16+ Makanan Khas Klaten Jawa Tengah

Makanan khas Klaten memiliki banyak ragam keunikan sebagai menu khas dari Nusantara. Selain kental akan rasa dari tanah Jawa, makanan di sana juga masih memiliki cita rasa tradisional yang khas.

Anda tidak akan pernah rugi untuk mencari dan menyantap berbagai makanan yang khas di sana. Terutama lokasinya yang dekat dengan berbagai tempat wisata dan menghemat waktu.

Selain untuk menghemat waktu, berwisata kuliner di Klaten juga bisa menghemat biaya. Lokasi yang dekat hingga berbagai harga makanan yang murah menjadi ciri khas utamanya.

Anda bisa menemukan berbagai makanan di mulai dari budget terendah. Sekarang, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi ketika berlibur ke Klaten dan ingin mencari tempat untuk menemukan tempat makan yang pas.

List Makanan Khas Klaten

1. Kepel Klaten

buah kepel khas klaten

Ketika Anda berkunjung ke Klaten bisa menemukan banyak makanan ini di berbagai penjuru. Kudapan yang berbentuk seperti kepalan tangan ini memang menjadi menu yang khas di sana.

Daerah yang banyak memproduksi makanan ini adalah Pedan. Salah satu jajanan tradisional dengan bahan dasar tepung gandum yang diberikan bawang merah, bawang putih, sedikit garam, juga merica.

2. Sego Gudangan

makanan khas klaten sego gudangan

Jangan lupa untuk mencoba mencicipi menu ini ketika di pagi hari saat berada di Klaten. Sego yang memiliki arti nasi dan gudangan dengan arti sebagai urap.

Bisa disimpulkan bahwa makanan ini adalah nasi yang diberikan urap. Bentuknya mirip dengan acar yang terdiri dari berbagai macam olahan sayuran segar. Ditambahkan dengan parutan kerapa yang gurih, bubuk kacang kemudian saus tempe.

3. Sego Wiwit

tempat makanan khas klaten

Olahan nasi yang selanjutnya adalah Sego Wiwit sebagai kudapan yang mulai langka di temui saat ini. Biasanya akan banyak dibuat ketika ada berbagai tradisi selamatan atau sedekah pada bumi.

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas hasil panen masyarakat. Berbeda dengan saat ini yang sudah bisa ditemui di berbagai warung atau restoran tradisional. Ditambahkan dengan beragam aluk pauk lainnya.

4. Nasi Terancam

makanan khas klaten nasi terancam

Nama nasi yang unik ini menjadi ciri khas dari Klaten. Bahan dasar utamanya adalah nasi dan juga ditambahkan sayuran mentah. Untuk bumbu akan diberikan rempah pilihan untuk memunculkan aroma tertentu yang sangat khas.

Warung makan yang terkenal untuk menyajikan makanan ini adalah warung Bu Mayar. Tidak perlu khawatir dengan harga yang hanya 18 ribu saja per porsinya.

5. Swike Kodok

makan khas klaten

Tidak hanya di Klaten ternyata swike kodok bisa Anda temukan di mana pun ketika di Indonesia. Olahan ini akan diberikan bumbu rempah atas bahan utama kodok montok.

Anda bisa dibuat ketagikan ketika sudah pernah sekali saja mencobanya. Warung Bu Reso yang menjual kudapan ini begitu terkenal di Klaten dengan harga yang murah juga berbagai olahan swike yang khas.

6. Bakmie Mieroso

makanan tahu bakso khas klaten

Jangan lupakan olahan mie yang khas dari Klaten seperti yang satu ini. Bakmie miroso sudah menjadi kudapan legendaris dari Klaten yang wajib untuk dicoba.

Salah satu jenis makanan yang bertemakan Chinese Food namun halal sering diserbu oleh warga lokal atau wisatawan. Bumbu yang dibuat untuk memasaknya sudah diturunkan sejak lama dan akan membuat Anda semakin ketagihan.

7. Sop Ayam Pecok

sop ayam makanan khas klaten

Keunikannya terletak pada daging ayam dan tulang yang di potong dengan cara acak. Namanya ini diambil dari cara pemotongannya atau pecok yang disebut acak.

Anda bisa menemukan banyak olahan ini di berbagai daerah dan penjuru di Klaten. Harganya yang murah bisa menjadi solusi untuk makan siang Bersama keluarga. Tempat yang khas adalah Soto Ayam Pecok Pak Min.

8. Slondok

slondok camilan khas klaten

Menu slondok menjadi ciri khas atas makanan ringan yang berasal dari Klaten. Oleh-oleh ini bisa Anda bawa pulang untuk keluarga yang menunggu di rumah.

