" />

Pantai Cikaracak merupakan pantai yang memiliki keunikan yang berbeda dengan pantai-pantai lain. Keunikan yang dimiliki oleh pantai ini adalah hujan abadi yang disajikannya. Di pinggir pantai ini terdapat sebuah tebing. Tebing tersebut mengalir air terjun yang menyerupai butiran air hujan. maka tak heran apabila banyak yang menyebutnya hujan abadi karena air terjun tersebut terus mengalir sepanjang waktu.

Pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran, lebih tepatnya di Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Letak pantai ini cukup jauh dari pusat kota Pangandaran, yaitu berjarak sekitar 46 kilometer. Untuk tiba di pantai tersebut dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan dari pusat kota Pangandaran.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Cikaracak

Pantai ini tidak memungut harga tiket masuk yang mahal. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000,- per orang. Meskipun belum memiliki fasilitas yang lengkap, harga tersebut cukup terjangkau untuk menikmati panorama yang eksotis di pantai ini. Biaya tersebut akan terbayarkan dengan keindahan hujan abadi yang berpadu dengan gelombang laut.

Daya Tarik Pantai Cikaracak

1. Hujan Abadi

Hujan Abadi Pantai Cikaracak

Hujan abadi merupakan daya tarik yang khas dari pantai ini dan membedakannya dari pantai-pantai lain. Di pantai ini terdapat pantai sebuah batu karang yang cukup besar. Batu karang tersebut memancarkan air menuju ke arah pantai. Air tersebut seperti air terjun, namun aliran airnya tidak sederas air terjun pada umumnya. Aliran airnya tidak terlalu deras seperti saat hujan gerimis.

Pancaran air tersebut terus mengalir dan tidak pernah kering. Maka dari itu, masyarakat menyebutnya sebagai hujan abadi, karena seperti hujan gerimis yang tak pernah berhenti. Hujan abadi tersebut berhasil memikat pengunjung untuk mengunjungi pantai ini. Akan tetapi, air terjun tersebut belum dikelola secara maksimal karena belum tersedianya badan yang khusus mengelola pantai ini.

2. Tebing yang Membingkai

Tebing Pantai Cikaracak

Di samping pantai ini terdapat tebing yang seolah membingkai pantai ini. Pengunjung tak perlu khawatir berada di bawah tebing ketika berkunjung ke pantai ini. tebing tersebut tidak mudah longsor karena tebing tersebut tidak gersang dan ditanami banyak pepohonan. Tebing ini juga hampir terlihat seperti bukit karena banyaknya pohon yang tumbuh di atasnya. Anda bisa mengambil foto dengan berlatar belakang pantai yang dibingkai tebing hijau seperti bukit.

Baca JugaPantai Bojong Salawe di Pangandaran ini Jadi Incaran Turis !

3. Sunset

Sunset Pantai Cikaracak

Sunset adalah suatu pemandangan indah yang wajib Anda lihat ketika sedang berkunjung ke pantai, termasuk ketika berkunjung ke pantai ini. Pantai ini memiliki beberapa spot khusus untuk melihat sunset. Spot pertama untuk melihat sunset adalah di dekat batu karang yang memancarkan air atau hujan abadi. Kemudian Anda juga bisa melihat sunset di bibir pantai ataupun melihat sunset dari atas tebing.

Ketika berkunjung ke pantai ini, Anda juga wajib mengabadikan moment sunset tersebut dengan sebuah foto. Anda bisa mengabadikan siluet tubuh Anda dengan background batu karang, pantai, ataupun mengabadikan sunset di atas tebing. Jangan lupa untuk mengambil gambar dari angle yang menurut Anda terlihat bagus agar foto tersebut terlihat cantik saat di upload ke sosial media Anda.

4. Pesona Batu Karang

Pesona Batu Karang Pantai Cikaracak

Selain batu karang yang memancarkan air, di pantai ini juga terdapat batu karang lain, baik yang berukuran besar ataupun kecil. Batu karang tersebut tersebar di sepanjang pantai. Keberadaan batu karang yang berpadu dengan keindahan gelombang laut semakin membuat pantai ini terlihat lebih eksotis dan mempesona.

Baca Juga Pantai Karang Tirta : Wisata Alam dan Budaya Jadi Satu !

