" />

Garut memang tidak hanya terkenal sebagai penghasil dodol tetapi juga berbagai pantainya yang indah. Sebagai contoh Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu pantai di Garut yang pemandangannya menyejukkan mata pengunjung. Hanya saja pantai ini masih tergolong perawan alias belum cukup terjamah oleh pengunjung.

Pantai ini cukup bersih karena tidak banyak dijamah oleh pengunjung. Paling hanya beberpa pengunjung yang datang. Tidak seperti pantai lainnya yang padat ketika musim liburan. Pantai Sayang Heulang teletak di Desa Managahar kecamatan Pameungpeuk Garut provinsi Jawa Barat. Pantai yang masih sepi ini terletak berdekatan dengan pantai Santolo yang panoramanya sama-sama menakjubkan setiap mata memandang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

pada awal-awal sebelum dikenal pengunjung untuk memasuki pantai ini tidak dikenakan biaya alias gratis, pengunjung hanya dianjurkan membayar seikhlasnya di kotak amal yang disediakan. Setelah cukup dikenal, para pengunjung dikenakan biaya Rp 5000,00 /orang. Harga ini cukup terjangkau untuk kalangan wisatawan. Pantai ini juga dapat dikunjungi kapan saja karena buka 24 jam.

Daya Tarik Pantai Sayang Heulang

1. Snorkling dan berenang

Snorkling dan berenang

Bermain ditepi pantai memang menyenangkan, menikmati kesegaran air akan menambah keseruan liburan Anda. Bagi pengunjung yang hobi snorkling dapat membawa perlengkapan nya sendiri dari rumah karena disana belum memfasilitasi. Anda dapat menikmati keindahan biota laut disaat pantai sedang surut. Bagi pengunjung yang hobi berenang juga akan melihat keindahannya dikala air sedang surut.

2. Bermain voli

Bermain voli

Bagi Anda yang hobi berolahraga terutama voli pantas bergembira karena dapat memanjakan diri dan teman-teman dengan keseruan main voli di daerah pantai ini. Hal ini karena di daerah ini terdapat lahan untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin bermain voli. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk membuat liburan Anda dan kawan-kawan jadi lebih seru.

3. Menikmati pemandangan di bawah pohon

Menikmati pemandangan di bawah pohon

Karena pantai ini masih tergolong baru dan belum banyak memfasilitasi pengunjung, bagi Anda yang ingin suasana lebih damai jauh dari kepadatan pengunjung bisa datang kesini. Sembari membentangkan tikar dan menikmati hidangan bawaan atau belanjaan di bawah pohon bersama keluarga akan membuat suasana lebih syahdu.

4. Menikmati sunset dan sunrise

Menikmati sunset dan sunrise

Bagi seorang wisatawan pecinta pantai pasti tidak akan melewatkan momen dimana matahari terbit dan tenggelam. Suasana dimana warna langit yang kuning kemerahan menyibak birunnya laut disepanjang pantai Sayang Heulang. Bersama desiran ombak yang menyapu lembutnya pasir pantai akan membuat suasana menjadi syahdu.

5. Motor cross

Motor cross

Pantai Sayang Heulang termasuk dalam kategori yang memiliki garis pantai cukup panjang. Hal itu membuatnya memfasilitasi untuk bermain motor cross. Bagi Anda yang ingin menguji nyali dapat mencoba keseruan memainkannya akan tetapi tetap ingat jangan mengganggu pengunjung yang lain dan tetap waspada dengan keamanannya.

6. Camping

Camping

Salah satu kegiatan pantai yang tak boleh Anda lewatkan dimalam hari adalah berkemah/camping. Apalagi dengan aliran listrik yang hanya 12 jam menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung yang ingin berkemah. Suasana malam hari yang penuh dengan tebaran bintang yang sangat mempesona akan menambah kebahagiaan bagi pengunjung.

Walau begitu ketika berkemah jangan terlalu dekat dengan bibir pantai, hal tersebut untuk berjaga-jaga jika pasang datang. Anda cukup memasang tenda dekat pohon dan sedikit jauh dari bibir pantai. Setelah itu buat api unggun akan menghangatkan suasana malam anda bersama teman-teman atau keluarga.

