15+ Makanan Khas Singapura (Ada Harga, Ada yang Halal)

Singapura sering menjadi destinasi bagi warga negara Indonesia yang ingin menghabiskan waktu berlibur. Ketika berlibur ke Singapura, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh oleh khasnya.

Daftar di bawah ini akan menjelaskan tentang makanan khas Singapura (ada yang halal). Dengan memiliki daftar untuk tempat makan dan berbagai oleh-oleh lainnya maka persiapan liburan Anda akan semakin sempurna.

Makanan Khas Singapura (Ada yang Halal)

1. Chili Crab Sajian Khas Singapura

foto makanan khas singapura

Menjadi salah satu makanan khas Singapura yang terkenal chili crab bisa membuat santap siang menjadi nikmat. Untuk menikmati makanan ini akan lebih baik jika Anda menyantapnya menggunakan tangan.

Cara penyajiannya memang unik karena nantinya kepiting disajikan dengan utuh berikut cangkangnya. Penggunaan saus yang kental ditambah dengan telur dan cabai sangat nikmat untuk dicoba.

Di Singapura, makanan ini menjadi salah satu favorit bagi kebanyakan masyarakat di sana. Biasanya, cara memakannya akan menggunakan mantou atau sebuah roti goreng yang rasanya sangat lezat.

Penggunaan roti ini sangat mantap karena bisa melengkapi berbagai saus yang disajikan. Meskipun memang bagi sebagian orang Indonesia harganya bisa dibilang mahal sekitar 500 ribu Rupiah.

2. Hainan Chicken Rice dari Singapura

makanan khas singapura dan resepnya

Terdapat masakan khas Singapura yang sangat terkenal dan dibilang sebagai menu Nasional. Nasi Hainan ini menjadi bukti jika budaya asli Singapura masih dipegang hingga saat ini.

Rasa lokal Singapura di masakan ini sangat terasa dan tidak akan membuat Anda rugi untuk mencobanya. Menu ini dibuat dengan nasi harum yang dimasak menggunakan kaldu ayam. Harganya sekitar 35 ribu Rupiah.

Nantinya, penyajian nasi Hainan ini akan disajikan dengan pelengkap seperti potongan ayam. Yang membuat nikmat adalah dengan tambahan timun beserta saus cabai. Biasanya, penjual akan menambahkan pasta jahe dan kecap hitam yang dijadikan pelengkap. Rasa yang akan Anda dapatkan nanti akan menjadi pengalaman terbaik semasa berlibur di Singapura.

3. Sate Singapura

makanan khas singapura adalah

Hampir sama seperti beberapa negara Asia lainnya, di Singapura Anda juga bisa menemukan hidangan sate. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi, kambing, dan juga ayam. Sama seperti di Indonesia nantinya sate akan dihidangkan dengan cara dibakar diatas arang.

Yang berbeda di sini adalah penyajiannya dan tempat dimana Anda mencicipi menu masakan sate ini. Biar bagaimana pun bumbunya akan berbeda dengan sate di Indonesia.

4. Roti Prata

masakan khas negara singapura

Meskipun masakan ini berasal dari India, namanya sangat terkenal di Singapura. Makanan ini terkenal sebagai roti prata dengan tekstur yang tipis.

Biasanya, roti tipis ini akan dipanaskan di atas wajan hingga akhirnya berwarna keemasan. Resep pembuatannya yang mudah ini sangan menjadi andalan bagi beberapa pihak.

Uniknya, roti ini memiliki varian rasa yang lain dan tidak kalah nikmat seperti rasa keju, jamur, telur coklat dan pisang. Anda bisa memilih sesuai selera antara rasa yang manis dan asin.

Menu ini merupakan jajanan khas yang wajib untuk Anda coba. Apalagi jika Anda ingin menyantapnya bersama keluarga sebagai salah satu kenangan berlibur yang berkesan.

5. Char Kwai Teow 

makanan khas di singapura

Makanan khas Singapura untuk oleh oleh sangat beragam. Dengan jarak antara Indonesia dan Singapura yang dekat maka Anda bisa membawa makanan yang sudah dimasak untuk pulang.

Salah satunya adalah Char Kwat Teow sebagai sajian mie beras datar yang nikmat dari Singapura. Nantinya, mie akaj digireng dengan jangka waktu tertentu dan diberikan bumbu masaka yang khas.

Terdapaat juga tambahan lain seperti telur, udang, tauge, tiram, dan kecap manis yang lezat. Keahlian memasak pembuatnya menjadi penentu bahwa rasa yang diberikan akan nikmat.

6. Sajian Popiah

makanan khas yang digemari oleh masyarakat singapura adalah

Di Singapura ada makanan yang dinamakan popiah atau sering kita sebut sebaga8 lumpia. Perbedaannya lumpia di Singapura ini dibuat dengan crepe yang tipit da makanan ini merupakan salah satu sajian tradisional.

Biasanya, isian dari popiah ini mengandung lobak kukus, sisiran telur, tauge, timun, kacang serta udang. Cara penyajiannya dilengkapi dengan saus yang rasanya manis juga nikmat. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengganjal perut.

7. Laksa

ciri khas makanan singapura apa

Laksa merupakan salah satu makanan khas dari Singapura yang terkenal hingga seluruh dunia. Masakan ini sering diturunkan dari nenek moyang atau orang tuanya. Mie laksanya akan direndam di dalam saus pedas dengan tekstur yang kenyal.

