16+ Makanan Khas Perancis yang Terkenal (Ada yang Halal)

Masih banyak orang yang belum tahu banyak tentang makanan khas Perancis. Nama dan rasanya yang unik membuat orang semakin penasaran untuk mencobanya.

Memang rasa dari makanan yang berasal dari negara Eropa terkadang berbeda dengan yang disajikan di negara lain. Di Indonesia banyak sekali tempat makan yang menyajikan menu khas Perancis atau eropa lainnya.

Tidak semua restoran tersebut bisa menyajikan yang mirip atau persis seperti di negara asalnya. Kesempatan Anda selama berada di Perancis adalah menikmati setiap kenikmatan sajian makanannya.

Di mulai dari menu dessert sampai main course yang bisa Anda nikmati dan tak akan terlupakan. Harga bukan suatu masalah ketika semuanya sesuai dengan ekspektasi.

Makanan Khas Perancis, Wajib Coba!

1. Escargot

makanan berat khas perancis

Kepopuleran menu Escargot ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Nama yang unik sesuai dengan komposisi di dalamnya yang terbuat dari siput atau bekicot.

Penyajian ini sangat khas dan digemari oleh banyak turis yang berkunjung ke negaranya. Kuliner ini sangat digemari dengan rasa yang unik juga gizi yang seimbang. Kaya akan berbagai protein dan vitamin membuat hidup Anda lebih sehat.

2. Coq Au Vin

ciri khas makanan perancis

Au vin adalah singkatan dari minuman Wine sebagai salah satu pelengkap sajian ini. Untuk bahan utamanya akan menggunakan ayam jantan yang dimasak menggunakan wine.

Bagian ayam yang digunakan akan mengambil bagian pahanya yang dimasak bersamaan dengan anggur merah. Bumbu lain akan ditambahkan sebagai pelengkap rasa hingga akhirnya meresap ke dalam daging.

3. Ratatouille

makanan khas perancis yang mudah dibuat

Terkenal sejak lama terutama ketika dibuat sebuah film berjudul Ratatouille yang menceritakan perjuangan seorang koki dan tikus.

Nama masakan ini menjadi semakin melejit dan terkenal. Dibuat dari olahhan sayuran yang kemudian diberikan bumbu dan dipanggang. Rasa yang diciptakan pun sangat nikmat juga khas untuk disajikan dengan roti, nasi, atau pun kentang dengan bumbu.

4. Confit de Canard

makanan main course khas perancis

Menu panggangan khas Perancis ini sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang sangat menyukai menu bebek maka cocok untuk memakan santapan ini.

Ada berbagai macam bumbu khas dari Perancis yang melengkapi sajian ini. Hal itu karena bebek akan dimarinasi selama 24 jam kemudian dimatangkan dengan waktu 36 jam sebelum akhirnya digoreng dan di panggang.

5. Foi Gras

makanan khas di prancis

Hidangan ini sangat digemari dan muncul semenjak abad pertengahan di Eropa. Kuliner ini sudah sangat terkenal dan paling tua bagi beberapa daerah di Eropa yang menyajikannya.

Pembuatannya menggunakan bahan dasar hati angsa atau pun bebek. Makanan ini akan dimasak dengan berbagai cara baik di goreng, panggang, hingga bakar dengan bumbu dan saus yang khas.

6. Bouillabaisse

10 makanan khas perancis

Olahan seafood bisa menjadi solusi terbaik ketika Anda berkunjung ke Perancis dan mencoba sesuatu yang baru. Untuk mencicipi menu seafood jangan lupa untuk memesan Bouillabaisse.

Makanan ini dahulunya adalah olahan yang dibuat oleh para nelayan di Perancis tepatnya di daerah Goudes. Dimasak dengan campuran kuah dan bumbu lainnya yang khas dari Perancis.

7. Soupe a L’oignon

restoran makanan khas prancis

Kuah kaldu sapi yang menjadi bahan utama bumbu masakan ini menjadi ciri khas yang unik. Pengolahannya menggunakan bawang putih, parutan keju, kemudian ditambahkan daging ayam.

Sup ini terkenal di Perancis dan banyak wisatawan yang ingin mencobanya. Rasa kental yang khas dan kegurihannya yang membuat Anda semakin ketagihan. Sudah ada sejak zaman Romawi hingga sekarang.

8. Beef Burguignon

makanan khas perancis adalah

Olahan daging ini sering disamakan dengan makanan rendang dari Padang. Memang tidak jauh berbeda dari rendang yang sama saja terbuat dari daging sapi.

