" />

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara dengan etnis yang beragam. Selain etnis Karo dan Melayu, terdapat juga etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing, dan India (Wikipedia).

Beragamnya etnis di Kota Medan mempengaruhi ragamnya kebudayaan salah satunya macam kuliner yang ada di sana. Kuliner Medan dari mulai makanan berat, dessert, hingga makanan khas Medan untuk oleh-oleh patut untuk disimak dan tentunya untuk dicoba.

Mari kita simak macam-macam makanan khas asli asli Medan.

Makanan Khas Medan yang Enak

1. Lontong Medan

resep makanan khas medan

Source: pergikuliner.com

Sarapan pagi merupakan hal yang penting untuk mengisi energi ketika akan memulai aktivitas sehari-hari. Ada beberapa menu pilihan sarapan pagi salah satunya adalah lontong.

Biasanya Lontong Medan terdiri dari sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah, sayur, dan biasanya di tambah telur atau perkedel.

Tak lupa juga ada kerupuk merah putih sebagai pelengkap. Lontong khas Medan memiliki cita rasa gurih ini menjadi sajian yang lengkap karena terdiri dari karbohidrat (lontong dan perkedel), serat (sayur-sayuran), serta protein (telur).

Lontong ini benar-benar nikmat bila di makan pada pagi hari karena rasanya yang gurih serta isinya yang lengkap memberikan sensasi yang membuat Anda semangat untuk memulai hari.

2. Bika Ambon

olahan makanan khas medan

Source: youtube.com

Kebanyakan orang pasti salah mengira mengenai Bika Ambon ini. Ternyata asal makanan ini bukan dari Ambon, melainkan berasal dari Medan. Lalu kenapa disebut Bika Ambon? Menurut wikipedia, kue ini terinspirasi dari kue khas melayu yang disebut bika atau bingka.

Kemudian dimodifikasi menggunakan bahan pengembang yaitu nira sehingga bentuknya berlubang seperti yang kita lihat saat ini. Di Medan, kue ini pertama kali dijual di simpang Jalan Ambon, Medan.

Sehingga menjadi Bika Ambon yang kita kenal. Rasa Bika Ambon manis namun tidak terlalu manis dengan tekstur lembut dan kenyal tetap nikmat disantap meskipun dalam keadaan dingin.

Hal tersebut menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh khas Medan karena dapat bertahan lama.

3. Martabak Piring Murni

makanan khas medan beserta bahannya

Source: travelingyuk.com

Martabak piring murni ini merupakan salah satu jenis makanan khas Medan. Cara membuatnya yang unik membedakannya dari martabak yang biasa dijual di kota-kota lain.

Adonan martabak di masak di atas piring kemudian dibakar di atas arang. Martabak yang dijual disini merupakan martabak manis dengan varian tebal dan tipis kering.

Martabak tebalnya sangat lembut dan kenyal ditambah varian topping yaitu cokelat, keju, kacang, cokelat kacang, cokelat keju, dan campur.

Martabak tipisnya juga tak kalah mantap, tekstur kering dan tipisnya martabak sangat pas bila ditambahkan topping keju atau cokelat yang lumer.

4. Mie Gomak

daftar makanan khas medan

Source: travelingyuk

Mie Gomak merupakan salah satu makanan ciri khas medan. Mie ini dinamakan mie gomak karena cara pembuatannya diaduk langsung dengan tangan atau di “gomak”.

Mie gomak dibuat dengan menggunakan salah satu rempah khas Batak yaitu andaliman atau sejenis merica khas Medan.

Sphagetti ala Batak ini menggunakan jenis mie besar atau mie lidi dengan tekstur yang kenyal. Perpaduan cita rasa gurih, pedas, dan asam akan Anda dapatkan pada mie gomak ini.

Varian mie gomak ini ada tiga jenis yaitu, mie gomak goreng, mie gomak kuah, dan mie gomak sambal kacang.