Laksa memimiliki aroma rempah yang kuat ditambah lagi dengan udang kering yang diberikan susu dan kelapa. Pelengkapnya akan diberikan tauge, tiram, udang, ikan, dan juga sambal. Harganya sekitar 50 ribu Rupiah.

8. Carrot Cake

makanan tradisional negara singapura

Makanan khas Singapura halal memang tidak mudah untuk ditemukan. Akan tetapi bukan berarti harapan Anda telah pupus. Kali ini ada kue yang berasal dari Singapura dengan bahan utama lobak. Proses pembuatannya adalah dengan cara dikukus bersamaan dengan tepung berasnya.

Kue tersebut nantinya akan digoreng kemudian dicampurkan bersamaan lobak yang telah tersisa. Ada dua saus yang digunakan untuk penyajiannya yakni saus hitam dan caramel.

9. Rojak

makanan khas di singapore

Tidak semua cara membuat makanan yang khas dari Singapura itu mudah. Istilah makanan rojak bisa dibilang sebagai salah satu salad buah yang dicampurkan dengan sayuran gurih. Dalam sebuah rojak akan memiliki timun, nanas, lobak, sotong yang dipanggang, tauge, kacang, dan bahan lainnya.

Menu ini akan dimasak dengan saus yang berwarna gelap dan kental. Bahan sausnya biasanya terdiri dari asam jawa, pasta udang, gula, dan cabai.

10. Mie Siam

makanan khas singapura halal

Makanan halal yang berasal dari Singapura lainnya adalah mie siam. Masakan ini merupakan menu khas dari rakyat Melayu. Bahan utamanua adalah mie beras tipis yang kemudian digoreng bersamaan dengan pasta udang dan rempah.

Dadih kacang keringkan dijadikan pelengkap masakan yang diberikan telur rebus dan dipanaskan pada bumbu manis dan asam. Rasa asin berasal dari saus kacang kedelainya kemudian akan dibungkus menggunakan daun. Harganya sekitar 35 sampai 45 ribu Rupiah.

11. Tang Yuan

makanan khas dari singapura

Salah satu oleh oleh makanan khas Singapura yang akan melengkapi masa berlibur Anda adalah tang yuan. Sebagai salah satu masakan yang biasanya dimakan selama hari ke-15 terhitung sejak ulang tahun Cina. Bahan utamanya terdiri dari beras ketan dengan teksturnya yang lengket.

Setelah jadi akan dibentuk seperti bola yang dimasak menggunakan kuah berbahan dasar jahe dan kacang. Hidangan ini bisa diberikan dengan bentuk yang polos atau ditambahkan isian kacang lainnya.

12. Hokkien Prawn Mie

makanan khas singapura mie prawn

Berlibur ke Singapura tidak akan lengkap rasanya jika belum mencoba Hokkien Prawn Mee. Masyarakat setempat sering menyebutnya dengan mie hokkian.

Rasa yang lezat sudah pasti bisa Anda dapatkan selama menyantap makanan ini. Kaldu yang berasal dari tulang babi atau udang akan menjadj pelengkap rasa yang nikmat.

Ada beberapa tambahan bahan atau pelengkap lain seperti cumi, telut, udang, babi, atau bahan lainnya. Makanan ini juga merupakan makanan yang mudah dibuat.

13. Toast

makanan khas singapura toast

Kaya toast merupakan menu wajib yang harus Anda coba selama berada di Singapura. Dengan memakan makanan hits yang berperan sebagai snack bagi orang di Singapura.

Roti akan diolesi mentega yang kemudian dibakar menggunakan arang.

Setelah selesai di bakar akan diberikan selai khas Singapura seperti kelapa sehingga memberikan rasa yang manis. Kue yang satu ini sering menjadi incaran bagi wisatawan yang berlibur ke Singapura.

14. Kari Kepala Ikan

makanan khas singapura untuk oleh oleh

Kari kelapa ikan yang berasal dari Singapura akan memiliki rasa berbeda dengan yang ada di Indonesia. Terutama, makanan khas Singapura adalah menu yang berasal dari Melayu. Nantinya akan dicampurkan dengan rempah khusus yang menjadi resep utama pembuatannya.

Makanan ini merupakan menu khas dari India dengan membuat masakan ini berbentuk seperti gulai kepala ikan di Indonesia. Menu ini cocok untuk dijadikan menu makan siang dan sore bagi keluarga.

15. Roti Ice Cream Singapura

makanan khas singapura roti ice cream

Bagi Anda yang belum tau apa makanan khas Singapura yang bisa Anda nikmati, roti ice cream yang berada di Orchad road bisa menjadi pilihan. Roti ini sangat nikmat dan harganya yang juga bersahabat dengan bernagai pilihan rasa. Untuk harga sekitar 15 ribu Rupiah.

Daftar makanan khas Singapura (ada yang halal) menjadi persiapan liburan terbaik yang Anda miliki. Tidak perlu memikirkan bagaimana kebutuhan makanan di sana, dengan list di atas yang sudah dijamin enak.

Terdapat berbagai macam rasa dan ciri khas dari masakan yang bisa Anda dapatkan. Termasuk untuk menikmati sore dan malam di Singapura bersama keluarga untuk menemani masa berlibur yang hangat.

Leave a Comment

error: Content is protected !!