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang

Seperti pantai pada umumnya yang menyuguhkan berbagai fasilitas berwisata, akan tetapi fasilitas yang disuguhkan belum banyak karena pengunjungnya belum terlalu padat seperti pantai Santolo. Akan tetapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati pemandangan yang sama seperti pantai Santolo karena letak pantai ini berdekatan.

Ombak dipantai ini cukup besar dikala pasang, akan tetapi ketika surut Anda bisa berenang sesambi menikmati biota laut yang terlihat bersama datangnya surut. Di panta ini juga sudah ada beberapa para penjual cindera mata dan makanan walau tidak seperti pantai lainnya. Jika anda ingin suasana pantai yang tenang dan tidak padat pengunjung pantai Sayang Heulang ini jawabannya.

Akses dan Rute Menuju Pantai Sayang Heulang

Pantai yang berdekatan dengan pantai Santolo ini terletak di Desa Mancagahar kecamatan Pameungpeuk Garut. Jika anda berkunjung di pantai Santolo dapat mampir di pantai ini atau jika pantai Santolo terlalu padat pengunjung Anda dapat mengambil alternatif berkunjung di pantai yang masih tergolong sepi ini. Untuk melewati pantai ini dapat menggunakan beberapa rute.

Jarak kota Garut dan pantai ini kurang lebih 89 KM dan Anda akan menempuh sekitar 3 jam atau bahkan lebih jika perjalanan dari pusat kota. Rute pertama anda dapat mengambl jalur Cikajang kemudian dilanjutkan menuju Desa Mancagahar, seperti yang diketahui jalur ini mudah dan tidak rumit. Apabila Anda masih kebingungan dapat menggunakan GPS atau bertanya pada warga sekitar.

Rute kedua adalah perjalanan yang biasa menggunakan transportasi umum seperti bus. Rute dari Bandung menuju Pameungpeuk dapat melewati Ranca Bali kemudian menuju Naringgul dan selanjutnya mengarah ke Cidaun. Kemudian Anda dapat melewati Panta Rancabuaya dan setelah itu barulah sampai di Pantai Sayang Heulang.

Peta Menuju Pantai Sayang Heulang (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Sayang heulang

  1. Penginapan karang laut
  2. Kamojang green hotel and resort
  3. Favehotel cimanuk Garut
  4. Augusta hotel
  5. Kampung sumber alam

Tips Berwisata di Pantai Sayang Heulang

  1. Sebelum memutuskan akan berwisata carilah berbagai informasi tentang wisata tujuan yang anda minati, kumpulkan segala informasi.
  2. Jika Anda akan berwisata dengan keluarga atau teman-teman rencakanakan perjalanan wisata matang-matang dengan segala persiapannya.
  3. Persiapkan budget dengan cukup karena di tempat wisata godaan belanja sangatlah besar
  4. Bawalah barang-barang secukupnya jangan membawa perhiasan atau uang tunai berlebihan karena menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan dan lain-lain.
  5. Jangan lupa membawa kamera fotografi yang bagus untuk mengambil spot-spot yang bagus di tempat wisata
  6. Cari informasi bahwa tempat wisata yang dituju sudah benar-benar aman untuk dikunjungi, baik itu aman dari bencana maupun pencopet.
  7. Pastikan sebelum bepergian rumah aman baik isi seperti barang dan surat-surat berharga, kompor dimatikan, kran dimatikan, kalau perlu titipkan rumah pada orang terdekat yang dapat diperaya.
  8. Bawa obat-obatan yang perlu dibawa yang kemungkinan tidak terdapat di area tempat wisata apalagi jika Anda menderita sakit tertentu hal ini sangatlah penting.
  9. Cari informasi tentang hotel atau penginapan terdekat yang aman dan nyaman jika Anda ingin berwisata dalam beberapa hari.
  10. Carilah agen wisata yang sudah terpercaya jika anda ingin memakai jasa agen.