10+ Oleh-oleh Khas Nepal (Otentik Banget!)

Jika mendengar kata Nepal pastilah Anda langsung terbayang dengan Gunung Everest. Nepal merupakan sebuah negara titi pendakian Gunung Everest.

Oleh karena itu, ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke negara ini setiap tahunnya. Jika Anda berkunjung ke Nepal, tak ada salahnya untuk mencari oleh-oleh khas Nepal untuk diberikan kepada keluarga ataupun orang terdekat.

Ada banyak sekali pilihan barang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Nepal. Anda tinggal mencarinya di pasar-pasar yang ada di Nepal ataupun pusat oleh-oleh yang memang menyediakan beberapa barang khas dari Nepal.

Harga yang dipatok untuk masing-masing barang tersebut relatif murah sehingga Anda dapat membeli barang-barang tersebut dalam jumlah yang banyak.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Nepal

Ada banyak sekali pilihan barang yang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan orang terdekat. Barang tersebut banyak sekali dijual di pasar-pasar ataupun pusat oleh-oleh yang ada di Nepal.

Namun, ada beberapa barang yang biasanya dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarganya di rumah.

Beberapa oleh-oleh khas yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Nepal adalah:

1. Lukisan Thangka

oleh-oleh khas nepal lukisan

Nepal terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki budaya Hindu dan Buddha yang kental. Hal ini dikarenakan kedua agama tersebut merupakan agama mayoritas yang ada di Nepal.

Salah satu benda yang masih dipengaruhi oleh kebudayaan kedua agama tersebut adalah lukisan thangka. Lukisan ini memiliki gambar mengenai kebudayaan Hindu Buddha yang ada di Nepal.

Lukisan ini merupakan lukisan yang dibuat secara manual pada kanvas. Ada beberapa jenis gambar yang bisa Anda pilih, tetapi gambar dengan tema keagamaan lah yang paling banyak dicari dan diincar oleh para wisatawan. Anda juga dapat menjadikan lukisan ini sebagai salah satu oleh-oleh ketika berkunjung ke Nepal.

2. Pisau Khukuri

oleh-oleh khas nepal benda tajam

Karya seni lainnya yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh adalah pisau khukuri. Pisau hasil kerajinan khas Nepal ini memiliki bentuk yang cukup unik sehingga cocok bila dijadikan pajangan bagi penyuka seni.

Anda dapat membeli beberapa pisau ini sebagai oleh-oleh dan berikan kepada kerabat ataupun keluarga Anda yang tertarik di bidang seni, sehingga mereka akan merasa sangat senang.

3. Mangkuk Bernyanyi

oleh-oleh barang khas nepal

Benda ini sebenarnya bukanlah mangkuk yang digunakan untuk meletakkan bahan makanan. Benda ini merupakan sebuah alat musik khas dari Nepal.

Dinamakan mangkuk bernyanyi dikarenakan bentuknya yang seperti mangkuk. Adapun bentuk dari mangkuk bernyanyi ini mirip seperti ulekan yang ada di Indonesia.

Cara menggunakan mangkuk bernyanyi ini adalah dengan memukul permukaan dalam mangkuk dengan pemukul. Suara yang dihasilkan oleh alat musik ini adalah suara dengan alunan yang lembut dan halus.

Oleh karena itu, suara dari mangkuk bernyanyi ini biasanya digunakan untuk menenangkan pikiran. Anda dapat menjadikan mangkuk bernyanyi ini sebagai salah satu oleh-oleh unik.

4. Patung Kayu

oleh-oleh khas nepal unik

Kerajinan tangan lainnya yang bisa Anda temui di Nepal adalah patung kayu. Patung tersebut dibuat dari hasil pahatan kayu oleh seniman-seniman yang ada di Nepal.

Ada beraneka macam bentuk patung kayu yang bisa Anda pilih dan bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat ataupun keluarga di rumah.

Umumnya, patung kayu tersebut memiliki bentuk yang unik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pajangan di rumah. Banyak sekali wisatawan yang menyukai patung kayu yang ada di Nepal ini.