Bahan dasar utamanya adalah singkong yang kemudian digiling lalu direbus menggunakan beragam bumbu khas. Campuran tersebut akan dibuat menyerupai gelang yang khas sebelum siap di jemur dan di goreng kembali.

9. Nasi Tumpang Lethok

makanan khas klaten nasi tumpang lethok

Menu nasi akan dibutuhkan ketika Anda sedang berlibur di Klaten. Salah satu nasi yang wajib Anda coba adalah Nasi Timpang Lethok. Menu ini hanya tersedia di kala pagi sebagai ciri khas daerah sana.

Biasanya dihidangkan menggunakan menu pelengkap lainnya. Termasuk daun papaya, telur, Nangka, baceman, daun jeruk, koyor, kemudian ditambahkan kerecek yang nikmat.

10. Geplak

oleh oleh makanan khas klaten

Sajian roti khas dari Klaten ini sangat populer dengan teksturnya yang kasar. Meskipun teksturnya sedikit kasar, rasa yang diberikan sangat manis dan legit.

Bahan utamanya adalah parutan kelapa yang kemudian dimasak menggunakan gula. Dibentuk dengan ukuran seperti bola yang berwarna warni menjadi ciri khasnya. Harganya pun terbilang murah dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

11. Soto Bebek dan Bebek Bacem

makanan khas tradisi yaa qowiyyu di klaten

Di Klaten, olahan bebek sangat terkenal dan khas termasuk olahan yang dibacem atau dibuat menjadi soto. Rasa yang nikmat membuat pengunjung lokal dan wisatawan dibuat ketagihan.

Citarasanya tidak memiliki tandingan dari kuliner lain. Anda bisa mendatangi warung Bu Siswo sebagai pilihan untuk menyantapnya. Harganya yang murah pas dengan rasanya yang berkelas.

12. Wajik

wajik makanan oleh oleh khas klaten

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh wajik ketika Anda berkunjung ke daerah Jawa. Di Klaten memiliki wajik yang berbeda dengan rasa yang nikmat. Bahan utamanya dibuat dari beras ketan kemudian diberikan gula merah. Anda bisa menemukannya di berbagai tempat kemudian bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Bahkan ada tempat dimana Anda masih bisa menawar harga.

13. Keripik ceker dan keripik belut

makanan khas klaten dan resepnya

Olahan keripik jangan sampai terlewatkan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Klaten. Di sana ada banyak tempat yang menjual berbagai kripik dari bahan dasar atau bahan utama ceker dan belut.

Rasa gurih dan renyah membuat Anda semakin ketagihan dan tidak mau berhenti untuk memakannya. Selain itu ada juga keripik lain seperti keripik cakar, belut, kemudian paru dengan rasa yang nikmat.

14. Dawet Bayat

minuman khas klaten dawet bayat

Ragam jenis dawet bisa Anda temukan di Klaten, salah satunya adalah olahan dawet bayat. Pada dasarnya olahan dawet itu sama saja seperti cendol pada umumnya.

Yang membedakan disini adalah penggunaan kelapa yang masih muda kemudian membuat siang hari Anda menjadi lebih menyegarkan. Anda bisa menemukan jajanan ini di mana pun ketika sedang berada di Klaten.

15. Rempeyek ikan Cethul

kembang jambu makanan khas klaten

Jenis rempeyek yang unik bisa di temukan ketika Anda mengunjungi Klaten. Salah satunya adalah olahan rempeyek yang menggunakan pelengkap ikan cethul.

Biasanya rempeyek akan menggunakan kacang atau udang dan ini yang menambahkan keunikan dari menu yang satu ini. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Klaten untuk keluarga.

16. Dawet Onggok

dawet onggok minuman khas klaten

Kesegaran dawet bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke tanah Jawa. Berbagai keunikan dawet bisa ditemukan di lokasi ini. Terbuat dari ekstrak serat pohon kemudian dibuat menjadi tepung.

Memang Anda hanya bisa menemukannya ketika berkunjung ke Klaten saja. Harganya yang murah membuat banyak wisatawan semakin penasaran untuk mencoba. Bahkan tersedia di berbagai tempat.

Selain keunikannya makanan khas Klaten juga memiliki beragam keunggulan. Salah satunya adalah harga yang pas di kantong untuk makan Bersama keluarga sambil berlibur di sana.

Anda bisa menemukan banyak makanan seperti list di atas di berbagai tempat. Lokasinya yang berdekatan menjadi poin utama bagi Anda yang tidak suka berwisata kuliner dengan jarak yang sangat jauh.

Leave a Comment

error: Content is protected !!