5. Bolu Meranti

makanan khas medan naniura

Source: omiyago.com

Bolu meranti merupakan oleh-oleh yang wajib dibeli bila Anda mengunjungi kota Medan. Bolu ini adalah makanan khas Medan yang terkenal.

Bolu meranti merupakan jenis bolu gulung dengan enam varian rasa yaitu rasa keju, mocca, nanas, blueberry, strawberry, dan cokelat. Rasa yang akan Anda dapatkan ketika memakan bolu ini adalah moist, fresh, lembut, dan disertai dengan aroma yang khas.

6. Bihun Bebek

makanan asli medan batak

Source: goodfoodfromindonesia.com

Bihun bebek merupakan nama makanan khas Medan yang halal. Orang Medan biasanya menyebut makanan ini adalah ak bihun, ak artinya bebek. Makanan ini tidak banyak dijumpai di kota lain.

Komposisi dari bihun bebek adalah bihun yang diberi irisan bebek rebus, bawang putih cincang yang digoreng, seledri, dan daun selada.

Tidak hanya itu, bihun ini kemudian disirami oleh kuah kaldu bebek yang direbus dengan rempah lainya. Bisa dibayangkan cita rasa yang dihasilkan adalah gurih, rich, dan tentu saja nikmat. Jika Anda suka pedas dan segar, Anda bisa menambahkan acar cabai rawit agar rasa semakin kaya dan nikmat.

7. Soto Medan

makanan khas medan yang halal

Source:dapurumami.com

Ternyata Medan juga memiliki soto khas. Soto Medan ini sangat berbeda dengan soto di Jawa atau soto di Bandung. Ciri khas dari soto Medan ini adalah santan yang kental dan kuah yang terdiri dari rempah-rempah asli Indonesia.

Dalam satu hidangan soto kita akan mendapatkan bihun, tauge, suwiran daging ayam atau potongan daging sapi, telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri, serta kerupuk merah sebagai pelengkap.

Soto ini merupakan makanan khas Medan saat hujan karena sangat nikmat bila disantap selagi hangat.

8. Mie Balap

makanan khas medan meranti

Source: travelingyuk.com

Kalau Lombok punya Nasi Balap, Medan punya Mie Balap. Mie ini dinamakan mie balap karena cara masaknya sangat cepat seperti sedang balapan. Mie ini dapat dimasak hanya dalam lima menit saja.

Tak heran jika mie balap menjadi salah satu pilihan untuk sarapan. Ada dua jenis mie yang dapat dipilih, yaitu bihun atau kwetiau. Kelebihan mie ini adalah aroma rempahnya lebih keluar karena di masak diatas tungku.

Dalam satu bungkus kita akan mendapatkan mie dicampur dengan tauge, telur dadar, irisan daun bawang, daun seledri, dan cabai rawit untuk pecinta pedas.

9. Kacang Sihobuk

makanan daerah medan

Source: bukalapak.com

Kacang Sihobuk merupakan makanan ringan khas Medan tepatnya dari Desa Tarutung. Keunikan kacang ini adalah cara memasaknya tidak menggunakan minyak goreng, melainkan digoreng dengan pasir.

Kacang tanah hasil bumi Desa Sihobuk ini diolah dengan merendam kacang selama 3-5 jam kemudian dijemur hingga kering kemudian dimasak dengan pasir dengan menggunakan kayu bakar.

Kacang ini memiliki rasa gurih yang khas dan ukuran yang besar. Biasanya Kacang Sihobuk dijadikan oleh-oleh dari Medan.

10. Kue Lupis Medan

foto makanan khas medan

Source: bukalapak.com

Kue lupis ada di beberapa kota di Pulau Jawa dan ada juga Lupis khas Medan. Lupis Jawa terbuat dari tepung beras dengan isian pisang ambon dan nangka.

Sementara Lupis Medan terbuat dari beras ketan yang dikukus dengan daun pisang kemudian ditaburi gula merah cair dan parutan kelapa di atasnya.