Bahkan ada beberapa wisatawan yang rela kembali ke Nepal hanya untuk membeli patung kayu yang unik tersebut.

5. Tas

oleh-oleh khas nepal untuk dewasa

Anda juga dapat membeli beberapa tas dengan motif yang unik-unik ketika berkunjung ke Nepal. Ada banyak sekali pilihan tas mulai dari ukuran kecil hingga besar yang dijual di pusat oleh-oleh Nepal.

Motif dan warna yang tersedia pun cukup banyak sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Tas dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang setelah Anda berkunjung ke Nepal.

6. Topeng Tradisional

oleh-oleh tradisional masyarakat khas nepal

Nepal merupakan salah satu negara yang terkenal dengan karya seninya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jenis karya seni yang dihasilkan oleh para pengrajin yang ada di Nepal.

Salah satu karya seni yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Nepal adalah topeng tradisionalnya. Bentuk dari topeng yang unik akan menambah nilai seni pada topeng tersebut.

Topeng tradisional tersebut biasanya akan dijadikan pajangan oleh para wisatawan yang membelinya. Bentuknya yang unik dan antik merupakan alasan utamanya.

Jika kerabat ataupun keluarga Anda menyukai hal yang berbau seni, maka topeng tradisional ini sangatlah cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk mereka.

7. Wayang

oleh-oleh mainan tradisionalkhas nepal

Selain Indonesia, ternyata Nepal juga memiliki kerajinan wayang. Wayang hasil pengrajin di Nepal ini terkenal sebagai salah satu barang antik.

Hal inilah yang membuat harga dari wayang ini relatif mahal karena bentuknya yang sangat unik dan hanya bisa ditemui di Nepal saja. Walaupun harganya relatif mahal, tetapi masih banyak wisatawan yang mencari wayang ini di pasar oleh-oleh Nepal.

Jika Anda memiliki budget yang lebih, maka tak ada salahnya untuk membeli beberapa wayang untuk dibawa ke Indonesia. Apalagi jika Anda merupakan seorang penyuka seni dan juga memiliki kerabat yang memiliki kesukaan yang sama. Wayang khas Nepal tersebut dapat menjadi oleh-oleh terbaik bagi kerabat Anda penyuka seni tersebut.

8. Bendera Doa Tibet

oleh-oleh khas nepal yang menarik

Benda unik lainnya yang hanya bisa Anda temukan di Nepal adalah bendera doa Tibet. Bendera ini dikenal dengan istilah dar cho oleh masyarakat setempat.

Sama seperti namanya, bendera ini merupakan sebuah bendera yang berisi doa-doa ataupun tulisan-tulisan yang memiliki kesan sakral. Bendera ini pun memiliki warna yang bermacam-macam sehingga indah untuk dilihat.

Anda akan dengan mudah mendapatkan bendera ini tergantung di beberapa tempat yang ada di Nepal. Masyarakat Nepal percaya, jika bendera tersebut, maka teks-teks doa yang ada di dalam bendera akan menyebarkan kebaikan jika tertiup angin. Benda unik tersebut dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah.

9. Kertas Lokta

oleh-oleh khas nepal yang jarang ditemukan

Kertas khas Nepal yang paling sering dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Nepal adalah kertas lokta. Kertas ini merupakan kertas khas Nepal yang terbuat dari sekam padi.

Kertas ini juga sering diolah menjadi beberapa barang seperti dompet, album foto, buku catatan, bahkan tas. Anda dapat menjadikan barang tersebut sebagai salah satu oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

10. Teh

oleh-oleh minuman sehat khas nepal

Nepal merupakan daerah yang terkenal dengan pegunungannya. Hal inilah yang membuat Nepal menjadi salah satu negara penghasil teh. Anda dapat menjadikan teh hasil pegunungan Nepal sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan juga kerabat dekat di rumah.

Sebagian oleh-oleh khas Nepal adalah barang-barang yang memiliki nilai seni yang tinggi. Hal tersebutlah yang menjadikan oleh-oleh khas Nepal menjadi unik. Jika Anda penggemar seni, maka Anda dapat membeli semua barang tersebut.

Leave a Comment

error: Content is protected !!