekitar 7-8jam perjalanan.

Anda juga bisa menggunakan Transportasi udara dari Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta) menuju Bandara Nusawiru (Cijulang). Dari Bandara Nusawiru tentunya sudah banyak transportasi umum yang Bisa mengantarkan Anda menuju Pantai Pangandaran.

Peta Menuju Pantai Pangandaran (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Pangandaran

  1. Laut Biru Hotel
  2. Uni Beach Hotel
  3. The Arnawa Hotel
  4. Sunrise Beach Hotel
  5. Hotel Emerald
  6. Holiday Beach Inn
  7. Shane Josa Resort

Tips Berwisata ke Pantai Pangandaran

Mengingat Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai yang ramai pengunjung apalagi weekend, sebaiknya pergilah berlibur saat weekdays. Tentunya liburan akan lebih menyenangkan ketika destinasi wisata sedikit sepi bukan?

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sunblock ketika pergi ke pantai. Tawarlah harga paket watersport jika anda akan menggunakan jasa mereka karena terkadang harga bisa dinaikkan beberapa kali lipat.