5. Private Beach

Privat Beach Pantai Cikaracak

Apabila Anda bosan berlibur ke pantai yang ramai, maka pantai ini bisa menjadi pilihannya. Letak pantai yang tersembunyi dan harus melalui perkebunan kelapa yang sepi membuat pantai ini tidak terlalu dikenal serta tidak memiliki banyak pengunjung. Ditambah lagi jika Anda berkunjung ke pantai ini pada saat weekday, pantai ini terasa seperti pantai pribadi.

Fasilitas Pantai Cikaracak

Pantai ini tidak terlalu luas. Letaknya yang jauh dari pusat Kota Pangandaran juga menyebabkan pantai ini tidak begitu dikenal, sehingga pengunjung di pantai ini tidak sebanyak pantai-pantai lain. Fasilitas yang terdapat di pantai ini hanya berupa penunjuk jalan, toilet, dan pedagang-pedagang tradisional di pinggir pantai. Di pantai ini juga disediakan kursi kayu dengan kondisi yang kurang terawat.

Pantai ini belum memiliki pengelolaan yang khusus mengelola pantai ini sehingga pengembangan obyek wisata menjadi terhambat. Di pantai ini juga belum terdapat pusat informasi seperti di pantai-pantai lain. Di sekitar pantai juga belum terdapat resort-resort megah seperti di dekat pantai pada umumnya. Di sekitar pantai hanya terdapat tempat penginapan kecil.

Akses dan Rute Menuju Pantai Cikaracak

Pantai ini memiliki letak yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota Pangandaran. Dibutuhkan waktu satu setengah jam dari pusat kota Pangandaran untuk tiba di pantai ini. Untuk dapat tiba di pantai ini, Anda harus melalui perkebunan kelapa yang luas dan sepi. Apabila Anda ingin pergi ke pantai ini jangan memulai perjalanan pada malam hari untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena jalan menuju pantai cukup sepi.

Apabila Anda sedang berada di Kota Pangandaran, maka Anda akan menggunakan rute Jalan Raya Ciparanti untuk menuju ke pantai Cikaracak. Dari jalan tersebut menuju ke arah utara kira-kira 1,8 kilometer. Kemudian belok kiri dan melanjutkan perjalanan hingga 2,3 kilometer. Lalu ke arah kanan sekitar 5,2 kilometer dan belok kanan menuju Jalan Selasari. Setelah itu ke arah kiri, 600 meter kemudian belok kanan menuju Jalan Raya Parigi – Cigugur.

Setelah tiba di Jalan Raya Parigi – Cigugur, ikuti petunjuk jalan dan melanjutkan menuju Jalan Raya Cijulang. Setelah itu Anda akan tiba di bundaran, ambil jalan keluar pertama dan tetap di Jalan Raya Cijulang. Belok kiri menuju Jalan Pasir Gadung. Dari Jalan Pasir Gadung belok ke kiri menuju Jalan Raya Cimerak. Lalu lanjutkan ke Jalan Ciparanti. Sekitar 14 kilometer lagi Anda Akan tiba di Desa Kertamukti. Pantai Cikaracak terletak di Desa tersebut.

Peta Menuju Pantai Cikaracak (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Cikaracak

  1. Surya Kencana Seaside Hotel
  2. Hotel Aquarium
  3. Bulak Laut Hotel
  4. Hyatt Regency Hotel
  5. Hotel Permata Bidakara
  6. Hotel New Naripan
  7. Hotel Tirta Bahari
  8. JavaCove Beach Hotel

Tips Berwisata di Pantai Cikaracak

  1. Apabila ingin pergi ke pantai ini, jangan memulai perjalanan pada malam hari, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena harus melalui perkebunan kelapa yang sepi.
  2. Jangan lupa untuk memesan hotel jauh-jauh hari sebelum merencanakan liburan untuk menghindari hotel yang penuh.
  3. Siapkan pakaian dan perlengkapan yang akan Anda bawa.
  4. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan. Meskipun terdengar sepele, namun membawa obat-obatan ketika sedang berlibur adalah hal yang wajib untuk berjaga ketika kesehatan tubuh menurun akibat kelelahan saat berlibur.
  5. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment-moment Anda ketika sedang berlibur.