" />

Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai yang terdapat di tanah pasundan, lebih tepatnya di daerah Garut. Kota Garut menyimpan berbagai macam destinasi wisata yang mempesona, salah satunya adalah wisata pantai. Apabila sedang mengunjungi kota intan ini tak ada salahnya untuk menyempatkan diri mengunjungi pantai yang terkenal dengan keindahan yang luar biasa.

Pantai ini terletak di Desa Purbayani, Caringin, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini memiliki jarak yang sangat jauh dari pusat kota Garut, yaitu berjarak sekitar 135 kilometer. Sedangkan, dari pusat kota Bandung membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 7 jam perjalanan. Maka dari itu, untuk siapkan fisik dan perbekalan yang cukup apabila ingin mengunjungi pantai ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya

Tidak dipungut biaya yang mahal untuk dapat berkunjung ke pantai ini. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 10.000,- per orang untuk weekend dan Rp. 5.000,- per orang untuk weekdays. Harga tersebut cukup terjangkau untuk mendapatkan fasilitas yang lengkap dan pemandangan pantai yang mempesona.

Baca JugaMenikmati Indahnya Sunset di Pantai Sayang Heulang Garut !

Daya Tarik Pantai Rancabuaya

Obyek wisata Pantai Rancabuaya memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan pantai-pantai lain. Pada umumnya pantai merupakan spot terbaik untuk melihat sunset. Akan tetapi, pantai ini tidak hanya menyajikan sunset yang indah, namun juga dipadukan dengan keunikan yang dimilikinya.

1. Curug atau Air Terjun

Curug Pantai Rancabuaya

Curug atau air terjun merupakan daya tarik yang khas dari pantai ini. Air terjun tersebut langsung turun dari tebing yang berada di pantai tersebut. Berbeda dengan curug atau air terjun pada umumnya, curug ini memiliki air yang langsung bermuara ke laut, tidak membendung sendiri. Apabila Anda bosan mengabadikan foto dengan latar belakang sunset, maka foto dengan latar belakang curug yang menghadap pantai dapat menjadi alternatif lain.

Baca Juga : Destinasi Wajib Berkunjung ke Garut? Ya Pantai Santolo !

2. Biota Laut yang Menghiasi Pantai

Biota Pantai Rancabuaya

Pantai ini memiliki kaya akan biota laut. Biota laut biasanya terdapat di sekitar batu-batu karang yang ada di pantai ini. Anda juga dapat melihat biota laut di laut ataupun di sekitar curug. Karena tidak diperbolehkan berenang di pantai, maka Anda dapat berenang di dekat curug sambil melihat biota laut yang beranekaragam.

3. Sunset

Sunset Pantai Cikaracak

Seperti pantai pada umumnya, pantai ini juga memiliki spot untuk melihat sunset. Anda dapat melihat sunset dengan latar belakang pemandangan pantai ataupun sunset dengan latar belakang curug yang menghadap pantai. Sunset dengan latar belakang curug dapat diabadikan dalam sebuah foto yang antimainstream. Selain sunset, Anda juga dapat menikmati sunrise yang tak kalah indah di pantai ini.

4. Pasir Putih yang Berpadu dengan Flora Pantai

Pasir Putih Pantai Rancabuaya

Berbeda dengan pantai di daerah Jawa Barat yang biasanya memiliki pasir berwarna coklat, maka pantai ini berbeda. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih seperti halnya di Bali. Ditambah lagi dengan batu-batu karang di sepanjang pantai serta flora pantai yang semakin menghiasi pantai ini. flora yang biasa tumbuh adalah pohon ketapang dan pohon kelapa. Anda dapat berteduh di bawah pohon tersebut apabila cuaca sedang terik.

5. Atraksi Kebudayaan

Atraksi Pantai Rancabuaya

Setiap bulan Maret akan diadakan upacara hajat laut di pantai ini. Upacara tersebut berupa melarung sesajen ke tengah laut. Hal itu dilakukan agar nelayan dapat memperoleh hasil melaut yang lebih banyak. Upacara ini selalu berhasil menarik minat pengunjung, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Jumlah pengunjung biasanya juga akan meningkat dari hari biasanya.