Ketika dimakan akan terasa tekstur kenyal dari beras ketan serta perpaduan rasa gurih dan manis dari gula dan kelapa. Lupis Medan dapat menjadi kudapan pilihan untuk mengganjal perut Anda.

11. Babi Panggang Karo

makanan khas medan resep

Source: pergikuliner.com

Apa nama makanan khas Medan yang berasal dari etnis Karo? Jawabannya adalah Babi Panggang Karo atau BPK. BPK ini merupakan irisan daging babi yang dimakan bersama tiga jenis saus yaitu, semangkuk kaldu hasil rebusan tulang babi, darah babi yang dimasak dengan lada dan cabai, dan sambal pedas.

Rasa daging BPK gurih dan kenyal ditambah tiga jenis sambal dengan tekstur seperti sambal kacang. Untuk sambal darahnya sangat cocok dimakan dengan BPK.

12. Mie Pecal

makanan khas medan arsik

Source: travelingyuk.com

Mie pecal ini merupakan makanan yang bisa dijumpai di Kota Medan terutama saat sarapan. Berbeda dengan pecel di Jawa yang biasanya menggunakan lontong dan sayuran rebus.

Makanan ini terdiri dari mie atau bihun yang kemudian diberi potongan bakwan lalu disiram dengan kuah pecel. Rasa gurih dari bakwan dipadukan dengan sambel kacang dan mie ataupun bihun menciptakan cita rasa yang lezat.

13. Kue Ombusombus

makanan khas medan yang enak

Source: cookpad.com

Kue ombusombus merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung beras, gula dan kelapa yang kemudian diberi gula merah di tengahnya dan dibungkus daun pisang.

Tekstur lembut dari tepung beras dan rasa manis dari gula, serta aroma bungkusan daun pisan membuat kue ini sangat enak untuk disantap. Jangan lupa untuk menyantap kue ini dalam keadaan hangat dan lebih mantap bila dimakan dengan teh hangat.

14. Kari Bihun

makanan khas medan nabati dan hewani

Source: royco.co.id

Kari bihun yang terkenal di Medan adalah Kari Bihun Tabona yang ada di Rumah Makan Tabona. Macam rempah yang digunakan antara lain adalah jinten, kayu manis, ketumbar, dan rempah lainnya menjadikan aroma khas kari semerbak mewangi dan tercium dari jarak jauh.

Bihun yang dicampur kuah terasa gurih dan pedas ditambah dengan topping daging (ayam atau jeroan sapi), serta kentang terasa sangat rich dan nikmat.

15. Ci Cong Fan

nama makanan khas medan

Source: sportourism.id

Ci cong fan adalah salah satu makanan khas adat Medan yang berbentuk lembaran mirip dengan kwetiau. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan tang mien (tepung yang terbuat dari pati gandum).

Makanan ini disajikan dengan kuah kecap asin atau sambal asam manis dan diberi taburan bawang goreng di atasnya memberikan rasa yang unik ketika dimakan. Ci cong fan terdiri dari beberapa jenis yaitu polos, isian daging, dan isian sayur.

16. Saksang

makanan khas medan babi

Source: borukaro.com

Saksang merupakan makanan khas Batak yang menggunakan bahan dasar daging (babi, anjing, atau kerbau) yang dicincang dan dibumbui dengan rempah-rempah dan santan.

Kemudian daging tersebut dimasak dengan darah dari hasil sembelihan hewan itu sendiri. Rempah yang menjadi bumbu saksang ini adalah bawang merah, bawang putih, cabai, merica, jeruk purut, daun salam, serai, jahe, ketumbar, dan jangan lupa andaliman sebagai rempah khas Medan.

Rasa saksang ini sangatlah nikmat dan gurih juga beraroma wangi karena kaya akan rempah.

