" />

Pantai Pangelek merupakan salah satu pantai yang terdapat di kota Pangandaran. Pantai ini belum banyak dikenal dan diketahui banyak orang. Pantai ini memang tergolong baru dan masih sepi pengunjung. Meskipun demikian, pantai ini memiliki keindahan alam yang eksotis dan tak kalah indah dari pantai-pantai lain yang ada di Pangandaran.

Baca Juga  : Pantai Batu Karas, Salah Satu Spot Favorit Bule di Pangandaran!

Pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai ini memiliki letak yang cukup jauh dari pusat kota Pangandaran. Jarak antara pantai ini dan pusat kota Pangandaran adalah sekitar 39 kilometer dan dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan.

Meskipun jauh dari pusat kota, banyak terdapat resort-resort di sekitar pantai ini, karena letaknya yang dekat dengan pantai-pantai lain, termasuk Pantai Bojong Salawe.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Pangelek

Anda tak perlu membayar mahal untuk dapat masuk ke pantai ini. Pantai ini hanya mematok uang sebesar Rp 5.000,- per orang sebagai biaya tiket masuknya. Hal itu cukup terjangkau untuk menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis dan tak kalah indah dari pantai-pantai di Bali. Ditambah lagi keadaan pantai yang sepi dari pengunjung membuat Anda seolah sedang menyewa pantai secara pribadi.

Daya Tarik Pantai Pangelek

1. Sunset

Sunset Pantai Pangalek

Seperti halnya pantai-pantai lain, pantai ini juga memiliki spot khusus untuk melihat sunset. Pantai ini memiliki daerah yang cukup luas sehingga Anda dapat mengabadikan semburat jingga tersebut secara sempurna. Anda dapat menikmati sunset sembari duduk di kursi kayu yang telah disediakan di sepanjang pantai ini.

Baca Juga Mau Lihat Tembok Cina di Pantai? Pantai Lembah Putri Solusinya!

2. Sunrise

Sunrise Pantai Pangelek

Apabila Anda tiba di pantai ini saat malam hari, maka Anda dapat beristirahat terlebih dahulu di penginapan untuk melepaskan lelah selama perjalanan. Keesokan harinya, Anda dapat menuju pantai sekadar untuk menghirup udara pagi yang segar sembari menikmati sunrise. Sunrise di pantai ini tak kalah indahnya dengan sunset. Ditambah lagi udara pagi yang segar karena pantai ini belum tercemar oleh polusi. Anda juga dapat berolahraga kecil agar badan terasa lebih segar.

3. Pantai yang Luas

Pantai yang Luas di Pangalek

Pantai ini memiliki wilayah yang cukup luas, sehingga Anda dapat leluasa menikmati keindahan pantai yang eksotis. Anda dapat menikmati keindahan deburan ombak yang berpadu dengan birunya langit. Anda dapat duduk di pinggir pantai sembari merasakan deburan ombak yang menyentuh ujung kaki. Selain itu, Anda juga bisa duduk di kursi yang telah disediakan di sepanjang pantai ataupun menggunakan tikar yang Anda bawa sembari bercengkerama bersama keluarga.

4. Tebing di Pinggir Pantai

Tebing Pantai Pangalek

Di pinggir pantai terdapat tebing yang semakin menambah keeksotisan pantai ini. Anda tak perlu khawatir tebing akan longsor ketika sedang berfoto atau bersantai di bawah tebing. Tebing ini ditanami banyak pepohonan, sehingga tidak mudah longsor. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai dari atas tebing.

5. Private Beach

Private Beach Pantai Pangelek

Pantai ini tergolong baru dan belum memiliki banyak pengunjung. Letaknya yang agak tersembunyi juga menyebabkan pantai ini tidak begitu dikenal daripada pantai-pantai di sekitarnya. Maka tak heran apabila pantai ini tidak begitu ramai pengunjung. Bagi Anda yang membutuhkan ketenangan dan keheningan ketika berlibur di pantai, maka Pantai Pangelek dapat menjadi pilihan alternatif. Berlibur di pantai ini terasa seperti berlibur di pantai pribadi.