Fasilitas Pantai Rancabuaya

Berbeda dengan pantai-pantai lain, pantai ini memiliki pengelolaan yang sudah terjaga dengan baik. Kebersihan pantai juga lebih terjaga. Tidak ada sampah-sampah yang berserakan di sepanjang pantai. Pengunjung akan dimanjakan dengan lingkungan pantai yang bersih dan bebas sampah. Ditambah dengan pemandangannya yang luar biasa membuat pengunjung merasakan kenyamanan yang berbeda.

Pantai ini juga menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Di sepanjang pantai terdapat saung-saung sebagai tempat istirahat, beberapa toko makanan, toilet, musholla, serta lahan parkir yang luas. Meskipun pantai ini jauh dari pusat kota Garut, namun pantai ini dekat dengan beberapa resort dan penginapan. Beberapa resort dan penginapan di sekitarnya adalah Favehotel Garut, Villa Jaya Sakti, dan Bukit Alamanda Resort.

Akses dan Rute Menuju Pantai Rancabuaya

Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor, mobil, ataupun bus untuk mengunjungi pantai ini. terdapat beberapa rute untuk tiba di pantai ini. Apabila Anda memulai perjalanan dari Bandung, maka rute yang akan dilalui adalah Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya. Rute tersebut membutuhkan waktu enam jam perjalanan dengan kondisi jalan yang agak rusak.

Kemudian untuk rute pulang adalah Rancabuaya – Cijayana – Pameungpeuk – Cikajang – Garut – Bandung. Rute pulang membutuhkan waktu perjalanan yang lebih singkat, yaitu sekitar empat jam perjalanan. Hal itu dikarenakan keadaan jalan yang lebih baik daripada rute ketika berangkat.

Apabila ingin melewati rute dengan jalan yang lebih baik, maka bisa melalui jalur Garut. Apabila Anda dari Bandung, maka Anda harus ke Garut terlebih dahulu. Rute yang akan dilalui adalah Garut – Cikajang Pameungpeuk. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari pusat kota Garut. Akan tetapi, tidak disarankan menggunakan kendaraan besar apabila ingin menggunakan rute ini, karena jalannya yang berkelok-kelok.

Peta Menuju Pantai Rancabuaya (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Rancabuaya

  1. Augusta Hotel
  2. Harris Hotel & Conventions Festival CityLink

Tips Berwisata ke Pantai Rancabuaya

  1. Gunakan kendaraan pribadi. Karena lokasi Pantai Rancabuaya sulit dijangkau dengan kendaraan umum, sehingga akan mempersulit perjalanan Anda.
  2. Persiapkan makanan dan minuman yang cukup, karena lokasi yang jauh dari pusat kota dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tiba di lokasi, sehingga Anda perlu perbekalan yang cukup.
  3. Beristirahatlah ketika lelah atau mengantuk di perjalanan. Apabila Anda merasa lelah di perjalanan Anda dapat merebahkan badan atau beristirahat sebentar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda dapat beristirahat di rest area, pom bensin, ataupun masjid di yang ada di sepanjang jalan.
  4. Jangan lupa membawa baju ganti. Apabila mengunjungi obyek wisata air seperti pantai, maka menyiapkan baju ganti merupakan hal yang wajib agar Anda dapat berenang di pantai. Tidak afdol apabila tidak berenang ketika sedang berlibur di pantai.
  5. Jangan lupa membawa obat-obatan. Meskipun terdengar sepele, namun membawa obat-obatan ketika sedang berlibur adalah hal yang wajib, karena kesehatan kita bisa saja menurun karena terlalu lelah berlibur.
  6. Tabir surya atau sunblock merupakan salah satu hal yang harus di bawa ketika sedang berlibur di pantai. Sunblock berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari yang terik.
  7. Jangan lupa memesan hotel jauh-jauh hari sebelum jadwal berlibur Anda.