17. Kolak Durian

makanan khas medan saat hujan

Source: dutamedan.com

Selama ini kolak identik dengan pisang, ubi, atau candil. Namun, di Medan ada kudapan bernama kolak durian. Kolak ini terdiri dari ketan putih yang dikukus dulu sebelumnya, pisang kepok, jagung manis rebus, gula aren, santan kelapa, dan daging durian.

Kemudian bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah gula aren dan berikan tambahan es untuk membuat rasanya menjadi semakin segar.

18. Nasi Kentut

makanan khas asli medan

Source: travelingyuk.com

Jangan kaget ketika Anda membaca namanya. Kentut yang dimaksud disini adalah daun kentut. Daun kentut atau daun sembukan diracik kemudian dicampur dengan nasi kemudian nasi dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar.

Aroma dari daun ini ketika dibakar sangat khas dan menggoda. Lauk yang digunakan ada beragam mulai dari ikan pepes, ayam goreng, ikan teri, sambal goreng kentang, sayur mayur, sambal ijo dan sambal terasi.

19. Ubi Tumbuk

makanan khas medan adalah

Source: steemit.com

Ubi tumbuk adalah sayuran khas Batak yang dibuat dengan cara menumbuk daun ubi namun tidak sampai hancur. Daun ubi ini harus ditumbuk, bukan diblender atau dipotong.

Selain itu, ubi tumbuk ini dicampur dengan buah rimbang dan batang kecombrang. Rasa gurih pada sayur ubi tumbuk ini akan didapatkan dari santan. Ubi tumbuk ini sangat nikmat bila disantap dengan nasi panas.

20. Sop Sumsum

makanan khas medan kue

Source: twitter.com

Sop sumsum yang terkenal di Medan adalah Sop Sumsum Langsa. Sop ini terdiri dari sumsum sapi berukuran besar, irisan kentang, irisan cabai rawit, jeruk nipis, tomat, irisan daun bawang, serta bawang goreng.

Uniknya, cara memakan sumsum disini ialah dengan cara menggunakan sedotan. Rasa gurih serta segar didapatkan dari daging sumsum dan kuah dari sop ini.

21. Es Krim Tip Top

makanan khas medan saat ini

Source: sportourism.com

Es krim tip top merupakan es krim legendaris di Kota Medan. Es krim ini dibuat dengan cara tradisional. Cara pembuatannya masih menggunakan mesin asal Belanda.

Tekstur es krim ini tidak seperti es krim kebanyakan. Es krim tip top memiliki tekstur padat dan bersalju. Rasa manis es krim ini pas dan tidak menimbulkan rasa haus.

22. Laksa Medan

makanan khas medan beserta gambar

Source: goodindonesianfood.com

Laksa Medan ini berbasis ikan kuah yang memiliki rasa sedikit asam. Kuah ini disajikan dengan mie beras putih, ketimun, dan daun mint. Rasa yang disajikan pun ada rasa asam dan segar. Cocok dijadikan saat sore hari karena makanan ini tidak terlalu berat.

23. Pancake Durian

makanan khas medan dan cara membuatnya

Source: wikipedia.ord

Jika kita bicara Durian, yang terlintas di kepala pasti adalah Kota Medan. Durian dapat diolah menjadi pancake durian. Pancake durian Medan terbuat dari durian pilihan dengan rasa manis tanpa pemanis buatan.

Pancake ini sangat enak disantap saat keadaan dingin. Tekstur durian yang lembut dan manis ditambah kulit pancake dengan tekstur lebih tebal akan membuat Anda ketagihan.

24. Dolung-dolung Prapat

jenis makanan khas medan

Source: qraved.com

Dolung-dolung prapat merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang biasa dijumpai di tepi Danau Toba tepatnya di Kota Prapat. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras dengan isi gula aren dicampur dengan kelapa parut kemudian dibungkus dengan daun bambu.

Dolung-dolung paling enak bila dinikmati saat hangat dan didampingi kopi.

25. Lemang Medan

makanan khas medan buat oleh oleh

Source: nonikhairani.com

Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dan dimasak di dalam seruas bambu. Sebelumnya, tepung beras bahan untuk lemang dibungkus dahulu dalam daun pisang.