Fasilitas di Pantai Pangelek

Fasilitas di pantai ini belum lengkap dan masih sangat sederhana. Fasilitas yang terdapat di pantai ini hanya berupa kamar mandi umum, area parkir, dan beberapa pedagang-pedagang tradisional. Di sekitar pedagang-pedagang tersebut disediakan kursi kayu yang terlihat kurang terawat.Lingkungan di pantai ini masih tergolong bersih karena belum banyak terjamah oleh pengunjung. Akan tetapi, masih terdapat beberapa sampah.

Pantai ini belum memiliki badan yang khusus mengurus pengelolaan di pantai ini. Maka tak heran apabila pengembangan potensi wisata di pantai ini agak sedikit terhambat. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa resort dan hotel, meskipun letaknya yang jauh dari pusat kota Pangandaran. Hal itu dikarenakan letak pantai ini berjajar dengan pantai-pantai lain yang lebih dikenal, yaitu Pantai Bojong Salawe dan Pantai Sanghyangkalang.

Akses dan Rute Menuju Pantai Pangelek

Pantai ini dapat diakses dengan menggunakan motor, mobil, ataupun bus. Namun, Anda lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Karena kendaraan umum cukup sulit ditemukan. Apabila Anda akan pergi bersama rombongan, maka Anda dapat menyewa bus atau travel. Tidak disarankan menggunakan bus untuk umum.

Letak pantai ini juga cukup jauh dari pusat kota Pangandaran dan dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan. Maka dari itu, siapkan tenaga dan perbekalan sebelum memulai perjalanan. Apabila Anda sedang berada di Pangandaran, rute yang akan dilalui adalah melalui Jalan Raya Cijulang. Rute tersebut berjarak kurang lebih 38 kilometer dan akan memakan waktu sekitar satu jam delapan belas menit perjalanan.

Rute yang akan dilalui adalah dari pusat kota Pangandaran ke arah utara sejauh 1,8 kilometer. Kemudian belok kiri sejauh 2,3 kilometer. Setelah itu, belok kanan sejauh 5,2 kilometer. Lalu, belok kanan menuju Jalan Raya Selasari. Dari jalan Raya Selasari belok kanan sejauh 350 meter, belok sedikit ke kiri 600 meter, dan belok kanan sejauh 2,5 kilometer. Setelah itu, ambil arah kiri menuju ke Jalan Raya Parigi – Cigugur.

Dari Jalan Raya Parigi – Cigugur terus ke Jalan Raya Cijulang. Setelah tiba di bundaran, ambil jalan keluar pertama dan tetap di Jalan Raya Cijulang. Lalu, belok kiri ke arah Jalan Pantai Indah. Beloklah ke kanan untuk tetap berada di Jalan Pantai Indah. Setelah 850 meter kemudian, Anda akan tiba di Desa Barukaras. Ikuti petunjuk arah menuju Pantai Pangelek. Pantai tersebut berada di Desa Batukaras.

Peta Menuju Pantai Pangelek (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Pangelek

  1. HR Homestay
  2. Sunrise Resort Batukaras
  3. Amazon Bungalow & Cottages
  4. JavaCove Beach Hotel
  5. Hotel Pondok Puteri
  6. Bill Homestay
  7. Hotel Teratai Batu Karas
  8. Eunike Surf Cottage
  9. Ciburial Resort Batu Karas
  10. Pondok Kanari
  11. Shane Josa Resort
  12. The Ermaja’s Pavilion Boutique Hotel Villas

Tips Berwisata di Pantai Pangelek

  1. Usahakan sudah memesan hotel jauh-jauh hari sebelum jadwal liburan Anda, untuk menghindari hotel yang sudah penuh.
  2. Persiapkan fisik Anda, termasuk kesehatan. Jagalah kesehatan Anda sehingga Anda memiliki tubuh yang fit ketika liburan.
  3. Persiapkan obat-obatan. Meskipun terdengar sepele, namun membawa obat-obatan ketika sedang berlibur adalah hal yang wajib. Hal tersebut digunakan untuk berjaga-jaga ketika kesehatan tubuh Anda menurun akibat kelelahan.
  4. Persiapkan pakaian dan perbekalan lainnya. Sebelum berlibur, pastikan Anda telah membawa seluruh perbekalan yang Anda butuhkan. Jangan terlalu banyak membawa perbekalan, agar tidak repot di perjalanan. Pastikan juga tidak ada perbekalan yang tertinggal.
  5. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment-moment indah Anda ketika berlibur, baik bersama keluarga ataupun bersama teman-teman Anda.