16+ Makanan Khas Tulungagung, Mantap!

Kota Tulungagung memiliki beragam keunikan yang bisa Anda temukan termasuk berbagai makananan khasnya. Ketika berkunjung ke Tulungagung jangan lupa untuk membeli oleh-oleh makanan khas Tulungagung.

Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat dan tidak membuat kantong Anda menjadi kejebolan. Berwisata dengan keluarga akan jauh lebih nyaman di sana.

Kenyamanan Anda akan bergantung pada tersedianya berbagai tempat makan ketika berwisata. Urusan perut akan mudah diatasi dengan rasa yang nikmat, harga yang murah, juga tempat yang nyaman.

Di Tulungagung berbagai olehan di mulai dari rasa yang manis, asin, hingga gurih dan segar bisa ditemukan. Harga sangat bersahabat dan lokasi yang saling berdekatan.

List Makanan Khas Tulungagung

1. Ayam Goreng

kuliner makanan khas tulungagung

Di Indonesia banyak sekali wilayah yang memiliki berbagai sajian ayam goreng dengan berbagai khasnya. Salah satunya adalah ayam goreng yang berasal dari Tulungagung sebagai solusi untuk bersantap Bersama keluarga.

Anda bisa menemukan ayam goreng yang nikmat dengan bumbu tersendiri. Rasa ayam yang nikmat berpadu dengan empuknya daging dan tulang.

2. Jenang Syabun

makanan khas tulungagung jenang syabun

Ragam olahan jenang bisa ditemukan di berbagai daerah Jawa. Untuk jenis jenang syabun bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Tulungagung. Di sana ada jenang yang terbuat dari beras ketan dan bentuknya sangat mirip dengan dodol.

Jenang ini ternyata memiliki nama lain sebagai jenang licin. Hal itu terbukti dari permukaan jenang yang sangat licin. Anda bisa menemukannya di mana pun.

3. Kepiting Sambal Ijo

kepiting sambal ijo kuliner khas tulunagung

Olahan kepiting di Tulungagung sangat khas dan tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menemukan banyak tempat yang menjual kepiting dengan sambal ini.

Bisa dibayangkan bahwa kepiting yang masih fresh ini memiliki ukuran besar. Dibuat dengan bumbu yang gurih kemudian diberikan sambal ijo sebagia pelengkap. Anda bisa memakannya untuk Bersama keluarga sebagai olahan seafood.

4. Sate dan Gulai Kambing

makanan khas tulungagung sate dan gulai kambing

Jangan lupa untuk mencicipi sate yang khas dari Tulungagung dengan bumbu dan citarasa yang khas ini. Sajian sate atau gulai kambing di sana memiliki tekstur daging yang sangat empuk.

Bumbu dari dagingnya sangat meresap dan gurih. Anda bisa mencoba satenya yang diberikan bumbu kecap kemudian ditambahkan rempah khas. Harganya pun sangat bersahabat untuk Anda coba.

5. Ayam Lodho

makanan khas tulungagung ayam lodho

Ketika Anda membutuhkan makanan dengan porsi yang padat maka bisa mencoba untuk menikmati menu yang satu ini. Cara menyajikannya pun sangat unik dan mirip dengan opor ayam.

Penyajiannya di masak dengan di panggang sebelum ke tahap yang sebelumnya. Karena dipanggang terlebih dahulu, maka rasa yang diberikan akan lebih pas juga aroma yang lebih terasa.

6. Kue Sagon

kue sagon camilan khas tulungagung

Sajian kue ini bisa ditemukan di berbagai tempat ketika Anda berkunjung ke Tulungagung. Ada banyak daerah lain yang memiliki jenis kue yang sama.

Rasa yang diberikan adalah rasa manis dan gurih dilengkapi dengan aroma yang sangat wangi. Bahan dasarnya adalah kelapa yang diberikan campuran tepung ketan. Kue ini sangat sering diburu oleh para wisatawan bahkan warga lokal.

7. Enting-Enting

oleh oleh makanan khas tulungagung

Enting ini dibuat dari kacang dan sering disebut sebagai geti. Salah satu menu yang sangat terkenal di Tulungagung dan bisa ditemukan di berbagai penjuru kotanya.

Anda bisa mencicipi makanan ringa ini dengan bahan dasar kacang tanah kemudian diberikan wijen. Nantinya akan dimasukan pada larutan gula merah yang kemudian dimasak hingga kering sebelum dimasukan dalam plastik.

8. Getuk Pisang

getuk pisang makanan khas tulungagung

Olahan getuk sangat identic dengan makanan khas tanah Jawa. Salah satu getuk yang terkenal dari Tulungagung adalah getuk pisang.