Tepung beras dicampur dengan santan kelapa, dimasukan ke dalam bambu lalu dibakar di atas tungku. Lemang sangat nikmat bila disantap hangat-hangat. Biasanya lemang dimakan bersama dengan campuran selai, durian, atau ketan hitam.

26. Bakso Lembu

makanan khas medan yang pedas

Source: resepnusantara.id

Sudah pernah makan bakso sapi atau bakso ayam? Itu hal yang biasa. Pernahkah Anda mendengar bakso lembu? Ya, di Medan ada yang namanya bakso lembu.

Sudah terbaca dari namanya, bakso lembu ini tentu saja terbuat dari daging lembu. Disajikan dengan mie, tauge, potongan daging lembu, serta seledri sangat cocok bila dimakan selagi hangat ketika hujan turun.

27. Sate Kerang

makanan khas medan halal

Source: masakandapurku.com

Jika Anda sudah bosan dengan sate kambing, sate sapi, sate ayam, atau sate kelinci, Anda dapat mencoba sate kerang khas Medan ini. Jenis kerang yang dipakai adalah kerang bulu super tanpa pasir. Pasir pada kerang dapat menrusak cita rasa kerang oleh karena itu dipilih kerang tanpa pasir.

Terdapat tiga jenis bumbu yaitu rasa original, pedas, dan manis pedas. Kenyalnya kerang dipadukan dengan bumbu yang dapat dipilih sesuai selera cocok sebagai pilihan kudapan sate ketika Anda bosan dengan sate biasa.

28. Kue Putu Bambu

contoh makanan khas medan

Source: ngalam.com

Kue putu memang ada dimana-mana, namun kue putu di Medan ini sangat khas. Kue putu ini dinamakan kue putu bambu karena ukurannya yang besar, lebih besar dari kue putu lainnya.

Jika kue putu di kota lain biasanya ditaburi kelapa, di Medan kebanyakan ditaburi gula merah pada bagian luarnya.

29. Mie Pangsit Tiong Sim

aneka makanan khas medan

Source: travelingyuk.com

Mie pangsit ini sangat terkenal di Medan. Mie pangsit dengan topping daging ayam dan daging babi, daun bawang, serta bawang goreng, disertai dengan kuah dan pangsit di mangkuk terpisah. Rasa kuahnya sungguh sedap, gurih, dan pasti membuat Anda ketagihan.

30. Kwetiau Ateng

makanan khas medan city

Source: suryadi91.blogspot.com

Kwetiau Ateng berbeda dengan kwetiau lainnya. Kelembutan tekstur kwetiau ini yang membedakan Kwetiau Ateng dengan kwetiau lainnya. Sebagai pelengkap ada saus merah serta minyak babi. Dua tambahan tersebut membuat rasa kwetiau ini semakin sempurna.

31. Arsik

menu restoran makanan khas medan

Source: indonesian-medan-food.blogspot.com

Arsik merupakan makanan khas Sumatera Utara asli Medan. Arsik ini adalah ikan mas dengan rempah-rempah yang melimpah. Arsik ini dikenal sebagai makanan dengan cita rasa yang lezat dengan pedas yang menggigit.

Pedas yang menggigit ini dihasilkan oleh rempah bernama andaliman atau merica Batak.

Selain itu rempah-rempah lainnya adalah asam cikala, kecombrang, dan bawang Batak. Arsik ini sangat nikmat bila disantap dengan nasi panas dan ditemani dengan sayur ubi tumbuk.

Sekian referensi makanan atau kuliner khas Medan. Lengkap sekali ternyata kuliner khas Kota Medan ini. Mulai dari cemilan, dessert, kue, oleh-oleh, makanan berat seperti lontong, soto, mie, bakso, dan sop. List di atas dapat dijadikan panduan jika Anda mengunjungi Kota Medan dan bingung ingin mencoba kuliner khas yang seperti apa.