Kemudian akan dibumbui dengan berbagai bumbu rempah dari perancis. Keunikannya adalah menggunakan tambahan anggur merah di dalam bumbunya. Beef ini akan dimasak hingga kemudian bumbunya meresap.

9. Langue de Boeuf

makanan kontinental khas perancis

Bahan utama pembuatan masakan ini menggunakan lidah sapi yang di iris tipis. Merupakan salah satu menu khas dari Perancis dan digemari oleh masyarakat juga wisatawan.

Biasanya akan dimasak menggunakan bumbu rempah kemudian potongan sayuran yang nikmat. Teksturnya yang lembut juga sedikit kenyal dengan perpaduan bumbu yang gurih menjadi ciri khas dari masakan ini.

10. Farci Poitevin

nama makanan khas perancis

Daerah Poitou-Charentes menjadi lokasi dimana masakan ini mulai dibuat. Kuliner khas dari Perancis dengan penambahan beragam jenis sayuran juga bumbu yang lainnya.

Akan dimasukan atau dibungkus ke dalam kubis sebagai ciri khasnya. Menu ini akan dihidangkan sebagai pembuka di beberapa restoran. Bisa dilengkapi dengan beberapa potong roti untuk melengkapinya.

11. Crème Brulee

gambar makanan khas perancis

Sudah terkenal di banyak negara, crème brulee menjadi salah satu sajian yang unik dan khas dari Perancis. Campuran susu, vanilla, juga buah-buahan menjadi hidangan yang cocok sebagai pembuka.

Cara memasaknya adalah memasak bahan tersebut dengan oven dan dilengkapi dengan bumbu lainnya. Akhirnya, makanan ini akan memiliki cita rasa yang manis dan juga menyegarkan.

12. Croissant

menu makanan khas perancis

Jangan lupa untuk menikmati menu croissant ketika Anda berpergian ke Perancis. Sangat mudah untuk ditemukan di berbagai took roti, restaurant, hingga berbagai café yang ada di Perancis.

Makanan ini adalah salah satu yang khas dan terlezat di Perancis. Hingga akhirnya di nobatkan sebagai salah satu kuliner terlezat di dunia. Isian bisa bervariasi di mulai dari manis hingga asin.

13. Crepes

artikel tentang makanan khas perancis

Sudah banyak negara yang menjual menu makanan ini yang sebenarnya berasal dari Perancis. Crepes dengan tekstur yang renyah dipadukan dengan adonan yang tipis mulai bermunculan di berbagai tempat.

Inovasi yang dimunculkan dimulai dari tersedianya berbagai rasa yang disajikan. Kemudian penggunaan berbagai toping unik yang juga sangat nikmat untuk dicoba.

14. Baguette

makanan khas perancis dan cara pembuatannya

Baguette merupakan roti yang sama terkenalnya seperti croissant. Berasal dari Perancis dengan popularitasnya yang begitu mendunia.

Bentuk yang Panjang juga tekstur yang begitu renyah membuat beberapa orang penasaran untuk mencobanya. Panjang roti ini sangat unik dan banyak turis yang mencoba hidangan menggunakan roti ini. Banyak tempat di sana yang menjual roti ini.

15. Tarte tatin

makanan tradisional negara perancis

Tidak kalah menarik, menu yang satu ini sangat terkenal di perancis sebagai salah satu kue tart yang khas di sana. Menggunakan buah yang menjadikan rasanya lebih unik.

Biasanya buah apel dan apricot yang diolah dengan ciri khas tertentu menjadi menu andalannya. Rasa manis yang lezat membuat kue ini menjadi salah satu favorit bagi warga di Perancis dan wisatawan.

16. Pain Au Chocolate

makanan khas paris perancis

Olahan roti yang digulung ini menjadi kelengkapan menu dessert ketika Anda berada di Perancis. Dengan olahan roti yang manis ditambahkan potongan cokelat di tengahnya.

Anda bisa melihat bentuknya yang berlapis dengan adonan ragi. Bentuknya memang hampir sama dengan croissant dan banyak dijual ketika makanan masih dalam kondisi yang hangat.

Makanan Khas Perancis memiliki banyak keunikan dari salah satu negara dengan menu makanan yang selalu mendunia.

Sekarang, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi ketika berkunjung ke Perancis dan mencari tempat untuk menyantap makanan. Meskipun harganya terbilang cukup mahal namun makanan disana sangat cocok dan nikmat untuk disantap oleh wisatawan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!