Menu ini sangat sering dijadikan oleh-leh bagi wisarawan yang berkunjung. Anda bisa menemuknnya dibanyak toko oleh-oleh di sana. Dengan bahan pembuatannya yang mudah juga rasa yang khas. Tidak perlu khawatir soal harga yang pas di kantong.

9. Jenang Grendol

jajananan makanan khas tulungagung

Jenang yang selanjutnya adalah menu jenang grendol. Salah satu jenis jenag yang berasal dari Tulungagung dan menjadi primadona wisatawan.

Penyajiannya pun berbeda dari jenang syabun hingga rasanya yang khas antara manis dan gurih. Pembuatannya menggunakan tepung kanji kemudian disajikan dengan jenang bening juga banyak dijual di pasaran.

10. Kerupuk Rambak

kerupuk rambak khas tulungagung

Olahan kerupuk yang satu ini sangat khas ketika Anda berkunjung ke Tulungagung. Adalah olahan yang dibuat dari kulit sapi atau pun kerbau dan menjadi kesukaan wisatawan bahkan warga lokal. Rasanya yang gurih juga tekstur yang renyah membuatnya banyak diminati. Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh makanan ringan untuk keluarga yang khas dari Tulungagung.

11. Sompil

makanan khas tulungagung sompil

Jangan lupa untuk membeli olahan sompil yang berasal dari Tulungagung. Biasanya disajikan bersamaan dengan irisan lontong kemudian diberikan tambahan lotho.

Toping yang lezat dilengkapi dengan bumbu kedelai yang sangat lumer. Anda yang menyukai pedas akan sangat menyukai masakan ini. Dengan citarasa nikmat dan pedas yang tidak akan terlupakan.

12. Ledre

ledre camilan khas tulungagung

Sajian ledre harus selalu dicoba ketika Anda berkunjung ke Tulungagung. Biasanya banyak toko oleh-oleh yang menjual makanan ini.

Terdapat banyak varian ledre yang dijual di lokasi termasuk rasa coklat dan pisang. Tampilannya lebih mirip dengan semprong atau bisa dibilang seperti pisang aroma. Tekstur yang khas adalah rasanya yang manis dan juga renyah sebagai sajian favorit.

13. Sayur Pindang Terong Pedas

makanan khas tulungagung sayur pindang terong

Menikmati santap siang dengan menu ini bisa menjadi primadona yang nikmat. Rasa sayur terongnya memang nikmat dan hanya bisa ditemukan di Tulungagung.

Bumbu yang diberikan sangat nikmat untuk dijadikan sebagai menu makan siang. Anda bisa menemukan banyak resto atau warung makan yang menjualnya dengan berbagai kenikmatan rasa. Harga yang ditawarkan pun masih bersahabat.

14. Kopi Ijo dan Cethe

minuman kopi khas tulungagung

Masyarakat Tulungagung terkenal akan kegemarannya untuk menyantap kopi. Sedangkan nama kopi yang sering disebut adalah kopi ijo. Warna yang hijau menjadi ciri khas dan kemudian memiliki warna sedikit kehitaman.

Akan dicampurkan dengan kacang hijau yang sebelumnya sudah diolah. Menjadi salah satu kegemaran yang tidak lepas dari budaya lokal.

Salah satu budayanya adalah nyethe atau mengoleskan kopi yang mengendap di cangkir pada rokok. Rokoknya pun harus dalam keadaan menyala dan memberikan sensasi yang berbeda.

15. Apem

makanan manis khas tulungagung

Kue apem adalah olahan khas dari Indoensia dan sudah lama sangat terkenal. Olahan kue ini sudah tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Bahan dasar atau utamanya adalah tepung beras dengan berbagai olahan.

Untuk rasa yang diberikan adalah ciri khas dari rasa manis yang biasanya memiliki sedikit rasa asam. Apem akan di buat dengan bentuk unik dan berwarna warni.

16. Rujak Cingur

rujak cingur khas tulungagung

Sangat disayangkan jika bermain ke daerah Jawa namun tidak mencoba atau membeli rujak cingur. Jenis rujak yang satu ini sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Biasanya akan berisikan kangkong, tempe, irissan buah segar, tahu, lontong, serta cingur. Kuah petisnya sangat khas dan membuat banyak orang menjadi ketagihan. Cocok untuk dihidangkan dengan minuman dingin yang segar.

Membutuhkan panduan tersendiri ketika Anda akan berkunjung ke beberapa wilayah. Mencari tempat makan yang pas menjadi salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan.

Anda bisa mencari makanan khas Tulungagung sebagai solusi untuk berwisata dan menikmati liburan. Ada berbagai macam jenis makanan juga harga yang bervariatif dengan keunikan tersendiri.

Leave a Comment

error: Content is protected !!